Home Wisata Alam 27 Air Terjun Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Cantiknya Kebangetan

27 Air Terjun Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Cantiknya Kebangetan

292
0

Air Terjun Di Jogja – Sobat traveler, berikut ini daftar rekomendasi air terjun terindah dan hits di Jogja yang cantiknya kebangetan. Aliran airnya yang jernih dan segar, membuat siapapun akan betah berlama-lama di sana. Bahkan, beberapa air terjun tersebut terletak tersembunyi sehingga suasananya masih sangat alami belum terjamah banyak orang.

Yogyakarta atau yang “familier” disebut Jogja merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan di Indonesia untuk menghabiskan waktu liburan. Pasalnya, Kota Gudeg ini punya akomodasi lengkap dan segudang destinasi wisata, mulai dari budaya, kesenian, keindahan alam, pantai, wahana bermain, waterpark, candi, pusat perbelanjaan, hingga kuliner.

Salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi adalah air terjun. Berkunjung ke air terjun, tentu akan membuat pikiran menjadi fresh. Ada cukup banyak pilihan air terjun atau curug di D.I. Yogyakarta dengan pemandangan alam indah. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

air-terjun-di-jogja
Gambar ilustrasi air terjun di Jogja yang bagus dan indah (Foto : Hatfina nusratina)

Daftar Air Terjun Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Cantiknya Kebangetan

1. Air Terjun Kedung Pedut

Kita awali review air terjun di Jogja dengan mengulas Air Terjun Kedung Pedut atau Curug Kedung Pedut. Lokasinya terletak di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lama perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 1 jam.

Sesuai namanya (kedung = kolam), air tejun andalan pariwisata Kulon Progo ini punya sebuah kolam sedalam 2 – 3 meter pada bagian bawahnya. Kolam tersebut punya daya tarik berupa warna airnya, yaitu hijau toska. Perpaduan antara aliran air terjun jernih, kolam hijau, dinding cokelat, dan pepohonan hijau disekitarnya sungguh cantik.

Beberapa aktivitas menarik di sana antara lain berfoto dengan latar air terjun dan kolam yang instagramable, berenang, bersantai di atas hammock, dan flying fox. Harga tiket masuk Air Terjun Kedung Pedut dibanderol sekitar 10 ribu rupiah. Murah meriah, bukan? Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

2. Air Terjun Sri Gethuk

Ngomongin air terjun terindah di Jogja, rasanya belum lengkap tanpa memasukkan Air Terjun Sri Gethuk. Dengan ketinggian mencapai sekitar 25 meter, aliran airnya tampak eksotis mengalir di sela-sela pepohonan hijau pada dinding tebing.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk berada di tepi sungai Oyo, tepatnya Desa Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Selain berfoto dan menikmati keindahan air terjun, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya, yaitu flying fox untuk menguji adrenalin, naik rakit, dan body rafting.

Bagi Anda yang bisa berenang, berendam di Sungai Oyo juga cukup asyik lho. Harga tiket masuk ke Air Terjun Sri Gethuk dibanderol sekitar 15 ribu rupiah dan tarif naik perahu / rakit sebesar 10 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

3. Air Terjun Pantai Jogan

Air terjun biasanya ditemukan pada daerah pegunungan, hutan, atau perbukitan. Namun, lain halnya dengan Air Terjun Pantai Jogan, aliran airnya langsung jatuh ke tepi laut. Sungguh, unik dan keren banget! Airnya jatuh dari atas tebing pinggir pantai menuju karang dan bebatuan di bawahnya.

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Pantai Jogan, sebaiknya datang saat musim penghujan. Pasalnya, saat musim kemarau, debit airnya kecil, tak sebesar musim penghujan. Keberadaan air terjun ini membuat Pantai Jogan tampak begitu cantik. Tak ayal, Pantai Jogan pun masuk dalam list pantai terindah di Jogja yang wajib dikunjungi.

Lokasi / alamat Air Terjun Pantai Jogan terletak di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuknya dibanderol sebesar 10 ribu rupiah.

4. Air Terjun Gedad

Air Terjun Gedad merupakan salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang sedang hits akhir-akhir ini. Lokasinya berada di Dusun Gedad Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

Aliran airnya cukup deras dan jernih, mengalir dari perbukitan kapur lalu jatuh tepat di bebatuan besar sehingga menimbulkan pancaran layaknya kilauan cahaya. Sungguh bagus dan cantik! Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 5 ribu rupiah. Murmer banget, bukan?

5. Air Terjun Banyunibo (Curug Banyunibo)

Tak kalah dengan Gunung Kidul, Kabupaten Bantul juga punya sejumlah air terjun indah untuk dikunjungi. Satu diantaranya adalah Air Terjun Banyunibo (Curug Banyunibo). Lokasinya terletak di Dusun Kabrokan Kulon, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta..

Curug Banyunibo memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan kemiringan cukup landai. Aliran airnya tak begitu deras, tapi lumayan jernih. Pada bagian bawahnya terdapat kolam penampung air terjun. Di sekeliling air terjun penuh pepohonan hijau sehingga udara di sana terasa sejuk dan segar.

Harga tiket masuk ke Air Terjun Banyunibo sepertinya masih gratis, hanya membayar parkir kendaraan sekitar 2 – 10 ribu rupiah. Tapi, untuk kedepannya mungkin akan ada tarif masuk.

Baca Juga : Air Terjun Terindah Di Malang

6. Air Terjun Grojogan Sewu

Beralih ke Jogja bagian barat, tepatnya Kabupaten Kulon Progo, ada Air Terjun Grojogan Sewu yang patut Anda kunjungi karena keindahannya. Berbeda dengan Grojogan Sewu Tawangmangu, air terjun ini tak terlalu tinggi tapi cukup lebar.

Aliran airnya cukup deras dan jernih. Di sekitarnya terdapat pepohonan hijau sehingga tampak begitu asri alami. Alamat lengkapnya terletak di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I. Yogyakarta.

7. Air Terjun Kedung Kandang

Dari sekian banyaknya air terjun di Jogja, bisa dibilang Air Terjun Kedung Kandang merupakan air terjun terunik dan terbaik. Pasalnya, air terjun ini berundak-undak alias bertingkat layaknya sawah terasering khas Ubud Bali.

Aliran air terjunnya mengalir deras menyusuri bebatuan hitam, sementara di sekelilingnya terdapat persawahan hijau. Sungguh indah dipandang mata. Beberapa tips bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana, antara lain :

  • Datanglah pada saat musim penghujan karena Kedung Kandang termasuk air terjun musiman.
  • Siapkan fisik secara prima. Anda harus menyusuri jalan setapak naik turun selama 30 menitan untuk sampai ke lokasi air terjun.
  • Gunakan pakaian nyaman menyerap keringat dan alas kaki ringan agar lancar selama perjalanan.
  • Datanglah ketika cuaca cerah.
  • Usahakan berangkat dari pagi hari untuk menghindari panas matahari pada saat siang hari.

Harga tiket masuk ke Air Terjun Kedung Kandang dibanderol sekitar 7 ribu rupiah. Lokasi / alamat lengkapnya terletak di Gn. Butak, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Curug Gedhe

Selain kaya akan pantai cantik, Gunung Kidul juga dianugerahi sejumlah air terjun indah menawan yang asyik buat liburan. Satu diantaranya adalah Curug Gedhe. Lokasinya terletak di Gembyong, Gunungkidul, Gembyong, Ngoro-oro, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan ketinggian sekitar 20-an meter, aliran airnya jatuh cukup deras. Apalagi saat musim penghujan, debit airnya semakin besar. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing batuan kapur khas Gunung Kidul.

9. Curug Siluwok

Berlokasi di Jl. Keweron, Tukmudal, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Curug Siluwok menawarkan pemandangan aliran air terjun indah yang masih perawan belum terjamah banyak orang. Dengan ketinggian sekitar 20 meter, aliran air terjunnya tampak cantik saat jatuh ke bawah.

Meskipun tergolong tinggi, tapi debit air Curug Siluwok tak terlalu deras. Pada bagian bawah air terjun terdapat kolam kecil dan aliran sungai yang bisa digunakan untuk bermain air. Harga tiket masuknya masih gratis, di sana belum ada fasilitas penunjang karena masih benar-benar alami.

10. Air Terjun Lepo

Selain terkenal akan keindahan hutan pinusnya, kawasan wisata Dlingo Bantul juga punya air terjun cantik, namanya Air Terjun Lepo. Daya tarik utama air terjun ini berupa kolam alami berjumlah 4 buah dengan 3 tingkatan air terjun. Kolam sedalam sekitar 2 meteran tersebut biasanya digunakan untuk berenang.

Fasilitas di lokasi Air Terjun Lepo cukup lengkap, tersedia warung, kamar mandi, aula sederhana, dan penyewaan pelampung / tikar. Harga tiket masuknya seikhlasnya. Lokasi / alamatnya terletak di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga : Tempat Wisata Alam Di Jogja Yang Indah

11. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu air terjun terbaik di Kulon Progo yang wajib dikunjungi. Air terjun ini punya 2 aliran air dengan debit cukup deras. Pada bagian bawahnya, terdapat sebuah kolam alami. Air kolam tersebut terasa sejuk dan segar karena berasal dari mata air perbukitan Menoreh.

Suasana di sekeliling Air Terjun Kembang Soka benar-benar masih alami. Fasilitasnya pun cukup lengkap, tersedia warung makan, toilet, kamar mandi, dan mushola. Harga tiket masuknya sekitar 6 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

12. Air Terjun Luweng Sampang

Dari namanya saja mungkin sudah terdengar unik, apalagi aslinya, Anda akan dibuat terkesima dengan Air Terjun Luweng Sampang. Daya tariknya terletak pada bebatuan di sekeliling aliran airnya, dimana batuan tersebut membentuk pola layaknya Grand Canyon USA. Batuan di sana tampak bergaris-garis akibat erosi air.

Ketinggian air terjunnya hanya sekitar 5 meter. Namun, keunikan bebatuannya membuat banyak wisatawan penasaran. Lokasi / alamat Air Terjun Luweng Sampang terletak di Jl. Juminahan, Kayen, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuknya masih gratis.

13. Air Terjun Kedung Pengilon

Air Terjun Kedung Pengilon memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan kolam air di bawahnya berdiameter 15 meter. Aliran air terjunnya terbilang jernih, sedangkan air kolamnya tampak cantik berwarna biru kehijauan. Kedalaman kolam mencapai 5 – 8 meter dengan dasar kolam berupa batuan putih.

Mungkin, karena air kolamnya sangat jernih dan dapat digunakan untuk bercermin, maka dinamakan Kedung Pengilon (kedung = kolam, pengilon = cermin). Jika Anda ingin melihat kecantikan air terjun terindah di Bantul ini, sebaiknya datang saat musim penghujan dimana debit airnya cukup besar.

Harga tiket masuk ke Air Terjun Kedung Pengilon gratis, hanya dikenakan biaya parkir kendaraan. Lokasi / alamatnya terletak di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

14. Air Terjun Setawing

Air Terjun Setawing punya beberapa nama, antara lain Curug Setawing, Curug Jonggrangan, dan Grojogan Ngisor Tawing. Keunikan air terjun ini berupa bentuk alirannya yang berundak-undak. Letaknya berada di perbukitan setinggi 45 mdpl sehingga untuk mencapainya membutuhkan sedikit tenaga ekstra.

Alamat Air Terjun Setawing terletak di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, D.I. Yogyakarta. Harga tiket masuknya masih sukarela dengan tarif parkir sekitar 2 – 5 ribu rupiah.

15. Air Terjun Grojogan Mudal

Masih berada di Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, ada Air Terjun Grojogan Mudal yang juga harus dikunjungi saat liburan ke Yogyakarta. Pasalnya, air terjun ini menyuguhkan keindahan alam nan mengagumkan. Grojogan Mudal terdiri dari beberapa air terjun dengan ketinggian berbeda.

Di sana, terdapat kolam pemandian sedalam 1 – 2 meter yang airnya berasal dari aliran air terjun. Airnya terbilang jernih dengan warna hijau tosca. Pepohonan hijau di sekelilingnya membuat suasana di sana terasa sejuk alami. Nama lain dari Air Terjun Grojogan Mudal yaitu Taman Air Sungai Mudal atau Ekowisata Sungai Mudal.

Alamat Air Terjun Grojogan Mudal terletak di Dusun Banyunganti, Desa Girimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Propinsi Daerah Istimewa Yogjakarta. Waktu tempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Yogyakarta ke arah barat.

16. Curug Indah Gedangsari

Berlokasi di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta, Curug Indah Gedangsari menawarkan kesegaran nan mengagumkan. Ada 2 buah air terjun di sana, tapi air terjun paling atas lebih populer. Air terjunnya cukup tinggi dengan 3 buah aliran air nan jernih.

Mengingat lokasinya tersembunyi, Anda harus menyusuri sungai atau melalui jalan setapak hutan jati. Kedua jalur tersebut membutuhkan tenaga ekstra. Jadi, sebaiknya Anda mempersiapkan fisik secara prima sebelum ke sana. Harga tiket masuknya termasuk murah meriah, sekitar 5 – 10 ribu rupiah.

17. Air Terjun Jurug Lengkongsari

Air Terjun Jurug Lengkongsari termasuk salah satu destinasi wisata baru di Gunung Kidul. Saya pribadi, baru mendengar namanya saat akan menulis artikel ini. Lokasi air terjun tersebut terletak di Dusun Wonosari, Desa Semoyo, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

Air terjun ini tak terlalu tinggi, tapi bebatuan, kolam air di bawahnya, dan pepohonan hijau di sekitarnya membuat pesonanya tampak begitu indah. Kabarnya, saat berkunjung ke sana, Anda bisa sekaligus menikmati objek wisata lainnya yaitu Gunung Ireng dan rafting Sungai Oya.

18. Air Terjun Goa Selarong

Sesuai namanya, air terjun terbaik di Bantul ini berada di kawasan Goa Selarong. Jadi, selepas menyusuri goa tersebut, Anda bisa langsung menikmati keindahan air terjunnya. Goa Selarong merupakan goa bersejarah yang merupakan markas Pangeran Diponegoro saat melawan penjajah Belanda.

Air Terjun Goa Selarong akan tampak cantik ketika musim penghujan karena debitnya lumayan besar, sedangkan saat kemarau debit air berkurang. Harga tiket masuknya dibanderol sekitar 6 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Dusun Kembang Putihan, Desa Guwosari, Kecamatan Panjangan, Kabupaten Bantul.

19. Air Terjun Jurang Pulosari

Air Terjun Jurang Pulosari atau dikenal juga dengan nama Curug Pulosari merupakan salah satu destinasi wisata Bantul yang wajib dikunjungi. Meskipun tak terlalu tinggi, namun aliran airnya tampak cantik mengalir kecil-kecil layaknya tirai putih. Pada bagian bawahnya terdapat kolam penampung air.

Suasana di sana masih sangat alami, udaranya sejuk, dan penuh pepohonan hijau. Harga tiket masuk ke sana sepertinya masih gratis, hanya membayar parkir. Lokasi / alamat Air Terjun Jurang Pulosari terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

20. Air Terjun Parangtritis

Siapa seh yang tak tahu Pantai Parangtritis? Objek wisata paling populer di Jogja ini hampir selalu menjadi incaran wisatawan saat liburan. Tak hanya ombak dan pasir pantai, ternyata di sana Anda bisa juga menemukan sebuah air terjun indah.

Kalau tak keliru, lokasi air terjunnya berada di bukit sebelah timur pantai. Air terjun ini termasuk musiman, karena hanya ada saat musim penghujan. Alamat Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

21. Air Terjun Sidoharjo (Curug Sidoharjo)

Dengan ketinggian sekitar 75 meter, Air Terjun Sidoharjo dinobatkan sebagai air terjun di Jogja tertinggi. Lokasinya tersembunyi di tengah hutan membuat air terjun ini benar-benar alami. Kabarnya, air terjun ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga masih “perawan”.

Debit airnya cukup besar, membuat jatuhan airnya menimbulkan percikan indah mengagumkan. Jika beruntung, Anda bisa menjumpai pelangi di sekitar air terjun saat pagi hari. Alamat lengkapnya terletak di Gerbosari, Wonotawang, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

22. Air Terjun Tlogo Muncar

Beralih ke Jogja bagian utara, ada Air Terjun Tlogo Muncar yang juga layak untuk dikunjungi. Lokasinya berada di kawasan wisata Kaliurang Sleman. Ketinggiannya mencapai 30 – 45 meter dan berada di lereng Gunung Merapi sehingga udara di sana terasa sejuk.

Jika berkunjung ke air terjun ini, Anda bisa sekaligus mengunjungi beragam destinasi wisata di Kaliurang seperti Taman Wisata Kaliurang, Museum Gunung Merapi, dan The World Landmark – Merapi Park. Alamat Air Terjun Tlogo Muncar terletak di Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

23. Air Tejun Randusari

Air terjun di Jogja selanjutnya yang terkenal wajib dikunjungi adalah Air Tejun Randusari. Lokasinya terletak di Jl. Randusari, Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini cukup unik, aliran airnya terbagi menjadi 2 dan menyerupai tirai karena formasi batuan pada dinding air terjun.

Kabarnya, formasi batuan pada dinding air terjun tersebut bisa digunakan sebagai pijakan apabila akan melakukan rappelling. Fasilitas yang tersedia di sana lumayan lengkap, tersedia gazebo untuk bersantai, warung penjual makanan / minuman, kamar mandi, dan tempat sampah. Harga tiket masuknya masih seikhlasnya.

24. Air Tejun Kedung Bendo

Air Tejun Kedung Bendo berlokasi di Desa Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini tak terlalu tinggi namun lebar dengan aliran air cukup deras sehingga tampak cantik. Pada bagian bawahnya terdapat kolam sedalam sekitar 2,5 meteran.

Oleh karena kolam tersebut cukup dalam, Anda wajib berhati-hati saat berenang di sana. Suasana di sekitarnya masih alami penuh pepohonan hijau. Fasilitasnya pun masih minim, belum lengkap seperti air terjun di Jogja yang populer lainnya. Harga tiket masuk ke sana sepertinya masih gratis, hanya bayar parkir kendaraan 2 – 5 ribu rupiah.

25. Grojogan Watu Purbo Bangunrejo

Beberapa waktu lalu, ada sebuah objek wisata di Sleman terbaru yang viral dan hits di media sosial seperti instagram, yaitu Grojogan Watu Purbo Bangunrejo. Air terjun ini punya 6 tingkatan dengan aliran air cukup deras saat musim penghujan. Namun, aliran air tersebut akan berkurang jauh hingga 60 persen ketika musim kemarau.

Aliran air Grojogan Watu Purbo tampak seperti tirai putih membentuk sebuah pemandangan indah nan instagramable. Sekilas, mirip seperti air terjun di Bali yaitu Tukad Unda. Tak heran, jika banyak traveler muda tertarik berkunjung ke sana. Alamat lengkapnya terletak di Jl. Magelang – Yogyakarta No.Km.14, RW.5, Bangunrejo, Merdikorejo, Kec. Tempel, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta.

26. Curug Watu Jonggol

Sebagian besar air terjun di Jogja yang indah dan bagus, nampaknya berada di Kabupaten Kulon Progo. Di sana, terdapat sejumlah air terjun cantik, satu diantaranya adalah Curug Watu Jonggol. Dengan ketinggian sekitar 30 – 40 meter, jatuhan airnya tampak begitu eksotis, apalagi saat debit airnya cukup deras.

Fasilitas di sana lumayan lengkap, tersedia tempat parkir, warung makan, area berkemah, dan toilet umum. Harga tiket masuknya dibanderol sekitar 5 ribu rupiah. Lokasi / alamat Curug Watu Jonggol terletak di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

27. Air Terjun Tuwondo

Air Terjun Tuwondo atau Grojogan Tuwondo terletak di Lemah Abang, Banyakan 3, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini terdiri dari 2 aliran dan punya 3 tingkatan. Di sekelilingnya masih terdapat pepohonan hijau.

Untuk melihat keindahan air terjun di Jogja yang satu ini, sebaiknya Anda datang saat musim hujan. Hal ini karena Air Terjun Tuwondo termasuk air terjun musiman, dimana saat musim penghujan debit airnya besar, sedangkan ketika kemarau debit airnya sedikit.

Demikianlah informasi singkat tentang tempat wisata air terjun terindah di Jogja yang terkenal wajib dikunjungi. Apabila sobat traveler ingin berbagi pengalaman atau punya rekomendasi air terjun lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here