Home Wisata Asia 15 Sate Kambing Muda Paling Enak Di Tegal Yang Terkenal Wajib Dicoba

15 Sate Kambing Muda Paling Enak Di Tegal Yang Terkenal Wajib Dicoba

73
0

Sate Kambing Tegal – Bingung mencari warung sate kambing enak di Tegal? Ini daftar rekomendasi sate kambing muda paling enak di Tegal yang terkenal wajib dicoba. Tekstur dagingnya begitu empuk dan juicy, apalagi disantap dengan campuran kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, dan tomat, benar-benar sangat nikmat bikin nagih.

Sate kambing merupakan salah satu kuliner khas Tegal yang terkenal wajib dicoba selain tahu aci, nasi ponggol, dan kupat glabed. Ciri khas racikan sate kambing Tegal berupa pemakaian daging kambing muda, yaitu dibawah lima bulan (balibul) atau dibawah tiga bulan (batibul). Teksturnya yang empuk dan tidak alot, membuat daging kambing muda cocok dibuat sate, termasuk sebagai bahan pembuatan sate klatak Jogja.

Tak begitu sulit mencari warung sate kambing di Tegal yang lezat. Pasalnya, ada banyak sekali penjual sate kambing di di pinggir jalan raya yang bisa ditemui, baik di dalam Kota Tegal atau pun Kabupaten Tegal. Berikut ini saya sajikan list tempat makan sate kambing muda terenak di Tegal yang terkenal menjadi favorit warga lokal maupun luar kota.

Sate-Kambing-Tegal
Gambar ilustrasi Sate Kambing Muda Paling Enak Di Tegal Yang Terkenal Wajib Dicoba

Daftar Warung Sate Kambing Muda Paling Enak Di Tegal Yang Terkenal Wajib Dicoba

1. Sate Kambing Wendy’s Tegal

Kita awali jelajah kuliner sate kambing Tegal dengan mengulas Sate Kambing Wendy’s. Lokasinya ada di Jl. Letjen. Suprapto Griya Mejasem Baru 4 No.59, Kraton, Kec. Tegal Bar., Kota Tegal, Jawa Tengah. Jika dilihat dari review Google Business, warung sate ini terbilang favorit dengan rating 4,5 dari 2 ribuan lebih reviewer. Bahkan, para pejabat dan artis kabarnya pernah mampir ke sana.

Cita rasa sate kambing mudanya sungguh enak, tekstur dagingnya empuk tanpa bau prengus. Apalagi disajikan memakai hot plate sehingga Anda bisa menikmati sajian sate kambing dalam keadaan panas / hangat. Seperti umumnya sate kambing khas Tegal, satenya tak memakai bumbu kacang, melainkan disantap dengan kecap, irisan cabai, irisan bawang merah, dan tomat.

Untuk range harga sekitar 5 ribu rupiah per tusuk. Selain sate kambing, tersedia juga olahan daging kambing lainnya seperti gule, sop kambing, dan garang asem. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB. Rumah makan ini termasuk bersih, dilengkapi fasilitas mushola dan toilet.

2. Sate Kambing Batibul Bang Awi

Seperti halnya Sate Kambing Wendy’s, rumah makan Sate Kambing Batibul Bang Awi juga sangat terkenal dan menjadi favorit banyak orang. Sesuai namanya, bahan yang digunakan untuk sate berupa daging kambing muda dengan usia dibawah tiga bulan (baca : batibul).

Potongan dagingnya memang tak begitu besar, tapi cita rasanya sungguh enak. Tekstur dagingnya empuk, tidak alot, dan jauh dari bau prengus. Menu makanan yang disajikan di warung Sate Kambing Batibul Bang Awi antara lain sate kambing biasa, sate tanpa lemak, sate campur ati, kepala kambing goreng, sop kambing, tongseng kambing, sate ayam, ayam kampung goreng, dan nasi putih.

Untuk menu minuman tersedia teh poci, es teh manis / teh manis panas / teh tawar, jeruk panas / es jeruk, air putih, kopi, dan lainnya. Range harga sate sekitar 4 – 6 ribu rupiah per tusuknya. Dengan cita rasa lezat, sate kambing batibul ini menjadi buruan banyak orang saat libur panjang atau pun libur lebaran.

Warung Sate Kambing Batibul Bang Awi ada beberapa cabang, lokasinya terletak di Jl. Gajah Mada No.22, Kraton, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, l. MT. Haryono, Tegalsari, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah, dan Jl. Raya II Adiwerna, Kwaden, Ujungrusi, Kec. Adiwerna, Tegal, Jawa Tengah. Jam buka sekitar pukul 09.00 – 22.00 WIB.

3. Sate Kambing Sari Mendo

Warung sate kambing Tegal berikutnya yang enak dan wajib dicoba adalah Special Sate Kambing Muda Sari Mendo. Lokasinya berada di Jl. Teuku Umar, Debong Tengah, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 00.00 WIB.

Potongan daging kambingnya cukup besar dengan tekstur empuk dan rasa lezat sedikit manis. Semakin mantap di santap dengan kecap, sambal, irisan bawang merah, dan tomat. Menu gulai kambing dan sop kambingnya juga tak kalah enak, tekstur dagingnya empuk berpadu lezat dengan kuah gurih.

Kabarnya, dalam satu hari warung ini bisa menghabiskan 12 ekor kambing lho. Banyak banget, bukan? Buat Anda yang kebetulan akan mampir bersantap di sana, sebaiknya datang lebih awal ketika baru buka karena pembelinya terbilang ramai sekali, jarang sepi pengunjung.

4. RM. Bu Tomo Slawi

Selain Kota Tegal, kawasan Kabupaten Tegal juga punya sejumlah warung sate enak yang patut dicoba. Satu diantaranya adalah RM. Bu Tomo, lokasinya ada di Jl. Mayjen Sutoyo, Kembang, Slawi Wetan, Kec. Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Jam buka selama 24 jam sehingga bisa juga untuk tempat sahur saat Ramadhan tiba.

Rumah makan yang berdiri sejak tahun 1990 ini punya sajian sate kambing istimewa. Pasalnya, daging kambing satenya memakai daging kambing terbaik peternakan sendiri. Cita rasa sate kambingnya sungguh lezat, tekstur daging begitu empuk, tidak alot, dan jauh dari bau prengus.

Selain sate, tersedia menu lain seperti sop kambing, sop buntut, dan sop sapi. Ruang makannya terbilang luas dengan fasilitas mushola dan toilet bersih. Saking ramainya, dalam sehari kabarnya warung ini bisa menghabiskan 15 – 20 ekor kambing. Bahkan, ketika libur lebaran bisa ludes lebih 60 ekor kambing. Kini, RM Bu Tomo sudah punya cabang lain, yaitu di Lebaksiu dan Yomani.

5. Sate Kambing Bu Narto Slawi (Warnoli)

Satu lagi primadona sate kambing enak di daerah Slawi favorit banyak orang, yaitu Sate Kambing Bu Narto atau dikenal dengan nama “Warnoli” (warung nomor lima). Ruang makannya lumayan luas, bisa buat rombongan keluarga. Racikan sate kambingnya juga mantul, empuk dan tidak prengus.

Seperti warung sate kambing Tegal pada umumnya, di sini juga menyediakan menu olahan kambing lainnya seperti sop kambing dan gule kambing. Lokasi warung sate Bu Narto terletak di Jl. Kapt Tendean, Slawi, Slawi Wetan, Kec. Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Tepatnya di sebelah / belakang PLN Slawi.

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Tegal Yang Terkenal

6. Pondok Sate Kambing Muda Special Balibul Bu Kartono

Beralih ke kawasan Kota Tegal lagi, ada Pondok Sate Kambing Muda Special Balibul Bu Kartono yang wajib dicoba juga oleh Anda pecinta daging kambing. Sesuai namanya, daging sate di sini memakai daging kambing muda di bawah lima bulan (balibul) sekitar usia 3 – 4 bulan. Kabarnya, kambingnya juga khusus kambing Jawa sehingga cita rasanya lebih gurih.

Lokasi warung sate kambing balibul Bu Kartono terletak di Jl. Kapten Sudibyo No.150, Kemandungan, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 00.00 WIB. Buat Anda yang kebetulan mencari tempat sarapan pagi di Tegal dengan menu sate kambing enak, warung ini bisa menjadi pilihan. Penyajiannya pakai hot plate sehingga panasnya awet tahan lama.

7. Sate Kambing Muda Indra Sari

Berlokasi di Jl. Sultan Agung No.12, Kejambon, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, warung Sate Kambing Muda Indra Sari menawarkan sate kambing istimewa. Pasalnya, olahan sate kambingnya terasa lebih gurih karena dilumuri susu sebelum dibakar. Ukuran potongan dagingnya juga besar-besar dengan tekstur empuk. Jam buka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB.

8. Warung Sate Kambing Muda Tirus Family

Kawasan Jl. Kapten Sudibyo Kota Tegal atau yang dikenal dengan sebutan Tirus merupakan salah satu spot sate kambing muda yang bercita rasa enak. Di sana, berjejer beragam warung sate kambing Tegal yang kabarnya, penjualnya masih satu keluarga (family), cuma beda nama saja.

Warung sate yang cukup recommended di daerah Tirus adalah Warung Sate Tirus Putri dan Warung Sate Kambing Muda Tirus Putra H.TASRIPIN. Keduanya terletak di Jl. Kapten Sudibyo No.Kel, Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah. Tekstur sate racikannya empuk banget, lezat bikin nagih. Gulai dan tongseng kambingnya pun tak kalah enak.

9. Sate Kambing Bu Parmin

Beralih ke kawasan selatan, tepatnya Slawi, Kabupaten Tegal, ada warung sate kambing enak yang tak boleh dilewatkan, yaitu Sate Kambing BU PARMIN (Hj Bu Suparmin). Racikan satenya begitu empuk tanpa bau prengus dengan tingkat kematangan merata. Semakin mantul disantap bersama nasi putih dan sop gurih menyegarkan.

Lokasi warung sate kambing Bu Parmin terletak di Jl. Tegal – Cilacap No.78, Slawi Kulon, Dukuhsalam, Kec. Slawi, Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.

10. Sate Kambing Muda Barokah 3

Masih di daerah Kabupaten Tegal, warung sate kambing muda Barokah 3 juga layak untuk dicoba. Lokasinya terletak di Jl. M.T. Haryono, Kalisapu, Kec. Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 23.00 WIB. Olahan satenya empuk dan tidak prengus, semakin mantap disajikan dalam hot plate sehingga tahan lama panasnya. Tersedia juga menu makanan lain seperti gulai dan sop.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Tegal Yang Terkenal

11. Sate Sari Cemplik

Sate Sari Cemplik terletak di Jl. Tegal – Cilacap No.35, Kejambon, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 23.00 WIB (Jumat Tutup). Walaupun hanya berupa warung tenda kaki lima, namun racikan satenya sungguh enak. Tekstur daging sate empuk dan juicy dengan harga cukup murah alias nyaman dikantong.

12. Sate Kambing Ghonam

Warung Sate Kambing Ghonam terbilang baru bila dibandingkan dengan warung-warung sate lainnya. Meskipun demikian, sajian sate kambingnya tak kalah enak dibandingkan warung sate legendaris yang ada di Tegal.
Dagingnya empuk dan tersedia pilihan sate campur atau tanpa lemak.

Menu makanan selain sate di Sate Kambing Ghonam antara lain gule dan sop kambing dengan cita rasa lezat gurih. Range harga sate kambing per kodi sekitar 80 – 90 ribu rupiah. Jika Anda ingin mencobanya, langsung saja menuju ke lokasi di Jl. Cendrawasih No.35, Randugunting, Kec. Tegal Sel., Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai dari pukul 11.00 – 22.00 WIB.

13. Sate Kambing Muda Dan Gule Intisari

Sate Kambing Muda Dan Gule Intisari ini tempatnya cukup terpencil karena masuk gang. Tapi, sajian sate kambingnya benar-benar juara. Teksturnya begitu empuk, juicy, dan enak karena memakai kambing usia dibawah 5 bulan. Range harga sekitar 100 ribu rupiah per kodi. Lokasi warungnya berada di Jl. Kaligung No.1, Panggung, Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

14. Sate Kambing Sari Cempe Neng Lia

Ngomongin kuliner sate kambing Tegal, belum lengkap rasanya tanpa memasukkan warung Sate Kambing Sari Cempe Neng Lia. Tempatnya memang tak begitu luas, tapi racikan sate kambingnya sungguh lezat. Tekstur empuk daging kambing berpadu dengan kecap membuat lidah terasa bergoyang ingin nambah terus. Gule dan sopnya juga patut dicoba.

Lokasi / alamat Sate Kambing Sari Cempe Neng Lia terletak di Jl. Dr. Setia Budi, Panggung, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka 09.30 – 22.00 WIB.

15. Sate Kambing Putri (RM Sari Sedap Putri)

Satu lagi sate kambing Tegal yang memakai hot plate dalam penyajian, yaitu Sate Kambing Putri atau Sari Sedap Putri. Lokasinya terletak di Jl. Gajah Mada No.64, Kraton, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Racikan sate kambing di warung Putri ini begitu empuk (tidak alot), tanpa bau prengus, dan tidak gosong. Sop dan gulenya pun terasa enak gurih. Kabarnya, gule di sini tak pakai santan. Ruang makannya cukup nyaman dan bersih, meskipun tak terlalu luas.

Bagaimana sobat traveler? Benar-benar menggugah selera makan bukan? Rugi deh, jika jauh-jauh ke Tegal tanpa menyicipi sajian sate kambing mudanya. Buat Anda yang kebetulan punya info baru tentang warung sate kambing Tegal terkenal lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar sebagai tambahan referensi bagi para wisatawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here