25 Tips Perjalanan Jauh Naik Bus Saat Traveling Agar Nyaman Dan Tidak Mabuk

0 108

Tips Perjalanan Jauh Naik Bus – Mau liburan naik bus tapi takut mabuk darat? Ini tips perjalanan jauh naik bus saat traveling agar nyaman dan tidak mabuk. Dengan menerapkan tips-tips praktis / sederhana berikut, maka liburan Anda diharapkan dapat berjalan dengan lancar, aman, serta tanpa kendala kesehatan. Anda pun dapat sampai di lokasi dalam kondisi prima sehingga mampu menikmati setiap sudut destinasi wisata.

Liburan memakai bus nampaknya masih menjadi andalan banyak wisatawan. Selain harganya relatif murah dibandingkan kereta api dan pesawat, perjalanan naik bus ternyata cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Saat naik bus, Anda bisa menikmati pemandangan sekitar dengan leluasa. Namun, naik bus juga punya risiko berupa badan pegal-pegal, masuk angin, hingga mabuk darat karena waktu tempuhnya lumayan lama.

Nah, untuk meminimalisir gangguan / kendala tersebut, Aneka Wisata telah merangkum beberapa tips liburan naik bus agar perjalanan Anda nyaman, aman, dan tentu saja bisa terhindar dari mabuk darat. Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tips-Perjalanan-Jauh-Naik-Bus
Tips Perjalanan Jauh Naik Bus

Daftar Tips Perjalanan Jauh Naik Bus Saat Traveling Agar Nyaman Dan Tidak Mabuk

1. Memilih Armada Bus Yang Nyaman Sesuai Selera

Ada cukup banyak pilihan jenis armada bus yang bisa Anda gunakan, mulai dari kelas ekonomi, bisnis, hingga eksekutif dengan fasilitas berbeda-beda. Pilihan tempat duduknya pun beragam, 2 – 2 atau 2 – 3. Nah, agar selama perjalanan Anda merasa nyaman, sebaiknya pilih bus sesuai dengan selera dan budget.

Saya pribadi, bila ingin melakukan perjalanan jauh, lebih memilih naik bus eksekutif dengan fasilitas AC, TV, WiFi, toilet, set tempat duduk 2 – 2, dan lainnya seperti Bus Kramat Djati atau Bus Efisiensi. Namun, kembali lagi ke selera masing-masing, karena biasanya ada orang yang tak suka naik bus AC. Hal terpenting adalah bus pilihan Anda harus membuat perjalanan menjadi menyenangkan dan nyaman.

2. Mencari Informasi Rute Perjalanan Bus Secara Lengkap

Sebelum membeli tiket, tanyakanlah secara lengkap tentang seluk beluk rute perjalanan bus yang akan Anda naiki, misalnya jadwal keberangkatan, rute perjalanan, lokasi naik dan turun, dan berapa kali bus berhenti selama perjalanan. Berbeda dengan kereta atau pesawat, naik bus umum biasanya lebih fleksibel mau turun dimana. Anda bisa memilih lokasi turun yang dekat dengan objek wisata tujuan atau titik jemput.

3. Membeli Tiket Resmi

Tips perjalanan jauh naik bus berikutnya adalah membeli tiket secara resmi dan hindari membeli tiket bus lewat calo. Cek kredibilitas armada bus, paling tidak melalui Google, apakah layak jalan atau tidak, serta supirnya ugal-ugalan atau tidak. Ingat, keselamatan Anda merupakan hal utama. Tak apa jalan pelan dan membayar lebih mahal asal bisa selamat sampai tujuan.

4. Persiapkan Tenaga Dan Fisik Dengan Tidur Cukup Sebelum Jadwal Keberangkatan

Perjalanan jauh memakai bus punya tantangan atau risiko tersendiri, yaitu kelelahan fisik karena waktu tempuh yang lama. Misalnya saja Anda akan liburan ke Jogja dari Jakarta, maka Anda harus menempuh perjalanan sekitar 12 – 15 jam bila naik bus. Cukup lama, bukan? Oleh karena itu, persiapkan kondisi tubuh agar dalam kondisi prima dengan tidur cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi sebelum berangkat.

Jika Anda akan berangkat pagi, pastikan Anda packing jauh-jauh hari sehingga malamnya bisa istirahat tidur. Dengan tidur cukup, maka badan akan terasa fresh sehingga mengurangi pusing dan mual saat naik bus. Sebaliknya, kurang tidur justru biasanya bisa memicu pusing, mual, dan akhirnya muntah.

5. Datang Tepat Waktu

Bus biasanya sudah memiliki jadwal keberangkatan pasti. Jadi, pastikan Anda datang tepat waktu agar tak ketinggalan bus. Sebaiknya Anda datang 1 jam sebelum jadwal keberangkatan bus yang tertera pada tiket. Hal ini untuk mengantisipasi barangkali ada barang ketinggal atau pun hal lainnya.

6. Sebelum Berangkat, Isi Perut Dengan Makanan Tapi Jangan Kekenyangan

Tips perjalanan jauh naik bus yang tak kalah penting adalah mengisi perut dengan makanan sebelum berangkat. Makan sangatlah penting untuk menambah energi tubuh. Tapi, Anda sebaiknya menghindari makanan berlemak agar tidak mual. Anda juga tak boleh makan kekenyangan, makan secukupnya saja.

7. Memilih Tempat Duduk Yang Nyaman

Tempat duduk sangatlah berpengaruh pada kenyamanan selama perjalanan. Saya pribadi biasanya memilih tempat duduk di tengah dan dekat jendela. Hal ini saya lakukan sebagai salah satu cara agar tidak muntah saat naik bus. Berada di posisi tengah, maka tubuh akan mendapatkan guncangan yang tak begitu keras.

Berbeda halnya bila Anda duduk di atas roda bagian belakang, maka akan mendapatkan guncangan cukup keras sehingga memicu rasa mual, pusing, dan muntah. Duduk di dekat jendela pun punya pengaruh dalam mencegah rasa mabuk. Anda dapat memandang jauh keluar lewat jendela sehingga mengurangi rasa pusing.

8. Memakai Pakaian Yang Nyaman

Ruang gerak di dalam bus tentu akan lebih terbatas dari pada di luar bus. Belum lagi, AC bus yang terus menerus menerpa tubuh Anda. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kenyamanan selama perjalanan. Oleh karena itu, gunakanlah pakaian yang sesuai, misalnya jika Anda tak kuat dingin, maka gunakan jaket, penutup kepala, dan kaos kaki.

9. Membawa Barang Seperlunya

Bepergian menggunakan bus umum, tentu akan berbeda dengan naik kendaraan pribadi. Saat naik bus, Anda harus berbagi ruangan dan bagasi dengan orang lain. Oleh karena itu, bawalah barang seperlunya saja. Selain tak membuat repot, Anda pun akan memiliki “space” lumayan longgar untuk bergerak.

10. Letakkan Tas Besar / Koper Di Dalam Bagasi

Di dalam bus bagian atas, biasanya tersedia tempat untuk menaruh tas atau barang bawaan penumpang. Namun, untuk tas ukuran besar sepertinya tak muat. Jadi, jika Anda membawa koper besar, ada baiknya taruhlah dibagasi bus dari pada ditaruh di bawah kursi. Dengan demikian, Anda akan memiliki ruang cukup untuk bergerak.

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

11. Pisahkan Barang Berharga Dengan Tas Besar / Koper

Tips perjalanan jauh naik bus yang satu ini sangatlah penting. Pastikan Anda tidak menaruh barang berharga di dalam koper besar yang ditaruh di bagasi bus. Bawalah barang berharga milik Anda ke dalam bus sehingga mudah mengawasinya.

Anda bisa memakai tas kecil sebagai wadah agar saat keluar dari bus bisa tetap membawanya. Ingat, jangan sampai meninggalkan barang berharga di dalam bus umum.

12. Hindari Membaca Buku Dan Bermain Gadget Terlalu Lama

Saat naik bus, saya biasanya sesekali membaca koran atau pun bermain gadget. Tapi, ternyata setelah beberapa saat kemudian, kepala malah merasa pusing. Nah, bila Anda termasuk orang seperti saya, maka sebaiknya hindari membaca buku / gadget terlalu lama. Bila pusing tiba, langsung hentikan aktivitas tersebut.

13. Menikmati Pemandangan Luar Dari Jendela

Perjalanan liburan memakai bus tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama jika dibandingakan dengan transportasi pesawat atau kereta api. Nah, untuk mengusir bosan / jenuh, Anda dapat melihat pemandangan luar melalui jendela kaca bus. Memandang jauh keluar juga akan membantu mengurangi rasa pusing pada kepala.

14. Bawalah Bantal Leher

Duduk tegak pada kursi bus selama berjam-jam tentu akan membuat leher terasa pegal. Oleh karena itu, Anda sebaiknya membawa bantal leher guna menyangga leher saat sandaran atau tidur.

15. Bawalah Pemutar Musik

Tips perjalanan jauh naik bus agar nyaman selanjutnya adalah mendengarkan musik. Sebagian besar bus kelas eksekutif biasanya sudah menyediakan TV dan audio musik. Namun, kadang-kadang lagu yang diputar tak sesuai selera penumpang. Untuk mengatasinya, Anda dapat membawa pemutar musik sendiri lengkap dengan headset sehingga bisa bebas mendengarkan lagu sesuai selera.

16. Bawalah Power Bank

Power Bank sangatlah penting jika Anda memutuskan melakukan perjalanan traveling menggunakan bus. Pasalnya, di dalam bus pada umumnya tidak terdapat sumber listrik untuk mengecas (mencharger) HP / Smartphone. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa Power Bank yang sudah diisi full penuh untuk jaga-jaga dari rumah.

17. Bawalah Obat-Obatan Pribadi

Tips perjalanan jauh naik bus yang tak boleh dilewatkan adalah membawa obat-obatan pribadi. Bagi Anda yang sering mual / muntah, bisa membawa minyak angin atau FreshCare. Anda bisa mengusapkannya pada perut bagian pusar untuk mencegah mabuk darat. Menghirup aroma minyak angin juga dipercaya bisa meredakan mual.

Namun, Anda tetap harus toleran dengan penumpang lain. Biasanya, ada orang yang tak tahan dengan bau menyengat dari minyak angin. Oleh karena itu, gunakan secukupnya saja sehingga tidak mengganggu penumpang lain.

18. Bawalah Air Minum, Camilan, Dan Makanan Yang Tidak Enek

Selama perjalanan, tentu Anda akan merasa lapar dan haus, bukan? Anda dapat membawa camilan dan minuman yang tidak bikin enek. Anda dapat membawa buah, puding, dan air putih sesuai selera masing-masing.

19. Bawalah Penutup Mata Dan Masker

Saat perjalanan siang hari, adakalanya cahaya matahari begitu menyengat hingga ke dalam bus. Meskipun sudah ada tirai, tak ada salahnya membawa kacamata hitam untuk menghalau cahaya matahari agar Anda tetap bisa menatap keluar jendela. Bawa pula masker, siapa tahu Anda alergi terhadap bau-bauan tertentu yang ada di dalam bus.

20. Tidur Saat Perjalanan

Tidur termasuk salah satu tips perjalanan jauh naik bus yang cukup ampuh agar tidak mabuk darat. Saat Anda tidur, biasanya rasa pusing dan mual hilang seketika.

21. Persiapkan Uang Receh

Meskipun tampak sepele, tapi membawa uang receh (pecahan kecil) cukup bermanfaat selama perjalanan jauh naik bus. Uang receh tersebut dapat digunakan untuk membayar pengamen, membeli makanan / minuman, dan jasa sewa toilet.

22. Carilah Teman Ngobrol

Ngobrol dengan penumpang lain ternyata bisa juga untuk mengusir mabuk perjalanan saat naik bus. Ada baiknya saat traveling, Anda membawa teman sehingga dapat dijadikan teman ngobrol selama perjalanan.

23. Pencuci Tangan Dan Tisu Basah

Toilet umum di tempat-tempat pemberhentian bus kadang-kadang kondisinya cukup kotor. Oleh karena itu, membawa pencuci tangan dan tisu basah bisa menjadi solusi praktis menjaga tangan agar tetap bersih.

24. Hindari Membawa Makanan Beraroma Menyengat

Nah, kalau tips perjalanan jauh naik bus yang satu ini sepertinya sudah banyak yang tahu. Ya, apabila Anda naik kendaraan umum ber-AC, biasanya memang dilarang membawa makanan berbau menyengat seperti durian. Hal ini tentu saja untuk mengantisipasi agar para penumpang tidak mual atau mabuk parjalanan.

25. Berdoa Sebelum Berangkat

Tips perjalanan jauh naik bus yang terakhir adalah berdoa sebelum berangkat. Sebagai orang beriman, tentu kita percaya bahwa segala sesuatu kejadian di dunia ini sudah diatur oleh Tuhan. Oleh karena itu, sebelum berangkat, hendaknya berdoa kepada Tuhan meminta keselamatan dan kelancaran selama perjalanan naik bus.

Demikianlah sekilas tips liburan naik bus agar nyaman dan terhindar dari mabuk darat. Cukup praktis, bukan? Semoga tips di atas dapat membantu kelancaran liburan Anda bersama keluarga, anak-anak, teman, atau pun pasangan halal. Buat sobat traveler yang punya tips lainnya bisa dibagikan melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.