Pedas Nampol!!! 10 Gudeg Mercon Jogja Terpedas Yang Paling Enak Dan Terkenal Wajib Dicoba

0 569

Gudeg Mercon Jogja – Bingung mencari gudeg mercon enak di Yogyakarta? Inilah daftar rekomendasi gudeg mercon Jogja yang paling enak dan terkenal pedas wajib dicoba. Berbeda dengan gudeg pada umumnya yang memiliki rasa manis dan gurih, gudeg mercon ini memiliki cita rasa super pedas. Jadi, siapkan tisu dan air minum ya, karena mungkin Anda akan bercucuran keringat saat menyantapnya.

Siapa seh yang tak kenal gudeg? Makanan khas Jogja ini begitu populer dikalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Gudeg terbuat dari nangka muda (baca : gori) yang direbus hingga berjam-jam. Ada beberapa jenis gudeg, antara lain gudeg kering, gudeg basah, gudeg manggar (terbuat dari bunga kelapa muda), dan gudeg mercon.

Gudeg memiliki cita rasa manis dan gurih dengan tingkat kemanisan bermacam-macam sesuai penjualnya. Bagi masyarakat Kota Yogyakarta, masakan manis sudah menjadi ciri khasnya sehingga lidahnya sudah familiar dengan gudeg. Nah, bagi Anda yang berasal dari daerah lain dan kebetulan tak suka makanan manis, maka gudeg mercon bisa menjadi pilihan.

Gudeg-Mercon-Jogja
Gambar ilustrasi gudeg mercon terpedas paling enak di Jogja yang terkenal wajib dicoba

Daftar Rekomendasi Gudeg Mercon Jogja Terpedas Yang Paling Enak Dan Terkenal Wajib Dicoba

Gudeg mercon sebenarnya sama dengan gudeg Jogja pada umumnya, terbuat dari nangka muda lalu disajikan bersama krecek dan kuah areh. Perbedaannya terletak pada tambahan oseng mercon yang memiliki rasa pedas. Apa seh oseng mercon itu?

Oseng mercon merupakan sejenis sambal yang biasanya terbuat dari tetelan daging atau koyor sapi dan cabai. Rasanya sungguh pedas nampol!!! Kira-kira dimana saja ya rekomendasi tempat makan gudeg mercon yang enak di Jogja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Gudeg Mbak Pirang

Gudeg Mercon Jogja pertama yang wajib dicoba adalah Gudeg Mbak Pirang / Gudeg Bu Mardjo. Lokasinya terletak di Jalan Magelang No.190, Karangwaru, Tegalrejo, Kota Yogyakarta (Utara Batas Kota Yogyakarta / Samping Toko Arsys Lighting). Jam buka sekitar pukul 21.30 – 00.00 WIB (Senin tutup).

Meskipun hanya berjualan di pinggir jalan memakai tenda kecil kaki lima, namun rasa gudegnya benar-benar juara. Kelezatannya tak kalah dengan gudeg-gudeg Jogja legendaris seperti gudeg Yu Djum, gudeg Bu Djuminten, dan gudeg Bu Tjitro 1925. Bisa dibilang, gudeg kaki lima rasa bintang lima.

Seporsi gudegnya berisi nasi, gudeg, krecek, lauk (tahu, telur atau ayam sesuai pesanan), kuah areh, dan oseng mercon pedas. Rasa gudeg Mbak Pirang tak terlalu manis, gurih, dan nendang di lidah. Benar-benar bikin nagih! Oleh karena penjualnya mengecat rambut dengan warna pirang, maka dikenal dengan nama Gudeg Mbak Pirang / Mbak Londo / Mbak Bule. Range harga sekitar 25 – 30 ribu rupiah.

2. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon Bu Tinah cukup populer sebagai ikon kuliner Jogja khususnya bagi para penyuka makanan pedas. Sama seperti gudeg Mbak Pirang, Bu Tinah menggelar lapaknya dipinggir jalan memakai tenda kecil kaki lima. Para pembeli gudegnya makan lesehan di tikar yang digelas pada trotoar jalan.

Oseng mercon racikan Bu Tinah yang ditambahkan ke gudegnya sangat pedas, bisa dibilang sebagai gudeg mercon terpedas di Kota Yogyakarta. Pilihan lauknya lumayan banyak, mulai dari gorengan, telur, ayam, sate, tahu, hingga tempe. Untuk range harga sekitar 25 – 30 ribu rupiah (tergantung lauk).

Lokasi gudeg mercon legendaris Bu Tinah yang kabarnya berjualan sejak tahun 1992 ini terletak di Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya sebelah utara Gudeg Bu Djuminten (daerah Kranggan). Jam buka mulai pukul 21.30 – 01.00 WIB. Jika pas ramai, Anda harus siap-siap antri panjang ya gaes.

3. Gudeg Mercon Mbak Yuni

Tak terlalu jauh dari Gudeg Mercon Bu Tinah, ada warung lesehan Gudeg Mercon Mbak Yuni yang juga memiliki cita rasa enak dan pedas. Bahkan, beberapa artis / YouTuber kabarnya pernah mampir ke gudeg ini lho, seperti Bambang Pamungkas dan Hari Jisun.

Seporsi gudeg mercon racikan Mbak Yuni berisi nasi, gudeg, sayuran hijau, krecek, bihun / soun, lauk sesuai pesanan, kuah areh, dan oseng mercon. Aneka lauk sebagai pendamping makan gudeg yang tersedia di sini antara lain sate kulit ayam, sate daging ayam, tempe goreng tepung, telur bulat, daging ayam (paha, dada, kepala, sayap, dan ati ampela), serta krupuk.

Sensasi rasa pedas dari gudeg merconnya terbilang sedang, bagi Anda yang tak terlalu suka pedas masih bisa menikmatinya. Gudegnya sendiri tak terlalu manis sehingga tak membuat enek. Untuk harganya lumayan murah, nasi gudeg krecek dan ditelur dibanderol 15 ribu rupiah, sedangkan sate daging ayam sekitar 5 ribu rupiah per tusuk.

Lokasi / alamat Gudeg Mercon Mbak Yuni terletak di Jl. Pangeran Diponegoro No.100, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Tugu Jogja, ke arah barat sebelum perempatan Jalan Magelang, sebelah utara jalan raya. Jam buka mulai pukul 18.30 – 01.00 WIB (Selasa tutup).

Baca Juga :

4. Gudeg Mercon Yu Yah

Gudeg Mercon Yu Yah merupakan salah satu tempat makan gudeg mercon favorit bagi para pecinta kuliner malam Jogja. Pasalnya, warung gudeg mercon ini buka mulai pukul 00.00 – 05.00 WIB. Gudeg Mercon Yu Yah terletak di Jalan Magelang No.129 A, Sinduadi, Mlati, Kutu Asem, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Daya tarik menu makanan di sini berupa olahan lauknya yang kabarnya ada 20-an jenis selain gudeg, mulai dari oseng mercon, oseng usus, petai, jengkol, gorengan, oseng ati ampela, telur dadar, oseng teri, kering tempe, capcay, sate usus, ceker, dan lainnya. Harganya lumayan murah terjangkau, nasi gudeg telur sekitar 12 ribu rupiah (NB : Harga bisa berubah sewaktu-waktu).

5. Gudeg Mercon Yu Yam

Masih di sekitar Jalan Magelang, ada satu lagi gudeg mercon Jogja yang bisa Anda cicipi, yaitu Gudeg Yu Yam. Di sini, tersedia aneka mercon pedas sebagai pelengkap gudeg, seperti mercon tempe, mercon daun pepaya, mercon usus, dan mercon kikil. Pas banget, buat manjain lidah para penyuka makanan pedas.

Cita rasa gudeg merconnya pedas dan gurih. Warung gudeg Yu Yam terletak di Jl. Magelang No.120, Kutu Asem, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 23.00 – 04.00 WIB. Range harga sekitar 20 – 30 ribu rupiah (tergantung lauk). Selain nasi, kabarnya ada buburnya juga lho, asyik kan?

6. Gudeg Pedes Mbah Jo

Sesuai namanya, warung Gudeg Pedes Mbah Jo menyajikan gudeg bercita rasa pedas. Lokasinya terletak di Gg. Jemb. Merah Jl. Affandi No.35, Karang Gayam, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 19.30 – 04.45 WIB.

Seporsi gudeg Mbah Jo harganya sekitar 7.500 rupiah, berisi nasi, gudeg, krecek (pedas), dan kuah areh. Pilihan menu lauk tersedia rica-rica ayam, telur, tahu, rica-rica jengkol, dan lainnya dengan range harga 2 – 12,5 ribu rupiah. Cita rasa makanan di sini secara umum pedas dan gurih.

7. Gudeg Mangut Lele Mbah Marto

Tempat makan gudeg pedas Jogja berikutnya adalah warung Mangut Lele Mbah Marto. Meskipun sajian utamanya berupa mangut lele, namun di sana tersedia juga gudeg. Nah, bila ingin bersantap gudeg pedas, Anda tinggal minta kuah mangut pedas untuk disiramkan ke dalam nasi gudegnya.

Lokasi / alamat Mangut Lele Mbah Marto terletak di BELAKANG KAMPUS ISI JOGJA, Jl. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Harga seporsi nasi, mangut lele, dan gudeg sekitar 25 – 30 ribu rupiah.

Baca Juga :

8. Gudeg Basah Mbok Mandeg

Ingin menyantap gudeg mercon siang hari? Langsung saja datang ke Gudeg Basah Mbok Mandeg di Jl. Parangtritis KM.2,5, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat makan di Jogja yang satu ini mengusung tema “gudeg milenial kekinian” dengan 3 menu utama, yaitu gudeg basah, gudeg bakar / geprek / penyet, dan gudeg mercon.

Tak hanya gudeg, Anda juga bisa menikmati menu lain seperti nasi goreng, nasi bakar, bakmi, olahan ayam, soto, es teler, jus buah, pisang bakar, mendoan, kopi, dan lain sebagainya. Desain interiornya instagramable banget, cocok buat foto-foto. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Range harga 10 – 35 ribu rupiah (tergantung lauk).

9. Gudeg Mercon Pasar Sentul

Sesuai namanya, gudeg mercon Jogja ini terletak di dekat Pasar Sentul (sebelah barat pasar), Jl. Sultan Agung No.50-52, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 20.00 – 01.00 WIB. Seporsi gudegnya berisi nasi, gudeg, krecek, sayuran hijau, lauk sesuai pesanan, kuah areh, dan oseng mercon pedas.

10. Gudeg Mercon Mbah Tris Malioboro

Selain sebagai surga belanja, kawasan Jalan Malioboro juga asyik buat hunting makanan. Ada cukup banyak kuliner Malioboro bercita rasa enak yang bisa Anda cobain, satu diantaranya adalah gudeg mercon Gudeg Mercon Mbah Tris. Lokasinya terletak di dekat Pasar Beringharjo. Jam buka mulai pukul 17.30 – 00.00 WIB.

Kabarnya, warung tenda kaki lima ini sudah berjualan sejak tahun 1965 lho, cukup legendaris bukan? Oseng mercon racikannya terbilang pedas nampol. Sebagai pelengkap nasi gudeg mercon, Anda bisa memesan lauk tambahan seperti ceker, daging ayam, telur, dan sebagainya. Tersedia juga nasi rames dan pecel.

Bagaimana sobat traveler? Tertarik ingin mencoba gudeg pedas Jogja? Jika Anda pecinta masakan pedas, tentu saja wajib mencicipi aneka gudeg mercon dalam daftar di atas. Oya, apabila Anda punya referensi / rekomendasi tempat makan gudeg mercon lainnya bisa menambahkan melalui kolom komentar. Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.