Home Wisata Asia 17 Oleh-Oleh Khas Magelang Kekinian Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama Wajib...

17 Oleh-Oleh Khas Magelang Kekinian Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama Wajib Dibeli

213
0

Oleh Oleh Khas Magelang – Bingung mencari oleh-oleh dari Magelang Jawa Tengah? Ini daftar rekomendasi oleh-oleh khas Magelang kekinian yang terkenal murah dan tahan lama wajib dibeli. Mulai dari makanan khas tradisional yang enak, jajanan basah, camilan kering, hingga souvenir / kerajinan unik.

Magelang merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan saat akhir pekan, libur panjang, maupun momen mudik lebaran. Pasalnya, ada banyak pilihan objek wisata di Magelang yang menarik untuk dikunjungi, seperti Candi Borobudur, Candi Mendut, Taman Kyai Langgeng, Top Selfie Pinusan Kragilan, Ketep Pass, dan sebagainya.

Setelah puas mengeksplore berbagai destinasi wisata di sana, tentu belum lengkap rasanya jika pulang tanpa membeli buah tangan untuk keluarga, saudara, teman, rekan kerja, maupun tetangga di rumah. Berikut ini Aneka Wisata sajikan list oleh-oleh khas Magelang yang terkenal wajib dibawa pulang.

Daftar Oleh-Oleh Khas Magelang Kekinian Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama Wajib Dibeli

1. Getuk Trio

oleh-oleh-khas-magelang
Gambar ilustrasi oleh-oleh khas Magelang yang terkenal murah dan tahan lama (Foto : @getuktrio58)

Kita awali review oleh-oleh khas Magelang dengan mengulas Getuk Trio yang begitu populer dikalangan warga lokal maupun wisatawan. Layaknya Jogja dan bakpia, Magelang dan Getuk Trio saling berkaitan erat satu sama lain. Belum ke Magelang namanya jika tanpa membawa pulang sekotak Getuk Trio.

Sebagai salah satu ikon kuliner khas Magelang kategori jajanan tradisional, Getuk Trio tetap eksis meskipun banyak bermunculan kue kekinian. Teksturnya begitu lembut dengan cita rasa manis dan gurih, membuat banyak orang menyukainya.

Sesuai namanya “Trio” alias “Tiga”, makanan berbahan dasar singkong ini punya 3 lapisan berwarna khas, yaitu putih, cokelat, dan merah muda. Jika getuk pada umumnya disajikan bersama parutan kelapa, lain halnya dengan Getuk Trio disajikan tanpa parutan kelapa sehingga bisa tahan sampai sekitar 2 hari di luar kulkas.

Beberapa merk Getuk Trio Magelang yang terkenal antara lain Getuk Trio, Getuk Marem, Getuk Eco, Getuk Sarinah, Getuk Trio Aroma, Getuk Millenium dan Getuk Trio Rasa. Rate harga satu kotaknya dibanderol sekitar 30 ribu rupiah. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya gaes.

2. Getuk Bolen

Seiring dengan perkembangan zaman, kini muncul kreasi dan inovasi baru dari getuk, yaitu Getuk Bolen. Oleh-oleh khas Magelang kekinian ini berupa kue dimana lapisan luarnya terbuat dari puff pastry, sedangkan bagian tengahnya berisi getuk aneka rasa, mulai dari original, keju, coffee bean, cappucino, nanas, durian, dan cokelat.

Perpaduan pastry dan getuk menimbulkan cita rasa unik dan lezat. Apalagi bentuknya bulat-bulat cantik seperti mangkok kecil, membuatnya semakin menarik untuk dicicipi. Daya tahan Getuk Bolen cukup lama, sekitar 5 hari sehingga cocok dijadikan buah tangan.

Getuk Bolen merupakan salah satu produk dari toko Fiori Bakery & Patisery. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Pangeran Diponegoro No.17, Magelang, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah (WA No: 08122795528). Jam buka mulai pukul 07.00 – 20.00 WIB.

3. Keripik Getuk

Selain disantap dalam keadaan basah, getuk juga bisa lho dinikmati dalam keadaan kering dengan cara dibuat keripik. Getuk diiris tipis-tipis lalu dijemur hingga kering, kemudian digoreng. Teksturnya yang renyah dan bercita rasa gurih membuat keripik getuk cocok untuk camilan.

Menariknya, daya tahan keripik getuk cukup lama, bisa mencapai beberapa minggu. Pas banget dijadikan oleh-oleh bagi Anda yang berasal dari luar Kota Magelang. Rate harga sekitar 21-an ribu rupiah tiap 250 gram.

4. Tape Ketan

Tape ketan merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang cukup familiar di daerah Jawa Tengah. Makanan bercita rasa manis ini terbuat dari ketan yang difermentasi memakai ragi. Nah, salah satu tape ketan terenak berada di Kecamatan Muntilan, Magelang.

Ciri khas tape ketan Muntilan berwarna hijau dan biasanya dikemas dalam cup yang menarik. Warna hijau tersebut berasal dari bahan pewarna alami berupa daun katuk. Harga tape ketannya dibanderol mulai 25 ribu rupiah, tergantung ukuran cupnya.

5. Permen Tape

Sesuai namanya, permen ini terbuat dari campuran bahan-bahan berupa tape singkong, kelapa parut, dan gula putih. Permen tape berbentuk kotak dan dibungkus memakai kertas minyak berwarna-warni. Satu bungkus permen tape dibanderol sekitar 15 ribu rupiah.

Konon kabarnya, permen tepe ini pada awal mulanya disajikan hanya pada saat hari raya Idul Fitri (Lebaran). Namun, seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya permen tape dijadikan barang dagangan sebagai salah satu oleh-oleh khas Magelang yang murah dan tahan lama.

6. Wajik Week

Tak kalah enak dengan Getuk Trio, Wajik Week termasuk salah satu oleh-oleh khas Magelang yang cukup terkenal dikalangan wisatawan maupun warga lokal. Makanan legendaris khas Magelang ini terbuat dari beras ketan kualitas premium, santan, dan gula kelapa.

Cita rasanya manis dengan tekstur lembut, pulen, dan kenyal membuatnya disukai banyak orang. Apalagi disantap saat masih hangat, sungguh bikin nagih pengen nambah terus. Wajik Week dikemas dalam sebuah dus dan dibanderol seharga 20 ribu rupiah untuk dus kecil.

Menurut sejarahnya, Wajik Week sudah dirintis sejak tahun 1939 oleh keluarga Ong Gweek Nio. Nama “Week” berasal dari kata “Gweek” pada nama Ong Gweek Nio. Ada 2 macam varian rasa Wajik Week yaitu coklat dan pandan. Untuk daya tahannya lumayan lama, bisa mencapai sekitar 3 – 5 hari.

Toko pusat oleh-oleh Wajik Week terletak di Jl. Kauman No.86, Kauman, Salaman, Kec. Salaman, Magelang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 20.00 WIB. Selain wajik, di sana juga menyediakan makanan lainnya seperti krasikan, jenang, kripik belut, kripik singkong, grubi, lumpia fresh, tahu telor, tempe, hingga tahu bacem.

7. Grubi

Grubi merupakan salah satu makanan khas Magelang yang terbuat ubi jalar, dipotong lembut memanjang (diserut), lalu dibentuk bola-bola, dibumbui gula Jawa, dan digoreng. Teksturnya renyah dengan cita rasa manis. Makanan ringan ini cocok digunakan sebagai camilan.

Anda dapat menemukan grubi di toko oleh-oleh yang tersebar pada setiap sudut Magelang. Satu bungkus grubi, biasanya dihargai sekitar 20 ribu-an rupiah. Daya tahannya lumayan lama sehingga bisa dijadikan buah tangan saat pergi ke luar kota.

8. Tahu Gundul

Tahu Gundul terbuat dari tahu berbentuk bulat yang digoreng kering sehingga teksturnya terasa renyah. Cita rasanya yang gurih dan punya daya tahan lama, membuat camilan ini cocok dijadikan oleh-oleh saat pulang dari Magelang. Harga satu bungkusnya terbilang murah sekitar 15 ribu rupiah.

9. Slondok

Selain getuk, ada satu lagi olahan singkong khas Magelang yang enak untuk dijadikan oleh-oleh, yaitu slondok. Makanan ini mirip seperti kerupuk atau keripik singkong tapi kaya akan rempah. Selain rasa original yang gurih, tersedia juga slondok pedas dan pedas manis.

Tak hanya slondok matang, Anda juga bisa menemukan slondok mentah yang bisa digoreng sendiri ketika sampai rumah. Cocok sekali dijadikan oleh-oleh khas Magelang yang murah dan tahan lama.

10. Pothil

Mirip dengan slondok, pothil atau potil juga terbuat dari singkong. Hanya saja, pothil berbentuk seperti cincin. Teksturnya renyah dan bercita rasa gurih. Untuk varian rasa, tersedia pothil original, pizza, keju, dan jagung bakar. Selain sebagai camilan, pothil enak juga buat lauk saat makan.

11. Gula Kacang (Ampyang)

Gula Kacang atau Ampyang merupakan salah satu oleh-oleh khas Magelang yang murah meriah dan tahan lama. Dari namanya, Anda tentu sudah bisa menebak bahwa makanan tradisional ini terbuat dari kacang dan gula. Iya, memang benar, Gula Kacang dibuat dari kacang merah, gula Jawa, jahe, dan garam.

Perpaduan kacang dan gula menjadikan “Gula Kacang” memiliki cita rasa gurih manis. Teksturnya cenderung keras, mirip cokelat batangan isi kacang. Tak terlalu sulit menemukan jajanan jadul ini karena di pasar atau toko pusat oleh-oleh biasanya menyediakannya untuk dibawa pulang para wisatawan.

12. Buntil Daun Talas

Bagi Anda masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta, mungkin sudah tak asing dengan makanan bernama buntil. Makanan tradisional ini berupa gumpalan campuran makanan yang dibungkus memakai daun pepaya. Nah, khusus di daerah Magelang, Anda bisa menemukan buntil dengan pembungkus daun talas.

Buntil Daun Talas khas Magelang biasanya berisi parutan kelapa, udang rebon, ikan asin (ikan teri), dan biji petai, kemudian dibungkus memakai daun talas muda. Buntil biasanya dimasak dengan campuran kuah santan, irisan cabai, dan bumbu rempah. Sangat pas disantap bersama sepiring nasi putih hangat.

Mengingat buntil termasuk hidangan basah dengan daya tahan tak terlalu lama, maka buntil cocok dijadikan oleh-oleh bagi Anda yang berdomisili di sekitar area Magelang. Beberapa warung makan di Magelang biasanya menyediakan buntil sebagai lauk.

13. Keripik Sayuran

Bagi sobat traveler yang biasa liburan ke kawasan wisata Malang dan Batu, Jawa Timur, mungkin sudah familiar dengan oleh-oleh khas Malang berupa keripik buah-buahan seperti keripik apel atau nangka. Di Magelang, Anda pun akan menemukan makanan serupa tapi bukan keripik buah, melainkan keripik sayuran.

Keripik sayuran bisa Anda temukan di berbagai toko oleh-oleh khas Magelang. Beberapa bahan makanan yang biasanya dipakai untuk membuat keripik sayuran antara lain pare, daun bayam, daun singkong, dan sebagainya. Cita rasanya gurih dan teksturnya renyah, pas banget buat camilan.

14. Sate Pisang Miroso

Sesuai namanya, oleh-oleh khas Magelang yang unik ini terbuat dari pisang sebagai bahan dasarnya, tepatnya pisang kepok merah. Pisang tersebut direbus, lalu dipotong-potong dan ditusuk layaknya sate pada umumnya. Tusukan pisang tersebut lalu disajikan di atas piring dengan siraman saus kental.

Cita rasa Sate Pisang Miroso ini sekilas mirip nagasari. Namun, perpaduan manis dan gurihnya sangat pas sehingga terasa enak bikin nagih. Untuk mencicipi kelezatannya, Anda bisa langsung mampir ke warung Ronde Miroso di Jl. Medang No.6A, Rejowinangun Utara, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Selain sate pisang, warung Miroso juga terkenal dengan sajian wedang ronde. Saking lezatnya, kabarnya banyak kalangan pejabat dan artis yang mampir ke sana. Bahkan, warung legendaris yang berdiri sejak 1950 ini pernah menjadi langganan Bung Karno pada zaman dulu. Jam buka Ronde Miroso mulai sore hari pukul 16.30 – 22.00 WIB (Selasa tutup).

15. Miniatur Candi

Salah satu ikon pariwisata Magelang yang paling populer adalah Candi Borobudur. Saat berkunjung ke sana, Anda akan menemukan banyak penjual cinderamata atau souvenir mulai dari baju, kaos, topi, batik, mainan, gantungan kunci, hingga miniatur candi.

Anda bisa membawa pulang miniatur Candi Borobudur sebagai oleh-oleh khas Magelang selain makanan untuk keluarga, saudara, atau pun teman. Miniatur candi tersebut biasanya digunakan sebagai pajangan / hiasan dekorasi rumah.

16. Kerajinan Gerabah

Ada cukup banyak pilihan souvenir khas Magelang yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh, satu diantaranya adalah kerajinan gerabah dari Dusun Klipoh atau Nglipoh. Lokasinya sekitar 4 km dari Candi Borobudur. Kualitas produk gerabahnya terbilang bagus, tak kalah dengan gerabah kasongan Jogja.

Aneka produk gerabah yang bisa ditemukan di sana antara lain asbak, tempat lilin, kendi, mangkok, cangkir, pot bunga, miniatur patung Buddha, miniatur Candi Borobudur, dan lainnya. Rate harga gerabahnya dibanderol sekitar 1 ribu rupiah sampai 1,5 juta rupiah.

Selain memproduksi gerabah, Dusun Klipoh juga menawarkan paket wisata edukasi bagi para pelajar maupun wisatawan. Di sana, mereka akan langsung diajak praktek membuat gerabah. Harga paket wisata tersebut sangat murah meriah, hanya sekitar 15 ribu rupiah per orang. Kabarnya, turis asing dari Belanda, China, dan Australia juga banyak yang berminat.

17. Pakaian (Kain Tenun, Sarung Goyor, Batik, Dan Kaos)

Satu lagi oleh-oleh khas Magelang selain makanan yang wajib dibeli, yaitu produk kerajinan tekstil (pakaian / fashion) mulai dari kain tenun, sarung goyor, batik, hingga kaos. Anda bisa memuka aneka produk tersebut di toko pakaian yang tersebar di setiap sudut Magelang.

Bagaimana sobat traveler? Menarik, enak, dan bagus-bagus bukan beragam buah tangan dari Kota Sejuta Bunga? Jangan lupa catat ya, siapa tahu membutuhkan saat liburan atau pulang kampung (mudik) ke Magelang. Apabila Anda punya rekomendasi oleh-oleh khas Magelang yang terkenal lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here