37 Tempat Wisata Kuliner Enak Dan Hits Khas Tegal Yang Terkenal Wajib Dicoba

0 514

Kuliner Tegal – Bingung mencari tempat makan di Tegal? Ini daftar rekomendasi tempat wisata kuliner enak dan hits khas tegal yang terkenal wajib dicoba. Mulai dari makanan khas, jajanan tradisional, oleh-oleh unik, hingga menu western modern kekinian dapat ditemukan di kawasan Kota Tegal, Slawi, dan sekitarnya.

Ngomongin Tegal, hal yang terlintas dipikiran Anda mungkin berupa Warung Tegal alias Warteg. Rumah makan warteg begitu menjamur di Ibu Kota Jakarta. Mengusung menu masakan rumahan bercita rasa lezat dengan harga murah di kantong, warteg menjadi tempat makan favorit sebagian warga Jakarta baik dari kelas bawah, menengah, maupun atas.

Selain terkenal akan Wartegnya, Tegal ternyata punya sejumlah makanan khas yang enak menggoyang lidah. Berbeda dengan masakan wilayah Jawa Tengah bagian timur yang identik manis, kuliner Tegal punya cita rasa asin, gurih, dan pedas. Kira-kira ada hidangan apa saja ya? Yuk, simak ulasannya berikut. Oya, list kuliner ini untuk umum ya! Jadi, bagi Anda yang muslim, jangan lupa memilih makanan halal!

Kuliner-Tegal
Ilustrasi salah satu kuliner enak dan hits khas Tegal : Sate Kambing Muda

Daftar Tempat Wisata Kuliner Enak Dan Hits Khas Tegal Yang Terkenal Wajib Dicoba

1. Ponggol Setan Ibu Kusniroh

Kita awali review kuliner Tegal kali ini dengan mengulas nasi ponggol. Menu sarapan pagi yang terkenal di daerah pantura ini mirip dengan nasi bungkus pada umumnya. Ponggol biasanya berisi nasi putih dan lauk mulai dari sambal goreng tempe / orek tempe, mie goreng, teri kacang, telur pindang, tempe goreng, ayam, hingga sambal. Nasi ponggol pada umumnya dibungkus dengan daun pisang sehingga terasa lebih sedap.

Seperti halnya gudeg di Jogja, nasi ponggol bisa Anda temui dengan mudah di setiap sudut Kota Tegal atau pun Kabupaten Tegal pada saat pagi hari. Nah, salah satu nasi ponggol paling populer adalah Ponggol Setan Ibu Kusniroh. Lokasinya terletak di Jl. Kemuning No.01, Kejambon, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka selama 24 jam.

Ciri khas Ponggol Setan Ibu Kusniroh berupa sambal goreng tempe yang pedas. Untuk tambahan lauk lainnya tersedia telur rendang, ayam, ceker, gorengan, dan mie. Range harga sekitar 10 – 17 ribu rupiah, tergantung lauk yang dipesan. Bagi Anda penyuka makanan pedas, sepertinya wajib mencoba nasi ponggol setan ini.

2. Ponggol Pak Bawon

Selain kawasan Tegal sebelah utara, ada juga nasi ponggol enak yang cukup terkenal di kawasan Tegal bagian selatan, yaitu Ponggol Pak Bawon. Lokasinya terletak di Jalan Raya Balapulang – Jatibarang. Ciri khas Ponggol ini berupa bungkusnya memakai daun jati sehingga terasa sedap banget.

Seporsi ponggol racikan warung Pak Slamet Bawon berisi nasi putih dan sambal goreng tempe. Untuk lauk pendamping tersedia aneka gorengan. Range harga sekitar Rp.5.000,- per porsi. Murah-meriah banget, bukan?

3. Sega Warsa

Berbeda dengan nasi ponggol yang biasanya dijajakan saat pagi hari sebagai menu sarapan, Sega Warsa justru buka ketika tengah malam hingga dini hari, sekitar pukul 00.00 – 04.00 WIB (Minggu dan Senin tutup). Sega Warsa ini terletak cukup jauh dari pusat kota, tepatnya di Desa Rajegwesi, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Untuk menuju ke sana, Anda wajib ekstra hati-hati karena jalanannya cukup sepi melewati persawahan. Sebaiknya Anda mengajak rombongan beramai-ramai apabila ingin mencicipi Sega Warsa agar lebih aman dan nyaman. Oya, Sega Warsa ini tak punya warung, jualannya langsung di rumah tanpa papan nama.

Menu makanan di Sega Warsa sebenarnya sangatlah sederhana, berupa nasi putih, sayur (labu, tempe, kol), telor dadar, tempe goreng, dan sambal cabai hijau (sambel ijo). Meskipun tampak simpel, namun cita rasa masakannya sungguh lezat menggugah selera. Apalagi memakai alas daun jati sehingga terasa lebih enak saat disantap. Range harga sekitar 10 ribu rupiah per porsi.

4. Yong Tahu

Meskipun nampaknya bukan asli dari Tegal, namun Yong Tahu cukup populer sebagai jajanan di kawasan pantura. Seporsi Yong Tahu biasanya berisi tahu putih rebus dimana di dalamnya terdapat daging ayam, telur rebus, irisan wortel rebus, irisan kacang panjang rebus, buncis rebus, potongan lontong/ ketupat, cabai, dan sambal kacang.

Jika dilihat sepintas dari bahan-bahannya, cita rasa Yong Tahu ini sepertinya mirip dengan siomay Bandung. Harganya terbilang murah, sekitar 6 – 10 ribu rupiah per porsi. Untuk menikmati Yong Tahu, Anda dapat langsung meluncur ke Jl. Cendrawasih, Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal dan Pondok Makan Jalan Teri (Pokanjari) Kota Tegal.

5. Laktopia Ny. Liao

Kue Pia merupakan salah satu makanan khas tradisional Tionghoa yang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu, Pia telah berevolusi menjadi kue khas diberbagai daerah Nusantara dengan nama dan cita rasa yang berbeda-beda. Misalnya saja Bakpia yang dikenal sebagai oleh-oleh khas Jogja, Pia Legong Bali, serta Laktopia / Latopia Tegal.

Laktopia khas Tegal sebenarnya mirip dengan Bakpia Jogja, namun kulit Laktopia lebih tebal. Untuk isian toping di dalamnya cenderung sama, mulai dari kacang hijau, cokelat, keju, dan lainnya. Salah satu laktopia enak di Tegal yang terkenal adalah Laktopia Ny. Liao (Pia Ny.Liao). Lokasinya terletak di Jl. Pawedan No.100, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB (Minggu tutup).

6. Kupat Blengong Mas Nanang

Kupat Blengong termasuk salah satu makanan yang cukup populer di kawasan Tegal dan Brebes. Sesuai namanya, Kupat Blengong terdiri dari ketupat berkuah kental dengan lauk sate Blengong. Apa itu Blengong? Blengong merupakan hewan hasil persilangan antara bebek / itik dengan mentok (entok).

Ada cukup banyak penjual Kupat Blengong di Tegal, satu diantaranya adalah Mas Nanang. Warung Kupat Blengong Mas Nanang terletak di daerah Kraton, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai sekitar pukul 16.00 – 23.00 WIB. Di sini, tersedia sate Blengong goreng dan bakar. Range harga 10 – 20 ribu rupiah.

7. Kupat Blengong Mas Diryono Khas Tegal

Selain Mas Nanang, ada satu lagi penjual Kupat Blengong enak di Tegal yang cukup terkenal, yaitu Kupat Blengong Mas Diryono. Lokasinya masih sama, yaitu terletak di daerah Kraton, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 15.00 – 21.30 WIB. Cita rasa Kupat Blengongnya sungguh lezat menggoyang lidah.

Secara umum, tekstur daging Blengong sendiri mirip dengan bebek. Saat menyantap seporsi Kupat Blengong, Anda akan merasakan kenyalnya daging Blengong berpadu bersama kuah gurih ketupat. Sungguh nikmat sekali! Bagi Anda penyuka pedas, tersedia sambal untuk menambah selera makan. Range harga 15 – 25 ribu rupiah.

8. Kupat Bongkok

Selain Kupat Blengong, kuliner Tegal bernama Kupat Bongkok juga memiliki cita rasa yang enak. Makanan khas Tegal ini berasal dari Desa Bongkok sehingga dikenal dengan sebutan Kupat Bongkok. Satu porsi ketupatnya berisi irisan lontong, sambal goreng, tauge, kuah rebusan tempe semangit (baca : tempe bosok), dan krupuk. Untuk lauk tambahan, biasanya berupa tempe goreng dan udang goreng tepung.

Untuk mencicipi Kupat Bongkok, Anda dapat mampir ke warung / kedai Bu Isah di Jl. Pemuda, Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 12.00 WIB. Atau bisa juga ke warung Kupat Bongkok di Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka pukul 06.00 – 10.00 WIB (Minggu Tutup). Harganya sekitar 7 – 10 ribu rupiah.

9. Kupat Glabed

Satu lagi kuliner khas Tegal yang bernuansa ketupat, yaitu Kupat Glabed. Nama “glabed” sendiri disematkan karena kuah kupat ini begitu kental. Nah, untuk mengekspresikan kuah yang kental tersebut, biasanya orang Tegal mengatakan “glabed-glabed”. Oleh karena itu, makanan ketupatnya disebut Kupat Glabed.

Jika dilihat secara sepintas, Kupat Glabed mirip dengan Ketupat Opor Ayam. Bedanya terletak pada kekentalan kuahnya, dimana kuah Kupat Glabed cenderung lebih kental. Sebagai toping tambahan, Kupat Glabed pada umumnya ditambahi suwiran daging ayam dan kerupuk kuning.

Beberapa penjual Kupat Glabed enak di Tegal yang cukup terkenal antara lain Kupat Glabed Ibu Wartini di Jl. Ayam No.1, Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah (Jam Buka : 16.00 – 22.00 WIB) dan Kupat Glabed Bu Nunung di Jl. Merpati No.88A, Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah. Range harga 10 – 15 ribu rupiah.

10. Sate Kambing Sari Mendo

Tegal merupakan salah satu surganya kuliner sate kambing yang bercita rasa enak maknyus menggoyang lidah. Olahan sate kambing khas Kota Bahari ini memliki tekstur empuk dan tanpa bau prengus. Kelezatan sate tersebut kabarnya karena memakai kambing muda yang berusia 3 – 5 bulan untuk daging satenya.

Ada cukup banyak warung sate kambing di Tegal yang terkenal enak, satu diantaranya adalah Special Sate Kambing Muda Sari Mendo. Warung ini menyediakan berbagai olahan daging kambing, seperti sate kambing muda, kepala kambing, kaki kambing, gulai kambing, dan sop kambing.

Bagi Anda yang tak suka daging kambing, tersedia juga ayam goreng. Saat musim libur lebaran, biasanya warung Sari Mendo selalu penuh sesak dipadati pemudik sehingga harus ekstra sabar menunggu. Lokasinya terletak di Jl. Teuku Umar, Debong Tengah, Kec. Tegal Sel., Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 00.00 WIB.

11. Sate Mendo Wendy’s / Sate Wendy’s

Selain Sari Mendo, warung makan Sate Mendo Wendy’s / Sate Wendy’s juga cukup populer dikalangan pecinta kuliner kambing. Lokasinya terletak di Jl. Letjen. Suprapto No.59, Kraton, Kec. Tegal Bar., Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.30 – 20.00 WIB.

Warung sate kambing ikon kuliner Tegal ini menawarkan sate kambing muda yang disajikan di atas hotplate. Tekstur dagingnya tidak alot, terasa empuk dan juicy. Sebagai pelengkap, biasanya disediakan kecap, potongan cabai, bawang merah, dan tomat. Daging sate empuk hangat berpadu nikmat dengan kecap. Pas banget disantap bersama sepiring nasi putih hangat.

Selain sate kambing, ada juga gule kambing, sop kambing, dan garang asam. Range harga sekitar 45 – 50 ribu rupiah per porsi (10 tusuk sate). Untuk minuman khas Tegal di sini berupa Teh Poci yang biasanya dikenal dengan istilah “Wasgitel” yaitu singkatan dari wangi, panas, sepet, legi, dan kentel (kental).

12. Sate Kambing Batibul Bang Awi

Tak hanya di dekat jalur Pantura, kawasan Tegal selatan (Kabupaten Tegal) juga punya sederet warung sate kambing muda yang terkenal enak menggugah selera. Misalnya saja Sate Kambing Batibul Bang Awi yang terletak di Jl. Raya II Adiwerna, Kwaden, Ujungrusi, Kec. Adiwerna, Tegal, Jawa Tengah.

Di warung ini, sate kambingnya memakai daging kambing usia dibawah 3 bulan (baca : batibul) sehingga teksturnya begitu empuk dan mudah dikunyah. Satenya juga tak berbau prengus, sungguh lezat top markotop. Selain sate kambing, tersedia menu lain seperti sop kambing, kepala kambing goreng, tongseng kambing, sate ayam, ayam kampung goreng, teh poci, dan lainnya.

13. RM. Bu Tomo Slawi

Melipir ke arah selatan lagi, tepatnya di daerah Kembang, Slawi Wetan, Kec. Slawi, Tegal, Jawa Tengah, ada RM. Bu Tomo Slawi yang menyajikan menu sate kambing dan sop buntut. Racikan sate di sini terbilang juara, tekstur dagingnya begitu empuk dan tidak alot.

Ruang makannya pun terbilang luas dengan fasilitas memadai, tersedia ruang smoking, ruang non smoking (AC), toilet, dan mushola. Asyiknya lagi, rumah makan ini buka selama 24 jam lho. Jadi, buat Anda yang kebetulan sedang liburan atau pun mudik di sekitaran Slawi, bisa mampir ke sini kapan pun dikala lapar melanda.

14. Sate Kambing Bu Narto Slawi

Satu lagi warung sate paling enak di Slawi Tegal, yaitu Sate Bu Narto atau dikenal dengan nama Sate Bu Narto Warnoli. Letaknya cukup dekat dengan stasiun Kereta Api Slawi, tepatnya di Jl. Kapt Tendean, Slawi, Slawi Wetan, Kec. Slawi, Tegal, Jawa Tengah (Belakang / Sebelah PLN Slawi).

Tempat makan ini sekarang memiliki ruangan yang cukup luas setelah direnovasi. Untuk menu makanan tersedia sate kambing, sop kambing, dan gule kambing. Seperti sate kambing yang telah saya uraikan di atas, tekstur daging sate di sini juga empuk dan lezat. Pas banget, disantap bersama nasi putih hangat.

15. Warung Sate Ayam “Khas Margasari”

Bukan hanya sate kambing, Tegal juga punya sajian sate ayam enak yang menggugah selera makan. Namanya Warung Sate Ayam “Khas Margasari” di Jl. Jenderal Ahmad Yani, No. 188, Mintaragen, Mangkukusuman, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Tekstur daging ayamnya empuk dan kenyal. Bumbunya juga unik, memakai bumbu kuning bukan sambal kacang pada umumnya. Nah, buat Anda yang kebetulan sedang berada di kawasan Kota Tegal, bisa mampir ke sini saat perut kelaparan.

Baca Juga :

16. Glotak

Glotak adalah makanan khas Tegal yang berbahan gembus lalu dimasak dengan bumbu tumis dan kuah kaldu ayam / daging sapi. Gembus ini mirip seperti oncom bertekstur halus tapi warna jamurnya bukan orange, melainkan putih bersih. Sedangkan kuah kaldu glotak biasanya terbuat dari sisa-sisa tulang ayam / sapi (baca : balungan).

Untuk menambah rasa pedas, glotak diberi irisan cabai merah / cabai hijau. Pada saat memasak glotak dan mengaduknya, biasanya muncul suara “glotak-glotak” akibat tumbukan tulang dengan panci. Oleh karena itu, makanan tersebut disebut glotak. Untuk menikmati glotak, Anda dapat mencarinya di pasar tradisional seperti Pasar Pagi Tegal, di sana biasanya ada penjual glotak.

17. Rujak Teplak Yu Pesek

Jika kuliner Surabaya punya rujak cingur sebagai ikonnya, maka Tegal punya Rujak Teplak. Kuliner khas Tegal ini berisi aneka sayuran rebus mulai dari kangkung, daun lembayung, daun pepaya, kecambah, daun ubi, hingga semanggi. Sayuran rebus tersebut kemudian diberi toping sambal gaul.

Sambal gaul terbuat dari singkong / ketela rebus yang dihaluskan lalu dicampur dengan bumbu dan cabai halus. Cita rasa sambalnya benar-benar unik, ada rasa manis, asam, dan pedas berpadu menjadi satu. Sekilas mirip pecel, tapi sambalnya yang berbeda. Cocok disantap bersama gorengan hangat.

Salah satu rujak teplak paling enak di Tegal adalah Rujak Teplak Yu Pesek. Lokasinya berada di Komplek Ruko depan MC, Slawi, Kabupaten Tegal. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Isian rujak teplaknya beragam, seperti kol, kangkung, pare, jantung pisang, kacang panjang, tauge, kecipir rebus. Sambal gaulnya mantul banget, istilah orang Tegal “luged nemen”. Harga seporsi sekitar 5 ribu rupiah.

18. Rujak Teplak Toko Mitra Bu Kapsah

Apabila Anda berada di Tegal bagian Utara, tepatnya Kota Tegal, maka untuk mencicipi rujak teplak bisa mampir ke Rujak Teplak Toko Mitra Bu Kapsah. Lokasinya terletak di Jl. Letjen. Suprapto No.77-89, Kraton, Kec. Tegal Bar., Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB (Sabtu dan Minggu tutup).

Cita rasa rujak teplaknya tak kalah enak dengan racikan rujak teplak Yu Pesek. Kabarnya, Bu Kapsah sudah berjualan sejak tahun 1980-an lho. Legendaris, bukan? Sambalnya juga khas banget, ada rasa asam manis menyegarkan.

19. Tahu Murni Banjaran Hj. Siti Rochmah (Tahu Aci Murni)

Siapa seh yang tak kenal dengan tahu aci? Makanan yang kerap dijadikan oleh-oleh khas Tegal ini begitu populer dikalangan masyarakat pantura. Tahu Aci dibuat dari tahu kuning dan toping adonan aci (aci, bawang putih, garam, tahu, dan kucai). Perpaduan keduanya lalu digoreng hingga matang.

Rasa kenyal dan gurih menciptakan cita rasa enak yang bikin nagih. Apalagi disantap ketika masih hangat bersama cabe rawit, hmmm… nikmat sekali rasanya. Ada cukup banyak penjual tahu aci di setiap sudut Kota Tegal dan sekitarnya.

Satu diantara penjual tahu aci paling enak dan terkenal di Tegal adalah Tahu Murni Banjaran Hj. Siti Rochmah. Lokasinya terletak di Jl. Raya Utara Adiwerna No.48, Pedologan, Tembok Banjaran, Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 18.30 WIB.

20. Tahu Murni Putra Nata Jaya

Selain Tahu Murni Banjaran, ada satu lagi kedai tahu aci paling populer di Tegal, yaitu Tahu Murni Putra Nata Jaya. Warung ini menyediakan aneka olahan tahu dan camilan khas Tegal, seperti tahu aci, tahu pletok, kerupuk tahu, kacang bogares, dan pilus. Lokasinya terletak di Jl. P. Diponegoro, Mangkukusuman, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB.

21. Warung Soto Sedap Malam Pak Daan/Jenggot (Sauto Sedap Malam)

Kuliner Tegal berikutnya yang wajib dicoba adalah Soto Sedap Malam Pak Daan/Jenggot (Sauto Sedap Malam). Berbeda dengan soto daerah lain, soto Tegal ini punya ciri khas berupa tambahan tauco pada racikan sotonya. Hal ini membuat cita rasa unik saat menyantapnya, ada rasa asam-asam segar.

Seporsi Soto Sedap Malam berisi nasi, tauge, irisan kol, suwiran daging ayam, daun bawang, seledri, tauco, dan kuah kaldu gurih segar. Lokasi warung Pak Daan terletak di Jl. Raya Talang, Wirantakan, Talang, Kec. Talang, Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.30 WIB.

22. Nasi Lengko Warma Pi’an

Ngomongin kuliner Tegal yang legendaris, nampaknya belum lengkap tanpa memasukkan Warma Pi’an. Lokasinya berada di Jl. Kolonel Sudiarto, Slerok, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 16.00 WIB.

Tempat makan enak di Tegal ini punya menu unggulan berupa nasi lengko. Meskipun nasi lengko merupakan makanan khas Cirebon, namun cukup populer di daerah Tegal. Seporsi nasi lengko biasanya berisi nasi putih, potongan tahu, tempe, timun, kecambah, sambal kacang, dan kerupuk.

Selain nasi lengko, Anda juga bisa menikmati menu lain di warung makan Warma Pi’an seperti sate kambing muda, gule kambing, dan sop ayam. Lokasinya cukup strategis, hanya sekitar 100 meteran dari Stasiun Kereta Api Tegal. Nah, buat Anda yang kebetulan sedang liburan ke Tegal, bisa menyempatkan mampir ke sini saat sarapan pagi atau pun makan siang.

23. Kacang Bogares

Kacang Bogares adalah camilan khas Tegal berupa kacang tanah yang disangrai bercita rasa gurih. Dinamakan Kacang Bogares karena memang berasal dari Desa Bogares, Kabupaten Tegal. Sebagian besar penduduk di sana berprofesi sebagai pengrajin kacang. Anda bisa langsung ke desa tersebut untuk mencicipi kelezatan kacangnya atau pun mampir ke toko oleh-oleh khas Tegal.

24. Olos

Selain tahu aci dan kacang, ada satu lagi jajanan khas Tegal yang cukup populer, yaitu olos. Makanan ini berbentuk bulat terbuat dari tepung kanji, terigu, dengan isian sayuran dan cabai, lalu digoreng. Cita rasanya gurih, kenyal, dan pedas. Penasaran? Langsung saja menuju ke Tegal untuk mencicipinya karena sepertinya belum ada di daerah lain.

25. Gemblong Dan Blendung

Setiap daerah pada umumnya memiliki kuliner tradisional yang menjadi ciri khasnya masing-masing. Khusus untuk daerah Tegal, ada cukup banyak jajanan pasar dengan cita rasa enak, seperti gemblong dan blendung. Anda dapat menemukan ketiganya di pasar-pasar tradisional yang ada di Tegal.

Gemblong merupakan makanan dari singkong rebus yang ditumbuk hingga halus. Biasanya gemblong disajikan dengan parutan kelapa atau pun gula jawa cair. Sedangkan blendung terbuat dari jagung rebus yang dicampur bersama parutan kelapa.

26. Martabak Lebaksiu

Selain Martabak Bangka dan Martabak Bandung, Martabak Lebaksiu (LBS) juga cukup populer diberbagai daerah seperti Jakarta, Jogja, Semarang, dan lainnya. Usut punya usut ternyata Lebaksiu merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Tegal. Desa ini memang dikenal sebagai Kampung Martabak karena sebagian penduduknya berjualan martabak.

Nah, buat Anda yang kebetulan sedang berada di Tegal, tak ada salahnya mencoba kuliner martabak Lebaksiu. Ada cukup banyak penjual martabak manis dan martabak telor di setiap sudut Kota Tegal maupun Kabupaten Tegal, Anda tinggal pilih mau yang mana.

27. Es Sagwan

Bukan hanya makanannya saja yang enak, minuman khas Tegal juga begitu lezat menyegarkan. Satu diantaranya adalah es sagwan. Seporsi esnya berisi butiran putih memanjang dari tepung, es serut, santan, dan sirup manis berwarna merah. Cita rasanya manis dan segar, cocok diminum saat cuaca panas siang hari.

Nama sagwan kabarnya berasal dari nama orang yang pertama kali membuatnya, yaitu Sagwan. Beliau warga Desa Pandean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. Beberapa penjual es sagwan bisa Anda temui di Kelurahan Randugunting, Jalan KS.Tubun, Mejasem, Jalan Cendrawasih, Jalan AR. Hakim, dan Jalan Sumbodro Tegal

28. Es Lontrong

Selain es sagwan, ada satu lagi kuliner es legendaris khas Tegal yang wajib dicoba, yaitu es lontrong. Berbeda dengan es sagwan, isian es lontrong lebih variatif, terdiri atas kacang hijau, cincau, es serut, santan, dan gula merah / sirup merah.

Dinamakan es lontrong kabarnya karena jualannya di gang kecil. Orang Tegal biasanya menyebut gang kecil dengan sebutan lontrong. Jika ingin mencicipinya, Anda bisa langsung menuju ke Jl. Letjen Suprapto No.26, Slawi, Slawi Wetan, Kec. Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

29. Pring Cendani

Bagi Anda yang sedang mencari tempat makan keluarga yang enak dan nyaman, Pring Cendani bisa menjadi pilihan tepat. Ruangannya cukup luas, ada saung-saung lesehan disamping kolam ikan. Untuk menu makanannya cukup banyak pilihan, mulai dari aneka ikan goreng / bakar, seafood seperti cumi dan udang, iga bakar, ayam, pecak, sayur, jus buah, dan lainnya.

Pada saat liburan tiba, rumah makan ini biasanya ramai pengunjung sehingga alangkah baiknya jika reservasi terlebih dahulu bila akan mengadakan acara di sini. Alamat lokasinya terletak di Jl. Raya Ujungrusi, Kebrajan, Ujungrusi, Kec. Adiwerna, Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

30. Kue Tempel Tegal

Kue Tempel merupakan kuliner khas Tegal yang semakin langka dan sulit ditemukan. Pada jaman dulu, sekitar 1940-an, kue tradisional ini kabarnya cukup populer. Namun, seiring berjalannya waktu, lama kelamaan hanya tinggal sedikit penjual Kue Tempel.

Kue Tempel terbuat dari adonan tepung beras yang di panaskan di atas wajan tanpa minyak. Kemudian di atasnya diberi toping gula jawa dan pisang dengan cara dilumatkan secara merata. Harga satu buah Kue Tempel sekitar Rp.6.000,-.

Jika ingin membelinya, Anda bisa langsung ke penjualnya di Jl. HOS. Cokro Aminoto, Pekauman, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

31. Pondok Bakso Rudal Asli Solo

Bakso termasuk salah satu makanan sejuta umat yang tak lekang oleh waktu. Dimana pun berada, bakso menjadi hidangan favorit sebagian masyarakat Indonesia, termasuk di kawasan pantura Tegal. Nah, buat Anda yang kebetulan sedang liburan di Kota Tegal, sempatkanlah mampir ke warung Pondok Bakso Rudal Asli Solo.

Lokasinya berada cukup dekat dengan Alun-Alun Kota Tegal, tepatnya di Jl. Pancasila, Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB. Seporsi baksonya berisi 1 buah bakso jumbo sebesar bola tenis dengan isian daging cincang, bakso kecil, bihun, mie kuning, bawang goreng, dan kuah kaldu gurih segar.

Dilihat dari reviewnya di Google, tekstur baksonya kenyal dan enak memakai daging sapi. Sepertinya Bakso Rudal ini memang menjadi kedai bakso favorit di Kota Tegal karena ramai pembeli. Oleh karena lokasinya dekat dengan alun-alun, maka dikenal juga dengan nama Bakso Rudal Alun-Alun Tegal.

32. Bakso Sutimin Karanganyar Tegal

Bakso Sutimin terletak di Jl. Raya Karang Anyar, RT.06/RW.2, Tuban, Karanganyar, Kec. Dukuhturi, Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB (Kamis dan Jumat tutup). Seporsi bakso terenak di Tegal ini berisi bakso halus, tetelan daging, bihun, daun bawang, dan kuah kaldu dengan cita rasa gurih segar.

Tekstur baksonya kenyal dan benar-benar terasa dagingnya. Hanya saja ruangan untuk makannya tak begitu luas sehingga ketika ramai pembeli, Anda harus rela antri bergantian dengan orang lain.

33. Bakso Tessy

Satu lagi kedai bakso recommended di Tegal yang bisa menjadi pilihan saat lapar, yaitu Bakso Tessy. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Kapten Sudibyo No.79, Kemandungan, Kec. Tegal Bar., Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB.

Dilihat dari review Google, warung ini menyediakan bakso urat dan halus dengan cita rasa enak. Kuah kaldunya juga terasa pas, tidak terlalu asin maupun gurih. Sebagai pelengkap, tersedia gorengan, pilus, kerupuk, dan lainnya.

34. Mie Ayam “Mba Iroh”

Tak hanya bakso, mie ayam juga termasuk salah satu makanan favorit penduduk Indonesia. Di Tegal, ada satu tempat makan mie ayam enak yang cukup unik, namanya Mie Ayam “Mba Iroh”. Berbeda dengan mie ayam pada umumnya, mie ayam disini memakai mie instan. Tapi, toping ayamnya melimpah ruah.

Porsi mie ayamnya terbilang banyak alias jumbo dengan harga sekitar 14 ribu rupiah. Lokasi warung mie ayam Mbak Iroh ada di dalam rumah, tepatnya terletak di Jl. Slamet No.76, Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Untuk mencicipi mie ayamnya, Anda harus siap-siap antri lama.

35. Mie Ayam Bojo Loro

Warung Mie Ayam Bojo Loro terletak di Jl. Teuku Umar No.117, RT.07/RW.04, Debong Tengah, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB. Menu mie ayam di sini terbilang lengkap, tersedia aneka mie ayam dengan toping bakso, ceker, pangsit basah, pangsit goreng, atau pun kombinasi.

Mie ayamnya disajikan dengan kuah terpisah seperti halnya mie ayam bangka. Tekstur mienya kenyal bercita rasa lezat. Untuk pilihan mienya ada 2 macam, yaitu mie biasa dan mie yamin bercita rasa manis. Buat Anda yang kebetulan sedang mencari warung mie ayam paling enak di Tegal bisa mampir ke sini. Recommended!

36. Warung Makan Miraos

Tak terlau susah mencari restoran untuk bersantap siang di kawasan Tegal. Pasalnya, ada cukup banyak warung makan sederhana dengan cita rasa enak. Misalnya saja Warung Makan Miraos di Jl. Jend. Sudirman No.5, Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Warung makan yang buka selama 24 jam ini menyajikan aneka kuliner Tegal mulai dari sauto (soto memakai tauco), nasi lengko, nasi ponggol, opor ayam, mendoan, teh poci, STMJ, hingga kopi. Jika dilihat sekilas, mirip seperti warteg dengan menu makanan lebih variatif.

37. Rumah Makan & Pemancingan Bukit Sitanjung

Beralih ke kawasan Kabupaten Tegal bagian selatan, ada satu restoran keluarga yang nyaman, namanya Rumah Makan & Pemancingan Bukit Sitanjung. Alamatnya terletak di Jl. Raya Timur, Karang Muncul, Lebaksiu Lor, Kec. Lebaksiu, Kab. Tegal, Jawa Tengah. Dari patung GBN Lebaksiu ke arah timur sekitar 300 meter. Jam buka mulai pukul

Sesuai namanya, rumah makan ini menyediakan kolam pemancingan ikan beserta pancing dan umpan. Pengunjung juga bisa membawa pancing sendiri dari rumah tanpa harus menyewa di sana. Untuk menu makanan tersedia aneka hidangan ikan seperti gurame, bawal, atau pun nila baik goreng, bakar, maupun asam manis.

Selain itu, ada juga menu martabak telor yang enak dengan sambal khasnya. Tempatnya lumayan luas, tapi jika musim liburan biasanya ramai pengunjung. Oleh karena itu, apabila akan mengadakan acara kumpul keluarga di sana sebaiknya reservasi terlebih dahulu.

Demikianlah review singkat tentang aneka kuliner khas Tegal yang terkenal enak wajib dicoba. Bikin ngiler, bukan? Jangan lupa catat list kuliner di atas, siapa tahu kapan-kapan Anda berkunjung ke Kota Bahari. Buat sobat traveler yang punya referensi makanan lainnya, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Sekian dulu dari saya, terima kasih atas kunjungan Anda ke blog ini, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.