Home Wisata Asia 47 Tempat Wisata Kuliner Enak Khas Magelang Yang Terkenal Wajib Dicoba

47 Tempat Wisata Kuliner Enak Khas Magelang Yang Terkenal Wajib Dicoba

452
0

Kuliner Magelang – Bingung mencari tempat makan di Magelang? Ini daftar rekomendasi tempat wisata kuliner enak khas di Magelang Jawa Tengah yang terkenal wajib dicoba. Mulai dari makanan khas, jajanan tradisional, minuman legendaris, hingga hidangan modern kekinian ada semua di sana.

Seiring dengan perkembangan zaman, akhir-akhir ini pariwisata Magelang semakin berkembang pesat. Terbukti dengan munculnya beragam destinasi wisata baru yang berhasil menarik minat wisatawan. Misalnya saja Silancur Highland, Top Selfie Pinusan Kragilan, Svargabumi Borobudur, Taman Ramadanu, dan Mangli Sky View.

Daya tarik lain dari Kota / Kabupaten Magelang adalah sajian kulinernya yang begitu lezat. Berbagai makanan unik dengan cita rasa otentik masih bisa Anda jumpai di sana. Sayang banget kalau dilewatkan begitu saja. Nah, kira-kira ada apa saja ya? Berikut ini Aneka Wisata sajikan review beberapa tempat wisata kuliner enak di Magelang yang terkenal wajib dikunjungi.

Kuliner-Magelang
Gambar ilustrasi tempat wisata kuliner enak khas di Magelang yang terkenal wajib dicoba

Daftar Tempat Wisata Kuliner Enak Khas Di Magelang Yang Terkenal Wajib Dicoba

1. Kupat Tahu Pojok Magelang

Kita awali review kuliner Magelang dengan mengulas kupat tahu yang sangat populer dikalangan wisatawan maupun warga lokal. Belum lengkap rasanya liburan ke Magelang tanpa mencicipi sajian kupat tahu dengan cita rasa menggoyang lidah. Sesuai namanya, makanan khas Magelang ini berbahan dasar ketupat, tahu goreng, dan bumbu kacang.

Ada cukup banyak penjual kupat tahu enak di Magelang yang recommended untuk dicoba. Satu diantaranya adalah kupat tahu racikan warung Tahu Pojok Magelang. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Tentara Pelajar, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.30 WIB.

Seporsi kupat tahu pojok berisi potongan ketupat, tahu, irisan kol, tauge / kecambah, seledri, bawang goreng, bumbu, dan saus kacang encer. Cita rasa kupat tahunya cenderung manis, seperti makanan khas Jogja maupun Jawa pada umumnya. Bila Anda tak suka makanan manis, bisa memesan kupat tahu dengan rasa agak asin dan pedas.

Tekstur bumbu kacangnya terbilang halus, tahunya lembut, pas banget disantap bersama kuah manis dan gurih. Untuk lauk tambahan tersedia kerupuk dan rempeyek. Tersedia juga minuman tradisional berupa sekoteng, jahe, dan ronde. Rate harga seporsi Kupat Tahu Pojok Magelang dibanderol sebesar 12 ribu rupiah.

Warung Tahu Pojok Magelang ini sangatlah legendaris, berdiri sejak tahun 1942. Pembelinya pun cukup banyak, mulai dari kalangan rakyat biasa, artis, pejabat, jenderal, hingga presiden. Misalnya mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono bersama istrinya Ibu Ani Yudhoyono, Puan Maharani, Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Christine Hakim, dan Indro Warkop DKI.

2. Rumah Makan Sehati Borobudur Spesial Ndas Beong

Dari namanya, Anda mungkin sudah bisa menebak kalau tempat makan ini menyediakan menu utama berupa Ndas Beong (baca : Kepala Beong). Iya, memang benar sajian unggulan Rumah Makan Sehati Borobudur adalah mangut Beong bercita rasa pedas.

Apa itu Beong? Beong atau Baung (Mystus nemurus) merupakan ikan mirip lele berukuran besar yang hidup di Sungai Progo. Daging ikan Beong cukup tebal dengan tekstur empuk dan lembut. Konon kabarnya, kandungan proteinnya cukup tinggi sehingga banyak diburu orang untuk dijadikan lauk. Tak heran, jika populasi ikan ini pun semakin berkurang.

Racikan mangut Beong dari Rumah Makan Sehati sungguh enak menggugah selera. Meskipun pedas nampol, tapi tetap lezat bikin nagih saat disantap. Bumbu rempah khas desanya terasa pas berpadu dengan gurihnya santan. Jika tak suka bagian kepala, Anda bisa memesan badan atau ekor ikan Beong.

Sebagai pelengkap dan penetral rasa pedas, tersedia urap serta es durian segar. Ada juga pilihan menu lain yang tak pedas, seperti beong santan gurih, ayam bacem, wader goreng, dan tumis sayur. Rate harga sekitar 20 – 70 ribu rupiah per porsi tergantung ukuran ikan Beong.

Lokasi / alamat Rumah Makan Sehati Borobudur Spesial Ndas Beong terletak di Bumen, RT.01/RW.06, Bumen, Desa Kembanglimus, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Sekitar 4 km sebelah barat Candi Borobudur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB.

3. Warung Makan Purnama

Ngomongin mangut lele, sebagian besar pikiran wisatawan mungkin akan langsung tertuju pada kuliner khas Jogja bernama Mangut Lele Mbah Marto. Pasalnya, masakan mangut lele pedasnya begitu lezat sehingga membuat banyak orang ketagihan ingin mencobanya lagi.

Nah, buat Anda yang kebetulan sedang ingin makan mangut lele, tak perlu jauh-jauh pergi ke Bantul Yogyakarta karena Magelang juga punya hidangan mangut lele super enak di Warung Makan Purnama. Dengan tagline “Hidup Extra Sehat, Konsumsi Iwak Kali”, ikon kuliner Magelang ini menawarkan masakan ikan air tawar mulai dari lele, bawal, wader, dan udang.

Mangut lele racikan Warung Makan Purnama memiliki perpaduan cita rasa gurih, manis, dan pedas. Lelenya disajikan bersama kuah santan berwarna kuning agak kemerahan. Semakin sedap dengan tambahan bumbu rempah nan lengkap mulai dari bawang merah, bawang putih, cabai merah dan hijau, santan, kunyit, jahe, sereh, kencur, daun salam, lengkuas, hingga jeruk purut.

Selain mangut lele, di sana tersedia menu makanan lain yaitu mangut bawal, opor bebek, lele goreng, bawal goreng, wader / udang, dan nasi pecel. Untuk minuman, ada soda gembira, es teh, es tape, es jeruk, kopi susu, teh panas, tape panas, jeruk panas, serta coffeemix.

Rate harga makanan dibanderol sekitar 16 – 18 ribu rupiah. Lokasi / alamat Warung Makan Purnama terletak di Jl. Magelang – Yogyakarta No.KM. 13, Tangkilan, Pabelan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.30 – 19.30 WIB.

4. Sop Senerek Pak Parto

Kuliner khas Magelang berikutnya yang tak boleh dilewatkan adalah Sop Senerek. Makanan hasil akulturasi kuliner Belanda saat zaman penjajahan dulu masih tetap eksis sampai sekarang. Seporsi Sop Senerek biasanya berisi kacang merah, bayam, wortel, seledri, daun bawang, irisan daging sapi / ayam / jeroan, dan kuah bening.

Cita rasa sop tradisional ini terbilang lezat, perbaduan rasa gurih dan segar membuat selera makan menjadi bertambah. Konon kabarnya, istilah Sop Senerek berasal dari “Snert Soup” (sop kacang polong) yang dimasak tentara Belanda. Oleh karena susah mengucapkan kata “snert”, maka munculah nama senerek.

Untuk mencicipi sajian Sop Senerek khas Magelang, Anda bisa mampir ke warung Sop Senerek Pak Parto di Jl. Jenderal Sudirman, Magersari, Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 16.00 WIB. Seporsi Sop Senereknya berisi nasi, bayam, irisan wortel, kacang merah, daging sapi, dan kuah sop bening.

Tak hanya menyajikan sop, warung Pak Parto juga menyediakan menu makanan lain seperti sayur cabai, sambal goreng krecek, asem-asem daging, pecel, sop iga, sop buntut, cingur, telur dadar, perkedel daging, tempe mendoan, bakwan goreng, dan sebagainya. Harga seporsi sopnya dibanderol sekitar 14 ribu rupiah, belum termasuk lauk tambahan ya.

5. Warung Makan Senerek “Bu Atmo”

Selain warung Pak Parto, ada satu lagi penjual Sop Senerek di Magelang yang terkenal enak yaitu Warung Makan Senerek “Bu Atmo”. Lokasinya berada di Jl. Pangeran Mangkubumi No.3, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB.

Bisa dibilang, sop racikan warung Bu Atmo ini termasuk Sop Senerek yang paling legendaris karena kabarnya sudah ada sejak tahun 1967. Seporsi sopnya berisi kacang merah, wortel, bayam, daun bawang, daging sapi / babat, dan kuah kaldu segar. Cita rasanya begitu lezat, pas banget disantap dengan sepiring nasi putih saat cuaca dingin.

Sebagai lauk pelengkap, tersedia kikil, brongkos, telur ceplok, babat, ikan nila, sate keong, dan tempe / tahu bacem. Ada juga beras kencur, minuman tradisional yang menyehatkan. Harga seporsi sop senerek Bu Atmo dibanderol sekitar 13 ribu rupiah.

6. Sop Empal Bu Haryoko

Selain Sop Senerek, ada satu lagi kuliner Magelang berupa sop yang enak wajib dicoba, yaitu Sop Empal Bu Haryoko. Warungnya berlokasi di Jl. Veteran No.9, Sayangan, Muntilan, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 15.00 WIB.

Berbeda dengan sop pada umumnya yang berisi aneka sayuran sayuran seperti potongan wortel, makaroni, kentang, kol / kubis, dan lainnya, sop racikan warung Bu Haryoko ini termasuk sop versi minimalis. Pasalnya, seporsi sopnya hanya berisi kol / kubis, bihun / soun, potongan daging empal, dan sambal tomat.

Meskipun tampak sederhana, tapi cita rasa sopnya sungguh lezat dan segar. Daging empalnya begitu empuk, berpadu pas dengan kuah kaldu, dan nasi putih. Tak heran jika sop ini direkomendasikan bagi wisatawan jika singgah di daerah Muntilan, Magelang. Harga seporsi sop empal paru Bu Haryoko dibanderol sekitar 26 ribu rupiah.

7. Nasi Goreng Pak Kadis Menayu

Berlokasi di Kapanjen, Desa Menayu, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Warung Makan Pak Kadis menawarkan berbagai menu makanan enak yang cocok disantap saat cuaca dingin. Menu tersebut antara lain nasi goreng, nasi godog (sego godog), bakmi goreng (mie goreng), bakmi godog (mie godog), bebek goreng, tongseng ayam, dan tongseng bebek.

Menu andalan warung Pak Kadis berupa bakmi goreng dan nasi goreng. Cita rasa keduanya sungguh enak bikin ketagihan ingin mencobanya lagi. Apalagi dimasak satu per satu memakai anglo sehingga beraroma lebih harum. Jika akan datang ke sana, usahakan jangan telat ya, karena kabarnya jam 3 – 4 sore sudah tutup.

8. Bakmi Pak Naryo Rindam Magelang

Selain warung Pak Kadis, racikan masakan rumah makan Bakmi Pak Naryo Rindam juga layak dikunjungi saat mengeksplore beragam kuliner Magelang. Lokasinya terletak di Gelangan, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 15.00 – 00.00 WIB.

Di sana, Anda akan dimanjakan menu makanan khas Magelang mulai dari nasi goreng, nasi godog (sego godhog), bakmi goreng, bakmi godog, dan magelangan. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi karena enak menggoyang lidah. Manis, asin, dan gurihnya khas banget. Bila Anda penyuka pedas, bisa pesan (baca : request) pedas. Rate harga sekitar 15 ribu per porsi.

9. Warung Bakmi Jawa “Pak Manto”

Tak sulit rasanya mencari sego godog atau nasi rebus di kawasan Magelang dan sekitarnya. Pasalnya, ada cukup banyak penjual kuliner unik khas Magelang yang satu ini. Misalnya saja Warung Bakmi Jawa “Pak Manto” di Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Seporsi nasi godog Pak Manto berisi nasi, mi, daun bawang, kol, irisan tomat, dan taburan bawang goreng. Kuahnya tampak agak kental berwarna kecokelatan. Sekilas mirip dengan magelangan yang berbahan utama mie dan nasi, hanya saja nasi godog ini diberi kuah.

Cita rasa sego godhog legendaris racikan warung Pak Manto sungguh juara, tak kalah enak bila dibandingkan dengan Nasi Godog Pak Pethel yang merupakan ikon kuliner malam Jogja. Rasanya benar-benar otentik, gurih, dan agak manis. Tekstur nasi dan mienya pun pas matangnya sehingga sedap saat disantap.

Selain nasi godog, ada menu makanan lain yang bisa Anda nikmati antara lain nasi goreng, bakmi goreng, bakmi godog, dan magelangan. Harga satu porsi nasi godog Pak Manto dibanderol sekitar 14 ribu rupiah. Lokosi warungnya cukup strategis, dekat dengan Alun-Alun Kota Magelang.

10. Ronde Miroso

Ngomongin kuliner legendaris khas Magelang yang terkenal, tentu tak akan lepas dari Ronde Miroso. Pasalnya, warung ronde ini sudah berdiri sejak puluhan tahun silam dan tetap eksis hingga sekarang. Bahkan, pembelinya pun cukup banyak dari berbagai kalangan, baik warga biasa, artis, pejabat, sampai Presiden Soekarno.

Sesuai namanya, warung Ronde Miroso menyajikan menu utama berupa wedang ronde. Semangkok wedang rondenya berisi ronde (bulatan tepung ketan berisi kacang), kolang-kaling, agar-agar, kacang tanah, dan kuah jahe panas. Cita rasanya sungguh enak, cocok banget buat menghangatkan tubuh di saat cuaca dingin atau malam hari.

Selain wedang ronde, ada satu lagi menu makanan unik yang wajib dicoba di warung Miroso, yaitu sate pisang. Kuliner Magelang ini terbuat dari potongan pisang kepok merah rebus, lalu ditusuk memakai lidi seperti sate pada umumnya. Setelah itu, disajikan di atas piring dengan diberi saus santan kental. Cita rasanya manis dan gurih layaknya kue nagasari.

Harga satu porsi wedang ronde Miroso sekitar 10 ribu rupiah. Lokasi / alamat warungnya terletak di Jl. Medang No.6A, Rejowinangun Utara, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Sekitar 10 menit dari SMA N 3 Magelang. Jam buka mulai pukul 16.30 – 22.00 WIB (Selasa tutup).

11. Kuliner Pasar Tradisional Magelang

Setiap daerah di Indonesia, umumnya memiliki pasar tradisional yang menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat setempat. Di dalam pasar tersebut, berbagai barang kebutuhan sehari-hari diperjualbelikan mulai dari sembako, pakaian, sayuran, buah-buahan, hingga makanan.

Nah, di Magelang sendiri ada beberapa pasar tradisional yang bisa wisatawan kunjungi untuk menikmati beberapa kuliner tradisional. Meskipun tampak jadul, cita rasa makanan pasar tersebut tak kalah lezat bila dibandingkan dengan kuliner kekinian modern “jaman now.

Buntil Lumbu

Kuliner tradisional khas Magelang pertama yang wajib dicoba adalah Buntil Lumbu. Makanan ini berupa kelapa dan ikan teri yang dibungkus memakai daun talas / daun keladi, lalu dimasak dengan kuah santan. Buntil Lumbu biasanya disantap bersama nasi putih hangat, cabe rawit, ikan bandeng presto, dan tongkol goreng.

Untuk menikmati Buntil Lumbu, Anda bisa mencarinya di Pasar Ngasem Jl Sriwijaya Magelang atau depan toko Merak Jaya Jl Jend Sudirman Magelang. Kalau tak keliru, penjualnya simbok-simbok. Biasanya pagi hari sudah mulai buka.

Kethak

Kethak merupakan kuliner khas Magelang yang terbuat dari ampas pembuatan minyak kelapa. Makanan ini umumnya dimasak memakai bumbu bacem sehingga bercita rasa manis dan gurih. Anda bisa menemukan kethak pada penjual Buntil Lumbu di Pasar Ngasem, Pasar Rejowinangun, dan Pasar Tukangan.

Gethuk Gondok

Magelang termasuk salah satu daerah di Indonesia yang terkenal sebagai sentra produksi getuk bercita rasa enak. Tak heran, jika getuk menjadi oleh oleh khas Magelang favorit wisatawan saat berkunjung ke Kota Sejuta Bunga. Selain Getuk Trio, ada Getuk Gondok Hj. Sri Rahayu yang juga populer dikalangan warga lokal.

Warna getuk gondok cukup menarik, terdiri dari cokelat, putih, hijau, dan merah muda. Teksturnya begitu lembut dengan rasa manis. Rate harga sekitar 10 – 25 ribu rupiah per kotak. Lokasi / alamat outlet Getuk Gondok Hj. Sri Rahayu terletak di Pasar Redjowinagun, Jalan Mataram No.9A, Bulurejo, Mertoyudan, Rejowinangun Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Getuk Lindri

Satu lagi varian getuk khas Magelang yang tak boleh dilewatkan begitu saja, yaitu getuk lindri. Jika Getuk Trio dan Getuk Gondok berbentuk padatan, lain halnya dengan getuk lindri. Getuk ini berbentuk tumpukan bulatan-bulatan panjang, lalu dipotong dan disajikan bersama kelapa parut.

Tekstur getuk lindri lembut dan kenyal, dengan cita rasa manis. Rate harga sekitar 5 – 10 ribu rupiah. Anda dapat mencoba pergi ke Pasar Ngasem Magelang untuk mendapatkan getuk lindri.

Es Dawet

Salah satu minuman khas Indonesia yang cocok diminum saat cuaca panas adalah es dawet. Di pasar-pasar tradisional Magelang, Anda dapat menemukan es dawet untuk melepas dahaga. Seporsi es dawet biasanya berisi dawet warna-warni, cincau, es batu, kuah santan, dan kuah gula manis.

Cenil

Cenil adalah jajanan tradisional yang terbuat dari tepung tapioka / tepung kanji berbentuk potongan kecil-kecil berwarna-warni dan disajikan bersama parutan kelapa. Teksturnya kenyal dengan cita rasa manis dan gurih. Anda bisa menemukan cenil di Pasar Tarumanegara atau pun pasar tradisional lain di Magelang.

12. Aneka Jenang

Bukan hanya di Yogyakarta, bubur jenang juga bisa Anda temukan di Magelang. Ada cukup banyak penjual bubur jenang enak di Magelang, satu diantaranya adalah Aneka Jenang Gatak Gamol. Lokasinya terletak di Dusun Gatak Gamol, Desa Pucungrejo, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

Di sana, Anda akan dimanjakan dengan 9 macam varian bubur jenang, mulai dari sumsum, candil, sagu ambon, mutiara, ketela, ketan hitam, kacangijo, rangrang, hingga merah delima. Harganya murah meriah, sekitar Rp.4.500,- untuk seporsi bubur jenang komplit. Jam buka mulai dari pukul 09.00 – 15.00 WIB.

13. Wedang Kacang Kebon

Warung Wedang Kacang Kebon terletak di Jl. Pajang, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.
Jam buka mulai pukul 17.30 – 21.00 WIB (Kamis tutup). Sesuai namanya, menu utama tempat wisata kuliner di Magelang yang satu ini adalah wedang kacang.

Seporsi wedang kacang berisi kacang tanah, segumpal ketan, dan kuah. Sebelum dijadikan minuman, kacang tersebut direbus dengan campuran gula jawa dan gula pasir sampai empuk. Cita rasa wedang kacang berupa manis dan gurih. Sangat cocok disantap saat malam hari atau cuaca dingin.

Selain wedang kacang, tersedia juga menu minuman / makanan lain seperti wedang ronde, sekoteng, kolak, sate pisang, lumpia, tahu goreng, bakso, bakmi goreng, dan nasi goreng. Harga satu mangkok wedang kacang dibanderol sekitar 7 ribu rupiah, sate pisang 4 ribu rupiah, dan lumpia 3 ribu rupiah.

14. Es Semanggi

Selain minuman hangat, Magelang juga punya sajian kuliner minuman dingin. Salah satu kedai es terenak di Magelang yang wajib dikunjungi adalah Depot Es Semanggi. Ada 2 lokasinya, yaitu :

  • Es Semanggi, Jl. Semarang – Yogyakarta No.367, Kramat Sel., Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB.
  • Depot Es Semanggi, Jl. Ahmad Yani, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah (Komplek parkir Magelang Plaza, Jl. Alun-Alun Utara, Magelang). Jam buka mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Menu yang ditawarkan oleh warung Es Semanggi sangatlah beragam mulai dari es pleret, es klamud, es roti, es tape, es susu, es jeruk, es sirup, es susu coklat, es susu roti, es susu dawet, es susu pleret, es tape roti, es tape pleret, es coklat roti, es coklat dawet, es coklat tape, es coklat pleret, dan es soda gembira.

Cita rasanya yang enak dan segar, membuat kedai es legendaris ini ramai pembeli. Sebagai pendamping es, tersedia aneka camilan seperti tahu isi, tempe goreng, tahu bacem, peyek, emping, dan lainnya. Rate harga aneka es di Depot Es Semanggi dibanderol sekitar 4 – 8 ribu rupiah.

15. Es Krim Mahkota

Anda penyuka es krim? Jika iya, wajib rasanya mencicipi sajian es krim jadul khas Magelang racikan Toko Roti Mahkota. Es krimnya dibungkus memakai kertas semacam alumunium foil. Teksturnya terbilang lembut dengan cita rasa enak dan otentik karena dibuat rasa yang otentik. Kabarnya dibuat dari susu segar tanpa pemanis buatan ataupun pengawet.

Sajian kuliner legendaris khas Magelang ini bisa Anda jumpai di toko Es Krim Mahkota, Jl. Ahmad Yani, Magelang, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB (Minggu tutup). Harga per potongnya dibanderol Rp.7.500,-.

16. Es Murni & Es Eny Magelang

Selain Depot Es Semanggi , ada 2 lagi kedai es enak di Magelang yang harus dicoba, yaitu Es Murni dan Es Eny Magelang. Keduanya menawarkan beraneka macam es dengan cita rasa lezat menyegarkan.

Es Murni Magelang

Berdiri sejak tahun 1962, kedai Es Murni Magelang tetap eksis hingga sekarang mempertahankan cita rasa lezatnya. Menu es yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari es teler, es doger, es campur, es campur ayu, es campur singapore, es cocktail, es burjo, es roti, es dawet, es durian, es sup buah, es mandarin, es lidah buaya, es cincau, edang bajigur, dan wedang angsle.

Menu favorit pengunjung, kabarnya adalah es teler. Seporsinya berisi alpukat, nangka, kelapa muda, tape ijo, agar-agar, es serut, dan susu. Rasanya yang manis dan segar, membuat siapapun akan ketagihan. Cocok banget diminum saat cuaca panas siang hari.

Selain es, tersedia juga menu makanan berat maupun ringan seperti gado-gado, bistik galantin, sop iga sapi, bakso lombok uleg, nasi bakmoy, nasi timlo, nasi asem-asem lombok ijo, mie kopyok ayam, nasi pecel, nasi rawon, pempek, batagor, siomay, dan roti panggang.

Rate harga kedai Es Murni Magelang sekitar 12 – 17 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Sriwijaya No. 28, Panjang, Magelang Tengah, Rejowinangun Utara, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.30 WIB.

RM Es Eny

Tak kalah enak dengan sajian Es Murni Magelang, RM Es Eny juga punya racikan aneka es yang lezat menggugah selera. Nama-nama menu es di sana cukup unik, ada es jatuh cinta, es tersanjung, es biarkan ku sendiri, es action, es eunak tenan, simpony 2 hati, es hatimu hatiku, es asmara, es cinta kasih, es kemesraan, es taman laut, es cinderela, es dragon ball, es pacar putih, dan lainnya.

Tersedia juga olahan es yang umum ditemukan seperti roti, es pleret, es coklat, es dawet, es klamud, maupun es tape. Jika lapar, Anda tak usah kuatir karena rumah makan Es Eny jugaa menyajikan menu makanan berat, misalnya gado-gado, bistik sapi, nasi bakmoy, lontong opor, nasi langgi, nasi pecel, bakso mie, dan sebagainya.

Rate harga makanan dibanderol sekitar 5 – 30 ribu rupiah. Lokasi / alamat RM Es Eny terletak di Jl. Jenggolo No.42, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.

17. Warung Makan Roda Tiga Pak No

Bagi Anda pecinta olahan daging kambing, wajib rasanya mampir ke destinasi wisata kuliner Magelang yang satu ini, namanya Warung Makan Roda Tiga Pak No. Lokasinya terletak di Jl. Kalingga, Rejowinangun Utara, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 17.00 – 22.00 WIB.

Di warung Pak No, Anda akan dimanjakan dengan beragam menu berbahan daging kambing dan sapi, seperti sate kambing / sapi, sate goreng kambing / sapi, tongseng kambing / sapi, gule kambing, tengkleng kambing, nasi goreng kambing / sapi, hingga nasi godog kambing / sapi.

18. Nasi Goreng Pak Yatno

Nasi Goreng Pak Yatno merupakan salah satu tempat wisata kuliner malam di Magelang yang wajib dicoba. Sesuai namanya, warung makan ini menawarkan menu utama berupa nasi goreng. Ada juga menu magelangan (nasi dan mie dicampur lalu digoreng), bakmi godog, rica balungan, dan nasi godog.

Cita rasa masakannya yang enak membuat banyak orang ingin mencicipinya. Apalagi masaknya satu per satu memakai anglo berbahan bakar arang, sehingga bumbu merata dan beraroma sedap. Tak heran, jika pembeli harus rela antri memakai nomor antrian karena saking larisnya.

Rate harga makanan sekitar 15 – 22 ribu rupiah. Lokasi / alamat warung Nasi Goreng Pak Yatno terletak di Jl. Mayjen Bambang Soegeng, Sarangan, Banyurojo, Kec. Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 16.00 – 00.00 WIB.

19. Rumah Makan Setia Rasa

Berlokasi di Pojok, Pucang, Kec. Secang, Magelang, Jawa Tengah, Rumah Makan Setia Rasa menyajikan menu special berupa enthok dan ayam ndeso bercita rasa enak top markotop. Menu makanan di sana meliputi opor menthok, menthok goreng, rica-rica menthok, ayam goreng, opor ayam, gurame goreng, nila goreng, dan tahu / tempe goreng.

Untuk minuman, tersedia aneka jus buah (alpukat, sirsak, melon, tomat, & jambu), dawet, soda gembira, es teh, es jeruk, dan soft drink. Mengingat daging enthok mirip bebek, maka warung makan ini pun dikenal juga dengan nama “Bebek Setia Rasa Pucang”. Jam buka mulai pukul 08.19 – 20.00 WIB.

20. Rumah Makan Sate Dan Tongseng Mbak Ning

Olahan daging kambing seperti sate dan tongseng begitu populer di kawasan Jawa Tengah. Hampir di setiap daerah, cukup mudah menemukan penjual sate maupun tongseng kambing. Nah, buat Anda pecinta kuliner tersebut dan kebetulan sedang berada di Magelang, wajib deh mampir ke Rumah Makan Sate Dan Tongseng Mbak Ning.

Pasalnya, racikan sate dan tongseng kambingnga benar-benar enak, juara banget! Cita rasa manis gurih menjadi ciri khas olahan masakannya. Ya, seperti makanan Jawa – Jogja pada umumnya cenderung ke arah manis. Tapi, Anda bisa juga kok memesan pedas sesuai selera.

Lokasi / alamat Rumah Makan Sate Dan Tongseng Mbak Ning terletak di Jl. Mayor Kusen, Mendut II, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Tak jauh dari Candi Mendut, tepatnya di seberang SPBU. Jam buka mulai pukul 08.30 – 19.00 WIB.

21. Tongseng Kepala Kambing Pak Din

Satu lagi kuliner Magelang berbahan dasar kambing yang wajib dicoba, yaitu Tongseng Kepala Kambing Pak Din (Tongseng Kepala Kambing Menayu Khas Magelang). Sesuai namanya, racikan tongsengnya menggunakan bahan baku kepala kambing. Sebelum dimasak tongseng, kabarnya kepala kambing diasap terlebih dahulu lalu dipotong-potong.

Cita rasa tongsengnya sungguh lezat, kuahnya kental dengan tekstur kulit empuk. Meskipun warungnya hanya berupa rumah tanpa bangku layaknya warung makan pada umumnya, tapi pelanggannya terbilang banyak. Lokasi / alamatnya terletak di Dusun Kepanjen, Desa Menayu, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jateng. Jam buka mulai pukul 18.00 – 21.00 WIB.

22. Ayam Goreng dan Pemancingan Ninit

Mendengar nama “ninit”, mungkin sebagian warga Magelang sudah tak asing lagi. Hal ini tentu karena nama “ninit’ sudah sangat terkenal dengan olahan ayam gorengnya yang bercita rasa enak. Selain ayam goreng, rumah makan “Ayam Goreng dan Pemancingan Ninit” juga menyediakan aneka ikan air tawar seperti patin, nila, dan gurami.

Tempat wisata kuliner ini berbentuk pemancingan, jadi di sana Anda bisa sekaligus memancing ikan. Bersantai di gazebo bersama keluarga sambil menunggu umpan di sambar ikan, tentu bisa menjadi hal menyenangkan. Lokasi / alamat Pemancingan Ninit terletak di Jl. Klopo – Sindas, Sobo Arang, Girirejo, Kec. Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.

23. Soto Ayam Mbah Mul

Bingung mencari tempat sarapan pagi di Magelang yang enak? Datang saja ke warung Soto Ayam Mbah Mul, di sana Anda akan bisa menikmati semangkok soto segar untuk mengisi perut sekaligus sebagai “mood booster” sebelum beraktivitas.

Meskipun hanya berupa warung kaki lima, namun pelanggannya cukup banyak. Terbukti, berdiri sejak tahun 1969 hingga sekarang, Soto Ayam Mbah Mul tetap eksis meskipun telah berganti generasi. Seporsi sotonya berisi nasi, suwiran daging ayam kampung, tahu bacem, soun, tauge, seledri, bawang goreng, perkedel kimpul (perkedel dari talas), dan kuah segar.

Sebagai lauk pendamping, tersedia tempe goreng, sate usus dan sate tempe gembus. Rate harga sotonya sekitar 10 ribu rupiah per porsi. Lokasi / alamat Soto Ayam Mbah Mul terletak di Jalan Cempaka Depan Pendopo, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Tak jauh dari SMA N 1 Magelang. Jam buka mulai pukul 07.00 – 12.00 WIB.

24. Soto Ayam Pak Trimo

Selain Soto Ayam Mbah Mul, warung Soto Ayam Pak Trimo juga layak dijadikan tempat wisata kuliner pagi di Magelang bersama keluarga, teman, maupun pasangan halal (baca : istri). Lokasinya terletak di Gg. Jambon Kidul No.363, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Soto Ayam Pak Trimo memiliki ciri khas berupa kuah berwarna agak gelap dengan cita rasa gurih dan kaya akan rempah. Seporsi sotonya berisi nasi, bihun, tauge / kecambah, potongan tahu bacem, potongan perkedel kimpul, suwiran daging ayam, dan kuah segar.

Sebagai lauk pendamping, tersedia gorengan, sate usus, sate ati ampela, sate ayam dan kerupuk. Rate harga dibanderol sekitar 13 ribu rupiah. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya gaes. Oya, untuk mencicipi Soto Ayam Pak Trimo, sebaiknya datang agak pagian ya, jangan sampai kesiangan karena jam buka mulai pukul 05.30 – 11.00 WIB (Senin tutup).

25. Soto Pojok Pak H. Dul

Tak kalah hits dengan kedua warung soto di atas, Soto Pojok Pak H. Dul juga wajib dikunjungi. Menu makanannya cukup beragam, tersedia soto, nasi pecel, nasi brongkos, rames, gudeg, opor ayam, dan ayam goreng. Untuk isian / topping sotonya tersedia ayam, babat, iso, koyor, serta koyor. Sedangkan lauk pendamping ada perkedel dan sayap goreng.

Soto Pojok Pak H. Dul disajikan dalam wadah piring, kuahnya sungguh terasa enak dan segar. Tak ayal, sekali santap Anda mungkin akan ketagihan ingin mencobanya lagi. Begitu pula dengan nasi brongkosnya, tak kalah lezat bila dibandingkan brongkos Jogja.

Cita rasa brongkos racikan warung Pak H. Dul cenderung manis dan gurih. Tekstur dagingnya empuk kenyal, pas banget disantap bersama nasi putih hangat. Rate harga sekitar 10 – 23 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Pemuda No.9, Krndal Growong, Pucungrejo, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 16.00 WIB.

26. Warung Brongkos Pak Wakidi

Satu lagi destinasi kuliner Magelang yang menawarkan brongkos, yaitu Warung Brongkos Pak Wakidi. Lokasinya terletak di Dusun Krajan, Desa Bligo, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Seporsi nasi brongkos racikan warung legendaris yang berdiri sejak 1980 ini berupa sepiring nasi lalu disiram dengan sayur brongkos, lengkap dengan potongan daging sapi. Cita rasa brongkosnya sungguh enak, kaya akan bumbu rempah mulai dari bawang merah, bawang putih, merica, kunir, jahe, lengkuas, cabe, hingga kluwek.

Selain brongkos, tersedia juga masakan Jawa lainnya seperti bebek bacem, ayam bacem, ayam goreng, mangut gurameh, dan mangut lele. Rate harga makanan dibanderol sekitar 9 – 12 ribu rupiah per porsi.

27. Bakso Urat & Mie Ayam Pak Soleh Bandongan

Siapa seh yang tak suka bakso dan mie ayam? Kedua makanan ini senantiasa menjadi incaran banyak orang dimana pun berada. Nah, buat Anda yang kebetulan sedang mencari bakso dan mie ayam enak di Magelang, bisa mampir ke warung Bakso Urat & Mie Ayam Pak Soleh Bandongan.

Menu yang ditawarkan cukup beragam, tersedia bakso jumbo, bakso urat dobel, bakso urat, bakso telor, bakso alus, bakso kecil, mie ayam, gorengan, kerupuk, potel, ketupat, es beras kencur, es asem, es tape ketan, es jeruk, es teh, teh panas, jeruk panas, coca cola, fanta, dan sprite.

Rate harga makanan / minuman dibanderol sekitar 3 – 30 ribu rupiah. Lokasi warung Bakso Urat & Mie Ayam Pak Soleh terletak di Krajan, Bandongan, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB.

28. Angkringan Mas Didot

Mendengar nama angkringan, pikiran sebagian besar wisatawan mungkin akan langsung tertuju pada Kota Yogyakarta. Pasalnya, angkringan termasuk salah satu ikon kuliner malam Jogja yang sangat populer. Hampir di setiap sudut Jogja, Anda bisa menemukan penjual angkringan dengan menu khas “nasi kucing”, sate-satean, gorengan, dan aneka wedangan.

Nah, ternyata Magelang juga punya lho angkringan yang hits banget, namanya Angkringan Mas Didot. Lokasinya terletak di Jl. Brigjen Katamso, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 01.00 WIB.

Tak kalah dengan angkringan terkenal di Yogyakarta seperti Angkringan Kopi Jos Lik Man dan Angkringan Pak Jabrik, menu Angkringan Mas Didot sangatlah lengkap. Di sana, kabarnya tersedia sekitar 100 menu makanan dan minuman enak mulai dari nasi goreng, indomie goreng / rebus, snack, gorengan, sate-satean, wedang ronde, susu jahe, kopi, hingga wedang uwuh.

Selain menunya super lengkap, Angkringan Mas Didot juga menyediakan tempat makan yang nyaman buat nongkrong bersama teman, sahabat, maupun keluarga. Tersedia juga free WiFi internet akses, asyik banget deh! Kalau tak keliru, bisa juga untuk nonton bareng alias nobar pertandingan olah raga seperti sepak bola.

29. Martabak Manis Pandawa

Ngomongin camilan malam yang enak, rasanya tak akan lepas dari martabak manis. Pasalnya, makanan sejuta umat ini mudah sekali ditemukan hampir di setiap daerah, termasuk Magelang. Salah satu martabak manis di Magelang yang cukup terkenal adalah Martabak Manis Pandawa.

Pilihan topping martabak manis / terang bulan di sana sangatlah lengkap, tersedia kacang, cokelat, keju, pisang, kismis, nanas, oreo, milo, strawberry, chocochips, greentea, dan marshmallow. Untuk adonannya, ada pandan, coklat, red velvet, maupun mix. Tersedia martabak manis gulung dan pizza. Outlet Martabak Manis Pandawa cukup banyak, antara lain :

  • Martabak Manis Pandawa Cacaban, alamatnya di depan Bima Motor Cacaban (Dealer Motor Roda Tiga), Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 16.30 – 22.00 WIB.
  • Martabak Manis Pandawa Muntilan, alamatnya di Jl Watucongol – Ngadisalam (Cabang 1), Perempatan Tambakan, Samping WR Bu Darmo (Cabang 2), Japuan, Tanjung, Muntilan, Samping Rocket Chicken (Cabang 3).
  • Martabak Manis Pandawa Secang, alamatnya Depan Toko Keramik 76 Pak Endro (Cabang 1) dan Pancuranmas, Depan Toko Barokah (Cabang 2).

30. Nasi Lesah & Kelapa Muda Pak Badut

Nama Nasi Lesah nampaknya belum begitu populer dikalangan wisatawan. Namun, kuliner Magelang yang satu ini punya cita rasa begitu enak, wajib rasanya untuk mencobanya. Apa itu Nasi Lesah? Nasi Lesah adalah makanan khas Magelang yang terdiri nasi, soun, kubis, kecambah / tauge, seledri, daging ayam, dan kuah segar.

Jika dilihat sekilas, Nasi Lesah ini mirip dengan soto. Perbedaannya terletak pada kuahnya, dimana kuah Nasi Lesah terbuat dari campuran santan kelapa. Salah satu penjual Nasi Lesah terenak di Magelang adalah warung Nasi Lesah & Kelapa Muda Pak Badut. Lokasinya terletak di Jl. Singosari No.16, Rejowinangun Selatan, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Menu makanan yang ditawarkan oleh warung Pak Badut antara lain nasi sayur, nasi lesah, nasi lesah telor, nasi lesah ceker, nasi lesah babat, nasi lesah iso, nasi lesah ati, kopi panas, teh panas, jeruk panas, es teh, es jeruk, es susu, dan es good day. Rate harga sekitar 7 – 12 ribu rupiah.

Cita rasa Nasi Lesah racikan warung Pak Badut berupa manis dan gurih. Sebagai lauk tambahan, tersedia krecek, ceker ayam, telur ceplok, telur dadar, telur pindang, telur puyuh, tempe mendoan, dan tahu isi.

31. Rumah Makan Seafood & Jamuran Joglo Tanjung

Setelah mengulas beragam makanan legendaris khas Magelang, kini saatnya beralih ke tempat wisata kuliner yang berbentuk resto, cafe, atau restoran. Tempat pertama yang wajib dicoba adalah Rumah Makan Seafood & Jamuran Joglo Tanjung.

Sesuai namanya, rumah makan ini menyajikan menu olahan seafood dan jamur. Ruang makannya berupa gazebo bergaya Joglo khas Jawa Tengah dengan interior dari kayu jati. Suasananya sejuk seakan menyatu bersama alam.

Lokasinya terletak di Gg. Merah Putih Tanjung Anom No.Km.7 (Jl. Purworejo – Magelang Km. 7), Bringis, Banjarnegoro, Kec. Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Rate harga sekitar 20 – 100 ribu rupiah.

32. RM Bale Kambang

Terletak di Jl. Raya Borobudur No.Km. 2, 8, Slak, Pabelan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, RM Bale Kambang menawarkan sensasi bersantap dalam saung lesehan di atas kolam ikan. Anda akan dimanjakan suasana santai seolah-olah berada di atas danau.

Menu makanan di sana terbilang enak dengan harga lumayan murah terjangkau. Tersedia menu olahan ikan air tawar seperti nila bakar, patin rica-rica, gurame asam manis, aneka tumis sayuran, misalnya tumis kangkung dan tumis jantung pisang, seafood (cumi, udang), ayam, bebek, tempe, tahu, serta telor.

Untuk minuman, Anda bisa memesan beragam jus buah, es teller, es campur, soda gembira, maupun aneka kopi. Jam buka RM Bale Kambang mulai pukul 08.30 – 17.30 WIB.

33. Pawon Joglo Kopi Ndeso (Joglo Cafe Borobudur)

Bingung mencari tempat ngopi enak di Magelang? Datang saja ke Pawon Joglo Kopi Ndeso (Joglo Cafe Borobudur). Lokasinya terletak di Jl. Balaputradewa Brojonalan No.12, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB (Selasa tutup).

Destinasi kuliner Magelang ini menawarkan aneka jenis kopi lokal mulai dari menoreh coffee, kopi suroloyo (arabica), kopi suroloyo (robusta), kopi ndeso, arabica gayo (Aceh), arabica natural, robusta Wonosobo, hingga arabica luwak Temanggung. Tersedia juga olahan kopi modern kekinian seperti kopi latte.

Bila lapar, tak usah kuatir karena tempat nongkrong hits di Magelang ini punya sajian makanan berat seperti pecel ndeso, sop ayam, sop daging, tomyam, ayam geprek, dan ayam goreng. Untuk camilan, ada singkong goreng, kentang goreng, pisang bakar keju, jamur crispy, dan mendoan. Rate harga sekitar 5 – 25 ribu rupiah.

34. Saung Makan Bu Empat

Meskipun berada di Magelang Jawa Tengah, bukan berarti Anda tak bisa menyantap hidangan khas Jawa Barat. Coba deh, mampir ke Saung Makan Bu Empat. Di sana, tersedia menu sunda seperti petai, jengkol, lalapan mentah, karedok, sambal terasi, sayur asem, hingga tumis kangkung.

Menu makanan yang cukup terkenal di Saung Makan Bu Empat adalah udang galah madu, sop ikan gurame, dan oseng genjer. Tersedia juga olahan masakan dari ikan nila, gurame, ayam, lele, udang, dan sebagainya.

Lokasi / alamaat Saung Makan Bu Empat terletak di Jl. Raya Borobudur No.4, Ngrajek II, Ngrajek, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.

35. Terracotta Resto Borobudur

Terracotta Resto Borobudur menyuguhkan suasana tempat makan yang nyaman dan sejuk penuh taman hijau. Begitu memasukinya, Anda akan merasakan seakan-akan sedang pulang kampung di rumah sendiri. Lokasi Terracotta Resto terletak di Jl. Mayor Kusen No.8, Citran, Paremono, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Menu yang ditawarkan di sana sangat beragam, mulai dari makanan tradisional khas Magelang seperti nasi goreng, mie godhog magelangan, mie goreng magelangan, hingga hidangan modern ala western, misalnya spaghetti bolognese dan chicken cordon bleu.

Ada juga hidangan nusantara berupa nasi ayam penyet, gurame fillet, nasi ayam kremes, pisang goreng, roti bakar, tempe mendoan, dan tahu goreng. Rate harga sekitar 3 – 75 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB. Oya, desain interiornya cukup instagramable, sehingga bagus buat foto-foto.

36. Rumah Makan Moro Sakeco

Rumah Makan Moro Sakeco merupakan tempat wisata kuliner di Magelang yang berbentuk kolam pemancingan. Menu makanan utamanya berupa ikan seperti gurame, nila, udang, cumi-cumi, dan lele. Untuk masakannya tersedia pilihan bakar, goreng, asam manis, mangut, fillet, maupun sop.

Bagi Anda yang bosan ikan, bisa memilih menu lain yaitu ayam, bebek, tempe, tahu, hingga aneka sayuran.Minumannya ada aneka jus buah, kopi, susu, air mineral, es teh, es jeruk, air mineral, dan lainnya. Asyiknya lagi, di sana terdapat kolam renang.

Lokasi / alamat Rumah Makan Moro Sakeco terletak di Jalan Cokro Grabag, Kerajan, Klegen, Kec. Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB. Rate harga sekitar 5 – 30 ribu rupiah.

37. Senthong Asri (The Nalaya Hotel & Resto)

Senthong Asri atau yang sekarang berubah nama menjadi The Nalaya Hotel & Resto (Kalau tak keliru ya gaes, hehe), merupakan sebuah penginapan dimana di dalamnya terdapat sebuah resto. Menu makanan di resto tersebut cukup lengkap, tersedia makanan khas Indonesia, Asia, hingga barat (hidangan western).

Contoh menu makanannya antara lain : ayam sambal matah, ayam goreng lengkuas, ayam bakar, ayam kemangi, tongseng ayam, tongseng kambing, rawon sapi, bistik semarangan, tahu telor, bakmi godog, sop buntut, iga bakar madu, gurami bakar, nasi goreng, spaghetti bolognese, chicken cordon bleu, french fries, dan sebagainya.

Lokasi The Nalaya Hotel & Resto terletak di Jl. Balaputradewa No.22, Dusun XVII, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Sebagai salah satu hotel terbaik di Magelang, The Nalaya juga menawarkan aktivitas wisata menarik seperti naik andong, bertani, tour naik sepeda, rafting, tour pasar tradisional, dan berkunjung ke Candi Borobudur.

38. Coffee Dsik Kopi & Eatery

Satu lagi tempat makan enak di Magelang yang bagus buat kongkow bareng teman atau pun keluarga, yaitu Coffee Dsik Kopi & Eatery. Bangunannya mengusung tema rumah adat khas Jawa yaitu Joglo. Meskipun bangunannya terkesan tradisional, namun menu makanan / minuman di sana modern.

Untuk kopi misalnya, tempat nongkrong hit di Magelang ini menawarkan espresso, cappucino, mochaccino, affogato, americano, green tea latte, dan lainnya. Rate harga sekitar 12 – 25 ribu rupiah. Lokasi / alamat Coffee Dsik Kopi & Eatery terletak di Jalan Ringroad Barat, Tangkilan, Pabelan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 15.00 – 22.00 WIB (Senin tutup).

39. BS Resto

Ngomongin restoran terbaik di Magelang, rasanya belum lengkap tanpa memasukkan BS Resto. Pasalnya, resto berdesain natural tradisional ini punya menu makanan lengkap bercita rasa enak menggoyang lidah. Di sana, Anda akan dimanjakan dengan hidangan lokal Indonesia, Asia, hingga western.

Beberapa contoh makanan / minuman yang disediakan BS Resto antara lain gado-gado, terong goreng, pepes jamur, capcay, ca kangkung, toast bread, chicken sandwich, spaghetti bolognaise, salad, wedang uwuh, es beras kencur, aneka jus buah, dan sebagainya.

Lokasi / alamat BS Resto terletak di Jl. Mayor Kusen No.KM. 2,4, Pabelan Satu, Pabelan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Rate harga makanan sekitar 20 – 100 ribu rupiah.

40. Alea Coffee Shop

Ingin ngopi di pinggir sawah layaknya resto di Ubud Bali? Cobain saja datang ke Alea Coffee Shop. Di sana, Anda akan menemukan sebuah bangunan cafe bermaterial bambu dengan view pemandangan sawah hijau. Suasana tradisional ala pedesaan akan Anda dapatkan ketika berkunjung ke sana.

Soal menu, tak usah kuatir karena Alea Coffee Shop menyediakan makanan dan minuman layaknya cafe-cafe modern. Anda dapat memesan aneka olahan kopi seperti cappucino, mochaccino, cafe latte, luwak coffee, java coffee, java mocca coffee, arabica sumbing coffee, dan espresso.

Untuk makanan, ada nasi goreng, roti bakar, seblak, omelet, sandwich, pancake fruit, spaghetti, dan sebagainya. Lokasi / alamat Alea Coffee Shop terletak di Jl. Balaputradewa No.54, Dusun XVI, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 23.00 WIB.

41. Pasar Kebon Watu Gede

Tempat wisata kuliner unik di Magelang yang satu ini mengusung konsep jadul alias tradisional baik makanan yang dijual maupun alat tukarnya. Contoh kuliner tempo dulu di sana berupa lupis, dawet, pecel, lotek, gado-gado, nasi bakar, brongkos, buntil, kue cucur, getuk, kolak, dan sebagainya.

Sementara itu, sebagai alat tukarnya memakai “benggol”, dimana harga per benggolnya setara 2 ribu rupiah. Suasana pasar terbilang sejuk karena berada di bawah rindangnya pohon bambu. Pasar Kebon Watu Gede hanya buka setiap hari Minggu (Ahad) legi dan pahing menurut kalender Jawa.

Lokasinya terletak di Gumuk, Gandusari, Bandongan, Magelang, Jawa Tengah atau Dusun Jetak, Desa Sidorejo, Kecamatan Bandongan, Magelang. Jam buka pukul 06.00 – 12.00 WIB.

42. Amata Resto

Amata Resto merupakan restoran bagian dari hotel Amata Borobudur Resort. Lokasinya terletak di Jalan Mendut, Jl. Sendangsono, Cabean, Progowati, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Seperti halnya resto hotel pada umumnya, Amata Resto menyajikan menu modern nan enak dan lengkap.

Beberapa contoh makanan di sana antara lain : Salmon Steak with Mushroom Sauce, Chicken Satay, Gado-Gado, Oxtail Fried Rice, dan sebagainya. Suasananya cukup syahdu sehingga cocok juga dijadikan tempat makan malam romantis (candle light dinner) bersama pasangan halal. Rate harga sekitar di atas 70 ribu rupiah.

43. Sekar Kedhaton

Cukup banyak destinasi kuliner Magelang yang mengusung konsep Jawa. Satu diantaranya adalah Sekar Kedhaton di Jl. Borobudur, Km. 2, 5, Pabelan, Mungkid, Pabelan Satu, Pabelan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Restoran terbaik di Magelang ini menyuguhkan dekorasi etnik khas Jawa. Bangunannya pun memakai arsitektur Joglo.

Menu yang ditawarkan oleh Sekar Kedhaton sangatlah lengkap dan bercita rasa enak, baik makanan Indonesia (masakan Jawa), Asia, maupun barat. Tak heran, jika resto ini menjadi buruan wisatawan lokal maupun mancanegara (turis asing). Contoh makanannya yaitu iga brongkos, bakmi goreng, lumpia, gudeg, dan lainnya.

Rate harga makanan sekitar 20 – 50 ribu rupiah. Oya, kabarnya di sana ada juga lho pertunjukkan wayang kulit pada jam makan siang. Jam buka Sekar Kedhaton mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB.

44. Stupa Restaurant

Meskipun tak sebanyak Kota Yogyakarta, namun tak begitu sulit mencari restoran mewah di Magelang. Anda tinggal pergi saja ke Stupa Restaurant di area Plataran Heritage Borobudur Hotel, Dusun Kretek, Karangrejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Resto dengan interior perpaduan Jawa dan modern ini menawarkan suasana alam nan indah. Menu makanannya pun terbilang enak rasa bintang 5. Beberapa contoh menu yang tersedia antara lain gado-gado, tahu telor, lumpia, tempe mendoan, salad, soto, sop, ayam, bebek, gurame, sea food, iga bakar, bistik, dan sebagainya.

45. Paksi Coffee House

Satu lagi destinasi kuliner Magelang yang menyuguhkan suasana tempo dulu, yaitu Paksi Coffee House. Dari luar, bangunan resto ini sangatlah sederhana, namun siapa sangka dibalik kesederhanaannya itu tersimpan racikan masakan lezat menggugah selera.

Menu makanan di sana berupa makanan khas Indonesia seperti gado-gado, nasi goreng, dan sebagainya. Lokasi Paksi Coffee House terletak di Jl. Badrawati, Ngaran I, Borobodur, Dusun XVIII, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

46. Villa Sumbing French Restaurant

Ingin menikmati kuliner Magelang rasa Eropa? Datang saja ke Villa Sumbing French Restaurant. Di sana, Anda akan menemukan hidangan barat alias western seperti pizza, rib eye steak, turkey steak, french soup, roast beef, dan lainnya.

Lokasi restoran milik pasangan koki asal Perancis dan wanita Magelang ini cukup terpencil, sepertinya jauh dari pusat Kota Magelang, tepatnya di Jl. Raya Kalegen, Kiringan, Kalegen, Bandongan, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB.

47. Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik

Buat Anda yang sedang mencari tempat makan keluarga di Magelang yang enak dan nyaman, maka Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, area makannya cukup luas, tersedia banguan utama berbentuk Joglo dan saung-saung yang mengelilingi kolam.

Menu makanan yang ditawarkan tak kalah dengan resto-resto mewah di atas, tersedia gurame asam manis, trancam, salad, nasi ayam penyet, nasi ayam bakar, sayur lodeh, oseng buncis, dan lain-lain. Asyiknya, di sana terdapat kebun hidroponik dan wahana permainan anak seperti ayunan maupun jungkat-jungkit.

Lokasi / alamat Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik terletak di Jl. Dukun, Dusun Kuthan, Desa Sedayu, Kecamatan Muntilan, Kadirojo, Muntilan, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB.

Demikianlah sekilas info tentang beragam tempat wisata kuliner di Magelang yang terkenal enak wajib dicoba. Jangan lupa catat listnya ya, siapa tahu membutuhkan saat berkunjung ke Kota Sejuta Bunga. Apabila sobat traveler punya rekomendasi tempat makan lain, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here