Home Wisata Asia 37 Oleh Oleh Khas Surabaya Kekinian Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama

37 Oleh Oleh Khas Surabaya Kekinian Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama

218
0

Oleh Oleh Khas Surabaya – Bingung mau bawa buah tangan apa dari Surabaya? Ini daftar rekomendasi oleh oleh khas Surabaya kekinian yang terkenal murah dan tahan lama wajib dibeli. Mulai dari makanan khas, jajanan tradisional, camilan kering, hingga kue artis kekinian, ada semua di sini.

Selama ini, Surabaya dikenal sebagai Kota Industri. Namun, dibalik itu ternyata Kota Pahlawan ini punya segudang destinasi bagus untuk liburan mulai dari wisata sejarah, alam, wahana bermain, pantai, kuliner, hingga pusat perbelanjaan. Beberapa tempat wisata di Surabaya yang terkenal wajib dikunjungi antara lain Kenpark, Atlantis Land, Monumen Kapal Selam, Ciputra Waterpark, dan lainnya.

Nah, setelah puas jalan-jalan berkeliling menjelajahi aneka objek wisata dan menikmati kuliner Surabaya, wisatawan biasanya akan berburu buah tangan untuk orang-orang tercinta di rumah, baik keluarga, saudara, atau teman. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal wajib dibeli.

oleh-oleh-khas-surabaya
Gambar ilustrasi oleh oleh khas Surabaya (Foto : instagram @wisata_rasa)

Daftar Oleh Oleh Khas Surabaya Kekinian Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama

1. Lapis Kukus Pahlawan Surabaya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by LAPIS KUKUS PAHLAWAN SURABAYA (@lkspahlawan)

Kita awali review leh oleh khas Surabaya kali ini dengan mengulas lapis kukus atau lapis legit. Cita rasanya yang manis dengan tekstur empuk, membuat banyak orang menyukainya. Ada cukup banyak merek lapis Surabaya yang terkenal enak, satu diantaranya adalah Lapis Kukus Pahlawan.

Lapis Kukus Pahlawan Surabaya menggunakan bahan dasar singkong dan punya banyak varian rasa, mulai dari original, red velvet, chocopandan, ketan kelapa, brownies, black forest, strawberry, terang bulan, hingga pisang. Lapis kukusnya berbentuk balok memanjang dengan topping keju dan krim pada bagian atasnya.

Rate harga Lapis Kukus Pahlawan Surabaya sekitar 30 – 33 ribu rupiah per box / kotak. Bagi Anda yang ingin membelinya, bisa datang ke outlet / toko cabangnya (Jam buka 06.00 – 22.00 WIB), antara lain :

  • Lapis Kukus Pahlawan Stasiun Pasar Turi, Jl. Semarang No.1, Gundih, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur.
  • Lapis Kukus Pahlawan Darmo, Jl. Kutai No.53, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur.
  • Lapis Kukus Pahlawan Genteng, Jl. Genteng Besar No.77, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur.
  • Lapis Kukus Pahlawan Diponegoro, Jl. Diponegoro No.73, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur.

2. Spikoe Resep Kuno

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Official Spikoe Resep Kuno (@srk_spikoeresepkuno)

Selain Lapis Kukus Pahlawan, ada satu lagi merek kue lapis legit yang populer sebagai oleh oleh khas Surabaya, yaitu Spikoe Resep Kuno. Lokasi / alamat tokonya terletak di Jl. Rungkut Madya No.41, Rungkut Kidul, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur.

Ciri khas dari kue Spikoe Resep Kuno yaitu memiliki 2 lapisan berwarna kuning dan cokelat. Teksturnya lembut dengan cita rasa manis alias legit. Untuk varian rasa kue Spikoe Resep Kuno terdiri dari Spikoe Original, Spikoe No Raisin, Spikoe Prunes, dan Spikoe Speculaas.

Ada juga pilihan kue lain yang tak kalah enak, berupa Joika Japanese Cheesecake dan Susmaker. Rate harga kue di toko oleh-oleh Spikoe Resep Kuno dibanderol sekitar 70 – 300 ribu rupiah. Lumayan mahal memang, tapi sebanding dengan rasanya yang lezat bikin nagih.

3. Almond Crispy Cheese

Almond Crispy Cheese merupakan salah satu camilan hits kekinian yang menjadi primadona baru oleh oleh khas Surabaya. Bentuknya bulat tipis dengan tekstur renyah saat digigit. Sesuai namanya, kue ini terbuat dari tepung, telur, susu bubuk, gula, keju, dan kacang almond.

Ada beberapa varian rasa Almond Crispy Cheese yang bisa Anda pilih, yaitu original, coklat, green tea dan green mocca. Harganya dibanderol sekitar 50 ribu rupiah per box / kotak. Untuk menikmati Almond Crispy Cheese, Anda bisa datang ke Toko Wisata Rasa yang tersebar di penjuru Kota Surabaya, antara lain :

  • Toko Wisata Rasa Jemursari, Jl. Raya Jemursari No.164, Jemur Wonosari, Kec. Tenggilis Mejoyo, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB.
  • Toko Wisata Rasa Mayjend Sungkono, Jl. Mayjen Sungkono No.135, Dukuh Pakis, Kec. Dukuhpakis, Kota SBY, Jawa Timur.
  • Toko Wisata Rasa Genteng, Jl. Genteng Besar No.83A, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB.

4. Sambal Bu Rudy

Gambar Sambal Bu Rudy (Foto : depotburudy.com)

Siapa seh yang tak kenal dengan Depot Bu Rudy? Tempat makan enak di Surabaya ini hampir selalu menjadi langganan para wisatawan, khususnya para penggemar sambal. Pasalnya, di sana tersedia sajian sambal spesial dengan cita rasa pedas nampol. Sambal tersebut sangat nikmat disantap bersama nasi udang empal.

Kini, sambal racikan Bu Rudy sudah tersedia dalam bentuk kemasan botol sehingga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Pilihan varian sambalnya antara lain sambal bawang, sambal bajak, sambal ijo, sambal roa, dan sambal udang.

Ada cukup banyak cabang warung Bu Rudy, salah satunya terletak di Jl. Dharmahusada No.140, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 07.30 – 17.00 WIB. Selain sambal, ada juga jajanan dan camilan enak lainnya seperti almond crispy cheese, lapis Surabaya, spiku, bon gout, biskuit, dan lainnya.

5. Sambal Cuk

Gambar Sambal Cuk (Foto : sambalcukindonesia.co.id)

Selain Sambal Bu Rudy, ada juga Sambal Cuk yang tak kalah enak. Sambal Cuk merupakan merek sambal kemasan terbaru yang menawarkan aneka sambal Nusantara mulai dari sambal ikan asin klotok, sambal korek bebek Madura, sambal ijo teri Medan, sambal bawang, sambal bajak, sambal roa asap, hingga sambal matah Bali.

Rate harga sambalnya dibanderol sekitar 22 – 27 ribu rupiah per kemasan. Tak sulit rasanya menemukan Sambal Cuk, pasalnya sambal ini telah tersebar di berbagai toko di Surabaya seperti Alfamart, Bogajaya, Hero, Giant, Lapis Pahlawan, dan sebagainya.

6. Kue Blinjo

Gambar Kue Blinjo (Foto : wisatarasasurabaya.com)

Oleh oleh khas Surabaya berikutnya yang tak boleh dilewatkan adalah Kue Blinjo. Apa seh Kue Blinjo itu? Kue Blinjo adalah kue kering berbentuk bulat seperti nastar yang terbuat dari emping blinjo asli. Cita rasanya manis dan gurih dengan tekstur lembut.

Untuk mencicipi kue khas Surabaya ini, Anda bisa membelinya di toko / pusat oleh-oleh seperti Toko Wisata Rasa di Jl. Genteng Besar No.83A, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB.

7. Kue Mente

Gambar Kue Mente (Foto : wisatarasasurabaya.com)

Kue Mente merupakan kue kering mirip dengan Kue Blinjo, hanya saja memakai kacang mente atau kacang mete sebagai bahan bakunya. Cita rasanya manis dan gurih, cocok buat camilan pendamping saat minum teh / kopi. Anda dapat membeli kue bertekstur lembut ini di Toko Wisata Rasa.

8. Siropen Telasih

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PERSONAL SHOPPER SURABAYA (@jastipkitasurabaya)

Tak hanya kue, Kota Pahlawan juga punya minuman khas yang wajib dibeli sebagai oleh-oleh. Salah satu diantaranya adalah Siropen Telasih. Minuman khas Surabaya legendaris ini sudah ada sejak tahun 1923. Kabarnya, orang yang pertama kali membuatnya yaitu JC Van Drongelen, seorang warga Belanda.

Saat ini, Siropen Telasih telah diproduksi dalam skala pabrik besar dan bisa ditemui di berbagai toko oleh-oleh khas Surabaya. Ada beberapa varian rasa sirup, antara lain coco pandan, jeruk, vanili, frambozen, mawar, leci, karamel, dan peppermint. Rate harga sekitar 25 ribu rupiah per botol.

9. Bunarendang

Gambar Bunarendang (Foto : twitter.com/bunarendang)

Mendengar nama Bunarendang, mungkin sebagian wisatawan masih asing karena makanan ini masih tergolong baru. Bunarendang merupakan singkatan dari burger, nasi, dan rendang.

Jadi, Bunarendang berupa hamburger dari nasi dimana di dalamnya berisi rendang daging. Jika Anda berasal dari daerah sekitar Surabaya, Bunarendang bisa menjadi alternatif oleh-oleh buat keluarga di rumah.

10. Sirup Mangrove

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by OLAHAN BUAH MANGROVE (SOMANO) (@saribuahmangrove)

Selain Siropen Telasih, ada Sirup Mangrove yang juga bisa Anda pulang sebagai oleh oleh khas Surabaya. Sesuai namanya, sirup ini terbuat dari olahan buah tanaman mangrove. Cita rasanya manis, asam, dan segar. Rate harga sekitar 35 ribu rupiah per botol.

Selain sirup, ada juga produk buah mangrove lainnya seperti jenang / dodol, cookies, selai, sambal, cokelat, dan sari buah. Untuk mendapatkannya, Anda bisa datang ke pusat oleh-oleh Kota Pahlawan seperti Pasar Atom, Pasar Turi, Panen Raya, Pasar Genteng Baru, dan Dupak Grosir.

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Bali Yang Terkenal

11. Bebek Djangkep

Gambar Bebek Djangkep (Foto : djangkep.co.id)

Olahan daging bebek termasuk salah satu hidangan populer di Kota Pahlawan. Anda dapat dengan mudah menemukan tempat makan bebek enak di Surabaya baik berupa warung kaki lima maupun restoran.

Nah,apabila Anda ingin membawa pulang daging bebek sebagai buah tangan, Bebek Djangkep bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, cita rasa bebeknya sungguh lezat menggoyang lidah dengan daya tahan cukup lama. Ada 2 macam olahan daging bebek di Bebek Djangkep, yaitu bebek bumbu kuning dan bebek betutu.

Harga 1 ekor bebek dibanderol sekitar 82 – 87 ribu rupiah. Bagi Anda yang ingin membeli Bebek Djangkep, bisa datang ke outlet berikut :

  • Bandeng Juwana, Jl. Ngagel Jaya Utara No.103-I, Baratajaya, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur dan Jl. Tidar No.20B, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur.
  • Toko Oleh Oleh BHEK PUTRA, Jl. Genteng Besar No.75, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 08.00 – 19.30 WIB.
  • Bilka, Jl. Ngagel Jaya Selatan No.103, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 07.00 – 22.00 WIB.
  • Depot Bu Rudy, Jl. Dharmahusada No.140, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 07.30 – 17.00 WIB.
  • Sudi Mampir, Jl. Genteng Besar No.72 – 74, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur.
  • Papaya Fresh Gallery, Jl. Raya Darmo Permai Selatan No.3, Pradahkalikendal, Kec. Dukuhpakis, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 08.00 – 21.00 WIB.

12. Oseng Tuna Asap

Gambar Oseng Tuna Asap (Foto : depotburudy.com)

Saat ini, makanan siap saji cukup populer dikalangan masyarakat. Nah, salah satu makanan siap saji yang bisa Anda beli sebagai oleh oleh khas Surabaya adalah Oseng Tuna Asap. Cita rasanya yang lezat dan kaya akan bumbu rempah, membuat oseng tuna ini akan disukai banyak orang.

Selain memiliki cita rasa enak dan tahan lama, hidangan ini juga bergizi tinggi karena terbuat dari ikan tuna yang dikenal kaya nutrisi seperti asam lemak omega-3, protein, vitamin, mineral, dan zat besi.

Oseng Tuna Asap dapat disantap bersama nasi putih hangat, mie, dan sebagai campuran nasi goreng / sayur. Anda dapat membeli Oseng Tuna Asap di Depot Bu Rudy, Jl. Dharmahusada No.140, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur.

13. Abon Sapi Padmosusastro

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by olshop1224 (@gerai.alid.surabaya)

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Surabaya yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Satu diantaranya adalah Abon Sapi Padmosusastro. Abon sapi terkenal di Surabaya ini punya 2 varian rasa, yaitu pedas dan manis.

Anda bisa datang langsung ke Jl. Patmosusastro No.86, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur, untuk membeli Abon Sapi Padmosusastro racikan Bu Sarti. Cita rasanya yang enak, membuat abon ini layak dijadikan oleh oleh khas Surabaya.

14. Guna-Guna Snack

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Oleh Oleh Surabaya Kekinian (@gunaguna_snack)

Guna-Guna Snack merupakan salah satu oleh oleh khas Surabaya kekinian terbaru yang cukup hits untuk dibawa pulang. Ada beragam produk dari Guna-Guna Snack, antara lain spiku, smoked beef macaroni schotel, bolu gulung / roll cake, prol tape, cookies, soes kering, schuimpjes mente, semprit keju ovomalt, almond crispy, dan lainnya.

Selain memiliki cita rasa enak, beberapa kue kering dari Guna-Guna Snack memiliki daya tahan cukup lama sehingga aman bila dibawa bepergian ke luar kota. Lokasi / alamat toko Guna-Guna Snack terletak di Perum Darmo Sentosa Raya, Jl. Jajartunggal Utara VII J-19 kav 308, Jajar Tunggal, Kec. Wiyung, Kota SBY, Jawa Timur.

Jam buka operasional sekitar pukul 07.00 – 22.00 WIB. Jika Anda sedang “Mager” alias “malas gerak”, bisa juga pesan secara online melalui Gofood dan Grabfood.

15. Keripik Buah Kane-Kane

Gambar Keripik Buah Apel Kane Kane (Foto : kanefood.com)

Selama ini, keripik buah dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Malang Jawa Timur. Seiring dengan perkembangan jaman, olahan keripik buah ini ternyata bisa ditemukan juga di Kota Surabaya. Di Kota Pahlawan, Anda bisa menemukan Keripik Buah Kane-Kane yang merupakan produksi dari Kane Food asli Malang.

Keripik buah ini memiliki daya tahan cukup lama dikemas dalam wadah berbentuk tabung nan cantik sehingga cocok dibawa sebagai buah tangan. Varian keripik dari Kane Food cukup beragam, ada keripik apel, keripik nangka, keripik tempe, dan keripik jamur. Anda bisa menemukan produk Kane-Kane di Toko Oleh-Oleh Khas Surabaya.

16. Belinjo Udang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by cemilan_indo (@cemilannya_indo)

Belinjo atau Melinjo merupakan tanaman yang buahnya sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan emping / keripik. Cita rasa emping dari Belinjo ini biasanya gurih, asin, dan sedikit rasa pahit dengan tekstur renyah. Di Surabaya, ada olahan Belinjo yang cukup populer, yaitu Belinjo Udang.

Sesuai namanya, Belinjo Udang terbuat dari campuran buah Belinjo / Melinjo dan udang, lalu diolah menggunakan rempah-rempah. Ada beberapa varian rasa dari Belinjo Udang, yaitu manis, pedas manis, udang pedas, dan udang Balado. Tak sulit rasanya menemukan camilan enak ini karena biasanya tersedia di Toko / Pusat Oleh Oleh Khas Surabaya.

17. Kerupuk Udang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Pusat Oleh Oleh Khas Surabaya (@bogajaya.katalog)

Berada di daerah pesisir pantai utara Pulau Jawa, Surabaya dikenal juga sebagai penghasil olahan hasil laut dan air payau. Satu diantaranya adalah kerupuk udang. Misalnya saja di Kelurahan Gunung Anyar, di sana terdapat puluhan tempat produksi kerupuk berbahan baku ikan payus, udang, dan kerang.

Kerupuk udang biasanya terbuat dari udang rebon. Namun, ada juga kerupuk udang yang memakai udang lobster. Anda tinggal pilih sesuai selera karena kedua jenis kerupuk udang tersebut cukup mudah ditemukan di berbagai Pusat Oleh-Oleh Khas Kota Pahlawan.

18. Pohong Tata

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by POHONG TATA (@pohong_tata)

Bagi warga Surabaya, mungkin sudah cukup familier dengan nama Pohong Tata. Tapi, bagi para wisatawan pendatang, mungkin masih asing mendengarnya. Apa seh Pohong Tata itu? Pohong Tata merupakan jajanan khas Surabaya yang terbuat dari singkong.

Singkong dipotong-potong, lalu direbus dan digoreng. Agar lebih nikmat, singkong tersebut disajikan dengan parutan keju. Cita rasa Pohong Tata berupa gurih dan mengenyangkan, mirip dengan jajanan kekinian singkong keju. Pohong Tata bisa menjadi alternatif oleh oleh khas Surabaya karena tersedia dalam bentuk kemasan frozen.

19. Bandeng Asap

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dapur Miu (@dapur_miu)

Sebenarnya, Bandeng Asap termasuk salah satu oleh-oleh khas Sidoarjo Jawa Timur. Namun, makanan ini cukup populer juga di Kota Surabaya sehingga tak ada salahnya jika Anda membawanya sebagai buah tangan. Sesuai namanya, Bandeng Asap berupa ikan bandeng yang dimatangkan melalui proses pengasapan.

Cita rasa Bandeng Asap sangatlah khas, pas banget disantap bersama nasi putih hangat dan sambal petis. Apabila ingin membawanya untuk oleh-oleh, sebaiknya belilah Bandeng Asap yang masih baru agar teksturnya terasa masih lunak belum mengeras.

20. Ikan Asin Kenjeran

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by 𝙔𝙤𝙞𝙠𝙞 𝙛𝙧𝙤𝙯𝙚𝙣 (@yoikifrozensurabaya)

Bukan hanya pantai dan wahana bermain, kawasan Kenjeran juga dikenal sebagai pusat ikan asin terenak di Surabaya. Di sana, ada Sentra Ikan Bulak (SIB) yang menjual beragam produk olahan hasil laut, seperti kerupuk, ikan asap, ikan segar, dan tentu saja ikan asin. Mengingat ikan asin ini tahan lama, maka sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Surabaya.

SIB berupa bangunan dua lantai yang terdiri atas 96 kios kerupuk dan ikan kering, 40 kios ikan asap, 16 kios ikan segar, 20 kios kerajinan, dan 40 kios makanan / minuman. Jadi, total keseluruhan ada sekitar 212 kios. Lokasi / alamat SIB terletak di Jl. Sukolilo 7 No.24, Kedung Cowek, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 08.00 – 00.00 WIB.

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Wajib Dibeli

21. Kerupuk Ikan Kenjeran

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @araya_food

Selain ikan asin, Sentra Ikan Bulak (SIB) juga menawarkan produk olahan hasil laut berupa kerupuk ikan, kerupuk cumi, kerupuk kerang, dan kerupuk rumput laut. Cita rasa kerupuk yang gurih dan enak ini sungguh pas dijadikan buah tangan saat pulang dari Kota Pahlawan.

Di sana, Anda dapat memilih 2 macam kerupuk, yaitu kerupuk matang dan kerupuk mentah. Anda tinggal pilih mau yang mana. Jika ingin lebih tahan lama, Anda bisa membeli kerupuk mentah lalu menggorengnya sendiri di rumah. Rate harga kerupuknya bervariasi, sekitar 15 ribu rupiah.

22. Kopi Bandrek

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KERIPIK PISANG ANEKA SARI RASA (@oleholehlampung.id)

Meskipun tak sepopuler kopi Gayo dan kopi Toraja, namun kopi bandrek khas Surabaya ini layak dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Pasalnya, cita rasanya terbilang unik, ada rasa kopi, jahe, dan rempah-rempah dalam satu sajian kopi bandrek. Daya tahannya pun cukup lama, bisa mencapai 6 bulan.

Salah satu produk kopi bandrek terkenal di Surabaya adalah Kopi Bandrek Sreg. Varian rasanya ada 2 macam, yaitu original dan coffee cream. Kopi bandrek dibuat memakai bahan-bahan pilihan tanpa pengawet, mulai dari gula putih, gula palm, kopi, krim nabati, jahe, hingga rempah-rempah tradisional.

23. Suoklat

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Suoklat Cafe (@suoklat)

Suoklat merupakan salah satu cafe hits di Surabaya yang asik buat nongkrong bagi anak muda. Ruangannya sangat cozy, tersedia area outdoor dan indoor. Sesuai namanya, menu di sana sebagian besar berupa olahan cokelat baik minuman maupun makanan.

Hal unik dari cafe Suoklat adalah adanya produk coklat batangan yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan. Coklat tersebut dikemas seperti halnya coklat Monggo yang dikenal sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Beberapa varian rasa dari Suoklat yaitu strawberry praline, mango praline, green tea praline, dan tiramisu praline.

Lokasi / alamat Suoklat Cafe terletak di Jl. Genteng Besar No.83D, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 16.00 – 23.00 WIB.

24. Fruit Cake Glory

Gambar Fruit Cake Glory (Foto : glorysnack.com)

Fruit Cake Glory merupakan kue atau roti rasa buah-buahan yang diproduksi oleh Glory Snack (CV Glory Food Indonesia). Cita rasanya sungguh enak, pas banget buat camilan pendamping saat minum teh / kopi. Varian rasanya terdiri atas nanas, apel, mangga, strawberry, dan durian.

Untuk menikmati sajian roti buah-buahan ini, Anda dapat membelinya secara online melalui market place seperti Tokopedia, Shopee, atau via instagram @glorysnack. Kabarnya, kini sudah tersedia juga di Lotte Mart.

25. Rambak Sapi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya | Kulinersby (@kulinersuraboyo)

Oleh oleh khas Surabaya yang wajib dibeli berikutnya adalah kerupuk rambak sapi. Kerupuk yang terbuat dari kulit sapi ini memiliki cita rasa gurih dengan tekstur renyah sehingga cocok sebagai camilan maupun pendamping makanan seperti soto, bakso, bubur, dan lainnya.

Kerupuk rambak memiliki daya tahan cukup lama, bisa beberapa bulan. Selain dari kulit sapi, ada juga kerupuk rambak dari kulit kerbau. Keduanya memiliki rasa yang sama-sama enak.

26. Kue Bikang Peneleh

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Toko Kue Bikang Peneleh (@bikangpeneleh)

Kue Bikang atau dikenal juga dengan nama Carabikang merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, gula, dan santan. Kue ini berbentuk seperti bunga merekah dan berwarna warni mulai dari hijau, merah, cokelat, hingga putih. Kue Bikang memiliki tekstur lembut berserat dengan cita rasa manis gurih.

Salah satu kue bikang terenak di Surabaya adalah kue bikang racikan dari Toko Kue Bikang Peneleh. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Peneleh No.32-34, Peneleh, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB (Minggu tutup).

Mengingat kue bikang dibuat tanpa bahan pengawet dan termasuk kue basah, maka kue ini bisa dijadikan oleh-oleh asalkan lama perjalanan Anda tak lebih dari sehari. Selain kue bikang, Toko Kue Bikang Peneleh juga menyediakan kue basah lainnya seperti kue lapis, lumpia, nagasari, dan onde-onde. Rate harga sekitar 3 – 5 ribu rupiah per buah.

27. Keripik Ceker Ayam

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Wisata Rasa Surabaya (@wisata_rasa)

Dari namanya, tentu Anda sudah bisa menduga kalau camilan ini terbuat dari ceker ayam, bukan? Iya, memang benar bahwa keripik ceker ayam atau keripik cakar ayam ini menggunakan ceker (kaki ayam) sebagai bahan bakunya. Cita rasa keripiknya gurih dengan tekstur renyah saat digigit.

Tak sulit rasanya mencari Keripik Ceker Ayam enak di Surabaya, Anda tinggal pergi ke toko oleh-oleh seperti Wisata Rasa. Di sana, sudah tersedia Keripik Ceker Ayam dalam bentuk kemasan tinggal makan. Jika Anda sedang sibuk atau “mager”, bisa pesan lewat GoFood atau GrabMart.

28. Surabaya Roll Cake

Gambar Surabaya Roll Cake (Foto : surabayarollcake.com)

Roll Cake atau Swiss Roll merupakan kue bolu panggang yang digulung dimana di dalamnya diisi dengan selai / krim mentega. Makanan ini berasal dari kawasan Eropa dan cukup populer juga di Indonesia dengan nama bolu gulung. Cita rasanya yang manis dengan tekstur lembut, membuat banyak orang menyukainya.

Seiring dengan perkembangan waktu, Roll Cake telah mengalami beragam perubahan, terutama varian rasanya. Kini, telah muncul inovasi-inovasi baru dari kue ini, misalnya saja Wingkorolls yang merupakan oleh-oleh kekinian khas Semarang. Wingkorolls menyajikan bolu gulung berisi wingko di dalamnya.

Tak kalah dengan Semarang, Kota Surabaya juga punya sajian bolu gulung yang enak menggugah selera, yaitu Surabaya Roll Cake. Tokonya terletak di Jl. Ahmad Yani No.243, Siwalankerto, Kec. Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 08.00 – 19.00 WIB. Rate harga sekitar 75 – 88 ribu rupiah per buah.

Surabaya Roll Cake menawarkan bolu gulung dengan varian rasa kekinian berupa vanila, pandan, dan cokelat. Sedangkan untuk filling tersedia mulai dari krim meises, krim cheese, krim vanilla, krim coklat, selai durian, selai nanas, hingga selai strawberry. Tak hanya varian rasa dan filling, topping dari Surabaya Roll Cake juga beragam, ada nougat, cheese, meises, dan chocolate ganache.

29. Surabaya Patata

Gambar varian kue Surabaya Patata : Green Tea Patata (surabayapatata.com)

Selain jajanan tradisional, Anda juga bisa membawa kue artis kekinian sebagai oleh oleh khas Surabaya. Ada beberapa gerai kue artis di Kota Pahlawan, satu diantaranya adalah Surabaya Patata milik YouTuber Ria Ricis dan kakaknya Oki Setiana Dewi.

Sesuai namanya, cake / kue racikan Surabaya Patata menggunakan bahan dasar kentang (patata artinya kentang). Untuk varian rasanya tersedia Cheese Patata, Nutella Patata, Black Patata, Green Tea Patata, Banana Peanut Patata, Red Velvet Patata, dan Tiramisu Patata.

Rate harganya dibanderol 68 – 72 ribu rupiah. Lokasi / alamat outlet Surabaya Patata terletak di beberapa tempat, antara lain :

  • Outlet Jemursari, Jl. Raya Jemursari No.70, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB.
  • Outlet Dharmahusada, Jl. Dharmahusada No.187, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB.
  • Outlet Merr, Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.397, Rungkut Kidul, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur.

30. Bolu Joeang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bolu Joeang Surabaya (@bolujoeangsurabaya)

Selain Surabaya Patata, ada kue artis Bolu Joeang yang juga ikut meramaikan oleh-oleh khas Surabaya. Bolu Joeang ini milik artis Ariel Tatum dan Dion Wiyoko. Kue yang disajikan oleh Bolu Joeang berupa bolu gulung dengan aneka varian rasa, mulai dari cheese, mango, durian / duren, black oreo, dan nacho.

Rate harganya dibanderol sekitar 29 – 58 ribu rupiah. Lokasi / alamat outlet Bolu Joeang terletak di Jl. Dharmahusada No.76, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB.

31. Oleh-Oleh Khas Arab

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by sabina volpato (@sabina_volpato)

Bagi Anda yang beragama Islam, Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel bisa menjadi pilihan tepat dalam berburu oleh-oleh. Pasalnya, di sana ada Pasar Ampel yang menjual aneka barang bernuansa Arab atau Timur Tengah, mulai dari busana muslim, parfum, buku keagamaan, kurma, alat ibadah, hingga aksesoris.

Lokasi / alamat Pasar Ampel terletak di Jl. Nyamplungan No.97, RT.009/RW.02, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka selama 24 jam. Selain belanja, Anda juga bisa sekaligus ziarah ke makam Sunan Ampel.

32. Kaos Cak Cuk

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by cakcuksurabaya (@cakcuksurabaya)

Bingung mencari oleh oleh khas Surabaya selain makanan? Cobain saja beli Kaos Cak Cuk. Desainnya cukup bagus dengan kata-kata ala Suroboyoan. Lokasi / alamat outlet Kaos Cak Cuk terletak di Jl. Dharmawangsa No.53-A, RT.000/RW.00, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

33. Sepatu Dan Sandal Khas Wedoro

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by munimshoes (@munimshoes)

Tak jauh dari Kota Pahlawan, tepatnya perbatasan antara Surabaya dan Sidoarjo, ada sebuah desa yang merupakan sentra kerajinan sepatu & sandal, yaitu Desa Wedoro. Kabarnya, ada sekitar 600 pengrajin di sana dengan 200-an toko.

Ada cukup banyak pilihan model baik sepatu maupun sandal, termasuk bahannya mau dari kulit atau sintetis. Membawa pulang hasil kerajinan dari Desa Wedoro bisa menjadi pilihan tepat buat oleh-oleh orang tercinta di rumah.

34. Batik Surabaya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Batik Dewi Saraswati (@batikdewisaraswati)

Ngomongin batik, biasanya tak lepas dari Jogja, Solo, dan Pekalongan. Ketiga daerah tersebut dikenal sebagai sentra produksi batik di Pulau Jawa. Ternyata, Surabaya juga punya produk batik khas lho yang bisa dijadikan buah tangan. Beberapa motif batiknya berupa kembang semanggi, sawunggaling, cheng ho, ujung galuh, dan mangrove.

35. Tas Anyaman Eceng Gondok

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Roemah Batik Indonesia (@roemah_batikindo)

Buat Anda yang sedang mencari souvenir khas Surabaya untuk oleh-oleh, bisa mencoba Tas Anyaman Eceng Gondok hasil kerajinan warga kelurahan Kebraon, Kecamatan Karangpilang, Kota Surabaya. Rate harga tasnya sekitar 200 – 250 ribu rupiah per unit.

36. Kerajinan Hewan Laut

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Nur_kerajinankerangsby (@nur_kerajinankerangsby)

Selain tas dari tanaman Eceng Gondok, ada juga kerajinan hewan laut yaitu kulit / cangkang kerang dan keong laut yang layak dijadikan oleh oleh khas Surabaya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa pergi ke Pantai Kenjeran.

Di sana, biasanya banyak penjual souvenir atau aksesoris dari hewan laut. Contoh produk kerajinan hewan laut ini berupa bingkai, hiasan dinding, kap lampu, gantungan kunci, dan tirai.

37. Miniatur Tugu Pahlawan dan Patung Suro & Boyo

Gambar miniatur patung Suro & Boyo (Foto : miniatursurabaya.wordpress.com)

Setiap daerah di Indonesia, biasanya punya semacam ikon berbentuk bangunan tertentu, misalnya Tugu Jogja dan Tugu Monas Jakarta. Nah, Kota Surabaya juga memiliki ikon berupa Tugu Pahlawan dan Patung Suro & Boyo. Anda dapat membawa pulang miniatur ikon tersebut sebagai buah tangan.

Demikianlah sekilas info tentang beragam oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal wajib dibeli. Kira-kira, mana oleh-oleh favorit Anda? Bagi sobat traveler yang punya rekomendasi atau pun referensi tentang buah tangan lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here