Home Wisata Asia 21 Oleh-Oleh Khas Lombok Unik Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama Wajib...

21 Oleh-Oleh Khas Lombok Unik Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama Wajib Dibeli

559
0

Oleh Oleh Khas Lombok – Bingung mau beli buah tangan apa dari Lombok? Ini daftar rekomendasi oleh-oleh khas Lombok unik yang terkenal murah dan tahan lama wajib dibeli. Mulai dari mutiara, songket, kain tenun, gerabah, hingga makanan seperti manisan, dodol, abon, kue, susu kuda liar, dan madu, ada semua di sini. Saking menariknya, bisa-bisa bikin Anda kalap belanja.

Setiap daerah pada umumnya punya makanan atau souvenir khas yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan, tak kecuali Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nah, setelah Anda selesai menjelajahi aneka tempat wisata di Lombok yang terkenal indah, jangan lupa untuk belanja berburu oleh-oleh. Sebagai referensi, berikut ini saya sajikan list oleh-oleh unik khas Lombok yang patut dibeli.

Daftar Oleh-Oleh Khas Lombok Unik Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama Wajib Dibeli

1. Mutiara

Oleh-Oleh-Khas-Lombok
Gambar ilustrasi Oleh Oleh Khas Lombok : Mutiara

Mutiara merupakan salah satu oleh-oleh khas Lombok yang paling terkenal. Pasalnya, sebagian penduduknya berprofesi sebagai peternak kerang mutiara. Ada 2 jenis mutiara di sana, yaitu mutiara air tawar dan mutiara laut. Mutiara air tawar biasanya berbentuk lonjong dengan variasi warna hitam, biru, pink, putih, oranye, hijau, merah, dan kuning.

Berbeda dengan mutiara air tawar, mutiara laut mempunyai bentuk beraneka ragam dengan variasi warna keemasan, hitam, abu-abu, putih, kekuningan, dan lainnya. Kedua mutiara tersebut biasanya dijual dalam bentuk perhiasan / aksesoris seperti gelang, kalung, cincin, bros, atau giwang. Harganya mulai dari puluhan sampai jutaan rupiah.

Untuk membeli mutiara tersebut, Anda bisa pergi ke daerah Sekarbela di Kota Mataram. Daerah ini dikenal sebagai sentra kerajinan mutiara terbaik di Lombok. Namun, Anda perlu hati-hati dalam membeli mutiara. Pastikan mutiara yang Anda beli asli, bukan imitasi (buatan). Mutiara asli jika dibakar tidak akan meleleh, sebaliknya mutiara palsu akan meleleh ketika dibakar dengan api.

2. Tenun Ikat Dan Songket

Selain mutiara, Lombok juga dikenal sebagai penghasil kain tenun ikat dan songket. Kedua produk tersebut dibuat secara tradisional menggungan mesin tenun. Menenun sudah menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan dari Suku Sasak Lombok. Kabarnya, seorang perempuan Suku Sasak diharuskan membuat tiga kain tenun untuk dirinya, suami, dan mertua perempuan.

Tenun ikat dan songket khas Lombok punya warna beragam, seperti merah, hijau, atau pun hitam lalu dikombinasikan dengan warna emas sehingga tampak cantik. Kualitasnya sungguh sangat baik, tak heran jika harga kain tenun premium (memakai benang emas dan perak) bisa mencapai jutaan rupiah. Beberapa sentra penghasil kain tenun ikat dan songket yang bisa Anda datangi antara lain :

Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB.
Desa Pringgasela, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, NTB.
Desa Sade, Rembitan, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

3. Kerajinan Gerabah : Kendi Maling

Jika ngomongin gerabah, pikiran saya akan tertuju langsung pada sebuah desa di Yogyakarta bernama Kasongan. Desa ini merupakan pusat oleh oleh khas Jogja selain makanan favorit wisatawan. Berbagai jenis gerabah dengan kualitas terbaik dapat Anda temui di sana, termasuk homedecor alami yang kece badai.

Tak kalah dengan Yogyakarta, Pulau Lombok ternyata juga punya sentra kerajinan gerabah dengan kualitas terbaik, yaitu Desa Banyumulek. Sebagian besar penduduk desa yang berlokasi di kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat ini berprofesi sebagai pengrajin gerabah.

Saat berkunjung ke sana, Anda akan dimanjakan dengan berbagai jenis gerabah unik dan cantik. Produk gerabah yang sangat terkenal sebagai oleh-oleh khas Lombok adalah Kendi Maling. Jika dilihat sepintas, Kendi Maling berbentuk seperti kendi pada umumnya, hanya saja leher kendinya lebih panjang dan sempit.

Keunikan Kendi Maling terletak pada cara memasukkan air ke dalamnya. Air tidak dimasukkan melalui bagian atas, melainkan lewat bagian bawah kendi namun tidak tumpah. Nantinya, air tersebu akan keluar melalui bagian atas kendi. Mungkin karena masuk dari bawah dan keluar dari atas, maka kendi ini pun disebut Kendi Maling. Harga Kendi Maling dibanderol sekitar 100 ribu rupiah.

4. Kerajinan Tangan Anyaman Ketak

Bukan hanya alamnya yang indah menawan, Lombok juga kaya akan produk kerajinan tangan. Satu diantaranya adalah anyaman ketak. Ketak merupakan tanaman sejenis paku-pakuan berbentuk panjang seperti tali dengan diameter sekitar 3 mm. Setelah melalui proses pengeringan, tekstur ketak menjadi lebih kuat layaknya rotan sehingga mudah dibuat anyaman.

Untuk membeli anyaman ketak, Anda bisa langsung datang ke sentra kerajinan anyaman ketak di Desa Beleka, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di sana, Anda bisa mendapatkan berbagai bentuk anyaman ketak nan unik dan cantik mulai dari tatakan gelas, tas wanita, tempat perhiasan, aneka pajangan rumah, gentong, meja hias, nampan, tempat tisu, sampai tempat buah.

Selain Desa Beleka, Anda juga bisa berkunjung ke Desa Loyok, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk mendapatkan oleh-oleh khas Lombok berupa souvenir kerajinan. Desa Loyok dikenal sebagai sentra kerajinan bambu, rotan, dan kayu. Produknya bermacam-macam seperti bakul, tempayan, kipas bambu, caping, tusuk sate, tas, hiasan dinding, piring, gelang, dan hiasan lampu.

5. Kerajinan Cukli

Ada satu lagi kerajinan tangan khas Lombok yang terbilang unik dan tidak ditemukan di daerah lain, yaitu kerajinan cukli. Apa itu cukli? Cukli adalah kerajinan tangan berbahan baku kulit kerang dan kayu. Kulit kerang tersebut ditempelkan pada kayu dengan pola tertentu lalu dipernis hingga mengkilap.

Produk hasil kerajinan cukli berupa meja, kursi, kotak perhiasan, lemari, tempat tidur, kursi malas dan sebagainya. Cukli cukup populer sebagai oleh-oleh khas Lombok, bahkan ada yang diekspor hingga luar negeri. Harga satu buah cukli berkisar antara 100 ribu hingga puluhan juta rupiah.

Untuk melihat proses pembuatan cukli sekaligus membelinya, Anda bisa langsung berkunjung ke Lendang Re dan Sayang-sayang, Desa Rungkang-Jangkung, Kec Cakranegara, Mataram, Lombok, NTB. Jangan lupa siapkan uang yang banyak ya, siapa tahu Anda kalap belanja karena terkesima dengan produk cukli di sana.

6. Gasing Lombok (Begasingan)

Masyarakat Lombok punya permainan tradisional unik bernama begasingan atau gasing. Sedikit berbeda dengan permainan gasing di daerah lain Indonesia, gasing khas Lombok ini punya bentuk pipih agak lebar. Bahan bakunya berupa kayu asam tua yang dikeringkan sehingga benar-benar kuat, apalagi dilapisi baja.

Keseimbangan merupakan faktor utama dalam pembuatan gasing. Pada saat membuatnya, para pengrajin gasing biasanya menguji keseimbangan gasing dengan cara memutarnya di telapak tangan. Semakin lama gasing berputar, maka gasing tersebut semakin bagus hasilnya. Mengingat gasing ini terbilang langka, tak ada salahnya Anda membeli gasing buat cinderamata.

7. Kaos dan Aksesoris Lombok

Pada umumnya, setiap daerah wisata punya kaos dan aksesoris yang menjadi ciri khasnya. Misalnya, Pulau Bali dikenal dengan produk Joger sebagai ikon oleh oleh khas Bali dan Yogyakarta punya kaos Dagadu. Lombok pun demikian adanya, ada cukup banyak pertokoan yang menjual kaos dan pernak pernik khas Lombok. Satu diantaranya adalah Sasaku.

Bisa dibilang, Sasaku merupakan pusat oleh-oleh khas Lombok yang paling lengkap dengan kualitas terjamin dengan harga cukup murah bersahabat. Di sana, Anda bisa menemukan berbagai produk kekinian mulai dari baju, kaos, batik, kain pantai, dompet etnik, tas, topeng, sandal lukis, hingga makanan ringan. Siapin saja isi dompet yang tebal ya gaes, begitu masuk ke toko mungkin Anda akan langsung kalap belanja.

Lokasi / alamat Toko Sasaku terletak di Komplek Pertokoan Dasan Cemen, Jalan Raya Lembar No.31&32, Dasan Cermen, Kec. Sandubaya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jam buka pukul 07.00 – 22.00 WIB.

8. Manisan Rumput Laut

Setelah mengulas oleh-oleh khas Lombok selain makanan, kini saatnya beralih ke berbagai jajanan atau pun camilan yang bisa dijadikan buah tangan. Makanan pertama yang bisa Anda bawa pulang untuk buah tangan adalah manisan rumput laut. Sesuai namanya, manisan ini terbuat dari rumput laut dan berbentuk seperti permen.

Ada cukup banyak varian rasa manisan rumput laut seperti nanas, strawberry, melon, dan lainnya. Teksturnya cukup lembut, berpadu pas bersama rasa manis sehingga cocok buat camilan. Benar-benar yummy deh! Harga satu bungkus ukuran 1 kg sekitar 80 ribu rupiah.

9. Dodol Rumput Laut

Olahan rumput laut selanjutnya yang bisa Anda beli untuk oleh-oleh khas Lombok adalah dodol rumput laut. Berbeda dengan dodol berbahan baku ketan, dodol rumput laut berwarna bening. Kabarnya, dodol dari rumput laut ini punya khasiat bagi kesehatan tubuh seperti menjaga berat badan, anti bakteri, dan membersihkan racun.

Ada cukup banyak penjual dodol rumput laut, namun dodol rumput laut produksi Phoenix Food lah yang sangat terkenal. Pilihan rasanya cukup bervariasi, mulai dari sirsak, semangka, nangka, labu siam, tomat, hingga jagung. Harga satu kotak ukuran 180 gram berkisar 15 – 25 ribu rupiah.

Untuk mendapatkan dodol rumput laut, Anda bisa langsung meluncur ke Toko Phoenix Food Showroom terletak di Jl. A. A Gede Ngurah, Cakranegara Sel. Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jam buka pukul 09.00 – 17.30 WIB.

10. Peyek Kangkung Rumput Laut

Selain dijadikan sebagai objek wisata, sebagian penduduk lokal Lombok juga memanfaatkan pesisir pantai untuk budidaya rumput laut. Tak heran jika banyak ditemukan olahan makanan dari rumput laut di daerah Lombok. Satu diantaranya tentu saja Peyek Kangkung Rumput Laut. Camilan kekinian Lombok ini memiliki 4 varian rasa, antara lain original, pedas, seledri, dan teri pedas.

Baca Juga : Tempat Wisata Dan Aktivitas Menarik Di Gili Trawangan

11. Manisan Tomat

Anda tahu kurma, bukan? Buah manis dari Timur Tengah ini sangat populer saat Ramadhan tiba. Nah, ternyata di Lombok ada satu makanan yang mirip banget dengan kurma, namanya manisan tomat. Ukurannya sebesar ibu jari berwarna gelap kemerah-merahan.

Tekstur manisan tomat lengket dan lunak. Cita rasanya manis, ada rasa tomatnya juga sehingga segar saat disantap. Harga per bungkus manisan tomat dengan isi 10 buah sekitar 15 ribu rupiah.

12. Abon Ikan

Bukan hanya punya destinasi wisata bahari yang indah, Lombok juga memiliki olahan hasil laut nan enak. Satu diantaranya yaitu abon ikan. Makanan khas Lombok ini kaya akan protein, Omega 3, dan DHA sehingga bagus dikonsumsi bagi kesehatan otak. Setidaknya, ada 3 jenis abon ikan yang bisa Anda beli, antara lain abon ikan asin, tuna, dan marlin.

13. Kacang Mete

Anda sedang mencari oleh-oleh khas Lombok berupa makanan yang tahan lama? Jika iya, maka kacang mete bisa menjadi pilihan tepat. Lombok cukup terkenal sebagai penghasil kacang mete terbaik di Indonesia. Biji mete berkualitas baik tersebut diolah oleh masyarakat Lombok secara tradisional dengan bumbu rempah alami sehingga menghasilkan cita rasa enak.

Varian rasa kacang mete khas Lombok ada banyak, seperti pedas, madu, karamel, original, dan gurih. Harganya pun tak terlalu mahal, sekitar 25 ribu rupiah per 200 gram. Untuk mendapatkan olahan kacang mete terbaik, Anda bisa membelinya di Phoenix Food Showroom di Jl. A. A Gede Ngurah, Cakranegara Selatan Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jam buka pukul 09.00 – 17.30 WIB.

14. Nutsafir Cookies

Jika Jogja punya bakpia dan Bali dikenal akan pie susunya, maka Lombok memiliki Nutsafir Cookies yang bisa dijadikan oleh-oleh makanan khas kekinian dari Lombok. Kue kukisnya berwarna kuning keemasan dengan cita rasa enak, renyah, dan gurih. Bahan baku pembuatannya berupa biji-bijian bergizi tinggi yang diproses secara higienis.

Ada berbagai varian kue kukis di sini, antara lain kacang hijau, kacang merah, kacang mete, kedele, jagung, kopi, melinjo, dan kacang lebui. Lokasi / alamat toko Nutsafir Lombok terletak di Jl. Angsoka No.14, Mataram Barat, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jam buka pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga per kotaknya berkisar antara 15 – 125 ribu rupiah.

15. Telur Asin Bakar

Telur asin selama ini identik dengan oleh oleh khas Brebes dan Tegal, Jawa Tengah. Tapi, tahukah Anda? Bahwa Lombok juga punya inovasi olahan telur asin bercita rasa lezat. Namanya telur asin bakar. Telur asin bakar khas Lombok punya tekstur padat dan warna kuning telur cerah.

Rasa telur asin bakar tak terlalu asin bila dibandingkan dengan telur asin biasa. Saat dimakan, ada aroma asapnya sehingga menambah kelezatan. Ada cukup banyak penjual telur asin bakar di Lombok, salah satunya bisa ditemukan pada Toko Amelia Oleh Oleh Khas Lombok di Senteluk, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Jam buka pukul 07.00 – 22.00 WIB.

16. Susu Kuda Liar

Selama ini, susu identik dengan susu sapi. Di Lombok, tepatnya daerah Sumbawa, ada jenis susu yang terbilang unik, yaitu susu kuda liar. Kabarnya, dinamakan susu kuda liar karena susu tersebut berasal dari kuda-kuda dimana pada siang hari mereka dilepas ke hutan untuk mencari makan sendiri. Menjelang sore, kuda-kuda tersebut barulah digiring pulang, kemudian diperah susunya pada saat malam hari.

Susu kuda liar dipercaya dapat meningkatkan stamina dan menyembuhkan berbagai penyakit. Ada cukup banyak produk susu kuda liar, beberapa diantaranya dapat Anda temui di Desa Saneo, Dompu dan Susu Kuda 88 di Tolonggeru, Desa Monggo, Kec. Madapangga, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

17. Permen Susu Kuda Liar & Susu Kerbau Liar

Buat Anda yang tak suka minum susu cair, tapi ingin menikmati khasiat susu kuda liar, mungkin mengkonsumsi permen susu kuda liar bisa menjadi solusi tepat. Anda bisa pergi ke Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di sana, terdapat industri rumah tangga pembuatan permen dari bahan baku susu kuda liar dan kerbau liar. Harga permen susu biasanya dibanderol dengan harga sekitar 90 ribu rupiah per kg. Selain praktis membawanya, permen susu kuda liar juga tahan lama. Pas banget, permen susu tersebut dijadikan oleh-oleh khas Lombok saat pulang liburan.

18. Madu Sumbawa

Bukan hanya susu kuda liar, daerah Sumbawa juga dikenal sebagai penghasil madu terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, madu ini cukup banyak dicari wisatawan untuk oleh-oleh saat liburan di Lombok. Madu asli Sumbawa ada 2 jenis, yaitu madu kuning kecokelatan dan madu putih. Cita rasanya sungguh lezat dan diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

19. Terasi Lombok

Kelezatan terasi khas Lombok sangat terkenal di kalangan wisatawan. Oleh karena itu, saat Anda jalan-jalan ke Lombok, jangan sampai melewatkannya. Ada cukup banyak penjual terasi yang bisa Anda temui, baik di toko oleh-oleh maupun pasar tradisional.

Cita rasa terasi Lombok begitu gurih dengan aroma khas. Biasanya digunakan sebagai bumbu dalam pembuatan plecing kangkung, ayam bakar taliwang, dan nasi balap puyung. Untuk membeli terasi, Anda bisa datang ke Pasar Kamis (buka cuma hari kamis) di Desa Sukarara, Lombok Tengah atau ke Amelia Oleh Oleh Khas Lombok di Senteluk, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

20. Kopi Lombok

Anda pecinta kopi? Jika iya, maka kopi Lombok menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa pulang. Pasalnya, cita rasanya sungguh enak, rasa pahit dan aroma kuat kopinya berpadu menimbulkan sensasi rasa unik. Salah satu produk kopi Lombok yang terkenal adalah kopi dari Desa Prabe, Lombok Barat. Selain datang langsung ke sana, Anda bisa menemukan kopi tersebut di toko oleh-oleh khas Lombok.

21. Minyak Gosok Sumbawa

Terakhir, oleh-oleh khas Lombok yang terkenal wajib dibeli adalah Minyak Gosok Sumbawa. Minyak Sumbawa ini dikenal memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti patah tulang, luka bakar, lecet, dan keseleo. Kabarnya, proses pembuatan minyak ini sangatlah sakral, meliputi pemilihan jenis kelapa, jumlah kelapa, waktu pembuatan, dan hanya dibuat oleh laki-laki.

Demikianlah ulasan singkat tentang aneka oleh-oleh khas Lombok yang terkenal wajib dibeli. Anda dapat memilih akan membawa pulang barang kerajinan, makanan, atau pun keduanya sesuai selera. Apabila Anda punya referensi lain tentang produk-produk dari Lombok yang bisa dijadikan buah tangan, silahkan tuliskan pada kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih atas kunjungannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here