Home Wisata Asia 37 Tempat Wisata Bagus Dan Hits Di Magelang Terbaru Yang Terkenal Wajib...

37 Tempat Wisata Bagus Dan Hits Di Magelang Terbaru Yang Terkenal Wajib Dikunjungi

599
0

Tempat Wisata Di Magelang – Mau liburan ke Magelang? Ini daftar rekomendasi tempat wisata bagus dan hits di Magelang terbaru yang terkenal wajib dikunjungi. Mulai dari candi, air terjun, pegunungan, panorama alam, wahana bermain, museum, kolam mata air, spot foto selfie kekinian, hingga taman bunga nan indah ada semua di sana.

Magelang merupakan sebuah daerah yang berada di Propinsi Jawa Tengah. Daerah ini terdiri dari 2 wilayah administratif, yaitu Kota Magelang dan Kabupaten Magelang. Keduanya memiliki sejumlah objek wisata yang tak kalah bagus bila dibandingkan dengan pariwisata Yogyakarta.

Akomodasinya pun terbilang lengkap, tersedia beragam hotel, tempat makan, transportasi, maupun pusat perbelanjaan. Nah, buat Anda yang kebetulan akan liburan atau pulang kampung ke sana, berikut ini Aneka Wisata sajikan list tempat wisata terbaik di Magelang dan sekitarnya yang bagus dan indah. Cocok banget dijadikan lokasi refreshing untuk mengusir penat dan stres.

tempat-wisata-di-magelang
Gambar ilustrasi tempat wisata di Magelang Jawa Tengah (Foto : instagram @taman_ramadanu)

Daftar Tempat Wisata Bagus Dan Hits Di Magelang Terbaru Yang Terkenal Wajib Dikunjungi

1. Candi Borobudur

Kita awali review tempat wisata di Magelang dengan mengulas Candi Borobudur. Siapa seh yang tak kenal dengan Candi Borobudur? Destinasi wisata sejarah ini hampir selalu ramai pengunjung saat weekend atau musim liburan. Kemegahan susunan batuan, stupa, dan keindahan pemandangan alam di sekitarnya menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan.

Dilihat dari segi sejarah, Candi Borobudur mulai dibangun pada 824 masehi oleh Raja Samaratungga pada masa Wangsa Syailendra dan selesai pada 847 masehi oleh Ratu Prabudawardhani, putri Samaratungga. Dengan luas 123 x 123 meter persegi, candi yang masuk dalam list keajaiban dunia ini dinobatkan sebagai salah satu candi Buddha terbesar di dunia dan warisan dunia dari UNESCO.

Saya pribadi, sudah pernah beberapa kali berkunjung ke Candi Borobudur. Arsitekturnya memang sungguh megah, terdiri dari 504 patung Budha, 72 stupa terawang, dan 1 stupa induk. Pada dinding candi, terdapat relief yang berisi kisah / cerita. Untuk membacanya secara utuh, Anda harus mengelilingi candi searah putaran jarum jam (kiri ke kanan) dari tingkatan paling bawah lalu naik ke tingkat di atasnya hingga puncak.

Selain arsitekturnya yang keren, Candi Borobudur juga punya daya tarik lain yaitu panorama sunrise dan safari naik gajah. Di sana juga ada film dokumenter tentang sejarah penemuan dan pemugaran Candi Borobudur. Saat keluar dari sana, wisatawan akan diarahkan melalui kios-kios penjual oleh-oleh khas Borobudur seperti kaos, baju, batik, patung, gantungan kunci, makanan, dan lainnya.

Mengingat lokasinya di atas bukit terbuka, jangan lupa siapkan payung atau topi untuk menghindari panas matahari maupun hujan. Harga tiket masuk ke Candi Borobudur dibanderol sekitar 50 ribu rupiah per orang. Lokasi Candi Borobudur terletak di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

2. Bukit Rhema Gereja Ayam

Bukit Rhema merupakan sebuah bukit yang terletak di perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Gombong, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Bukit ini dikelilingi beberapa gunung antara lain Gunung Sumbing, Merbabu, Suroloyo, dan Merapi.

Keunikan Bukit Rhema terletak pada sebuah bangunan gereja di sana. Gereja tersebut berbentuk menyerupai ayam, lengkap dengan ekor dan kepalanya sehingga disebut “Gereja Ayam”. Nah, dari atas puncak gereja tersebut, Anda akan disuguhkan penorama sunrise cantik nan eksotis.

Setelah puas menyaksikan matahari terbit, Anda dapat bersantai sejenak di Kedai Bukit Rhema atau yang dikenal dengan nama Kedai Rakyat W’dank Bukit Rhema. Kedai ini buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB (Sabtu & Minggu), 08.00 – 16.00 WIB (Senin, Rabu, Kamis, Jumat), dan hari Selasa tutup.

Menu makanan / minuman di sana cukup lengkap, baik tradisional maupun modern kekinian, mulai dari nasi goreng, nasi telur, bakmi Jowo, pisang goreng, mendoan, roti bakar, serabi, kopi, jahe susu, wedang ronde, minuman susu & coklat, aneka olahan teh, squash, soda gembira, dan sebagainya. Range harganya pun nyaman dikantong, sekitar 10 – 40 ribu rupiah.

Semenjak dijadikan lokasi shooting film AADC 2, Bukit Rhema Gereja Ayam semakin populer dikalangan wisatawan. Untuk memasukinya, Anda akan dikenakan tiket masuk seharga 20 ribu rupiah (turis domestik) dan 30 ribu rupiah (turis manca negara). Harga tersebut sudah termasuk voucher untuk ditukarkan dengan singkong goreng di kedai. Oya, tersedia juga Mobil Jeep untuk naik ke Bukit Rhema dengan tarif 7 ribu rupiah sekali jalan.

3. Punthuk Setumbu

Selain Bukit Rhema Gereja Ayam, ada satu lagi spot sunrise terindah yang juga populer berkat film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2), yaitu Punthuk Setumbu. Berada di gugusan Bukit Menoreh pada ketinggian 1.300 mdpl, Punthuk Setumbu menjadi lokasi yang pas untuk melihat Candi Borobudur dari ketinggian beserta pegunungan di sekelilingnya, seperti Menoreh, Gunung Merapi, hingga Gunung Merbabu.

Saking indah dan bagusnya sunrise di sana, membuat Punthuk Setumbu dijuluki Borobudur Nirwana Sunrise. Untuk memasuki kawasan Punthuk Setumbu, wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar 20 – 30 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 04.00 – 17.00 WIB.

Lokasi / alamat Punthuk Setumbu terletak di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk menuju puncak, Anda harus trekking jalan kaki selama lebih kurang 15 menit. Mengingat moment sunrise singkat, Anda sebaiknya datang tepat waktu. Agar lebih nyaman, Anda dapat camping (berkemah) di Punthuk Setumbu.

4. Silancur Highland / Gardu Pandang Silancur

Berlokasi di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah, Silancur Highland atau yang dikenal dengan nama Gardu Pandang Silancur menawarkan lokasi terbaik untuk melihat sunrise yang tak kalah bagus dibandingkan Punthuk Setumbu.

Panorama matahari terbit di Silancur Highland sungguh sangat mengagumkan. Cahaya matahari yang muncul dari timur dihiasi oleh siluet Gunung Merapi, Merbabu, Andong dan Telomoyo. Kece badai! Nah, agar Anda tak ketinggalan keindahan sunrise tersebut, Anda sebaiknya berkemah di camping ground yang tersedia di sana.

Lokasi Silancur Highland berada di kaki gunung Sumbing dengan ketinggian 1.300 meter mdpl. Suhu udara di sana terbilang dingin, bisa mencapai 11 derajat celcius. Oleh karena itu, jangan lupa bawa jaket dan selimut ya bagi Anda yang akan bekemah.

Saat malam tiba, dari atas Silancur Highland, Anda bisa melihat kerlap-kerlip cahaya lampu kota (city light) Magelang. Bintang-bintang di langit semakin menambah keindahan malam di Silancur Highland. Daya tarik lain yang bisa dinikmati di sana yaitu spot foto berlatar pegunungan. Harga tiket masuk Silancur Highland dibanderol sekitar 10 – 15 ribu per orang.

5. Top Selfie Pinusan Kragilan

Ada cukup banyak tempat wisata di Magelang yang menawarkan spot foto unik dan instagramable, satu diantaranya adalah Top Selfie Pinusan Kragilan. Sesuai namanya, objek wisata kekinian bertema alam ini menawarkan berbagai spot selfie berlatar pepohonan pinus.

Beberapa spot foto bagus tersebut antara lain rumah pohon, gardu pandang, ayunan hits (sky swing), hammock atau tempat tidur gantung, jembatan berbunga, zip bike (sepeda udara), dan lainnya. Tak kalah keren deh bila dibandingkan dengan Hutan Pinus Mangunan. Fasilitasnya pun lengkap, tersedia area berkemah, mushola, toilet, dan warung makan.

Harga tiket masuk ke kawasan Top Selfie Pinusan Kragilan dibanderol sekitar 10 – 15 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Lokasi / alamatnya terletak di Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Suasananya begitu sejuk, asyik buat refreshing bareng teman-teman, keluarga, maupun pasangan halal.

6. Ketep Pass

Buat Anda yang ingin mengenal Gunung Merapi lebih dekat, Ketep Pass mungkin menjadi tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi. Pasalnya, Ketep Pass punya sejumlah fasilitas edukasi untuk menambah pengetahuan tentang Gunung Merapi, yaitu Volcano Theatre dan Volcano Centre.

Di Volcano Theatre, pengunjung akan disuguhi film tentang Gunung Merapi, sedangkan di dalam Volcano Centre terdapat berbagai foto dan batuan hasil letusan Gunung Merapi. Ada juga miniatur Gunung Merapi beserta foto bentuk puncak Gunung Merapi yang mengalami perubahan setelah letusan.

Ketep Pass berada di ketinggian 1.200 mdpl, terletak antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Saat cuaca cerah, kabarnya dari Gardu Pandang Ketep Pass bisa melihat pemandangan alam indah berupa puncak 4 gunung, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing.

Harga tiket masuk ke Ketep Pass dibanderol sebesar 10 – 15 ribu rupiah per orang. Lokasi / alamat Ketep Pass terletak di Jalan Blabak – Boyolali No.KM. 16, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Asyiknya lagi, di sana tersedia destinasi wisata kuliner dan petik strawberry.

7. Svargabumi Borobudur

Berlokasi di Jl. Borobudur – Ngadiharjo, Sawah, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Svargabumi Borobudur menyuguhkan panorama sawah hijau nan indah. Di sana, ada sekitar 20-an spot foto instagramable seperti ayunan, ranjang jaring-jaring, tempat santai di bawah pohon, tenda makan, hingga kolam renang lengkap dengan floating breakfast.

Harga tiket masuk ke tempat wisata di Magelang yang hits dan viral ini dibanderol sekitar 15 – 25 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB (Kamis tutup). Selama masa pandemi Covid -19, pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, memakai masker, dan menjaga jarak antar pengunjung.

8. Gunung Andong

Mendaki gunung menjadi aktivitas favorit bagi sebagian wisatawan, khususnya para traveler muda. Nah, salah satu gunung di Magelang yang kerap dijadikan lokasi pendakian bagi para pemula adalah Gunung Andong. Dengan ketinggian hanya sekitar 1.726 mdpl, para pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk mencapai puncak.

Jalur pendakiannya pun terbilang landai sehingga tidak terlalu menguras tenaga. Asyiknya lagi, fasilitas di sana cukup lengkap, tersedia 6 basecamp sebagai titik awal pendakian, tempat istirahat / pos, warung penjual makanan / minuman, dan jaringan internet.

Saat mencapai puncak, Anda akan disuguhi landscape panorama alam yang sangat indah. Baik sunrise maupun sunset, keduanya sama-sama tampak cantik dari puncak Gunung Andong. Jika beruntung, Anda dapat melihat hamparan awan putih layaknya negeri di atas awan.

Selain itu, Anda juga bisa melihat beberapa gunung di sekitarnya mulai dari Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, hingga Telomoyo saat cuaca cerah. Harga tiket masuk ke kawasan Gunung Andong dibanderol sebesar 20 ribu rupiah per orang.

Lokasi Gunung Andong terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Meskipun ada 6 basecamp, namun basecamp Taruna Jaya Giri via Dusun Sawit lebih populer dikalangan para traveler. Jika ingin melihat sunrise, sebaiknya Anda berkemah (camping) di area perkemahan yang tersedia.

9. Gunung Telomoyo

Satu lagi gunung yang ramah bagi para pendaki pemula, yaitu Gunung Telomoyo. Lokasinya terletak di antara kawasan wisata Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian 1.894 mdpl ini punya trek mudah dan tak terlalu panjang sehingga memudahkan pengunjung. Bahkan, kabarnya naik motor pun bisa mencapai puncak.

Berbeda dengan puncak Gunung Andong, puncak Gunung Telomoyo sudah dipenuhi bangunan seperti tower dan pembangkit listrik. Di sana, terdapat landasan paralayang yang bisa digunakan untuk bersantai. Tapi, Anda harus ekstra hati-hati karena landasan tersebut sangat curam.

Dari atas landasan, Anda bisa menyaksikan keindahan pemandangan alam 6 gunung sekaligus, antara lain gunung Andong, gunung Merbabu, gunung Ungaran, gunung Sindoro, gunung Sumbing, dan gunung Lawu. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan sunrise dan sunset cantik di sana saat cuaca cerah. Harga tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah.

10. Air Terjun Kedung Kayang

Selain gunung, destinasi wisata air terjun juga biasanya menjadi favorit para traveler muda untuk melepas penat. Nah, salah satu air terjun terindah di Magelang yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Kedung Kayang. Lokasinya berada di bawah kaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, tepatnya Dusun Ngagrong, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Air terjun ini cukup tinggi dengan aliran air yang deras. Ada 2 cara menikmati Air Terjun Kedung Kayang, yaitu melalui gardu pandang di atas pohon dan menuju langsung ke bawah air terjun. Dari atas gardu pandang, Anda dapat berfoto dengan latar aliran air terjun nan indah. Hasil fotonya pun instagramable banget, cocok digunakan sebagai pengisi feed instagram Anda.

Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda harus trekking jalan kaki menyusuri jalan setapak dari lokasi parkir. Harga tiket masuknya sekitar 4 ribu rupiah, sedangkan untuk gardu pandang dibanderol 5 ribu rupiah. Jika akan berkunjung ke sana, sebaiknya datang saat cuaca cerah, hindari musim penghujan.

11. Wanaprastha

Ngopi di warung atau cafe indoor mungkin sudah biasa dilakukan oleh banyak orang. Namun, apa jadinya jika tempat ngopi tersebut berupa ruang terbuka di bawah kaki gunung? Tentu akan memberikan suasana dan pengalaman berbeda, bukan?

Nah, buat Anda yang ingin merasakan menyeruput secangkir kopi dengan view panorama alam langsung, bisa datang ke Wanaprastha. Tempat wisata kekinian di Magelang ini menyuguhkan sebuah menara bambu untuk berswafoto dengan view persawahan hijau berlatar Gunung Merbabu. Harga tiket masuknya cukup murmer kok, hanya 5 ribu rupiah. Jam buka pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Mengingat Wanaprastha merupakan sebuah kedai kopi, maka hal wajib yang dilakukan di sana adalah mencicipi sajian kopinya. Secangkir kopi hangat sangat pas untuk menemani bersantai di tengah udara dingin pegunungan. Lokasi / alamat Wanaprastha terletak di Dusun Srigading, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

12. Kebun Bibit Senopati

Sesuai namanya, Kebun Bibit Senopati berisi beragam tanaman hias seperti anggrek, melati, mawar, anyelir, dan lainnya. Selain sebagai sarana edukasi mengenalkan budidaya tanaman hias, kebun ini juga asyik buat destinasi wisata selfie. Tanaman hijau dan bunga berwarna-warni sangat bagus untuk dijadikan latar berfoto.

Harga tiket masuk ke dalam Kebun Bibit Senopati kabarnya masih gratis. Tapi, mungkin dikemudian hari akan dikenakan biaya. Lokasinya terletak di Jl. Panembahan Senopati, Jurangombo Utara, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

13. Bukit Grenden

Berlokasi di Dusun Grenden, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Bukit Grenden menyajikan spot foto unik kekinian yang instagramable seperti rumah kurcaci, hammock, dan gardu pandang.
Pemandangan alamnya pun sangat indah, mulai dari perbukitan, pepohonan hijau, sunrise, hingga sunset. Rimbunnya hutan pinus berkabut semakin menambah daya tarik tempat wisata alam di Magelang yang lagi hits ini. Harga tiket masuk ke Bukit Grenden terbilang murah meriah, hanya sekitar 5 – 10 ribu rupiah.

14. Rumah Kamera

Rumah Kamera atau yang dikenal juga dengan nama Camera House Borobudur merupakan sebuah bangunan galeri kesenian. Bentuk bangunannya mirip sebuah kamera DSLR raksasa sehingga dinamakan “Rumah Kamera”.

Beberapa karya seni yang ada di dalamnya antara lain lukisan karya Tanggol Angien, Art Gallery, Mirror Castle, dan 3D Trick Art Photo (foto / lukisan 3 dimensi). Selain menikmati karya seni dan berfoto selfie berlatar lukisan 3D, Anda bisa juga menyaksikan panorama Candi Borobudur dari kejauhan.

Naiklah ke lantai paling atas, di sana ada sebuah gardu pandang untuk menikmati keindahan alam berupa Candi Borobudur, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Andong, Punthuk Setumbu, dan perbukitan Menoreh.

Harga tiket masuk ke Rumah Kamera (Camera House Borobudur) dibanderol sekitar 15 – 100 ribu rupiah. Lokasinya terletak di Majaksingi 8, Borobudur, Karang Bawang, Majaksingi, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB.

15. Punthuk Mongkrong

Ada cukup banyak spot sunrise terbaik di Jawa Tengah yang berada di Magelang. Satu diantaranya adalah Punthuk Mongkrong. Di sana, Anda bisa menemukan pemandangan alam nan eksotis berupa matahari terbit dan pegunungan.

Harga tiket masuk ke Punthuk Mongkrong dibanderol sekitar 10 ribu rupiah. Fasilitas yang terdapat di sana berupa gazebo dan spot foto. Lokasinya terletak di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jam buka selama 24 jam.

16. Amanjiwo

Liburan di Magelang, nampaknya tak akan cukup dilakukan cuma sehari. Pasalnya, ada cukup banyak kegiatan wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Agar rekreasi Anda terasa nyaman dan memuaskan, ada baiknya menginap beberapa hari di Magelang.

Ada cukup banyak hotel di Magelang yang bagus untuk bermalam. Salah satu diantaranya adalah Amanjiwo. Hotel super eksklusif di pegunungan Menoreh ini pernah mendapatkan predikat sebagai hotel terbaik versi majalah National Geographic Travel dan majalah La Dolce Vita.

Bukan tanpa alasan, predikat terbaik tersebut diberikan karena Amanjiwo memang memberikan pelayanan mewah dan eksklusif. Dari area hotel, para tamu bisa melihat panorama hamparan sawah dan view langsung Candi Borobudur dari kejauhan. Suasananya begitu tenang dan sunyi jauh dari keramaian sehingga sangat cocok untuk tempat bulan madu romantis para pengantin baru.

Amanjiwo punya 4 jenis kamar suite, yaitu Garden Suite, Borobudur Suite, Garden and Borobudur Pool suite, dan The Dalem Jiwo Suite. Beberapa fasilitas mewah di Amanjiwo antara lain kolam renang pribadi, perpustakaan, galeri seni, spa, gym, dan restoran.

Bukan sekedar menginap, para tamu Amanjiwo juga bisa mengambil paket kegiatan wisata seperti berkunjung ke desa setempat, belanja barang antik, gajah safari dan menyaksikan sunrise atau pun sunset dari balik Candi Borobudur.

Harga sewa kamar di hotel bergaya Jawa modern ini dibanderol sekitar 12 – 47 juta rupiah per malam. Lokasi / alamat resort Amanjiwo terletak di Desa, Sawah, Majaksingi, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

17. Plataran Borobudur Resort & Spa

Tak kalah mewah dengan Amanjiwo, Plataran Borobudur Resort & Spa menawarkan tempat menginap berfasilitas mewah dan nyaman. View pemandangannya sangat indah, berupa Candi Borobudur, Gunung Merapi, dan Perbukitan Menoreh. Apalagi saat moment sunrise di pagi hari, keren banget!

Resort terbaik di Indonesia ini punya 6 jenis villa dan suite, mulai dari Deluxe Wooden Villa hingga Grand Spa Suite beserta kolam renang pribadi (private pool). Tersedia juga Restoran The Kastil yang kabarnya menjadi tempat dinner favorit wisatawan.

Nah, buat Anda yang sedang mencari destinasi honeymoon di Jogja dan sekitarnya, bisa mampir ke Plataran Borobudur Resort & Spa. Selain fasilitas lengkap, view bagus, dan suasana tenang, Plataran Borobudur Resort & Spa juga punya layanan berupa aktivitas bersama seperti horse riding, elephant ride, jeep riding, pottery making, dan Borobudur village safari.

Lokasi / alamat Plataran Borobudur Resort & Spa terletak di Jl. Dusun Tanjungan, Dusun II, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Harga sewa villa dibanderol sekitar 5 – 11 juta rupiah per malam. Lumayan mahal seh, tapi sebanding kok dengan kepuasan yang akan Anda dapatkan.

18. Taman Kyai Langgeng

Tak melulu soal wisata alam, Magelang juga punya taman bermain yang berisi beragam wahana seru. Misalnya saja Taman Kyai Langgeng di Jl. Cempaka No.6, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Layaknya taman hiburan pada umumnya seperti Dufan Jakarta, Saloka Theme Park, dan Sindu Kusuma Edupark, Taman Kyai Langgeng (TKL) dilengkapi wahana berbagai tema, mulai dari edukasi, petualangan, permainan, air, hingga wisata religius. Contoh wahana di Taman Kyai Langgeng untuk anak-anak, remaja, dan dewasa antara lain :

  • Tanaman Langka
  • Anjungan Dirgantara
  • Taman Satwa
  • Flying Fox
  • Bioskop 6 Dimensi
  • Dragon Coaster
  • Jurang Koco Gunung Mujil – Jembatan Kaca Retak
  • Waterpark / Waterboom
  • Becak Air
  • Hand Boat
  • Water Ball
  • Kereta Air
  • Ziarah Makam Kyai Langgeng
  • Top Selfie : Sepeda Layang dan Ayunan Langit
  • Sepeda Tandem
  • Motor ATV
  • UFO Car – Kiddie Town

Selain wahana permainan, Taman Kyai Langgeng juga dilengkapi fasilitas pendukung untuk memanjakan wisatawan, seperti area parkir, food court / rest area, mushola / tempat ibadah, kedai souvenir, dan toilet / kamar mandi. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 24 – 35 ribu rupiah per orang, sedangkan tarif wahana sebesar 5 – 20 ribu rupiah.

19. Taman Ramadanu

Sesuai namanya, tempat wisata di Magelang terbaru bernama Taman Ramadanu menyajikan sebuah taman indah penuh bunga berwarna-warni. Pada bagian tengah taman, terdapat sebuah tiruan kincir angin khas Belanda.

Taman Ramadanu berisi sekitar 15 ribu bunga celosia yang mengelilingi sebuah kincir angin khas Belanda. Saat berfoto di sana, Anda akan benar-benar merasakan suasana negara Belanda. Harga tiket masuknya sebesar 10 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Dusun Danurojo, Desa Jamuskauman, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

20. Rafting / Arung Jeram Sungai Elo

Buat Anda yang suka banget wisata ekstrem, Rafting / Arung Jeram Sungai Elo bisa menjadi pilihan untuk menguji nyali keberanian Anda. Meskipun dapat memacu adrenalin, tapi rafting di Sungai Elo terbilang aman karena berada pada kategori tingkat II-III.

Ada beberapa operator yang mengelola rafting di sana, Anda tinggal pilih saja sesuai selera. Biasanya, rafting atau arung jeram akan menempuh jarak sekitar 12,5 km selama 2,5 jam. Di sekeliling sungai, Anda bisa menyaksikan pemukiman penduduk maupun pepohonan.

Harga sewa satu perahu dibanderol sekitar 800 ribu rupiah. Untuk keamanan, Anda tak usah kuatir karena tersedia helm dan jaket pelampung. Lokasi Rafting Sungai Elo berada di Desa Pare, Blondo, Mungkid, Kabupaten Magelang.

21. Candi Mendut

Selain Yogyakarta, Magelang termasuk daerah yang punya banyak peninggalan sejarah berupa candi. Satu diantaranya adalah Candi Mendut. Candi bercorak Buddha ini terletak di Jalan Mayor Kusen Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini, sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur.

Meskipun tak sebesar Candi Borobudur dan Candi Prambanan, namun Candi Mendut cukup bagus untuk dijadikan sarana edukasi sejarah kepada anak-anak. Di sana, sudah tersedia fasilitas toilet dan tempat parkir. Jam buka mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB. Sedangkan harga tiket masuk dibanderol 10 – 20 ribu rupiah.

22. Candi Pawon

Tak jauh dari Candi Mendut, ada Candi Pawon yang juga bercorak Buddha. Lokasinya terletak di Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi Pawon merupakan titik tengah penghubung antara Candi Borobudur dan Candi Mendut.

Keunikan Candi Pawon tampak pada lubang angin pada biliknya yang tak dimiliki candi-candi lain. Ukuran candi ini termasuk kecil, tapi punya fasilitas memadai berupa toilet, area parkir, dan warung penjual makanan. Harga tiket masuk dibanderol sebesar 10 ribu rupiah.

23. Candi Umbul / Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Berbeda dengan candi di Magelang pada umumnya yang dipercaya sebagai tempat ibadah, Candi Umbul berupa situs purbakala pemandian air panas. Air hangat / panas tersebut muncul dari dasar candi. Konon, air tersebut berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan membuat awet muda.

Untuk merasakan sensasi mandi ala putri raja di Pemandian Air Hangat Candi Umbul, Anda akan dikenakan tiket masuk seharga 6 ribu rupiah. Lokasi / alamat Candi Umbul terletak di Jalan Candi Umbul, Desa Kartoharjo, Kec. Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB.

24. Candi Selogriyo

Jika candi-candi sebelumnya bercorak Buddha, maka lain halnya dengan Candi Selogriyo yang dipercaya sebagai bukti peninggalan nilai-nilai agama Hindu. Lokasi candi ini cukup terpencil, berada diantara 3 bukit, yaitu Bukit Condong, Bukit Giyanti, dan Bukit Malang. Tepatnya di Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang.

Meskipun tersembunyi, jauh dari pusat kota, namun keindahan Candi Selogriyo layak untuk dinikmati. Pasalnya, di sekitar candi dan saat perjalanan, Anda akan disuguhi panorama alam layaknya Ubud Bali. Sawah-sawah terasering dan pegunungan akan memanjakan mata Anda.

Dari gerbang candi, Anda masih harus menaiki sekitar 164 anak tangga untuk mencapai Candi Selogriyo. Harga tiket masuk ke Candi Selogriyo dibanderol sebesar 7 ribu rupiah (turis domestik) dan 25 ribu rupiah (turis mancanegara). Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

25. Grojogan Kapuhan

Grojogan Kapuhan merupakan salah satu tempat wisata di Magelang terbaru yang lagi hits dikalangan wisatawan lokal. Objek wisata ini berupa dam sungai dimana aliran airnya cukup deras, lalu jatuh ke bawah menyerupai air terjun. Uniknya, meskipun musim kemarau, debit airnya tetap deras mengalir.

Aliran air dari Grojogan Kapuhan tampak begitu cantik sehingga cukup banyak para traveler yang menjadikannya sebagai latar berfoto lalu mengunggahnya di sosial media. Untuk mengunjungi Grojogan Kapuhan, sebaiknya Anda datang pagi atau sore hari.

Saat pagi hari, udara di sekitarnya terasa masih sejuk, sedangkan ketika sore hari Anda akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbenam. Harga tiket masuk ke sana sangat murah-meriah, hanya 3 ribu rupiah, dan parkir 2 – 5 ribu rupiah. Lokasinya terletak di Dusun Kapuhan, Desa Kapuhan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

26. Curug Silawe

Seperti halnya kawasan wisata Malang dan Garut Jawa Barat, Magelang juga kaya akan air terjun indah. Satu diantaranya tentu saja Curug Silawe di Dusun Kopeng, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dengan ketinggian mencapai 60 meter, aliran air terjun terindah di Magelang ini tampak begitu eksotis. Airnya jernih dan segar, pepohonan hijau di sekitarnya membuat lingkungan semakin asri. Ditambah lagi udara sejuk dan suasana tenang jauh dari keramaian kota, membuat Curug Silawe cocok untuk melepas penat.

Jika beruntung, Anda bisa melihat pelangi yang terbentuk akibat pembiasan cahaya matahari saat mengenai percikan air terjun. Harga tiket masuk ke Curug Silawe dibanderol sebesar 6 ribu rupiah per orang.

27. Mangli Sky View

Mangli Sky View adalah salah satu tempat wisata alam di Magelang yang sedang naik daun dikalangan wisatawan. Berada di ketinggian sekitar 1.570 mdpl, destinasi ini menawarkan keindahan pemandangan alam yang sangat mengagumkan.

Dari gardu pandang Mangli Sky View, Anda dapat menyaksikan hamparan awan putih, kebun sayur hijau, hingga landscape berbagai gunung seperti Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Tidar, Giyanti, Ungaran, dan Sumbing. Sunrise dan sunsetnya pun terlihat begitu cantik.

Asyiknya lagi, di sana tersedia fasilitas camping ground untuk berkemah, lengkap dengan mushola, toilet, warung, listrik, hingga WiFi internet. Bermalam di dalam tenda bersama teman-teman atau keluarga sambil menunggu sunrise sungguh menyenangkan. Saat malam tiba, Anda bisa menikmati keindahan bintang di langit dan lampu kota (city light).

Harga tiket masuk ke Mangli Sky View dibanderol sebesar 5 ribu rupiah, sedangkan bila akan berkemah dikenakan tarif 15 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Untuk kedepannya, direncanakan akan ditambah fasilitas Glamping (Glamour Camping).

28. Nepal Van Java, Dusun Butuh, Kaliangkrik

Nama Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, mendadak viral dan hits di media sosial instagram. Hal tersebut dikarenakan unggahan foto tentang rumah-rumah penduduk yang seolah bertumpuk di lereng gunung seperti Negara Nepal. Tak ayal, banyak orang menyebutnya sebagai Nepal Van Java.

Dusun Butuh sendiri terletak pada ketinggian sekitar 1.620 mdpl, dibawah kaki Gunung Sumbing. Udara sejuk dan panorama alam indah menjadi daya tarik utama selain susunan pemukiman warga. Untuk mendapatkan foto dengan suasana layaknya negara Nepal, Anda sebaiknya memperhatikan tips berikut ini :

  • Siapkan kendaraan terbaik yang mampu menanjak sampai ke Dusun Butuh.
  • Pastikan rem kendaraan dalam keadaan baik.
  • Gunakan kamera drone untuk mendapatkan foto / gambar terbaik.
  • Datang pagi hari saat cuaca cerah.
  • Ramah terhadap warga sekitar
  • Persiapkan uang pas untuk parkir kendaraan, motor 2 ribu rupiah dan mobil 5 ribu rupiah.

29. Punthuk Kendil

Bagi warga Magelang, mungkin sudah tak asing lagi ketika mendengar nama Punthuk. Tapi, bagi wisatawan dari luar daerah, istilah punthuk masih belum familar. Lalu, apakah punthuk itu? Punthuk adalah sebutan bagi bukit kecil yang ada di Magelang. Biasanya, punthuk digunakan untuk melihat sunrise, sunset, maupun pemandangan alam dari ketinggian.

Di Magelang, ada beberapa punthuk terkenal, misalnya Punthuk Setumbu dan Punthuk Mongkrong yang telah dijelaskan sebelumnya. Nah, selain kedua punthuk tersebut, masih ada Punthuk Kendil yang juga menawarkan keindahan alam mempesona.

Dari atas Punthuk Kendil, wisatawan dapat melihat moment matahari terbit (sunrise) cantik dengan hamparan kabut. Candi Borobudur tampak gagah berlatar pegunungan dilihat dari sana. Pada sisi timur, Anda akan melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Sedangkan di sisi barat, tampak Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Meskipun termasuk tempat wisata di Magelang yang baru buka, namun fasilitas Punthuk Kendil lumayan lengkap, tersedia gazebo bambu, gardu pandang, dan toilet. Harga tiket masuknya hanya 3 ribu rupiah. Murmer banget, bukan? Lokasi / alamat Punthuk Kendil berada di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

30. Ladon Little Island

Magelang memang tak punya pantai. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati suasana pantai. Coba deh, berkunjung ke Ladon Little Island. Tempat wisata baru di Magelang ini menyajikan panorama alam dan hamparan pasir di tepi Sungai Progo layaknya pantai.

Aliran air sungainya begitu tenang, berpadu cantik dengan pasir dan pepohonan hijau di sekelilingnya. Beberapa aktivitas menarik di Ladon Little Island antara lain foto selfie, berkuda, dan naik perahu karet (arum jeram mini). Harga tiket masuk ke Ladon Little Island sangatlah murah, hanya 2 ribu rupiah per orang.

Untuk tarif parkir, dibanderol 2 ribu rupiah (motor) dan 5 ribu rupiah (mobil). Tarif sewa kuda sebesar 20 ribu rupiah, sedangkan sewa perahu karet 40 ribu rupiah. Ladon Little Island berlokasi di Dusun Sangen, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

31. Sendang Mudal

Ngomongin mata air alami yang jernih untuk berendam atau mandi, tentu tak akan bisa lepas dari nama Umbul Ponggok Klaten. Namun, siapa sangka ternyata Magelang punya kolam mata air alami yang begitu jernih sebening kristal atau kaca, namanya Sendang Mudal.

Sendang Mudal sebenarnya pemandian mata air umum bagi warga sekitar. Seiring dengan banyaknya foto kejernihan air Sendang Mudal yang tersebar di media sosial, kini banyak wisatawan dari luar datang ke sana. Airnya memang sangat segar dan jernih hingga dasar kolam berupa pasir pun bisa dilihat tanpa harus masuk ke dalam air.

Lokasi sendang ini berada di area persawahan warga, tepatnya Dusun Butuh Kulon, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB. Harga tiket masuk dibanderol sebesar 6 ribu rupiah. Di sana, sudah tersedia fasilitas toilet, kamar ganti, dan ruang ibadah.

32. Taman Dewari

Tempat rekreasi berupa taman nampaknya semakin diminati oleh sebagian wisatawan. Apalagi jika dilengkapi dengan berbagai spot foto kece dan fasilitas penunjang lainnya, tentu akan semakin banyak pengunjungnya. Di Magelang, ada beberapa tempat wisata berupa taman yang asyik untuk dikunjungi, satu diantaranya adalah Taman Dewari.

Seperti taman bunga pada umumnya, Taman Dewari menawarkan sejumlah spot foto kekinian mulai dari kebun bunga matahari, taman kitiran berisi 10.00 kincir angin plastik berwarna, panggung kayu, perahu kertas, hingga rumah warna-warni. Tersedia juga sajian kuliner di Dapur Dewari untuk mengisi perut.

Lokasi Taman Dewari terletak di Dusun Kradenan Kalikuning, Desa Baturono, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Harga tiket masuk ke sana dibanderol 10 ribu rupiah. Sayangnya, Taman Dewari tidak buka setiap hari karena taman ini dibuka per season dengan tema baru. Untuk itu, Anda harus memantau terus akun instagram Taman Dewari di @tamandewari.

33. Air Terjun Grenjengan Kembar

Dari namanya tentu Anda sudah bisa menebak, kalau air terjun ini ada 2 aliran, bukan? Ya, memang benar bahwa Air Terjun Grenjengan Kembar terdiri dari 2 buah aliran yang bersebelahan. Suasananya masih sangat asri, disekelilingnya penuh pepohonan hijau.

Alirannya memang tak begitu besar, namun airnya terbilang jernih dan segar. Bebatuan besar di bawah air terjun membuat pesonanya semakin cantik. Pas banget buat latar berfoto sekaligus merefresh pikiran dari kesibukan sehari-hari. Apalagi udaranya masih sejuk dan bersih.

Lokasi Air Terjun Grenjengan Kembar terletak di Dusun Citren, Desa Munewarang, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB. Harga tiket masuk dibanderol sebesar 10 ribu rupiah.

34. Air Terjun Sekar Langit

Satu lagi tempat wisata air terjun bagus di Magelang yang wajib dikunjungi, yaitu Air Terjun Sekar Langit. Lokasinya terletak di lereng Gunung Telomoyo, tepatnya Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Air terjun ini dikenal sebagai lokasi kisah legenda Jaka Tarub yang mencuri selendang bidadari.

Dengan ketinggian mencapai 25 meter, aliran Air Terjun Sekar Langit tampak begitu gagah. Tanaman hijau dan bebatuan besar di sekelilingnya semakin menambah keindahan air terjun tersebut. Udaranya masih terasa sejuk, sangat cocok dijadikan tempat melepas rasa jenuh.

Harga tiket masuk ke Air Terjun Sekar Langit dibanderol sekitar 5 ribu rupiah. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus trekking jalan kaki dari pintu gerbang sejauh 500 meter-an. Oya, Anda juga harus menyebrangi jembatan kayu berwarna-warni (jembatan pelangi) sebelum mencapai air terjun.

35. Bukit Sleker Asri

Berada di Dusun Grenjeng, Desa Gandusari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Bukit Sleker Asri menawarkan kesejukan hutan pinus nan asri. Di sana, terdapat wahana menarik seperti flying fox dan berbagai spot foto instagenic untuk pengisi feed instagram.

Anda dapat berfoto sambil tiduran / duduk di hammock atau dengan latar payung, pepohonan pinus, atau pun gubuk kayu. Harga tiket masuk ke Bukit Sleker Asri dibanderol sebesar 4 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

36. OHD Museum

OHD Museum merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang wajib dikunjungi oleh para pecinta kesenian. Pasalnya, museum ini punya beragam koleksi karya seni mulai dari lukisan, pahatan, seni instalasi, new media art, hingga patung. Kabarnya, ada sekitar 2.000 karya di dalam OHD Museum.

Museum OHD sebenarnya termasuk museum pribadi milik Oei Hong Djien, namun dibuka untuk umum. Lokasinya terletak di Jl. Jenggolo No.14, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB (Selasa tutup). Harga tiket masuknya dibanderol 50 ribu rupiah (dewasa) dan 25 ribu rupiah (pelajar).

37. Sendang Maren

Satu lagi kolam pemandian segar di Magelang yang patut dikunjungi, yaitu Sendang Maren. Lokasinya tak terlalu jauh dari Sendang Mudal, tepatnya di Semaren, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Air Sendang Maren tampak begitu jernih dan terasa menyegarkan karena berasal dari mata air alami.

Karena kejernihan airnya sebening kristal, maka Sendang Maren cukup bagus untuk mendapatkan foto underwater yang instagramable. Namun, bagi Anda yang tak bisa berenang sebaiknya jangan coba-coba untuk menyelam ke dalamnya sebab kedalaman sendang ini mencapai 4 – 5 meter.

Suasananya begitu asri, penuh pepohonan hijau khas pedesaan. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 5 ribu rupiah. Mengingat kolam alami Sendang Maren masih digunakan oleh warga setempat, alangkah baiknya jika para wisatawan selalu menjaga kebersihan saat berkunjung ke sana.

Demikianlah informasi seputar tempat wisata bagus di Magelang yang terkenal wajib dikunjungi bagi para wisatawan. Jangan lupa catat dan datang ke sana ya, agar liburan Anda di “Kota Sejuta Bunga” Magelang terasa menyenangkan. Bagi sobat traveler yang punya info destinasi baru lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here