Home Wisata Asia 21 Pantai Terbaik Untuk Camping Di Jogja Yang Terkenal Wajib Dikunjungi

21 Pantai Terbaik Untuk Camping Di Jogja Yang Terkenal Wajib Dikunjungi

256
0

Pantai Untuk Camping Di Jogja – Hobi ngecamp? Ini daftar rekomendasi pantai terbaik untuk camping di Jogja yang terkenal wajib dikunjungi. Di sana, Anda akan menemukan hamparan pasir putih bersih dengan susana sepi sehingga membuat Anda betah sampai lupa pulang.

Berkemah (camping) merupakan salah satu kegiatan menarik yang biasanya dilakukan oleh para traveler muda. Selain camping ground, hutan, dan pegunungan, kawasan pantai juga menjadi lokasi favorit sebagai tempat camping. Pasalnya, pantai menawarkan sejumlah daya tarik misalnya pasir putih, sunrise, sunset, deburan ombak, dan bintang-bintang di langit.

Nah, buat Anda yang kebetulan sedang liburan ke Kota Gudeg, tak ada salahnya mencoba kemah di tepi pantai. Ada cukup banyak destinasi wisata pantai di Jogja yang bagus, aman, dan nyaman buat camping. Kira-kira pantai apa saja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

pantai-untuk-camping-di-jogja
Gambar ilustrasi pantai untuk camping di Jogja yang bagus, aman, dan nyaman.

Daftar Pantai Terbaik Untuk Camping Di Jogja Yang Terkenal Wajib Dikunjungi

1. Pantai Sundak

Kita awali review pantai untuk camping di Jogja dengan mengulas Pantai Sundak. Lokasinya terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Untuk sampai ke sana, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta.

Meskipun jauh, namun rasa lelah akan terbayarkan ketika sampai di sana. Hamparan pasir putih bersih dan deburan ombak laut berair jernih akan menyambut kedatangan Anda. Fasilitasnya pun terbilang lengkap, tersedia payung pantai, gazebo, mushola, warung makan seafood, area parkir, area camping, dan kamar mandi / toilet.

Sekitar 30 meter dari Pantai Sundak, tersedia sebuah camping ground bernama Sundeck Beach Camp. Tempat camping terbaik di Jogja ini menyediakan area berkemah seluas sekitar 1,2 ha di tengah hutan jati. Dengan fasilitas memadai, Sundeck Beach Camp cocok untuk kegiatan outing, outbound, gathering, meeting, dan liburan keluarga.

2. Pantai Watu Bolong

Berlokasi di Jl. Drini Tim., Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Watu Bolong menyuguhkan keindahan batu karang dengan deburan ombak. Saat pagi tiba, sunrise cantik dari timur bisa juga Anda nikmati.

Meskipun termasuk pantai karang, namun Pantai Watu Bolong cocok untuk ngecamp bersama sabahat maupun komunitas. Pasalnya, pada bagian sisi utara pantai terdapat lahan cukup luas yang bisa digunakan mendirikan tenda. Saat musim hujan tiba, biasanya lahan tersebut tampak hijau ditumbuhi rerumputan.

Pantai tersembunyi ini masih relatif sepi pengunjung sehingga suasananya begitu tenang. Fasilitasnya pun tak lengkap, belum tersedia mushola, warung, dan toilet. Benar-benar masih alami banget, belum terjamah banyak orang. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 10.000,-.

3. Pantai Sanglen

Pantai Sanglen terletak diantara Pantai Sepanjang Dan Pantai Watu Kodok, tepatnya di Dusun Kelor, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Walaupun memiliki pasir putih nan indah, tapi pantai ini belum sepopuler kedua pantai di kanan kirinya, sehingga belum banyak dikunjungi wisatawan.

Suasana sepi dan tenang tersebut membuat Pantai Sanglen direkomendasikan sebagai pantai untuk camping di Jogja. Anda dapat mendirikan tenda lalu beristirahat dengan nyaman tanpa gangguan wisatawan lain. Di sana, kabarnya sudah tersedia sumber listrik dan toilet. Harga tiket masuk dibanderol 10 ribu rupiah.

4. Pantai Watu Kodok

Di sebelah Pantai Sanglen, ada Pantai Watu Kodok yang juga asyik buat camping. Pantainya landai dengan hamparan pasir putih dan air laut jernih. Sungguh cantik! Ditambah lagi pesona sunset cantiknya kala senja datang, membuat siapapun akan betah berlama-lama di sana.

Buat Anda yang ingin berkemah di Pantai Watu Kodok harus membawa perlengkapan sendiri dari rumah karena belum tersedia fasilitas penyewaan alat camping. Di sana baru ada toilet dan warung. Bawalah obat-obatan, makanan, minuman, selimut, jaket, dan lainnya sesuai kebutuhan.

5. Pantai Ngrumput

Masih berada di kawasan pesisir selatan Jogja, spot camp pantai Gunung Kidul selanjutnya adalah Pantai Ngrumput. Lokasinya terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Sesampainya di sana, Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih diantara bukit-bukit kapur atau pun tebing karang. Sungguh sangat eksotis!

Berbeda dengan beberapa pantai di atas, fasilitas di Pantai Ngrumput cukup lengkap. Sudah tersedia penyewaan perlengkapan camping, warung, dan toilet. Hanya saja bila akan berkemah maka pengunjung dikenakan tarif tambahan sekitar 15 ribu rupiah.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Di Jogja Terbaru

6. Pantai Kayu Arum

Ngomongin pantai untuk camping d Jogja, tentu tak akan bisa lepas dari daerah Gunung Kidul. Pasalnya, di sana lah surga pantai indah dengan hamparan pasir putih layaknya pantai di Bali. Salah satu diantaranya adalah Pantai Kayu Arum. Alamat lengkapnya terletak di Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Tegal, D.I. Yogyakarta.

Lokasi Pantai Kayu Arum cukup tersembunyi jauh dari keramaian. Saat berkemah di sana, Anda akan merasakan ketenangan, hanya ada suara angin dan deburan ombak. Untuk mencapai pantai mungil tapi cantik ini, Anda harus menyusuri ladang milik warga sejauh 4 km (sekitar 30 menit perjalanan).

7. Pantai Jungwok

Mendengar namanya, mungkin Anda akan mengira bahwa pantai ini bukan ada di Indonesia karena mirip nama-nama Korea. Padahal, pantai cantik ini berada di Gunung Kidul, D.I Yogyakarta. Tepatnya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Jungwok memiliki garis pantai melengkung dengan hamparan pasir putih bersih. Air lautnya tampak biru jernih, Anda bisa melihat langsung aneka jenis ikan hias, bintang laut, dan rumput laut. Suasananya terbilang masih sepi sehingga layak masuk dalam list pantai untuk camping di Jogja.

8. Pantai Wohkudu

Kulineran dan belanja mungkin sudah menjadi hal biasa saat liburan ke Kota Gudeg. Namun, camping di pantai Jogja masih belum banyak dilakukan. Anda bisa pergi ke Pantai Wohkudu untuk merasakan liburan anti mainstream, di sana Anda dapat mendirikan tenda sambil menikmati hamparan pasir putih dan lautan biru.

Lokasi Pantai Wohkudu cukup tersembunyi, Anda harus berjalan menyusuri ladang warga sekitar 30 menit untuk mencapai bibir pantai dari parkiran. Alamat lengkapnya terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.

9. Pantai Greweng

Pantai Greweng merupakan salah satu rekomendasi pantai untuk camping di Jogja yang bagus. Pasalnya, pantai berbentuk teluk ini diapit oleh 2 tebing karang tinggi dengan hamparan pasir putih bersih sehingga tampak eksklusif. Anda benar-benar akan merasakan sensasi layaknya tinggal di pantai pribadi (private beach).

Kontur pantainya yang landai dan ombak tenang membuat siapapun nyaman selama ngecamp di sana. Soal air tawar, Anda tak usah kuatir karena ada aliran sungai yang bermuara di Pantai Greweng. Anda bisa memanfaatkan air sungai tersebut untuk keperluan MCK.

Lokasi Pantai Greweng terletak di Jalan Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuk ke sana, dibanderol sekitar 5 ribu rupiah. Cukup murah meriah, bukan?

10. Pantai Butuh

Pantai untuk camping di Jogja yang bagus selanjutnya adalah Pantai Butuh. Pantai mungil ini menawarkan ketenangan bagi para wisatawan karena masih belum banyak dikunjungi. Kondisi alamnya juga terbilang indah, di sana Anda akan menemukan hamparan pasir putih, birunya air laut, dan 2 tebing karst yang mengapitnya.

Harga tiket masuk ke Pantai Butuh dibanderol sekitar 10 ribu rupiah, parkir kendaraan 3 – 5 ribu rupiah. Lokasinya terletak di Krambil Sawit, Saptosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga : Pantai Indah Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

11. Pantai Sedahan

Tak kalah bagus dengan pantai-pantai di atas, Pantai Sedahan patut Anda jadikan sebagai lokasi camping. Garis pantainya lumayan panjang dengan hamparan pasir putih bersih nan lembut dan laut biru jernih. Di sekitarnya terdapat bukit-bukit karang yang ditumbuhi pepohonan hijau.

Hal yang perlu diwaspadai saat berkemah di sana adalah ombak besar. Jadi, sebaiknya Anda agak menjauh dari bibir pantai dalam mendirikan tenda. Lokasi / alamat Pantai Sedahan terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

12. Pantai Sarangan

Berada di samping Pantai Krakal, Pantai Sarangan menyuguhkan hamparan pasir putih dan bebatuan karang pada bibir pantainya. Di sekelilingnya tumbuh tanaman pandan laut dan bukit karang.

Pantai ini termasuk recommended sebagai tempat ngecamp. Apalagi fasilitasnya cukup lengkap, tersedia tempat makan, mushola, ruang pertemuan, tempat menginap, toko cendera mata, dan tempat parkir. Lokasi Pantai Sarangan terletak di Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

13. Pantai Parangtritis

Siapa seh yang tak tahu Pantai Parangtritis? Pantai paling terkenal di Jogja ini selalu menjadi incaran wisatawan saat musim liburan. Selain menyuguhkan aktivitas menarik seperti ATV, motor trail, naik jip wisata, naik andong / delman, berkuda, dan paralayang, ternyata Pantai Parangtritis asyik juga buat camping.

Biasanya, pada malam pergantian tahun atau libur panjang ada beberapa wisatawan yang camping di sana. Meskipun berpasir hitam, tapi daya tarik pantai ini tidak pernah pudar. Oya, hal yang perlu diwaspadai adalah ombak laut yang cukup besar. Jadi, sebaiknya saat camping ada yang jaga secara bergantian dan menjauh dari bibir pantai.

Lokasi / alamat Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 10 ribu rupiah per orang.

14. Pantai Goa Cemara

Selain Pantai Parangtritis, ada satu lagi pantai bagus di Bantul yang bisa dijadikan alternatif untuk camping bersama sahabat maupun komunitas, yaitu Pantai Goa Cemara. Lokasinya terletak di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sesuai namanya, pantai ini memiliki daya tarik berupa pepohonan cemara yang rimbun sehingga membentuk sebuah lorong layaknya goa. Mungkin karena hal ini, maka pantainya dinamakan Pantai Goa Cemara. Ada cukup banyak aktivitas menarik di sana, antara lain naik ATV, berfoto selfie, camping, dan lainnya.

Di Pantai Goa Cemara, wisatawan dilarang untuk berenang karena ombaknya sangat besar. Jadi, bila akan berkemah, sebaiknya jauh dari bibir pantai. Harga tiket masuk ke sana sangatlah murmer, sekitar 5 ribu rupiah.

15. Pantai Ngetun

Mirip seperti Pantai Greweng, topografi Pantai Ngetun berbentuk sebuah teluk dengan hamparan pasir putih. Bibir pantainya terdiri dari batuan karang, sedangkan di sekeliling pantai terdapat pepohonan hijau yang bisa untuk berteduh.
Suasananya masih relatif sepi sehingga nyaman sekali untuk camping. Anda benar-benar bisa menyatu bersama alam, hanya ada suara desiran angin dan deburan ombak.

Lokasi / alamat Pantai Ngetun terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 6 ribu rupiah. Kabarnya, sekarang fasilitas di sana cukup lengkap, tersedia area parkir, toilet / kamar mandi, warung, dan mushola.

16. Pantai Siung

Selama ini, Pantai Siung dikenal sebagai surganya pemanjat tebing di Jogja. Pasalnya, pantai ini memiliki tebing-tebing tinggi yang cocok untuk sarana olah raga panjat tebing. Namun, ternyata Pantai Siung juga asyik buat camping. Suasananya begitu tenang jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Harga tiket masuk ke Pantai Siung dibanderol sekitar 10 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

17. Pantai Drini

Berlokasi di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta, Pantai Drini menawarkan berbagai aktivitas menarik mulai dari bermain kano, surfing, snorkeling, berfoto selfie, hingga kulineran.

Dengan hamparan pasir putih cukup luas, pantai ini cocok juga buat camping. Fasilitas di sana cukup lengkap, tersedia area parkir, toilet, ruang bilas, warung, mushola, dan penyewaan kano.

18. Pantai Seruni

Ngomongin pantai untuk camping di Jogja, tentu tak akan bisa lepas dari kawasan Gunung Kidul. Pasalnya, di sana lah surga pantai eksotis dengan hamparan pasir putih layaknya pantai-pantai di Lombok. Salah satu diantaranya adalah Pantai Seruni.

Beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Seruni antara lain olah raga bola voli, memancing, camping, menyaksikan sunset & sunrise, atau pun duduk-duduk santai. Untuk berenang, sepertinya tak memungkinkan karena ombak di sana begitu besar.

Lokasi Pantai Seruni terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 10 ribu rupiah.

19. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal termasuk salah satu surga tersembunyi di Gunung Kidul yang berupa pantai berpasir putih. Di sekelilingnya terdapat bukit karang setinggi 50 meter-an. Di namakan Pok Tunggal karena di pantai ini ada sebuah pohon duras yang berdiri kokoh.

Fasilitas Pantai Pok Tunggal terbilang lengkap, sudah tersedia payung-payung di tepi pantai, parkir, toilet, kamar mandi bilas umum, mushola, warung, dan gazebo. Ada juga penginapan dan camping ground. Bagi Anda yang akan berkemah, sepertinya harus membawa peralatan sendiri karena belum tersedia jasa penyewaan tenda.

Lokasi / alamat Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Harga tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah.

20. Pantai Kosakora

Kosakora sebenarnya merupakan nama sebuah bukit, bukan pantai. Tapi, letaknya yang berbatasan langsung dengan lautan, maka saya namakan Pantai Kosakora. Lokasinya terletak di atas Pantai Ngerumput, tepatnya Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selama ini, Kosakora terkenal sebagai tempat camping anak-anak muda. Dari atas bukit ini, Anda bisa melihat hamparan lautan biru sejauh mata memandang. Ketika petang tiba, Anda bisa menikmati momen matahari tenggelam ke peraduannya. Pemandangan malam pun tak kalah indah, kerlap-kerlip bintang di langit dapat Anda saksikan.

21. Pantai Kesirat

Berbeda dengan pantai-pantai di Gunung Kidul umumnya yang berpasir putih, Pantai Kesirat justru tak punya lahan pasir. Pantai ini dipenuhi tebing-tebing tinggi yang asyik untuk memancing maupun duduk-duduk santai sambil menikmati momen sunset terindah di Jogja.

Meskipun kebanyakan berupa tebing, tapi Pantai Kesirat punya lahan camping cukup luas. Tak heran, jika cukup banyak para traveler muda datang ke sana untuk ngecamp. Berkemah di sana, Anda bisa langsung memandang lautan biru luas sejauh mata memandang.

Harga tiket masuk ke Pantai Kesirat dibanderol sekitar 5 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

Demikianlah sekilas info wisata tentang deretan pantai di Jogja untuk camping menghabiskan waktu liburan. Jangan lupa catat ya, siapa tahu membutuhkannya saat berkunjung ke Yogyakarta. Apabila sobat traveler punya rekomendasi pantai bagus lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here