Home Wisata Asia 17 Souvenir Unik Khas Jogja Yang Murah Cantik Harga Grosir Malioboro

17 Souvenir Unik Khas Jogja Yang Murah Cantik Harga Grosir Malioboro

677
0

Souvenir Khas Jogja – Bingung mencari cinderamata khas Yogyakarta? Ini daftar rekomendasi souvenir unik khas Jogja yang murah cantik harga grosir Malioboro. Mulai dari kerajinan perak, gerabah, baju batik, tas wanita, gantungan kunci, blangkon, dompet, hingga sandal ada semua di sini. Cocok banget dijadikan buah tangan bagi keluarga, pasangan halal (istri), anak, saudara, sahabat / teman, dan orang tercinta lainnya di rumah.

Jalan-jalan ke Yogyakarta tentu belum lengkap tanpa belanja, bukan? Apalagi kota ini dikenal sebagai surganya makanan dan barang-barang murah. Beberapa tempat belanja di Jogja yang sering dikunjungi wisatawan antara lain Malioboro, Pasar Beringharjo, Kawasan Bakpia Pathuk, Kotagede, dan Kasongan. Disana, Anda bisa menemukan aneka produk jajanan, tas, pernak-pernik, hingga pakaian berkualitas bagus dengan harga yang bisa ditawar sehingga nyaman dikantong.

Selain spot-spot belanja tersebut, masih banyak lokasi lainnya yang juga menawarkan produk lokal dengan kualitas tinggi. Nah, buat Anda yang kebetulan sedang shopping berburu oleh-oleh khas Jogja selain makanan, berikut ini saya sajikan list souvenir unik dan kekinian yang wajib dibeli beserta kisaran harga hingga alamatnya. Penasaran? Yuk, langsung simak saja ya!

Souvenir-Khas-Jogja
Gambar ilustrasi souvenir khas Jogja yang unik dan cantik (Foto : instagram @naturalan.id)

Daftar Souvenir Unik Khas Jogja Yang Murah Cantik Harga Grosir Malioboro

1. Kerajinan Perak Khas Kotegede

Ngomongin souvenir khas Jogja, tentu tak akan bisa lepas dari kerajinan perak Kotagede. Seperti halnya Desa Celuk yang dikenal sebagai sentra oleh oleh khas Bali berupa produk perak, Kotagede pun demikian adanya. Deretan toko-toko penjual produk olahan perak dapat Anda temui dengan mudah di sana, mulai dari HS Silver, Queen Silver, Salim Silver, hingga Priyo Salim Silver Jewelry.

Produk kerajinan perak Kota Gede ini punya keunikan, keindahan, dan ketelitian tersendiri, berbeda dengan produk perak daerah lain di Indonesia. Oleh karena itu, banyak wisatawan mengincarnya saat liburan ke Yogyakarta. Contoh produk yang dijual pengrajin perak Kotagede antara lain : gelang, bros, anting, cincin, replika candi, dan sebagainya. Range harga sekitar puluhan ribu sampai jutaan rupiah.

2. Gerabah Kasongan

Selain kerajinan perak, Yogyakarta juga punya sentra kerajinan gerabah dari tanah liat, yaitu Desa Wisata Kasongan, Kabupaten Bantul. Di sana, banyak sekali galeri penjual gerabah dengan desain unik, cantik, dan kualitas terbaik. Produk souvenirnya antara lain kendi, kuali, guci, vas bunga, hiasan lampu taman, air mancur hias, patung, serta kursi keramik.

Tak hanya sekedar belanja, Anda pun bisa sekaligus praktek membuat gerabah di Desa Kasongan. Biasanya, banyak pelajar sekolah yang mengadakan kunjungan belajar ke sana. Bagi sekolah TK atau SD yang akan wisata edukasi membuat gerabah, wajib memberi tahu pengurus Desa Kasongan jauh-jauh hari sebelumnya agar bisa disiapkan semua bahan dan peralataannya.

3. Produk Home Decor Alami (Natural Home Decor)

Bukan hanya memproduksi gerabah, pengrajin di Desa Kasongan juga ada yang punya home decor unik dari bahan-bahan alami (natural). Satu diantaranya adalah Naturalan. Saat mengunjungi galerinya, Anda akan disuguhi aneka macam homedecor cantik kekinian berkualitas eskpor, misalnya kursi, anyaman keranjang, hiasan dinding, maupun bantal kursi.

4. Kaloka Pottery

Souvenir khas Jogja satu ini layak Anda beli buah tangan untuk orang-orang tercinta di rumah. Meskipun produk lokal (homemade), tapi kualitas dan desain kerajinan keramiknya sungguh cantik menawan. Memasuki Kaloka Pottery, pengunjung akan dimanjakan dengan deretan cangkir-cangkir keramik indah yang berjejer.

Untuk range harga sekitar 50 – 750 ribu rupiah. Menikmati teh / kopi dalam secangkir berdesain unik ala Kaloka Pottery tentu akan semakin menambah kenikmatan. Lokasi / alamat Kaloka Pottery terletak di Bausasran Danurejan DN3 NO.695, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB.

5. Toko Barang Bareng

Yogyakarta termasuk salah satu surganya produk kerajinan tangan, baik dalam skala rumahan maupun industri besar. Nah, buat Anda yang kebetulan sedang mencari souvenir khas Jogja, bisa mampir ke Toko Barang Bareng. Di sana tersedia berbagai produk lokal handmade unik dan cantik seperti baju, kain lurik, tas, sandal, sabun, dan pernak pernik.

Contoh produk kece di Toko Barang Bareng adalah tas berbentuk mirip kaleng kerupuk dan anting dari papan skateboard. Tertarik dengan produknya? Jika iya, datang saja langsung ke lokasinya di Jl. Suryodiningratan No.53, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Jam buka pukul 11.00 – 21.00 WIB (Senin tutup).

Baca Juga : Tempat Wisata Di Jogja Terbaru

6. Henju By Gracy

Jika Lombok punya beragam perhiasan dari mutiara, maka Jogja punya produk handmade dari Henju By Gracy yang tak kalah indah. Walaupun produk lokal, namun kualitas aksesoris buatan Henju By Gracy terbilang bagus. Bahkan, perhiasannya telah dijual hingga luar negeri seperti Amerika Serikat, Prancis, Swiss, Belanda, Jerman, Israel, Afrika Selatan, Jepang, dan Thailand.

Produk Henju By Gracy terbuat dari kawat emas, perak, kombinasi dengan batuan mulia, dan lainnya. Lokasi toko Henju By Gracy terletak di Jl. DI Panjaitan No.43, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Beragam perhiasan cantik seperti gelang, anting, dan kalung berdesain minimalis cantik bisa Anda temui di sana. Anda juga bisa pesan perhiasan bertuliskan nama berhuruf Jawa.

7. Dowa Bag And Factory

Buat Anda yang sedang mencari souvenir khas Jogja buat para ladies (baca : wanita), baik mama, ibu mertua, bu lek, pasangan halal (istri), anak perempuan, atau pun sahabat, produk tas rajut dari Dowa Bag And Factory bisa menjadi pilihan. Soal kualitas dan desain, tak perlu diragukan lagi. Tas Dowa dibuat secara handmade oleh tangan-tangan terampil profesional. Bahkan, produk tasnya sudah tembus pasar Internasional.

Tas Dowa memiliki berbagai macam variasi warna dan tipe sehingga Anda bisa bebas memilihnya sesuai selera. Selain tas, tersedia juga clutch, dompet, syal, scarf, sandal, gantungan kunci, dan pin yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Range harga tasnya, mungkin sekitar 125 ribuan rupiah ke atas.

Lokasi / alamat Dowa Bag And Factory terletak di Jalan Godean KM.7, Sidomoyo, Godean, Area Sawah, Sidomoyo, Kec. Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.

8. NAMU

Tak hanya destinasi wisata dan budayanya yang istimewa, produk UMKM Jogja juga terbilang special. Satu diantaranya adalah hasil kerajinan dari UMKM bernama NAMU. Mereka mengolah limbah industri / barang bekas seperti kayu, resin, hingga kerang atau keong menjadi sebuah produk cantik berupa aksesoris, perhiasan, kalung, dan pajangan dekorasi rumah.

Produk kreatif dari Namu dapat Anda peroleh di MIMOSA Makers Market, Jl. Selokan Mataram No.247, AOA Resto & Creative Space 1st Floor, Kaliwaru, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 15.00 – 22.00 WIB (Senin tutup). Anda juga bisa membelinya secara online melalui blibli.com. Range harga sekitar 50 ribu rupiah.

9. Blangkon Dan Surjan

Setiap daerah di Indonesia mempunyai pakaian khas dengan ciri tertentu, termasuk Yogyakarta. Pakaian adat tradisional khas Jogja yang populer adalah blangkon dan surjan. Blangkon merupakan tutup kepala yang dibuat dari batik dan digunakan oleh kaum pria, sedangkan surjan berupa pakaian lengan panjang laki-laki bermotif lurik.

Jika Anda kebetulan sedang jalan-jalan ke Jogja, tak ada salahnya membeli keduanya untuk souvenir orang-orang tercinta di rumah. Tak sulit menemukan blangkon dan surjan, Anda tinggal datang ke Jalan Malioboro atau Pasar Beringharjo. Di sana, ada cukup banyak penjual pakaian khas Jogja tersebut dengan harga bervariasi. Jangan lupa menawar harganya ya gaes!

10. Tas Rotan

Souvenir khas Jogja selanjutnya yang wajib dibeli adalah Tas Rotan. Secara umum, bentuk tas rotan ini hampir sama dengan tas-tas rotan dari daerah lain. Pembedanya, mungkin ada pada kain pelapis di dalamnya. Jika dari daerah lain biasanya memakai kain polos, maka tas rotan Jogja ini menggunakan kain batik sebagai ciri khasnya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa datang ke Pasar Beringharjo atau Jalan Malioboro.

Baca Juga : Bakpia Jogja Yang Paling Enak Dan Terkenal

11. Baju Batik

Seperti halnya gudeg, batik sudah begitu melekat erat dengan Jogja. Hampir di setiap sudut kota, bisa ditemukan para penjual batik, baik berupa pertokoan besar, butik, atau pun kaki lima. Sentra batik bagus dan murah di Jogja bisa Anda temui di sepanjang jalan Malioboro, Pasar Beringharjo, dan Hamzah Batik (seberang Pasar Beringharjo).

12. Kaos Dagadu

Urusan souvenir berupa fashion, Jogja ternyata tak kalah keren dengan Bandung. Pasalnya, Jogja punya kaos oblong bermerek Dagadu yang unik dan nyentrik kata-katanya. Tersedia berbagai desain kaos bertema Jogja baik lengan pendek dan lengan panjang. Harganya pun cukup murah, sekitar 80 – 90 ribu rupiah.

Kaos Dagadu asli original dapat Anda beli di Yogyatourium Dagadu Djokdja, Jl. Gedongkuning No.128, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.30 – 19.30 WIB. Store lainnya berada di Malioboro Mall.

13. Sandal Dan Dompet

Bingung mencari souvenir yang bermanfaat bagi orang tercinta di rumah? Coba saja belikan sandal dan dompet. Kedua barang ini bisa langsung dipakai lho dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi jika belinya di Jogja, tentu akan ada kenangan tersendiri.

Di sepanjang Jalan Malioboro, Anda akan menemukan deretan pedagang kaki lima yang menjual sandal maupun dompet. Jika beruntung, Anda akan menemukan sandal bertuliskan Jogja dengan desain unik kekinian.

14. Wayang Kulit

Wayang kulit begitu melekat dengan kebudayaan Yogyakarta. Biasanya, masyarakat dapat melihat wayang kulit pada saat ada pagelaran / pertunjukkan. Namun, kini wayang kulit telah banyak diproduksi untuk souvenir sehingga para wisatawan bisa membelinya sebagai cinderamata.

15. Kerajinan Kulit

Jika Bandung punya Cibaduyut, maka Jogja punya Manding sebagai sentra kerajinan kulit seperti tas, sepatu, sandal, sabuk, dan jaket kulit. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Lokasi / alamat Desa Wisata Kulit Manding terletak di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No.118, Manding, Sabdodadi, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (sekitar Jl. Parangtritis km 11).

Baca Juga : Makanan Khas Jogja Yang Terkenal

16. Pernak-Pernik / Aksesoris Malioboro

Siapa seh yang tak kenal kawasan wisata Malioboro? Kawasan pedistrian ini begitu populer dan selalu menjadi incaran wisatawan saat liburan ke Kota Jogja. Selain nongkrong dan kulineran, aktivitas utama di jalan ini adalah belanja souvenir. Ada cukup banyak penjual pernak-pernik / aksesoris yang bisa ditemukan di sana, mulai dari gelang tangan, kalung, gantungan kunci, replika Candi Prambanan, replika mobil dari kayu, dan replika sepeda onthel jadul.

17. Barang Antik

Bagi Anda kolektor barang antik, bisa mampir ke Pasar Senthir dan Pasar Klithikan Pakuncen untuk melengkapi koleksi. Kedua pasar tersebut berisi para penjual barang-barang bekas seperti pakaian, alat rumah tangga, peralatan elektronik, tas, sepatu, kamera, hp, barang antik, dan sebagainya.

Pasar Senthir terletak di sisi selatan Pasar Beringharjo, tepatnya Jl. Pabringan No.Selatan, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. Jam buka pukul 07.40 – 16.00 WIB. Sedangkan, Pasar Klithikan Pakuncen berada di Jl. HOS Cokroaminoto No.34, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Jam buka pukul 10.00 – 23.00 WIB.

Bagaimana sobat traveler? Bagus dan keren bukan, aneka souvenir unik khas Jogja? Jangan lupa catat ya, siapa tahu butuh saat pergi rekreasi ke Kota Yogyakarta. Oya, harga produk yang tercantum bisa berubah sewaktu-waktu. Apabila Anda punya referensi barang-barang cantik lainnya untuk oleh-oleh, bisa ditambahkan melalui kolom komentar. Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here