Home Wisata Asia 21 Oleh Oleh Khas Tegal Kekinian Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama...

21 Oleh Oleh Khas Tegal Kekinian Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama Wajib Dibeli

97
0

Oleh Oleh Khas Tegal – Bingung mau bawa oleh-oleh apa dari Tegal? Ini daftar rekomendasi oleh oleh khas Tegal kekinian yang terkenal murah, tahan lama, dan wajib dibeli. Mulai dari makanan tradisional, jajanan, camilan, hingga souvenir unik selain makanan. Bagus dan keren-keren deh pokoknya, pas banget untuk buah tangan keluarga, teman, saudara, atau pun pasangan halal alias istri.

Selain dikenal dengan bahasa ngapak dan wartegnya, Kota Tegal dan sekitarnya ternyata punya sejumlah objek wisata bagus untuk liburan. Sebut saja, Pemandian Air Panas Guci, Pantai Alam Indah, Pantai Purwahamba Indah (Purin), dan Rita Park yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat libur sekolah atau pun lebaran. Nah, buat Anda yang kebetulan sedang menikmati aneka wisata Tegal tersebut, jangan lupa sebelum pulang sempatkanlah membeli oleh-oleh khas Tegal berikut ini.

Daftar Oleh Oleh Khas Tegal Kekinian Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama Wajib Dibeli

1. Tahu Aci

Oleh-Oleh-Khas-Tegal
Oleh Oleh Khas Tegal : Tahu Aci (Foto : instagram @tahumurnibanjaran)

Siapa seh yang tak kenal dengan Tahu Aci? Kuliner khas Tegal ini hampir selalu menjadi incaran para pemudik saat pulang kampung. Sesuai namanya, Tahu Aci terbuat dari tahu kuning, tepung kanji (aci), potongan daun kucai, dan beberapa bumbu. Tahu tersebut biasanya dibelah menjadi dua secara diagonal, lalu ditempeli adonan tepung kanji yang telah dicampur daun kucai dan bumbu.

Tahu yang telah ditempeli adonan tepung kanji kemudian digoreng dengan minyak panas hingga matang. Cita rasa Tahu Aci berupa asin dan gurih, pas banget disantap buat camilan saat masih hangat bersama cabai rawit. Tak terlalu sulit mencari Tahu Aci enak di Tegal, pasalnya cukup banyak penjual makanan ini di setiap sudut kota. Dua toko Tahu Aci yang sudah terkenal di Tegal yaitu :

  • Tahu Murni Putra Nata Jaya di Jl. P. Diponegoro, Mangkukusuman, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB.
  • Tahu Murni Banjaran Hj. Siti Rochmah di Jl. Raya Utara Adiwerna No.48, Pedologan, Tembok Banjaran, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 18.30 WIB.

Dalam membeli Tahu Aci, Anda bisa memilih Tahu Aci yang sudah digoreng atau pun yang masih mentah. Kabarnya, Tahu Aci mentah lebih tahan lama, namun Anda harus menggorengnya sendiri saat sampai di lokasi tujuan. Range harga Tahu Aci cukup murah meriah, biasanya dibanderol 1000 – 2.500 rupiah per satuannya, tergantung besar kecilnya ukuran tahu. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya gaes!

2. Tahu Pletok

Masih serumpun dengan Tahu Aci, ada Tahu Pletok yang tak kalah enak untuk dijadikan oleh-oleh khas Tegal. Cita rasanya yang cenderung gurih dan asin membuat camilan ini cocok di lidah orang pantura. Tak ayal, Tahu Pletok cukup hits dan populer di kalangan warga Tegal.

Bahan dasar pembuatan Tahu Pletok berupa tahu kuning, tepung kanci, daun kucai, dan bumbu. Tahu kuning berbentuk segitiga, lalu dibelah dua secara melintang. Tahu yang telah dibelah tersebut diberi adonan campuran tepung kanji (aci), daun kucai, dan bumbu, lalu digoreng.

Perbedaan Tahu Pletok dan Tahu Aci terletak pada ukuran, proses pembuatannya, dan teksturnya. Tahu Pletok memiliki ukuran lebih besar bila dibandingkan dengan Tahu Aci. Pada saat membuat, tahunya digoreng terlebih dahulu baru kemudian diberi adonan tepung kanji (aci), lalu digoreng lagi. Hal ini menjadikan tekstur Tahu Pletok lebih garing dan renyah.

3. Keripik Tahu

Masih seputar olahan tahu, ada Keripik Tahu yang juga cukup terkenal untuk dijadikan oleh-oleh khas Tegal. Cita rasanya yang gurih, renyah, dan enak membuat camilan ini kabarnya banyak diburu para pendatang. Untuk harga sebungkusnya berkisar antara 10 – 50 ribu rupiah, tergantung beratnya.

4. Kacang Bogares

Oleh-oleh khas Tegal lainnya yang sangat terkenal adalah Kacang Bogares. Camilan ini berasal dari sebuah desa bernama Bogares di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, sehingga dinamakan Kacang Bogares. Sebagian besar penduduk Desa Bogares memang bekerja sebagai pengrajin kacang. Oleh karena itu, tak heran jika nama Bogares begitu identik dengan kacang.

Kacang Bogares terbuat dari kacang tanah yang disangrai di atas pasir halus. Aroma kacangnya sungguh harum, cita rasanya gurih, asin, dan sedikit manis. Harganya pun relatif murah, sekitar 12 – 60-an ribu rupiah, tergantung berat. Jika ingin mmbelinya, Anda bisa langsung ke Desa Bogares atau pun ke Pusat / Toko Oleh-Oleh yang tersebar di kawasan Tegal.

5. Pilus

Pilus memang makanan umum yang sudah populer dikalangan masyarakat Indonesia. Namun, ada satu pilus khas Tegal yang kerap dijadikan oleh-oleh para pemudik, yaitu Pilus Kletuk. Berbeda dengan pilus pada umumnya dimana di dalamnya berisi kacang, Pilus Kletuk murni hanya berupa adonan tepung tanpa kacang. Ukurannya juga lebih kecil dari pilus kacang.

Pilus Kletuk terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, daun kocai, dan bumbu tambahan. Teksturnya cukup keras berwarna putih agak kecoklatan. dengan cita rasa gurih dan asin. Jika digigit / dikunyah menggunakan gigi, maka akan terdengar suara “kletuk-kletuk”. Mungkin karena suara itu, akhirnya pilus ini dinamakan Pilus Kletuk. Selain sebagai camilan, pilus ini biasanya dimakan dengan bakso berkuah. Hmm… nikmat banget deh!

Baca Juga : Warung Sate Kambing Muda Paling Enak Di Tegal

6. Kerupuk Antor

Satu lagi camilan kering dan gurih yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke daerah Tegal, yaitu Kerupuk Antor. Jenis kerupuk khas Tegal ini terbuat dari adonan tepung terigu lalu digoreng memakai pasir halus. Kata “pasir” dalam bahasa Tegal berarti “wedi”, sehingga orang Tegal ada yang menyebut kerupuk antor dengan nama “antor goreng wedi”.

Kerupuk Antor atau yang familiar juga dengan nama kerupuk antor “badeg”, mudah sekali ditemukan di pasar tradisional atau pun toko-toko sekitar Tegal. Anda bisa pergi ke Pasar Trayeman, Pasar Banjaran, dan pasar lainnya di Kota / Kabupaten Tegal.

Secara umum, ada 2 jenis kerupuk antor, yaitu kerupuk antor warna-warni dan kerupuk antor biasa dengan warna putih buram. Keduanya sama-sama memiliki rasa enak, gurih, dan beraroma bawang. Teksturnya sendiri terbilang renyah dengan bumbu pekat menyelimuti setiap potongan kerupuk.

7. Latopia / Pia

Jika dilihat sekilas, kue Latopia / Pia khas Tegal ini mirip dengan oleh-oleh khas Jogja bernama bakpia. Isiannya pun hampir sama, umumnya berisi kacang hijau. Perbedaan keduanya terletak pada tekstur kulit luarnya, dimana Latopia Tegal cenderung lebih tebal dengan ukuran lebih besar. Untuk rasanya sendiri terbilang enak, perpaduan kulit pia nan crunchy dan gurih, berpadu nikmat bersama isian legit kacang hijau.

Ada cukup banyak merek Latopia Tegal yang enak, satu diantaranya adalah Pia Ny.Liao di Gang. Pawedan No.100, Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB (Minggu tutup). Di sana, Anda bisa menemukan aneka kue pia berbagai rasa, mulai dari kacang hijau, coklat, sari buah, susu, nanas, bawang, gula aren, keju, dan duren.

8. Olos

Olos merupakan salah satu jajanan khas Tegal murah meriah berupa gorengan berbentuk bulat yang terbuat dari tepung kanji (aci) dan terigu. Isian di dalam olos biasanya berupa irisan sayuran dan cabe rawit sehingga cita rasanya cenderung pedas. Namun, saat ini kabarnya isian olos sudah mengalami inovasi, ada sosis, ayam, keju, tempe, tahu, dan lainnya.

Tekstur olos sendiri terasa kenyal, rasa gurihnya berpadu pas dengan pedas. Cocok sekali disantap ketika masih hangat. Tak terlalu sulit mencari camilan pedas ini, karena cukup banyak penjual olos yang bisa ditemui di setiap sudut daerah Tegal dan sekitarnya.

9. Manisan Cerme

Jika Bogor dikenal dengan asinan buahnya, maka Tegal pun punya olahan buah yang tak kalah enak, yaitu manisan cerme. Manisan buah cerme / cermai ini bisa Anda temukan di kawasan wisata Guci Tegal, di sana ada semacam pasar yang menjual sayuran, buah-buahan, dan juga manisan. Cita rasa manisan cerme berupa manis dan ada asam-asamnya.

10. GuCheez

Selain manisan cerme, ada satu lagi oleh-oleh khas objek wisata Guci Tegal yang wajib dibeli yaitu GuCheez. Apaan tuh? GuCheez merupakan roti kekinian dengan isian berupa nanas madu dan dibalut adonan empuk, keju, hingga susu. Cita rasanya sungguh enak dengan tekstur lembut. Daya tahannya juga lumayan lama, kabarnya bisa bertahan selama 7 – 10 hari.

11. Kue Kamir

Kue Kamir atau Khamir sebenarnya makanan khas Pemalang tapi cukup populer dikalangan warga Tegal. Kue ini biasanya terbuat dari campuran tepung terigu, gula, mentega, tape, dan telur. Bentuknya bundar, jika dilihat sekilas mirip seperti apem atau pun serabi, tapi ukurannya agak lebih besar dan padat. Cita rasa Kue Kamir cenderung manis, ada gurih-gurihnya sedikit.

12. Kue Tempel

Kue Tempel termasuk jajanan tradisional khas Tegal yang mulai jarang ditemukan. Kue ini terbilang unik dan sepertinya tak ada di daerah lain. Bahan bakunya berupa tepung beras ketan, gula jawa, dan pisang. Cara membuatnya cukup sederhana, adonan tepung beras ketan di panasi dengam mengoleskannya pada wajan tanpa minyak, lalu ditaburi gula jawa halus.

Setelah adonan setengah matang, lalu ditambahkan pisang raja ke atasnya dengan cara dilumatkan. Untuk menikmati Kue Tempel, Anda bisa langsung ke lokasi penjualnya di Jl. HOS. Cokro Aminoto, Pekauman, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga seporsinya sekitar 6 ribu rupiah.

13. Telur Asin

Meskipun dikenal sebagai oleh-oleh khas Brebes, akan tetapi telur asin juga familar sekali dengan warga Tegal. Tak jarang, para pemudik asli Tegal yang membawa telur asin ini sebagai oleh-oleh saat kembali merantau ke daerah lain. Cita rasanya yang asin, gurih, dan enak membuat telur asin digemari banyak orang.

Saat ini, telur asin telah mengalami inovasi dengan berbagai varian rasa, yaitu telur asin rebus, telur asin bumbu pindang, telur asin bakar, dan telur asin panggang oven. Untuk mendapatkan telur asin berkualitas baik dengan tekstur kuning telur masir dan berminyak, Anda bisa memperhatikan tips berikut :

  • Pilih telur asin yang bersih berwarna biru cerah.
  • Pilih telur asin yang memiliki bobot / berat.
  • Sebelum membeli telur asin dalam jumlah banyak, cicipilah satu atau dua telur terlebih dahulu. Lihat tekstur dalamnya dan rasakan rasanya enak atau tidak, apakah bau amis menyengat atau tidak.
  • Tanyakan harganya terlebih dahulu.

14. Teh

Meskipun mendapat julukan Kota Bahari, namun Tegal juga dikenal sebagai salah satu produksi teh terbaik di Indonesia. Setidaknya ada 4 pabrik teh terkenal yang ada di sana, yaitu Teh 2 Tang, Teh Poci, Teh Tong Tji, dan Teh Gopek. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda membawa teh sebagai oleh-oleh khas Tegal buat keluarga, saudara, atau pun teman.

15. Poci Tanah Liat

Untuk membuat secangkir teh, biasanya orang Tegal memakai sebuah poci (semacam teko kecil) dari tanah liat. Konon kabarnya, minuman teh yang dihasilkan dari poci ini terasa lebih nikmat, apalagi jika memakai gula batu. Kalau kata orang tegal, rasanya “Wasgitel”, yaitu wangi, sepet, legi (manis), dan kentel (kental).

Selain membawa teh, ada baiknya Anda membeli juga poci, cangkir, dan gula batu untuk oleh-oleh. Poci tersebut biasanya di jual di supermarket seperti Toko Mutiara Cahaya (MC) Slawi atau pun toko lainnya.

16. Kaos Khas Tegal

Tak melulu soal makanan atau pun minuman, Anda juga bisa membawa oleh-oleh khas Tegal selain makanan, yaitu berupa Kaos. Salah satu merek kaos terkenal di Tegal adalah Kaos Galgil. Produknya berupa kaos, tas, dan sandal dengan berbagai tulisan nasehat dan plesetan dalam bahasa ngapak Tegal.

Untuk mendapatkan kaos Galgil, Anda bisa langsung menuju ke kios / outletnya di Jl. KH. Ahmad Dahlan No.39, Mangkukusuman, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB (Minggu tutup).

17. Dodol

Siapa seh yang tak kenal dengan dodol? Makanan khas Indonesia bercita rasa manis ini cukup banyak penggemarnya. Hampir setiap daerah punya olahan dodol masing-masing, termasuk Tegal. Dodol khas Tegal ini pada umumnya terbuat dari santan kelapa, tepung ketan, gula merah, dan garam.

Saya dulu sering membawa dodol sebagai oleh-oleh khas dari Tegal. Dodol tersebut saya beli di toko dekat palang kereta api Slawi. Cita rasanya terbilang enak dengan tekstur lengket. Tak kalah lezat bila dibandingkan dengan dodol garut atau pun dodol betawi.

18. Rempeyek / Peyek

Rempeyek / peyek termasuk camilan yang populer di kalangan warga Tegal saat lebaran atau pun hajatan, terutama di desa-desa. Saat menjelang lebaran atau hajatan, biasanya setiap keluarga membuat rempeyek dari bahan baku tepung beras dan kacang tanah.

Rempeyek tersebut, nantinya digunakan sebagai hidangan bagi para tamu. Cita rasanya asin dan gurih, enak bikin nagih. Namun, saat ini nampaknya tak perlu membuat rempeyek sendiri jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh karena sudah cukup banyak toko-toko yang menjualnya.

19. Souvenir Kerajinan

Satu lagi oleh-oleh khas Tegal selain makanan yang wajib dibeli, yaitu souvenir berupa barang-barang / benda kerajinan. Ada cukup banyak hasil kerajinan Kota Tegal dan sekitarnya dengan kualitas bagus dan unik, seperti kerajinan dari eceng gondok, kuningan, dan barang daur ulang.

20. Gemblong

Gemblong merupakan makanan tradisional khas Tegal yang cukup mudah ditemukan. Anda tinggal datang ke pasar-pasar tradisional, biasanya di sana ada penjual gemblong. Ada sekitar 4 macam gemblong khas Tegal, antara lain gemblong alus, gemblong tekek, gemblong kocar-kacir, dan gemblong ketan.

Gemblong alus, gemblong tekek, dan gemblong kocar-kacir (gemblong ocar-acir) terbuat dari singkong rebus yang ditumbuk. Ketiga gemblong tersebut biasanya disantap bersama parutan kelapa, kecuali gemblong kocar-kacir yang diberi tambahan gula jawa cair. Gemblong alus dan gemblong kocar-kacir memiliki tekstur halus, sedangkan gemblong tekek cenderung lebih kasar.

Gemblong ketan terbuat dari beras ketan rebus lalu ditumbuk hingga halus. Gemblong ketan ini sebenarnya sama dengan jadah khas Yogyakarta. Bedanya, gemblong ketan khas Tegal disajikan bersama serundeng kelapa, sedangkan jadah disantap bersama tempe / tahu bacem.

21. Martabak

Siapa seh yang tak suka martabak? Hampir sebagian besar penduduk Indonesia menyukainya, baik martabak manis atau pun martabak telur. Nah, di kawasan Tegal, ada satu desa yang dikenal sebagai Kampung Martabak, yaitu Lebaksiu. Dinamakan demikian, karena sekitar 50 persen penduduk di sana berprofesi sebagai penjual martabak.

Martabak Lebaksiu ini cukup terkenal enak, bahkan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Bali, dan luar Jawa bisa ditemukan penjual martabak dari Lebaksiu. Nah, jika kebetulan sedang ke Tegal, tak ada salahnya Anda membeli martabak di kampung aslinya.

Banyak sekali penjual Martabak enak di Tegal yang bisa ditemui. Anda tinggal pilih, mau membeli martabak manis atau martabak telor. Keduanya memiliki cita rasa lezat menggoyang lidah. Mengingat martabak ini cocoknya disantap ketika masih hangat, maka disarankan untuk oleh-oleh orang yang tinggal cukup dekat dengan Tegal.

Demikianlah sekilas info wisata kali ini tentang oleh oleh khas tegal yang terkenal wajib dibeli. Jangan lupa dicatat sebagai referensi ketika Anda berkunjung ke kawasan Tegal dan sekitarnya. Oya, buat sobat traveler yang punya informasi oleh-oleh lainnya, bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Sekian dulu dari saya, terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here