Home Wisata Asia 27 Kuliner Enak Di Simpang Lima Semarang Yang Terkenal Wajib Dicoba

27 Kuliner Enak Di Simpang Lima Semarang Yang Terkenal Wajib Dicoba

233
0

Kuliner Simpang Lima – Sobat traveler, berikut ini daftar rekomendasi tempat wisata kuliner enak di Simpang Lima Semarang dan sekitarnya yang terkenal wajib dicoba. Mulai dari makanan khas lumpia, nasi ayam, nasi pecel, seafood, tahu gimbal, soto, camilan tradisional pisang plenet, hingga menu modern kekinian bisa Anda temukan di sana.

Jika Kota Yogyakarta punya Malioboro, maka Semarang memiliki Simpang Lima yang hampir selalu ramai pengunjung. Sesuai namanya, Simpang Lima merupakan titik pertemuan lima jalan besar di Kota Semarang, antara lain Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada dan Jalan Ahmad Dahlan.

Sebagai ikon pariwisata Semarang, kawasan Simpang Lima menawarkan berbagai daya tarik, salah satu diantaranya adalah aneka kuliner enak yang menggoyang lidah. Di sana, terdapat Pujasera berisi sekitar 20 kios penjual makanan, mulai dari hidangan berat, camilan, hingga minuman hangat / dingin. Selain Pujasera, tempat makan lain pun mudah ditemukan di sekitarnya.

kuliner-simpang-lima-semarang
Gambar ilustrasi kuliner enak di Simpang Lima Semarang

Nah, buat Anda yang kebetulan sedang berada di sana, berikut saya sajikan review tempat wisata kuliner enak di Simpang Lima Semarang dan sekitarnya untuk memanjakan lidah, baik pagi, siang, sore, maupun malam hari. Oya, list kuliner ini dibuat untuk kalangan umum ya, bagi Anda yang beragama islam wajib memilih makanan halal. Jika perlu, tanyakan sertifikat halal MUI-nya.

Daftar Tempat Wisata Kuliner Enak Di Simpang Lima Semarang Yang Terkenal Wajib Dicoba

1. Nasi Pecel Mbok Sador

Kuliner Simpang Lima pertama yang bisa Anda cobain adalah Nasi Pecel Mbok Sador. Berbeda dengan warung nasi pecel pada umumnya yang buka pagi hingga siang, jam buka warung Mbok Sador mulai sore pukul 16.00 WIB sampai malam hari pukul 22.00 WIB. Cita rasanya yang enak, membuat warung pecel ini ramai dikunjungi pembeli.

Seporsi nasi pecelnya berisi nasi dan sayuran hijau seperti bayam, tauge, kacang panjang, kembang turi, serta daun pepaya, lalu disiram dengan sambal kacang. Sebagai lauk pendamping, tersedia telor ceplok, telor asin, gorengan, martabak mini, sate keong, sate usus, sate telor, paru, ati ampela, babat, empal, perkedel, tahu, tempe, peyek dan kerupuk.

Harga satu porsi pecel Mbok Sador dibanderol sekitar 7 ribu rupiah. Setidaknya Anda harus menyiapkan uang 20 ribu rupiah untuk menambah lauk dan minuman. Lokasi warungnya terletak di kawasan food court Simpang Lima, tepatnya Jl. Pahlawan No.1, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah.

2. Pecel Yu Sri

Tak jauh dari Nasi Pecel Mbok Sador, ada warung Pecel Yu Sri yang tak kalah enak menggoyang lidah. Seporsi pecelnya berisi nasi, sayuran, dan siraman sambal kacang nan lezat. Adapun lauknya, tersedia sate telor, sate rempolo ati, sate udang, sate keong, sate usus, bakwan jagung, martabak telor, tahu, tempe, babat iso, dan lainnya.

Dengan cita rasa maknyus dan harga murah sekitar 8 ribu rupiah, warung Pecel Yu Sri berhasil menarik para pembeli untuk datang mencicipi racikan pecelnya. Jam buka mulai pukul 17.00 – 00.00 WIB. Lokasinya masih berada di kawasan Simpang Lima, Pleburan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

3. Tahu Petis Prasojo

Selain makanan berat, kawasan kuliner Simpang Lima Semarang juga menawarkan beragam camilan enak menggugah selera, satu diantaranya adalah Tahu Petis Prasojo. Sesuai namanya, menu utama warung kios di Pujasera ini berupa tahu petis, dimana petisnya dimasukkan ke dalam tahu.

Cita rasa tahu petis warung Prasojo sungguh lezat. Saat mencicipinya, Anda akan merasakan gurih bercampur dengan aroma udang dari sambal petisnya. Tak hanya tahu petis, di sana juga menjual aneka gorengan, tahu baso, tahu brontak, tape goreng, dan risoles goreng.

Kabarnya, kuliner enak di Semarang yang legendaris ini telah dijajakan mulai tahun 1980. Untuk harga tahu petisnya dibanderol 2 ribu rupiah per buah. Jam buka mulai pukul 15.00 – 01.00 WIB.

4. Seafood Pak Jari

Buat Anda penggemar kuliner seafood, warung Seafood Pak Jari di Pujasera Simpang Lima bisa menjadi pilihan tepat untuk santap malam. Di sana, Anda akan dimanjakan berbagai hasil laut maupun ikan air tawar, mulai dari udang, bawal, nila, gurame, lele, kerpaku, kakap, kerang darah, kerang srimping, kerang hijau, cumi, hingga kepiting.

Untuk pengolahan masakannya, Anda bisa memilih mau digoreng, dibakar, atau di dioseng memakai aneka saus, seperti saus asam manis, saus mentega, dan saus padang. Sebagai pelengkap, tersedia sayuran misalnya : ca kangkung, ca sawi, dan ca brokoli.

Seafood Pak Jari mulai buka sore hari sekitar pukul 17.00 WIB sehingga cocok jika ingin dijadikan tempat berbuka puasa di Semarang saat bulan Ramadhan tiba. Jam tutupnya hingga pagi, pukul 05.00 WIB. Oleh karena itu, recommended juga buat tempat sahur. Range harga sekitar 25 – 200 ribu rupiah.

5. Wedang Radja

Menikmati kuliner malam di Kawasan Simpang Lima Semarang paling cocok ditemani dengan minuman hangat atau bahasa Jawa-nya “wedangan”. Untuk menikmati minuman tersebut, Anda bisa mampir ke warung Wedang Radja yang menyediakan berbagai minuman tradisional.

Contoh minuman tersebut antara lain : wedang uwuh, wedang jahe, wedang secang, wedang uwuh, kopi rempah, wedang sekoteng, dan teh poci. Harganya dibanderol sekitar 10 ribu rupiah. Yang unik dari menu-menu tersebut adalah wedang uwuh. Apa itu wedang uwuh?

Wedang uwuh adalah minuman khas Jogja yang berisi berbagai rempah-rempah seperti jahe, kayu secang, cengkeh, kayu manis, pala, serai, kapulaga, dan gula batu atau gula pasir. Minuman ini berwarna merah dengan cita rasa agak pedas dan manis. Pas banget diminum ketika masih hangat.

6. Roti Bakar, Susu Sapi Murni, Dan STMJ

Selain wedangan, menu roti bakar, susu murni, dan STMJ juga sering menjadi incaran banyak orang saat malam tiba. Di kawasan kuliner Simpang Lima Semarang, ada cukup banyak kedai penjual roti bakar dan susu murni, antara lain :

  • Roti Bakar Idola Dan Susu Sapi Murni
  • GAMA Roti Bakar & STMJ
  • Roti Bakar dan Susu Sapi Murni “DEIS”

Menu yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari roti bakar, pisang bakar, STMJ, Indomie Telur, omlet, kentang goreng, aneka minuman hangat / panas / dingin, dan lainnya. Range harga makanan / minuman sekitar 5 – 22 ribu rupiah. Selain cita rasanya enak, tempatnya juga asyik buat nongkrong bareng teman-teman.

7. Sop Kaki Dan Sate Kambing Khas Jakarta Dua Saudara

Anda penggemar olahan daging kambing? Jika iya, wajib rasanya mampir ke warung Sop Kaki Dan Sate Kambing Khas Jakarta Dua Saudara di kawasan Simpang Lima Semarang. Sajian sopnya sungguh lezat menggoyang lidah dengan isian sesuai selera pembeli, seperti kaki, lidah, babat, jeroan, otak, daging, iga, pipi, telinga, dan sebagainya.

Sate kambingnya pun tak kalah enak, tekstur dagingnya begitu empuk sehingga pas banget disantap dengan sepiring nasi putih hangat. Kabarnya, daging kambing yang digunakan berusia muda. Range harga sepertinya masih dibawah 50 ribu rupiah.

8. Bakmi Dan Nasi Goreng Bu Lestari

Sesuai namanya, warung makan enak di Semarang ini menawarkan menu utama berupa bakmi dan nasi goreng. Bakminya tersedia pilihan kuah / goreng dengan topping daging ayam, spesial, seafood, dan daging sapi. Sedangkan untuk nasi gorengnya, ada nasi goreng sapi, kambing, spesial, babat, ati ampela, pete, udang, sosis, telur, ayam, jamur, dan ikan asin.

Ada juga menu nasi goreng ruwet yang berisi nasi, bakmi, dan ayam dimasak menjadi satu. Kalau di Jogja, nasi goreng ruwet ini identik dengan magelangan. Menu makanan lainnya berupa sop ayam, babat gongso, capcay, bihun kuah / goreng, cumi, udang, dan kwetiau kuah / goreng.

Range harga makanan di warung Bu Lestari dibanderol sebesar 10 – 30 ribu rupiah per porsi. Lokasinya terletak di Jl. Simpang Lima, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB (Senin tutup).

9. Nasi Ayam Bu Sami

Ngomongin makanan enak di Kawasan Simpang Lima, belum lengkap rasanya tanpa memasukkan Nasi Ayam Bu Sami. Pasalnya, warung kaki lima yang berdiri sejak tahun 1975 ini punya racikan nasi ayam super enak. Terbukti, meskipun jam bukanya menjelang tengah malam, warung lesehan Bu Sami hampir selalu ramai pembeli.

Seporsi nasi ayamnya berisi nasi liwet, krecek, sayur labu, santan kuning, dan suwiran daging ayam. Sebagai lauk pendamping, tersedia telur, tahu bacem, aneka sate jeroan seperti usus, ati ampela, uritan, serta telur muda.

Untuk mencicipi ikon kuliner malam Semarang ini, Anda bisa langsung datang ke lokasinya di Pojok Matahari Simpang Lima, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 23.00 – 06.00 WIB. Harga satu porsi Nasi Ayam Bu Sami dibanderol sekitar Rp.13.000,-.

10. Es Puter Cong Lik

Siapa seh yang tak suka dengan es krim? Hampir sebagian besar orang mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa menyukainya, bukan? Nah, bagi Anda yang kebetulan pecinta es krim dan sedang berada di Semarang, jangan lupa mampir ke kedai Es Puter Cong Lik.

Sesuai namanya, warung tenda kaki lima pinggir jalan ini menawarkan es krim jadul yang dikenal dengan nama es puter atau es dungdung. Proses pembuatan es puternya masih dilakukan secara manual. Teksturnya memang agak kasar, namun Anda akan mendapatkan cita rasa autentik dengan sensasi rasa manis sedikit asin.

Seporsi Es Puter Cong Lik berisi beberapa scope es puter, dua buah irisan roti, biji mutiara dan kelapa. Untuk varian rasanya, terdiri dari cokelat, alpukat, durian dan kelapa. Namun, saat bulan Ramadhan tiba, biasanya ada tambahan rasa seperti nangka, sirsak, kacang hijau, blewah serta leci. Pas banget buat menu buka puasa!

Lokasi Es Puter Cong Lik terletak cukup dekat dengan Kawasan Simpang Lima, tepatnya di Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 18.00 – 23.30 WIB. Range harga dibanderol sebesar 23 – 30 ribu rupiah, tergantung varian rasa maupun topping.

11. Soto Mbak Lin

Bukan hanya malam hari, sajian kuliner Simpang Lima Semarang juga bisa Anda nikmati saat pagi hari. Ada Soto Mbak Lin yang sungguh enak disantap buat pengisi perut sebelum beraktivitas. Sotonya berupa soto ayam khas Kudus, berisi nasi, suwiran daging ayam, kecambah, irisan daun bawang, bawang goreng, dan kuah gurih segar.

Dengan cita rasa enak dan harga murah meriah sekitar 10 ribu per porsi, Soto Mbak Lin menjadi salah satu tempat sarapan enak di Semarang favorit banyak orang. Sebagai pendamping, tersedia aneka lauk seperti paru goreng, sate ayam, sate kerang, sate telur, otak sapi goreng, perkedel, dan tempe goreng.

Rate harga lauk sekitar 4 – 7,5 ribu rupiah. Lokasi cabang warung Soto Mbak Lin yang dekat dengan Simpang Lima terletak di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan No.mor 15, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB.

12. Tahu Gimbal Pak Edi Samping Provinsi

Selain nasi ayam, makanan khas Semarang bernama tahu gimbal juga wajib dicoba saat Anda berkunjung ke Simpang Lima. Sesuai namanya, hidangan ini berisi tahu goreng, gimbal (bakwan udang), lontong, irisan kol, taoge / kecambah, telur ceplok goreng, bawang goreng, lalu disiram dengan sambal kacang berbumbu petis udang dan kecap.

Ada cukup banyak penjual tahu gimbal enak di Semarang, satu diantaranya adalah Tahu Gimbal Pak Edi yang lokasinya cukup dekat dengan Simpang Lima. Tepatnya di Jl. Menteri Supeno, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 16.00 – 23.00 WIB.

Di sekitar warung Tahu Gimbal Pak Edi, ada juga penjual tahu gimbal enak lainnya dengan nama edi, yaitu Tahu Gimbal Pak H Edy. Konon kabarnya, Tahu Gimbal Pak H Edy sangat legendaris karena sudah mulai jualan sejak tahun 1970-an. Seporsi tahu gimbal disana dibanderol dengan harga 20 ribu rupiah.

13. Bakmi Jowo Pak Rebi

Tak jauh dari warung Tahu Gimbal Pak Edi Samping Provinsi, sekitar 500 meteran, ada Bakmi Jowo Pak Rebi yang juga layak dicoba. Menu makanan yang disajikan berupa bakmi goreng / rebus / nyemek, nasi goreng, nasi ruwet / magelangan, bihun goreng / rebus / nyemek, dan sate ayam.

Soal rasa, tak perlu diragukan lagi karena Bakmi Jowo Pak Rebi termasuk warung bakmi Jawa terenak di Semarang. Aroma bakminya sungguh harum, apalagi masaknya memakai arang sehingga semakin sedap. Cita rasanya cenderung manis gurih, tapi Anda juga bisa memesan pedas jika tidak suka manis.

Harga seporsi bakmi Jawa racikan warung Pak Rebi dibanderol 13 ribu rupiah. Alamatnya terletak di Jl. Menteri Supeno No.11 A, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Sekitar 1 km dari Simpang Lima Semarang. Jam buka mulai pukul 11.00 – 00.00 WIB.

14. Mie Ayam Pak Min

Kuliner Simpang Lima Semarang berikutnya yang wajib dicoba adalah Mie Ayam Pak Min. Warung mie ayam paling enak di Semarang yang legendaris ini menawarkan mie ayam dan bakso, seperti mie ayam biasa, mie ayam pangsit, mie ayam bakso, mie ayam komplit, bakso kuah, bakso kuah pangsit goreng, bakso kuah pangsit kuah, pangsit kuah, dan pangsit goreng.

Tekstur mienya cukup kenyal, pas banget disantap saat perut sedang lapar. Range harga sebesar 8 – 20 ribu rupiah. Lokasi / alamat Mie Ayam Pak Min hanya 350 meteran dari Kawasan Simpang Lima, yaitu di Jl. Pandanaran 2, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

15. Lumpia Mataram

Berwisata kuliner di Kawasan Simpang Lima akan terasa kurang jika belum mencicipi lumpia. Meskipun kini telah banyak penjual lumpia di daerah-daerah lain, namun mencicipi lumpia langsung di kota asalnya akan memberikan pengalaman istimewa.

Nah, salah satu warung lumpia terenak di Semarang adalah Lumpia Mataram. Lokasinya terletak di Jl. Pandanaran No.29A, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 05.30 – 21.00 WIB. Cita rasa lumpianya sungguh lezat top markotop. Aroma rebungnya tak terlalu kuat sehingga nyaman disantap.

16. Bandeng Juwana Elrina

Masih di Jl. Pandanaran, seputaran Kawasan Simpang Lima, ada Bandeng Juwana Elrina yang patut dicoba. Di sana, Anda bisa menemukan bandeng presto bertulang lunak dengan cita rasa super enak.

Pilihannya beragam, mulai dari Bandeng Duri Lunak Biasa, Bandeng Duri Lunak Vakum Kering, Bandeng Duri Lunak Vakum Basah, Bandeng Dalam Sangkar, Bandeng Otak-Otak, dan Bandeng Teriyaki. Ada juga makanan lain yang bisa dijadikan oleh-oleh seperti wingko babat, lumpia, kue pia, brownies, dan lainnya.

Alamat lengkap Bandeng Juwana Elrina terletak di Jl. Pandanaran No.57, Randusari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 23.00 WIB.

17. Wingko Babat Pak Moel

Setelah puas mencicipi beragam kuliner Simpang Lima yang enak, ada baiknya Anda mencari oleh oleh khas Semarang untuk keluarga / teman / saudara di rumah. Cobalah mampir ke Wingko Babat Pak Moel di Jl. Pekunden Tengah No.1110, Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB.

Wingko Babat merupakan kue yang dibuat dari bahan-bahan kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Bentuknya bundar pipih dengan cita rasa manis gurih. Dari sekian banyak penjual Wingko Babat enak di Semarang, Wingko Babat Pak Moel termasuk rekommended untuk dijadikan buah tangan.

18. Pecel Bu Sumo

Mendengar nama “Pecel Bu Sumo”, mungkin sebagian besar warga Semarang sudah sangat familiar. Pasalnya, warung pecel terenak di Semarang ini sudah lama berdiri sejak tahun 1965 dan racikan pecelnya sungguh lezat.

Seporsi pecelnya berisi nasi, rebusan sayur bayam, kacang panjang, dan tauge / kecambah, lalu disiram dengan sambal kacang. Sebagai lauk pendamping, tersedia telor, paru, tahu bacem, tempe goreng, gorengan, kerupuk, ayam, empal goreng, dan kakap.

Harga nasi pecelnya dibanderol lebih kurang 15 ribu rupiah per porsi (tergantung lauk). Lokasi warung Pecel Bu Sumo terletak di Jl. Kyai Saleh No.10, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 16.00 WIB.

19. Tahu Pong

Olahan tahu nampaknya cukup populer di Semarang Jawa Tengah, mulai dari tahu gimbal, tahu bakso, tahu petis, hingga tahu pong. Khusus tahu pong, Anda dapat mencicipinya di warung Tahu Pong Semarang Jl. Gajahmada No.63B, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tahu Pong berupa tahu goreng dimana di dalamnya kosong (bahasa Jawa : kosong = kopong). Camilan ini biasanya disajikan saat masih hangat bersama gimbal udang (bakwan udang) dan telur bulat goreng. Sebagai pelengkap, tersedia petis udang encer, acar, dan ulekan cabai hijau.

Cita rasa Tahu Pong sendiri gurih, seporsi lengkap dibanderol dengan harga 12 ribu rupiah. Jam buka warung Tahu Pong Gajahmada mulai pukul 11.30 – 20.00 WIB.

20. Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok

Bagi Anda pecinta nasi goreng, wajib rasanya nyobain nasi goreng babat racikan warung Pak Karmin. Pasalnya, nasi gorengnya sungguh lezat, cita rasa gurih, manis, dan pedas bercampur menjadi satu. Selain nasi goreng babat, ada juga babat gongso yang tak kalah enak. Tekstur babatnya begitu lembut, berpadu pas dengan seporsi nasi putih hangat.

Warung Pak Karmin terbilang legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1971. Range harga nasi goreng babat terenak di Semarang ini dibanderol sekitar 20 – 40 ribu rupiah per porsi.

Lokasi Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok terletak di dekat Jembatan Mberok, tepatnya Jl. Pemuda No.2, Dadapsari, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Dari Simpang Lima, jaraknyaa sekitar 4,3 km dengan estimasi waktu tempuh 10 menit. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.30 WIB.

21. Leker Paimo

Ingin bernostalgia dengan jajanan tradisional jadul kue leker? Cobain deh, datang ke Leker Paimo. Lokasinya terletak di Jl. Ki Mangunsarkoro No.86 D, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah dan Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka pukul 10.00 – 16.30 WIB (Minggu Tutup).

Di sana, Anda akan menemukan leker manis atau asin beraneka topping / isian baik original maupun kekinian mulai dari coklat, karamel, susu putih, coklat kacang, ovomaltine, ovomaltine keju, pisang coklat, pisang karamel, pisang coklat kacang, pisang coklat keju, telor sosis, tuna, jagung manis, korned, mozzarella, dan lainnya.

Cita rasa kue Leker Paimo sungguh lezat dengan isian melimpah. Tak heran, jika cukup banyak pembeli yang antri demi seporsi leker ini. Range harga sekitar 5 – 30 ribu rupiah, tergantung topping / isian.

22. Nasi Ayam Bu Wido

Hidangan populer nasi ayam cukup mudah ditemukan di kawasan kuliner Simpang Lima dan sekitarnya, misalnya Nasi Ayam Bu Wido. Lokasinya hanya berjarak sekitar 750-an meter dari Simpang Lima, tepatnya di Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Berdagang sejak tahun 1994, cita rasa Nasi Ayam Bu Wido tetap konsisten enak tak lekang oleh waktu. Seporsi nasi ayamnya berisi nasi telur rebus berbumbu, tahu opor, sayur labu manis, krecek, suwiran daging ayam, dan kuah opor kuning.

Sebagai lauk tambahan, tersedia sate telur, sate usus, opor daging paha, dada, kepala, dan sayap ayam. Jam buka warung Nasi Ayam Bu Wido mulai pukul 16.30 – 23.00 WIB. Harga dibanderol sebesar 10 – 27 ribu rupiah, tergantung lauk.

23. Nasi Ayam Bu Pini

Satu lagi nasi ayam enak di Semarang yang layak Anda cobain, yaitu Nasi Ayam Bu Pini. Lokasinya sekitar 3,8 km dari kawasan kuliner Simpang Lima, tepatnya di Gg. Pinggir No.75, Kranggan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 05.30 – 21.30 WIB.

Satu porsi nasi ayam racikan warung Bu Pini berisi nasi, sayur labu, 1/2 telur bacem, krecek, suwiran daging ayam, dan kuah opor. Sementara itu untuk lauk pendamping tersedia sate telor dan sate usus. Nasinya memakai nasi gurih yang diolah memakai santan sehingga terasa nikmat. Harga seporsinya sekitar 10 ribu rupiah.

24. Bakso Iso Sapi Pak Lasino

Bagi pecinta bakso, warung Bakso Iso Sapi Pak Lasino bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke Semarang. Lokasinya terletak sekitar 1 km dari kawasan Simpang Lima, yaitu Jl. Kusuma Wardani No.25, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 18.30 WIB (Minggu tutup).

Sebagai salah satu warung bakso terenak di Semarang, cita rasa baksonya tak perlu diragukan lagi. Tekstur baksonya lembut dengan porsi lumayan banyak sehingga bikin kenyang. Range harga sekitar 18 – 20 ribu rupiah per porsi.

25. Pisang Plenet Pak Yuli

Pisang plenet merupakan kuliner khas Semarang yang sudah cukup jarang ditemui. Sesuai namanya, jajanan ini terbuat dari pisang, lalu dipipihkan (bahasa Jawa = “plenet”) dan dibakar di atas arang. Setelah matang, biasanya pisang plenet diberi topping berupa coklat, keju, dan susu kental manis.

Salah satu pisang plenet paling enak di Semarang adalah Pisang Plenet Pak Yuli. Lokasinya terletak di Jl. Gajahmada No.13, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Dari Simpang Lima, jaraknya sekitar 3,5 km. Jam buka mulai pukul 17.00 – 00.00 WIB.

Dalam sehari, kabarnya Pisang Plenet Pak Yuli bisa menghabiskan sekitar 10 – 20 sisir pisang kepok. Harganya dibanderol sekitar 6 – 12 ribu rupiah. Cita rasa pisang plenetnya manis alias legit, cocok disantap saat masih hangat.

26. Kofitiere

Selain Pujasera dan warung kaki lima, di sekitar Simpang Lima ada juga tempat nongkrong asyik kekinian yang cocok untuk anak-anak muda. Salah satu diantaranya adalah Kofitiere. Cafe hits di Semarang ini mempunyai desain minimalis dengan nuansa clean dan elegan. Setiap sudutnya tampak instagramable, cocok buat latar berfoto.

Menu yang ditawarkan Kofitiere cukup variatif, misalnya kopi, caffe latte art, espresso, black coffee, manual brewing, dan milkshake. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Erlangga Barat 7 No.15, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB.

27. Panties Pizza

Sesuai namanya, Panties Pizza menyajikan menu utama berupa pizza. Di sana, Anda akan menemukan menu aneka pizza seperti banana pizza, broadway pizza, chick’o cheese, hotspot pizza, DR. meat ball pizza, a pizza to remember, dan pizzaderman.

Tersedia juga beragam minuman mulai dari tea, lemon tea, green tea, vanilla late, latte, cappucino, lemonade, hingga mineral water. Range harga makanan / minuman berkisar antara 6 – 28 ribu rupiah. Dengan cita rasa juara dan harga murah, membuat restoran di Semarang yang enak ini digemari para mahasiswa, pelajar, anak muda, maupun keluarga muda.

Lokasi / alamat Panties Pizza di Jl. Pleburan Barat No.38A, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 1,1 km dari kawasan kuliner Simpang Lima Semarang. Jam buka mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB.

Demikianlah review singkat aneka tempat wisata kuliner di Simpang Lima Semarang dan sekitarnya. Jangan lupa catat ya gaes, rugi deh jauh-jauh ke sana tanpa mencicipi makanan enaknya. Buat Anda yang punya informasi spot kuliner lain atau mau berbagi pengalaman, bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here