Home Wisata Asia 17 Bakpia Jogja Kekinian Dan Legendaris Paling Enak Yang Terkenal Murah Wajib...

17 Bakpia Jogja Kekinian Dan Legendaris Paling Enak Yang Terkenal Murah Wajib Dibeli

2116
0

Bakpia Jogja – Bingung mencari bakpia enak di Yogyakarta? Ini daftar rekomendasi bakpia Jogja kekinian dan legendaris paling enak yang terkenal murah wajib dibeli. Mulai varian rasa kumbu hitam, kacang hijau, keju, cokelat, nanas, durian, ubi ungu, green tea, hingga bakpia kukus, ada semua di sini.

Liburan ke Jogja belum lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh, baik berupa makanan, batik, maupun cinderamata. Nah, salah satu buah tangan yang kerap menjadi buruan wisatawan adalah bakpia. Dengan tekstur empuk dan cita rasa isian manis, membuat kue panggang ini disukai banyak orang untuk camilan.

Jika dilihat sejarahnya, bakpia sebenarnya bukanlah asli Kota Yogyakarta, melainkan hasil akulturasi resep asal Tiongkok dengan kultur lokal. Pada awalnya, bakpia yang dibuat oleh para pendatang asal Tiongkok (baca : china) berisi daging, lalu kemudian berubah menjadi isian kacang hijau. Saat ini, ada puluhan merek (merk) bakpia Jogja dengan berbagai ukuran dan varian rasa. Berikut list bakpia terenak yang recommended untuk dibeli menurut Aneka Wisata.

Bakpia-Jogja
Gambar ilustrasi bakpia khas Jogja (Foto : Instagram @mamahkejogja)

Daftar Bakpia Jogja Kekinian Dan Legendaris Paling Enak Yang Terkenal Murah Wajib Dibeli

1. Bakpia Pathok 25

Kawasan Pathuk (Pathok) dikenal sebagai sentra bakpia di Jogja. Di sana, banyak sekali produsen bakpia dengan ikon nomor rumah sebagai merek, seperti 25, 75, 555, 363, 731, 747, dan lainnya. Diantara beragam produk bakpia tersebut, nama Bakpia Pathok 25 lah yang cukup populer dikalangan wisatawan.

Untuk membelinya, Anda bisa langsung datang ke pabriknya di Jl. Karel Sasuit Tubun (KS Tubun), Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain bisa mencicipi bakpia fresh hangat dari oven, Anda juga bisa melihat proses pembuatannya secara langsung. Varian rasa bakpianya lumayan banyak, tersedia isian kacang hijau (original), keju, cokelat, nanas, durian, dan ubi ungu. Cita rasanya enak bikin nagih!

Harga satu kotak Bakpia Pathok 25 dibanderol sekitar 30 – 45 ribu rupiah, berisi 15 – 20 buah. Jika Anda datang ke sana memakai kendaraan sendiri, maka akan diberikan diskon 3 – 5 ribu rupiah per kotak. Tapi, apabila Anda datang diantar oleh tukang becak, biasanya tidak memproleh diskon. Jam buka pabrik mulai pukul 06.00 – 00.00 WIB.

2. Bakpia Kurnia Sari

Meskipun tak berlokasi di daerah Pathuk, namun Bakpia Kurnia Sari sangat terkenal di kalangan wisatawan atau pun warga lokal. Berbeda dengan bakpia Jogja pada umumnya yang punya lapisan kulit agak basah, racikan Bakpia Kurnia Sari cenderung kering dan renyah. Sekilas, kulitnya mirip latopia oleh oleh khas Tegal tapi lebih tipis, lembut, serta mudah hancur.

Isian Bakpia Kurnia Sari cukup beragam, mulai dari varian rasa original kacang hijau, hingga kekinian seperti cokelat, susu, kopi, green tea, tiramisu, keju, susu durian, ubi ungu, coklat mete, kumbu hitam, dan wijen hitam. Harga 1 kotak isi 15 buah dibanderol 42 – 54 ribu rupiah.

Selain bakpia, Anda juga bisa menemukan oleh oleh khas Jogja lainnya di outlet Bakpia Kurnia Sari, baik makanan basah maupun camilan kering seperti kue mochi, sagu keju, ampyang, dan rempeyek (peyek). Lokasi outletnya terletak di Jl. Glagahsari No.91C, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

3. Bakpia Kukus Tugu Jogja

Sebagai pendatang baru dalam dunia kuliner Jogja, Bakpia Kukus Tugu terbilang sukses meraih minat wisatawan. Terbukti, review di Google Bisnisku (Google My Business) mendapatkan rating 4,4 / 5 dari sekitar 4 ribuan lebih reviewer. Sering juga saya lihat banyak traveler di Stasiun Tugu yang membawa bakpia kukus saat pulang dari Yogyakarta.

Sesuai namanya, Bakpia Kukus Tugu mengusung produk bakpia Jogja kekinian yang berbeda dengan bakpia pada umumnya. Teksturnya seperti bolu kukus / brownies, sementara isiannya berbentuk cair mirip selai. Varian rasanya ada kacang hijau, keju, cokelat, dan kurma. Tersedia juga produk lain berupa brownies keju dan cokelat.

Jika penasaran ingin mencobanya, Anda bisa langsung datang ke outlet Bakpia Kukus Tugu di Jl. Kaliurang KM. 5,5 No.10A, Manggung, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 06.00 – 22.00 WIB. Tersedia juga outlet lain di Mall Malioboro, Stasiun Tugu, dan Stasiun Lempuyangan.

Harga satu kotak (baca : box) bakpia kukus dibanderol sebesar 35 ribu rupiah dengan isi 10 buah. Daya tahan bakpia kukus ini cukup lama, sekitar 5 – 7 hari sesuai tanggal kadaluarsa yang tertera pada boxnya. Jadi, Anda tak perlu kuatir akan basi jika dibawa pulang ke luar kota.

Baca Juga : Souvenir Unik Khas Jogja Yang Murah

4. Bakpia Patuk 75

Bakpia Patuk 75 (Bakpia Pathok 75) merupakan salah satu bakpia legendaris Jogja paling enak yang masih bertahan ditengah menjamurnya toko oleh-oleh kekinian. Lokasinya berada di daerah Pathuk, tepatnya Jalan AIP Jl. Karel Sasuit Tubun (KS Tubun) No.75, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB.

Untuk menjaga kualitas dan cita rasa produknya, Bakpia Patuk 75 masih memakai cara tradisional dalam membuat bakpia, yaitu menggunakan arang sebagai bahan bakarnya. Cita rasa bakpia yang berdiri sejak tahun 1948 ini sungguh lezat, manis, gurih, dan lembut. Saat ini, ada 4 varian rasa isian bakpianya antara lain kumbu kacang hijau, kumbu hitam dari kacang hitam, coklat, dan keju.

Seperti halnya Bakpia Pathok 25, rumah produksi Bakpia Patuk 75 ini juga memperbolehkan pengunjung untuk melihat langsung proses pembuatan bakpianya. Bahkan, menurut kabar yang saya terima, ada program kunjungan dimana wisatawan bisa sekaligus praktek membuat bakpia. Asyik, bukan? Harga satu kotak Bakpia Patuk 75 berisi 20 buah dibanderol sebesar 35 ribu rupiah.

5. Bakpia Mutiara

Ngomongin bakpia enak di Jogja rasanya belum lengkap tanpa memasukkan Bakpia Mutiara. Pasalnya, bakpia ini punya kualitas premium, cita rasa lezat, dan harga murah terjangkau. Varian rasanya sangat beragam, mulai dari bakpia isi kacang hijau, kumbu hitam, green tea, coklat, keju, dan aneka rasa. Teksturnya begitu lembut dengan rasa manis dan gurih yang pas. Benar-benar bikin nagih!

Ada yang bilang, bakpia ini berjiwa muda karena terus berinovasi. Oya, kabarnya Bakpia Mutiara juga menerima kunjungan siswa / pelajar lho buat belajar bagaimana proses produksi pembuatan bakpia. Range harga satu kotaknya sekitar 22 – 43 ribu rupiah, tergantung varian rasa dan jumlah bakpianya. Ada 7 outlet yang bisa Anda kunjungi jika ingin membelinya, yaitu :

  • Bakpia Mutiara Jogja Pusat, Jl. Manisrenggo No.Km.0,5, Ngangkrukbaru, Tlogo, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.30 – 21.00 WIB.
  • Bakpia Mutiara Jogja Prambanan, Jl. Raya Solo – Yogyakarta, Tlogo Kidul, Tlogo, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
  • Bakpia Mutiara Jogja Sambilegi, Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.Km. 9, Karangploso, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Bakpia Mutiara Jogja Depan AAU, Jl. Raya Solo – Yogyakarta KM.10,5, Sorogenan I, Purwomartani, Kalasan
  • Bakpia Mutiara Jogja Bandara, Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.mor 354, Sorogenen, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Bakpia Mutiara Jogja Gembiraloka, Jl. Kebun Raya No.1F, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Bakpia Mutiara Jogja Malioboro, Jl. Dagen No.62, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Bakpia Mutiara Jogja Janti, Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.07, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga : Kuliner Enak Malioboro Jogja Yang Wajib Dicoba

6. Bakpiaku

Bosan dengan rasa bakpia yang itu-itu saja? Cobain deh, produk dari Bakpiaku, varian rasanya sungguh lengkap dari bakpia klasik / original hingga kekinian. Tersedia bakpia kacang hijau, kumbu hitam, susu, capuccino, keju, matcha, dan green tea.

Tekstur bakpianya lembut mudah hancur dengan isian banyak. Kulit bakpianya tipis kering beraoma panggang yang khas. Selain rasanya enak, kemasan kotak Bakpiaku juga unik, mirip bungkus permen. Harga satu kotaknya sekitar 20 – 55 ribu rupiah, tergantung isian dan jumlah bakpia.

Jika ingin mencicipinya, Anda bisa langsung datang ke outlet Bakpiaku di Jl. Gajah Mada No.60, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB.

7. Bakpiapia

Selain Bakpiaku, bakpia Jogja kekinian lainnya yang wajib dicoba adalah Bakpiapia. Produk bakpianya sangat inovatif dengan varian rasa lebih modern, mulai dari kacang hijau, cokelat, keju, cappucino, abon, durian, nanas, tuna pedas hingga blueberry cheese. Ada 2 jenis produk Bakpiapia, yaitu bakpia basah dan bakpia kering.

Untuk bakpia basahnya hampir sama dengan bakpia pada umumnya yang berbentuk bulat pipih dikedua sisinya. Sedangkan bakpia kering racikan Bakpiapia memiliki bentuk bulat-bulat mirip kue nastar berukuran jumbo. Isian di dalamnya lumayan padat dibalut oleh kulit pia tipis. Sekali gigit, bakalan membuat Anda ketagihan. Yummy banget gaes!

Harga per kotak / box-nya dibanderol 17 – 45 ribu rupiah tergantung isian dan jumlah bakpianya. Tertarik ingin mencobanya? Langsung saja datang ke outletnya di :

  • Outlet Dagen Malioboro, Jl. Dagen No.9, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 07.00 – 22.00 WIB.
  • Outlet Mataram, Jl. Mataram, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 07.00 – 22.00 WIB.
  • Outlet Kaliurang, Jl. Kaliurang No.5, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 07.00 – 22.00 WIB.
  • Outlet Jalan Wates, Ruko Bayeman Permai, Jl. Wates No.Km 3, Onggobayan, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 07.00 – 22.00 WIB.

8. Bakpia Pojok

Seperti halnya gudeg, kini bakpia sudah menjadi ikon makanan khas Jogja yang sangat populer dikalangan wisatawan. Belum ke Jogja namanya, jika tanpa mencicipi sajian bakpia. Bahkan, pusat produksi bakpia saat ini sudah menyebar ke seluruh penjuru Yogyakarta, bukan hanya di kawasan Pathuk.

Jika kebetulan Anda sedang berada di sekitar Jalan Monjali (Tugu ke Utara), bisa mampir ke Toko Bakpia Pojok. Meskipun termasuk bakpia produksi Industri Rumah Tangga, namun cita rasanya sungguh menggoyang lidah. Tak kalah enak bila dibandingkan dengan bakpia bermerek yang sudah punya nama.

Setahu saya, saat tulisan ini dibuat, hanya ada 3 varian rasa yaitu kacang hijau, keju, dan cokelat. Harganya terbilang murah, tiap kotak bakpianya dibanderol 27 ribu rupiah (isi 20 biji). Alamat / lokasi Bakpia Pojok Ibu Hj Suprapti (Bu Prapti) terletak di Jl. Monjali No.54, Kutu Dukuh, Sinduadi, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 08.00 – 20.30 WIB.

Selain Bakpia Pojok, ada satu lagi bakpia rumahan yang cukup enak, yaitu Bakpia Pathok 145 (IBU SRI ASTUTI). Lokasinya terletak di Jl. Gambiran No.67A, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 08.00 – 21.00 WIB.

9. Bakpia Kencana

Ciri khas Bakpia Kencana adalah memiliki kulit bakpia yang tipis dengan isian lebih banyak. Tekstur bakpianya lembut, rasa manisnya pun tak berlebihan sehingga enak dimakan tanpa rasa enek. Kabarnya, bakpia ini dibuat tanpa bahan pengawet lho, jadi aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Varian rasa / isian Bakpia Kencana cukup banyak, antara lain bakpia kacang hijau, coklat, keju, ubi ungu, green tea, susu, durian, dan kumbu hitam. Daya tahannya pun termasuk lama sekitar 3 – 4 hari, kecuali varian coklat dan keju bisa mencapai 6 – 7 hari sehingga cocok dibawa sebagai oleh-oleh ke luar kota.

Harga satu kotaknya lumayan mahal, sekitar 50-an ribu ke atas, tapi sesuai dengan cita rasanya yang lezat. Penasaran dengan rasanya? Langsung saja datang ke outletnya di Pondok Cabe Bistro Cokroaminoto, Jl. HOS Cokroaminoto No.16, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 07.00 – 22.00 WIB.

10. Bakpia Citra Premium

Sesuai namanya, Bakpia Citra Premium menyajikan produk bakpia Jogja yang istimewa. Dibuat dari bahan-bahan pilihan berkualitas, cita rasa bakpianya sungguh enak dengan tekstur lembut. Varian rasanya pun banyak pilihan, tersedia bakpia kacang hijau, coklat, susu, kumbu hitam, telo ungu, durian dan keju. Bakpia-bakpia tersebut dikemas memakai kotak elegan sehingga semakin menambah kesan premium.

Harga satu kotaknya sekitar 45 – 53 ribu rupiah, tergantung jumlah bakpianya. Bagi Anda yang ingin mencicipinya, bisa langsung pergi menuju ke lokasi / alamat outlet Bakpia Citra Premium di Jl. Pandean II Gg. Legi No.20, Candok, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Baca Juga : Lupis Jogja Paling Enak Dan Terkenal

11. Bakpia 5555

Bingung mencari bakpia Jogja yang murah dan enak? Cobain saja Bakpia 5555. Walaupun termasuk industri rumahan, tapi cita rasanya terbilang lezat. Teksturnya lembut dan tidak terlalu manis, cocok disantap sebagai camilan karena tidak bikin eneg.

Ada 4 varian rasa / isi bakpia, yaitu bakpia kacang hijau, kumbu hitam, ubi ungu, dan ubi madu. Harga satu kotak yang berisi 10 biji dibanderol 8,5 ribu rupiah, sedangkan isi 30 biji harganya 24 ribu rupiah. Murah meriah banget, bukan? Outletnya ada di Sleman dan Bantul, yaitu :

Bakpia 5555 Pusat, Jalan Timur Pasar Jambon, Kejambon Lor, Sindumartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 06.00 – 20.00 WIB.
Bakpia 5555 Bantul, Jl. Parangtritis No.KM.10,5, Neco, Sabdodadi, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 08.00 – 20.00 WIB.

12. Bakpia Juwara Satoe

Inovasi bakpia dari hari ke hari semakin banyak. Kini hadir bakpia Jogja kekinian terbaru dengan nama Bakpia Juwara Satoe. Ciri khas bakpia ini berupa kulitnya yang kering dan crispy dengan isian kekinian seperti gula tarik melted, kacang hijau manis (original), kacang hijau sayur, dan kacang hijau asin.

Bakpia varian gula tarik melted berisi caramel dan minyak wijen, sedangkan kacang hijau sayur berisi kacang hijau minyak sayur dan lemon slice. Range harga per kotaknya dibanderol 15 – 50 ribu rupiah. Alamat / lokasi toko pusatnya terletak di Jl. Jogonegaran, Pathuk, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 09.00 – 17.00 WIB.

13. Bakpia Wong

Bakpia Wong termasuk salah satu bakpia Jogja paling enak yang wajib dibeli saat rekreasi ke Yogyakarta. Ada 2 jenis bakpia yang ditawarkan, yaitu bakpia biasa (reguler) dan bakpia premium. Bakpia reguler memiliki varian rasa berupa kacang ijo, kumbu hitam, keju, susu, serta cokelat. Sedangkan bakpia premium terdiri atas varian rasa Lycheeberry, choco almond, dan choco hazelnut.

Range harga Bakpia Wong sekitar 45 – 65 ribu rupiah per kotak tergantung varian rasa dan jumlah bakpianya. Store pusat bakpianya terletak di Jl. HOS Cokroaminoto No.149, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB. Toko bakpia milik artis Baim Wong ini mengusung konsep “one stop shoping” dimana di dalamnya terdapat outlet bakpia, batik, merchandise, taman bermain anak, food court, mushola, dan area parkir.

14. Bakpia Djava

Bakpia Djava merupakan merek bakpia khas Jogja yang sudah cukup lama berdiri sejak sekitar tahun 2008 dan masih bertahan hingga sekarang. Produk bakpianya terbilang enak dengan tekstur lembut. Varian rasa Bakpia Djava antara lain kacang ijo, kumbu hitam, coklat, coklat kacang, keju, blueberry, durian dan susu.

Harga Bakpia Djava per kotak kemasan isi 15 buah, dibanderol sekitar 35 – 50 ribu rupiah tergantung varian rasa. Untuk membelinya, Anda bisa langsung datang ke outletnyaa di Jl. Laksda Adisucipto No.8,5, Kalongan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 07.00 – 23.00 WIB.

15. Bakpia Merlino

Bakpia Jogja kekinian selanjutnya yang bisa menjadi pilihan saat berburu oleh-oleh adalah Bakpia Merlino. Bentuk bakpianya tampak mungil dengan kulit tipis, tapi punya cita rasa enak maknyus menggoyang lidah. Varian rasa Bakpia Merlino cukup beragam, terdiri atas ubi ungu, kacang hijau, coklat, susu, keju, kumbu hitam, durian, cappuccino dan green tea.

Dua varian bakpia yang kabarnya menjadi favorit wisatawan yaitu bakpia cappuccino dan green tea. Harga bakpia per kotak isi 20 sekitar 40-an ribu ke atas. Selain bakpia, tersedia juga roti, bolu kukus, tart, keripik, permen, kerupuk, minuman, getuk goreng, dan olahan serundeng. Lokasi outlet Bakpia Merlino terletak di Jl. R. E. Martadinata B No.24, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Jam buka pukul 07.00 – 20.00 WIB.

Baca Juga : Sate Klatak Jogja Paling Enak Dan Terkenal

16. Bakpia Jogkem (Bakpia Soemadigdo)

Bakpia Jogkem merupakan branding ulang nama merek bakpia yang dulunya bernama Bakpia Soemadigdo. Meskipun berganti nama, tapi cita rasa bakpianya tetap juara enaknya. Jika dilihat sepintas dari foto-foto yang beredar di instagram, bakpia ini mirip dengan Bakpia Kencana. Kulit bakpianya tipis tapi isiannya banyak, serta bertekstur lembut.

Sama halnya dengan merek bakpia lainnya, Bakpia Jogkem juga punya berbagai varian rasa yang tak kalah lengkap mulai dari keju, kacang hijau, kumbu hitam, coklat, cappucino, tiramisu, green tea, hingga nangka. Kelebihan Bakpia Jogkem berupa konsep open kitchen sehingga pembeli bisa langsung melihat proses pembuatannya. Anda bisa merasakan bakpia fresh dari oven.

Sesuai namanya, setelah berkunjung ke Bakpia Jogkem (Jogja Kembali), Anda akan ingin kembali lagi ke sana. Lokasi / alamat Bakpia Jogkem (Bakpia Soemadigdo) terletak di Jl. Ireda No.11, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB.

17. Bakpia Mamahke Jogja

Beberapa tahun lalu, sempat ngetrend kue artis dimana-mana. Namun, seiring berjalannya waktu, satu demi satu kue tersebut mulai pudar, lalu hilang ditelan zaman. Nah, dari sekian banyak kue artis tersebut, Mamahke Jogja termasuk yang masih bertahan hingga sekarang.

Selain menjual kue kekinian, toko oleh-oleh khas Jogja milik artis Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca juga membuat olahan bakpia yang punya cita rasa enak. Varian rasanya ada kacang hijau, kumbu hitam, dan ubi ungu. Harga per box / kotak-nya dibanderol sekitar 40-an ribu ke atas. Outlet Mamahke Jogja dapat Anda temui di Jalan Tamanan, Patehan, Kraton, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Jam buka pukul 07.00 – 22.00 WIB.

Demikianlah sekilas info dari saya tentang berbagai macam bakpia enak di Jogja yang recommended untuk dibeli. Jangan lupa catat ya gaes, siapa tahu butuh saat jalan-jalan ke Kota Yogyakarta. Buat sobat traveler yang punya referensi bakpia lezat lainnya bisa menambahkan melalui kolom komentar. Oya, saat ini beberapa merek bakpia juga bisa melayani pembelian secara online lho, jadi lebih praktis. Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here