Home Wisata Alam 17 Tempat Wisata Terindah Dan Aktivitas Menarik Di Gili Trawangan Lombok

17 Tempat Wisata Terindah Dan Aktivitas Menarik Di Gili Trawangan Lombok

139
0

Gili Trawangan – Ingin tahu ada apa saja di Gili Trawangan Lombok? Ini review lengkap daftar tempat wisata terindah dan aktivitas menarik di Gili Trawangan Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Mulai dari berenang, snorkeling, menyelam (diving), menikmati sunset, keliling pulau, menyantap seafood segar, hingga menyaksikan open air movie. Seru abis deh pokoknya, bikin betah tak ingin pulang.

Pulau Lombok selama ini dikenal memiliki banyak gili (pulau kecil) dengan keindahan alam nan eksotis. Satu diantara gili-gili tersebut adalah Gili Trawangan yang menjadi ikon tempat wisata di Lombok bersama Gili Air dan Gili Meno. Selain memiliki pasir putih dan alam bawah laut yang indah, gili ini juga dilengkapi fasilitas akomodasi super lengkap layaknya Pulau Bali, tersedia penginapan murmer hingga resort mewah bintang lima.

Tak sulit untuk mencapai Gili Trawangan karena aksesnya terbilang mudah. Begitu Anda sampai di Lombok, langsung saja pergi ke Pelabuhan Bangsal, kemudian naik kapal nelayan atau menyewa speed boat menuju lokasi. Nah, buat Anda yang kebetulan berencana liburan ke sana, berikut ini Aneka Wisata sajikan referensi tempat wisata bagus dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Gili Trawangan. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Gili Trawangan (Foto : Magul)

Daftar Tempat Wisata Terindah Dan Aktivitas Menarik Di Gili Trawangan Lombok

1. Pantai Pasir Putih

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

A post shared by Ilona Vítková ✈Travel (@ilonavit) on

Tempat wisata terindah di Gili Trawangan yang wajib dikunjungi adalah pantai pasir putih. Dengan luas sekitar 340 hektar, panjang 3 km, dan lebar 2 km, Gili ini punya pantai cukup panjang membentang dari timur ke barat. Hamparan pasir putihnya begitu bersih berpadu cantik dengan air laut jernih berwarna gradasi biru kehijauan. Tak ayal, pantai ini pun masuk dalam list pantai di Lombok favorit wisatawan.

Ada cukup banyak aktivitas menarik di pantai, mulai dari bersantai, berenang, snorkeling, berfoto selfie, berkuda, hingga menikmati sunrise maupun sunset. Begitu sampai di gili, Anda bisa menaruh barang-barang bawaan di hotel terlebih dahulu, lalu bergegas pergi ke pantai. Bersantai sejenak di tepi pantai menikmati sejuknya angin sepoi-sepoi dan panorama indah bisa menenangkan pikiran.

2. Snorkeling

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

A post shared by SEWA MOBIL LOMBOK (@transport_lombok.id) on

Selain pasir putih, daya tarik utama pesona Gili Trawangan berupa keindahan alam bawah lautnya. Terumbu karangnya masih alami, kaya akan biota laut nan cantik mempesona. Air laut yang begitu jernih membuat visibilitasnya pun sangat bagus untuk kegiatan snorkeling. Anda bisa dengan mudah dan jelas aneka ikan, biota unik, hingga terumbu karang nan eksotis.

Tak usah kuatir dengan perlengkapan snorkeling karena di sana banyak warga yang menyewakan alat-alat snorkeling. Jika ingin lebih seru, Anda bisa mengambil paket wisata snorkeling dari beberapa agen travel. Paket yang ditawarkan umumnya meliputi 3 gili, yaitu Trawangan, Meno, dan Air. Di sana, Anda akan diajak keliling snorkeling bersama wisatawan lain sambil memberi makan ikan.

Anda juga bisa memilih aktivitas snorkeling secara private agar lebih nyaman dengan menyewa boat (perahu) pribadi. Jangan lupa siapkan kamera underwater Anda, view bawah lautnya begitu indah mempesona. Sayang banget jika dilewatkan begitu saja tanpa dokumentasi.

3. Diving

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

A post shared by made.underwater 🐙🐢 (@made.underwater) on

Dengan keindahan alam bawah laut nan cantik, air begitu jernih, dan arus laut yang tenang, Gili Trawangan menjadi salah satu spot diving terbaik di Indonesia favorit wisatawan. Berbagai biota laut mulai dari ikan badut (baca : Nemo), koral, penyu, terumbu karang, ikan pari, hingga hiu bisa Anda temukan saat menyelam.

Ada beberapa spot diving di Gili Trawangan dan sekitarnya yang bisa dieksplore, antara lain Simons Reef, Deep Turbo, Trawangan Slope, Coral Fan Garden, Shark Point, Bounty Reef, Halik Reed, Jack Point serta lainnya. Anda tinggal pilih sesuai selera mau menikmati keindahan alam laut seperti apa.

Diantara spot diving tersebut, Shark Point merupakan tempat menyelam yang cukup terkenal. Di sana, Anda bisa bertemu dengan hiu whitetip, hiu blacktip, hiu abu-abu,ikan pari, penyu, dan bumphead parrotfish. Kisaran harga untuk diving di Shark Point mulai dari Rp.1.000.000,- per orang.

Operator diving di Trawangan biasanya menawarkan berbagai pilihan tipe diving, misalnya shark diving see, UV night dive, freediving, serta marine walk. Tersedia juga pilihan kayak transparan untuk disewa dengan harga mulai Rp.300.000,-. Secara umum, biaya / tarif harga diving sekitar Rp.490.000,- / spot bagi wisatawan yang sudah punya “diving license”, sedangkan untuk “introduction diving” (belum punya licensi diving) dikenakan Rp.950.000,- / spot.

4. Water Sport

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

A post shared by Hotel Vila Ombak (@vilaombak) on

Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan di Gili Trawangan yaitu water sport berupa banana boat, kayak, paddleboard, dan jetski. Meskipun tak selengkap wahana water sport Tanjung Benoa Bali, namun olah raga air di sini cukup bisa menjadi hiburan dalam mengisi waktu rekreasi bersama keluarga maupun kekasih halal tercinta (baca : istri).

Untuk menikmati fasilitas olah raga air tersebut, Anda bisa pergi ke Hotel Villa Ombak. Di sana terdapat penyedia jasa water sport yang menyewakan peralatannya. Di sepanjang pantai juga biasanya terdapat agen-agen water sport bagi para wisatawan.

5. Sunrise Dan Sunset Indah

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

A post shared by Around the 🌎 with Markus (@mr_enso) on

Posisi pantai Gili Trawangan yang membentang dari timur ke barat membuat para wisatawan bisa menyaksikan panorama sunrise dan sunset nan indah. Saat pagi hari, Anda bisa pergi ke tepi pantai untuk menghirup udara segar sambil menunggu matahari terbit. Pemandangan sunrisenya sungguh memukau. Pastikan, Anda membawa kamera terbaik untuk mengabadikannya.

Moment lain yang tak kalah cantik adalah ketika matahari terbenam. Keindahan sunsetnya tak kalah cantik dengan pantai Kuta Bali. Ajaklah keluarga atau pun pasangan halal Anda untuk duduk santai di tepi pantai menikmati semilir angin dan view sang surya kembali ke peraduannya di ufuk barat. Suasananya begitu indah dan romantis, cocok buat pasangan pengantin baru yang sedang bulan madu (honeymoon).

6. Bersepeda Keliling Pulau

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

A post shared by R_abraham (@r_abraham4) on

Ciri khas kehidupan di Gili Trawangan yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan adalah bebas polusi asap kendaraan bermotor. Pasalnya, semua aktivitas masyarakatnya dilarang memakai kendaraan bermotor. Jadi, jika akan bepergian harus memakai alat transportasi ramah lingkungan, misalnya sepeda.

Berkeliling memakai sepeda mengeksplore setiap sudut Gili Trawangan menjadi kegiatan liburan favorit wisatawan. Di sana tersedia jasa penyewaan sepeda dengan harga lumayang terjangkau. Ada pula hotel / penginapan yang menyediakan fasilitas sepeda secara gratis cuma-cuma bagi para tamunya. Selain sehat, bersepeda keliling juga akan memberikan pengalaman tersendiri yang mengesankan.

7. Berkeliling Pulau Dengan Cidomo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

A post shared by CV.JAKA TOUR & TRAVEL LOMBOK (@cv.jaka_tour_lombok_) on

Selain sepeda, Anda juga bisa berkeliling Gili Trawangan menggunakan cidomo. Apa itu cidomo? Cidomo merupakan kendaraan semacam andong / delman yang memakai kuda sebagai penariknya dan dikemudikan oleh seorang kusir. Harga tarif naik cidomo sekitar 150 ribu rupiah untuk sekali keliling dengan kapasitas cidomo mampu menampung 3 orang.

8. Jalan Kaki Dan Jogging

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

A post shared by Ricky Jansen (@ricky__jansen) on

Dengan kualitas udara yang bersih dan segar bebas polusi, Gili Trawangan menjadi tempat wisata yang bagus untuk olah raga jalan kaki dan jogging. Anda bisa mengajak anggota keluarga, sahabat, atau pasangan halal dalam menikmati udara pagi di sana sambil jalan sehat atau pun lari kecil. Jangan lupa siapkan sepatu kets agar langkah kaki terasa ringan dan nyaman.

9. Bersantai Di Dalam Resort atau Hotel Mewah

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

A post shared by Hotel Vila Ombak (@vilaombak) on

Gili Trawangan merupakan salah satu tempat bulan madu di Indonesia yang romantis bagi para pengantin baru. Di sana tersedia berbagai resort, villa, dan hotel mewah dengan fasilitas super lengkap guna memadu kasih berdua dengan pasangan halal Anda. Bersantai menikmati segala fasilitas tersebut berdua tentu akan menjadi momen mengesankan, apalagi jika menyewa beach resort atau villa private dengan view pantai.

10. “Island Hopping” Ke Gili Meno Dan Gili Air

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

A post shared by Johan Drone Adventures (@johan_drone_adventures) on

Tak jauh dari Gili Trawangan, terdapat gili yang lebih kecil yaitu Gili Meno dan Gili Air. Kedua gili tersebut juga punya keindahan alam bawah laut nan indah. Nah, jika kebetulan Anda sedang berlibur ke Gili Trawangan, cobalah sekaligus menjelajahinya. Anda hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk menyeberang ke gili tersebut menggunakan perahu.

Jika Trawangan identik dengan pesta dan hiburan, maka lain halnya Gili Meno. Di sana, Anda akan menemukan pantai-pantai sunyi begitu tenang. Sementara itu, Gili Air menawarkan kombinasi kehidupan modern dan tradisional berpadu dengan hamparan pantai cantik menawan. Jika ingin menikmati ketiga gili sekaligus, Anda bisa ikut paket tur snorkeling “Island Hopping”, Anda akan diajak bersnorkeling ria bersama wisatawan lainnya di tiga gili tersebut.

11. Konservasi Penyu

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

A post shared by Ilona Vítková ✈Travel (@ilonavit) on

Bukan hanya berisi hiburan dan pesta, Gili Trawangan juga punya tempat wisata edukasi berupa konservasi penyu / penangkaran penyu. Lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Trawangan, di sana wisatawan bisa melihat proses penetasan telur-telur penyu, mulai dari pengeraman hingga menetas menjadi tukik (anak penyu).

Tukik-tukik hasil penetasan tersebut lalu dirawat dan dipelihara selama 6 – 8 bulan sampai siap dilepas ke laut. Perairan sekitar Trawangan memang dikenal sebagai habitat penyu. Tak heran, jika pada saat snorkeling atau menyelam biasanya akan bertemu dengan penyu.

12. Spa Dan Yoga

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Soraya Yoga Gili Trawangan (@sorayayogagili) on

Setelah seharian melakukan berbagai aktivitas liburan seru seperti snorkeling, berenang, diving (menyelam), water sport, dan lainnya, tentu tubuh Anda akan merasa lelah, bukan? Nah, untuk mengembalikan kesegaran badan, Anda dapat mencoba spa agar otot-otot menjadi rileks. Selain spa, Anda juga bisa menenangkan pikiran melalui Yoga sehingga menjadi lebih fresh.

13. Hunting Foto Instagramable

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Wandy Goesman Koto (@wandykoto) on

Tak dapat dipungkiri, kemunculan media sosial instagram sangat berpengaruh terhadap perilaku para traveler. Kini, berwisata bukan hanya sekedar senang-senang, melainkan juga sekaligus hunting foto keren untuk mengisi feed instagram. Salah satu spot fofo instagramable di Gili Trawangan yang menjadi favorit wisatawan adalah ayunan di pinggir laut.

Untuk berfoto dengan ayunan tersebut, Anda bisa pergi ke Villa Ombak Sunset. Ayunannya terbilang unik karena berada di laut dengan latar matahari terbenam. Anda dapat bermain ayunan sambil menunggu sang surya tenggelam. Berfoto di ayunan kala sunset akan tampak lebih kece.

Selain Villa Ombak Sunset, Anda bisa juga mendapatkan spot foto keren lainnya di The Exile Gili Trawangan. Penginapan kecil ini menyediakan spot foto bagus dan tempat bersantai seperti hammock, ayunan, sepeda antik, dan papan-papan kayu. Jangan lupa siapkan kamera terbaik Anda dengan full memori card dan baterai cadangan.

14. Berkuda

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joshua Oenara (@joshuaoenara) on

Menyusuri pantai Gili Trawangan dari ujung timur hingga ujung barat tentu akan terasa melelahkan sekali. Nah, buat wisatawan yang kebetulan tak ingin terlalu capek, bisa menyewa kuda dengan tarif harga sekitar 250 – 350 ribu per jam. Berkuda menyusuri tepian pantai saat sore hari sambil menikmati sunset cantik bersama pasangan halal (baca : istri) sungguh sangat romantis.

Setidaknya ada 2 tempat penyewaan kuda di Trawangan Lombok, yaitu Sunset Stables dan Stud Stables. Jika takut naik karena belum mahir mengendari kuda, Anda bisa minta ditemani pemandu. Untuk start, Anda juga bisa memilih, mau dari hotel tempat bermalam, atau pun langsung dari istal (kandang) kuda. Asyik dan menyenangkan deh, pokoknya!

15. Menonton Open Air Movie / Open Air Cinema

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Hotel Vila Ombak (@vilaombak) on

Meskipun jauh dari perkotaan, bukan berarti Anda tak bisa menonton film. Di sana ada Open Air Movie yang merupakan bioskop terbuka di alam bebas. Berbeda dengan bioskop perkotaan yang berada di dalam ruangan gedung, Open Air Movie terletak di area outdoor beratapkan bintang-bintang langit. Tarifnya bervariasi dari gratis hingga berbayar 100 – 200 ribu rupiah. Anda bisa pergi ke Hotel Aston atau Ombak Villa untuk menyaksikannya.

16. Atraksi Seni Bela Diri Tradisional “Peresean”

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Alfian Light (@alfianlight) on

Pesona Gili Trawangan memang sungguh memikat hati para wisatawan. Tak hanya keindahan alamnya, gili ini juga menyimpan budaya kearifan lokal berupa “Peresean”. Apa itu Peresean? Peresean adalah tradisi masyakarat suku sasak berupa pertarungan 2 laki-laki memakai tongkat rotan (penjalin) dan tameng (perisai) dari kulit kerbau. Anda bisa datang ke lapangan dekat Pasar Seni tiap minggu sore untuk menyaksikannya.

17. Berwisata Kuliner

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Let’s Eat! (@lets.eat.cnd) on

Selain surga bagi para penyelam, Gili Trawangan juga surganya kuliner enak. Pasalnya, ada berbagai macam restoran, cafe, dan pedagang street food kaki lima yang menjual berbagai makanan khas Lombok, masakan Nusantara Indonesia, seafood segar, hidangan western mancanegara, hingga gelato. Buat Anda yang muslim, pastikan memilih menu halal ya!

Lokasi Dan Akses Jalan Cara Menuju Ke Gili Trawangan Lombok

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Fredrik Helliesen (@fredrikhelliesen) on

Gili Trawangan merupakan sebuah pulau kecil yang berada di lautan. Secara administratif, gili ini terletak di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Akses menuju ke sana terbilang cukup mudah, jika Anda sampai di Lombok, langsung saja datang ke Pelabuhan Bangsal. Dari sana, Anda tinggal menyeberang memakai perahu boat umum atau fast boat.

Jika Anda naik kendaraan bermotor dari Mataram, Lombok, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Sementara itu, waktu tempuh penyeberangan dari Pelabuhan Bangsal ke Trawangan sekitar 25 – 35 menit. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa Gili Trawangan melarang kendaraan bemotor, maka Anda wajib menitipkan kendaraan di penitipan Pelabuhan Bangsal. Tenang saja, harganya masih masuk akal normal kok.

Bagaimana sobat traveler? Sungguh indah sekali bukan, pesona Gili Trawangan Lombok? Coba deh sesekali agendakan liburan ke sana bersama keluarga, teman, rekan kerja, atau pun pasangan halal Anda. Gak bakalan nyesel deh, keindahan gili ini bakal membuat betah siapapun hingga enggan pulang, apalagi penduduk di sana ramah-ramah. Sekian info wisata kali ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here