Home Tips Wisata Liburan Di Rumah Saja? Ini 17 Aktivitas Seru Menyenangkan Cara Menghabiskan Liburan...

Liburan Di Rumah Saja? Ini 17 Aktivitas Seru Menyenangkan Cara Menghabiskan Liburan Di Rumah Agar Tidak Membosankan

340
0

Bingung mencari ide kegiatan liburan di rumah yang asyik? Ini daftar rekomendasi aktivitas seru menyenangkan cara menghabiskan liburan di rumah agar tidak membosankan. Mulai dari menikmati hiburan seperti nonton film, nonton acara TV, bermain game, berkemah, pesta kebun / berbeku, hingga melakukan sesuatu yang bermanfaat, misalnya berkebun, memasak, membuat kerajinan, bersih-bersih, eksperimen sains, dan membaca buku.

Selama ini, liburan identik dengan jalan-jalan mengunjungi tempat wisata bagus bersama keluarga, saudara, teman / sahabat, atau pun pasangan halal tercinta. Padahal, liburan sejatinya adalah waktu luang dimana Anda berhenti sejenak dari aktivitas belajar di sekolah, kuliah, maupun pekerjaan kantor. Untuk mengisi liburan, Anda tak harus berwisata jauh ke luar kota. Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga.

Nah, buat Anda yang kebetulan tak bisa pergi rekreasi ke luar rumah, entah karena budget tipis atau pun wabah virus corona covid 19, jangan bersedih. Berikut ini saya sajikan berbagai kegiatan menarik di rumah untuk menghabiskan waktu liburan agar tidak bosan. Yuk, simak ulasannya.

Liburan-Di-Rumah
Gambar ilustrasi Liburan Di Rumah

Daftar Aktivitas Seru Menyenangkan Cara Menghabiskan Liburan Di Rumah Agar Tidak Membosankan

1. Membuat Makanan, Minuman, Dan Aneka Kue (Memasak)

Gambar ilustrasi membuat makanan / memasak

Buat sobat traveler yang suka makan, Anda bisa mengisi liburan di rumah dengan memasak. Cobalah membuat kreasi berbagai makanan, minuman, camilan, atau pun kue kesukaan Anda dari resep yang ada di internet (Google, YouTube, dan media sosial seperti instagram, facebook, twitter, TikTok) atau pun buku resep.

Agar aktivitas memasak Anda lebih seru, ajaklah anggota keluarga lain, ayah, ibu, anak-anak, adik, kakak, saudara, atau pun teman dekat untuk bergabung. Anda bisa mencoba membuat makanan / minuman kekinian yang lagi viral, misalnya Dalgona Coffee, Oreo Cheese Cake, Pudding Milo Oreo, serta Pie Susu Teflon. Menikmati hasil olahan sendiri bersama-sama orang tersayang tentu menjadi hal yang menyenangkan, bukan?

2. Berkemah Dan Barbeku Di Halaman Rumah

Gambar ilustrasi berkemah dan barbeku di halaman rumah

Punya halaman rumah yang luas? Berkemah dan barbeku (barbecue atau BBQ) bisa menjadi pilihan tepat saat liburan di rumah aja. Anda bisa menyusun acara layaknya camping sungguhan, mulai dari mendirikan tenda, menyiapkan api unggun, barbeku, memasak, dan lainnya. Untuk menambah keseruan, Anda bisa mengajak saudara atau pun sahabat untuk ikut bergabung bersama.

3. Berkebun Menanam Dan Merawat Tanaman

Gambar ilustrasi berkebun

Selain camping, berkebun bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengisi liburan di rumah khususnya bagi Anda yang punya halaman rumah cukup luas. Jika kebun belum ada tanaman, maka Anda bisa mulai menanam tanaman buah, sayur, atau pun tanaman hias berbunga. Namun jika sudah ada tanaman, Anda tinggal merawatnya dengan cara memberi pupuk dan menyiraminya.

Bagi anak-anak, berkebun bisa menjadi salah satu sarana mengenalkan berbagai tanaman kepada mereka sejak dini. Mereka bisa sekaligus belajar cara menanam, merawat, serta mengetahui bagian-bagian tanaman. Apabila Anda tidak punya kebun atau halaman rumah yang luas, bercocok tanam secara hidroponik bisa menjadi pilihan. Tak hanya seru dan asyik, Anda juga akan mendapatkan manfaat dari tanaman, mulai dari oksigen, buah, sayur, maupun bunga.

4. Membuat Kerajinan Tangan

Gambar ilustrasi membuat kerajinan tangan / prakarya

Liburan di rumah tak melulu hanya berupa rebahan dan main gadget. Anda bisa mengisinya dengan sesuatu yang bermanfaat, misalnya membuat kerajinan tangan unik seperti gantungan kunci, boneka, kotak kado, tempat pensil, bingkai foto, scrapbook, dan lainnya. Mulailah buat barang-barang yang simpel dan mudah.

Untuk panduan cara membuatnya, Anda bisa mencarinya di internet misalnya YouTube, website / blog, instagram, TikTok, maupun facebook. Anda tak harus menggunakan bahan-bahan baru, cobalah cari barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi seperti botol air mineral, kaleng susu, kemasan makanan, sedotan, stik es krim, kain perca, dan sebagainya.

Membuat barang kerajinan sangatlah bermanfaat dalam mengasah kreativitas dan motorik. Anda akan melakukan kegiatan kombinasi mulai dari mewarnai, menggunting, menggaris, menulis, hingga menempel. Apalagi jika hasil kerajinan Anda bagus, kemungkinan bisa dijual untuk mendapatkan uang.

5. Nonton Film Favorit

Gambar ilustrasi menonton film

Liburan merupakan salah satu waktu luang yang pas untuk menikmati sajian film favorit. Apalagi jika Anda memutuskan untuk menghabiskan liburan di rumah saja. Anda bisa leluasa menonton deretan film kesukaan baik film lokal, hollywood, Bollywood (India), Asia, kartun, animasi, serial drama Korea (baca : Drakor), atau pun film TV series.

Untuk dapat menyaksikan film-film bagus, Anda dapat berlangganan Netflix, Hooq, atau Iflix dimana metode pembayarannya cukup praktis, bisa dengan kartu kredit atau metode pembayaran online. Sebagai teman nonton, Anda bisa menyiapkan camilan dan minuman.

6. Nonton Acara TV atau YouTube

Gambar ilustrasi menonton TV

TV dan YouTube kini menjadi media elektronik favorit banyak orang. Keduanya menyuguhkan banyak acara / konten yang bisa menjadi hiburan dikala sedang suntuk. Nah, sebagai alternatif pilihan selain nonton film, menikmati berbagai acara stasiun televisi bisa menjadi kegiatan asik menyenangkan. Anda bisa memilih program kesukaan seperti FTV, musik, talk show, olah raga, sinetron, berita / news, kuliner / memasak, traveling, komedi dan lainnya.

Jika kebetulan di TV sedang tidak menyiarkan program yang disukai, Anda bisa beralih menonton YouTube. Tak kalah dengan program TV, YouTube kini kaya akan konten-konten menarik mulai dari film pendek, sketsa komedi, stand up comedy, musik, olah raga, kuliner, jalan-jalan / traveling, hingga berita. Jangan lupa siapkan kuota internet yang banyak ya!

7. Bermain Game Online Dan Offline

Gambar ilustrasi permainan anak

Bermain merupakan aktivitas menyenangkan bagi anak-anak, remaja, atau pun orang dewasa. Untuk menghilangkan rasa bosan saat liburan di rumah, Anda bisa sesekali bermain game online. Khusus anak-anak usia sekolah, orang tua sebaiknya memilih game online yang bernilai edukasi dan batasi waktu bermainnya agar tidak kecanduan.

Selain game online, permainan offline seperti monopoli, ular tangga, scrabble, board game, puzzle, atau pun kartu uno juga cukup mengasyikkan. Anda bisa mengajak anggota keluarga, saudara, dan teman dekat untuk bermain bersama. Dengan bermain bersama, ikatan kekeluargaan pun akan semakin erat.

8. Mencoba Eksperimen Sains

Gambar ilustrasi melakukan percobaan / eksperimen sains

Ingin mengasah otak dan keterampilan pada saat liburan di rumah? Cobain saja berbagai eksperimen sains. Anda bisa melakukan eksperimen sesuai usia dan peralatan yang tersedia. Misalnya : membuat roket air, percobaan gunung meletus, elektromagnetik, balon anti meletus, balon tahan api, serta lainnya. Sebagai sumber referensi, Anda bisa mencari berbagai video eksperimen melalui YouTube maupun blog sains.

Baca Juga :

9. Bersih-Bersih Rumah

Gambar ilustrasi bersih-bersih rumah

Kebersihan rumah sangatlah penting dijaga agar kesehatan keluarga tetap terjamin. Namun, ada kalanya rasa malas sering menghantui untuk melakukan bersih-bersih. Apalagi pada saat weekdays, mungkin Anda sering membersihkan rumah ala kadarnya saja karena terlalu sibuk sekolah, kuliah, atau pun kerja.

Liburan merupakan waktu yang tepat untuk melakukan beres-beres membersihkan setiap sudut ruangan termasuk lantai, baik kamar, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dapur, dan kamar mandi / WC (toilet). Jangan lupa cuci / bersihkan sprei, sepatu, tas, pakaian, peralatan makan, bantal, guling, kasur, hingga kursi yang kotor. Pastikan semuanya bebas debu maupun bau.

Selama bersih-bersih, Anda sebaiknya memakai masker agar terhindar dari serpihan debu / kotoran. Untuk mempermudah usaha bersih-bersih, Anda dapat membagi tugas kepada setiap anggota keluarga. Setelah semua ruangan dibersihkan, Anda bisa menempatkan pengharum ruangan alami. Dengan ruangan bersih, harum, dan bebas dari debu, maka semua anggota keluarga tentu akan merasa nyaman.

10. Mendekorasi Kamar

Gambar ilustrasi mendekorasi kamar tidur

Liburan di rumah saja memang kadang membuat malas, inginnya rebahan terus. Nah, dari pada hanya bermalas-malasan di kasur yang kadang bikin pusing, lebih baik Anda berkreasi mendokarasi kembali kamar tidur. Anda bisa mulai dengan membersihkannya, lalu mengganti seprei, tirai, dan menata ulang barang-barang di dalam kamar.

Jika bosan warna catnya, Anda bisa mengecat ulang dinding kamar dengan warna baru yang lebih fresh. Begitu pula dengan posisi tempat tidur, Anda bisa memindahkannya agar mendapatkan suasana baru. Tambahkan pula hiasan dinding agar lebih tampak cantik. Kamar yang bersih, harum, dan rapi tentu akan membuat Anda nyaman beristirahat di dalamnya.

11. Mengikuti Kursus Online

Gambar ilustrasi mengikuti kursus online

Ingin mengisi liburan di rumah dengan menambah ilmu? Ikuti saja kursus online melalui internet. Saat ini cukup banyak lembaga kursus yang menawarkan pembelajaran secara online melalui video. Anda tinggal pilih tema kursus sesuai minat, mulai dari bahasa, musik, fotografi, seni, kesehatan, entrepreneurship (kewirausahaan), jualan online, dan lainnya.

Sebelum memutuskan kursus secara online, jangan lupa cek dulu kredibilitas lembaga yang menyelenggarakan. Pastikan lembaga tersebut bisa dipercaya dan terdaftar pada pemerintah. Selain kursus online berbayar, Anda juga bisa belajar mandiri meningkatkan skill (keterampilan) melalui YouTube secara gratis.

12. Pesta Kebun

Gambar ilustrasi pesta kebun

Pesta kebun biasanya dilaksanakan bila ada acara tertentu, seperti pernikahan, syukuran, atau arisan. Namun, tak ada salahnya bila Anda mengadakan pesta kebun untuk mengisi liburan di rumah. Anda bisa mengundang saudara, tetangga, teman / sahabat karib dalam pesta tersebut. Selain menyenangkan, pesta kebun dapat menjadi sarana mempererat tali silaturahmi.

13. Mengajak Teman Bermain Ke Rumah

Gambar ilustrasi bermain bersama teman

“Boring” sendirian liburan di rumah? Coba ajak teman-teman dekat untuk datang ke rumah. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seru bersama mereka mulai dari bermain game, memasak, nonton film, ngobrol, dan sebagainya. Selain seru, kegiatan saling berkunjung ke rumah antar teman juga bisa mempererat tali silaturahmi serta ikatan kekeluargaan.

14. Membaca Buku Favorit

Gambar ilustrasi membaca buku favorit

Bagi para “kutu buku”, liburan di rumah bisa menjadi kesempatan emas untuk menamatkan membaca berbagai buku favorit, baik novel, puisi, cerpen, pengetahuan, maupun tema buku lainnya. Anda akan memiliki cukup banyak waktu, dari pagi, siang, sore, hingga malam hari tanpa terganggu aktivitas lainnya. Sebagai teman baca, Anda bisa menyiapkan camilan, kue, dan minuman.

15. Menyalurkan Hobi

Gambar ilustrasi menyalurkan hobby melukis

Pada saat weekdays, waktu yang Anda miliki biasanya akan terkuras untuk kegiatan utama berupa bekerja atau pun belajar. Hal ini tentu akan membuat Anda kadang kala tak sempat melakukan hobi. Nah, untuk membayarnya, Anda bisa mengisi liburan di rumah dengan menyalurkan hobi.

Anda bisa pergi memancing, memasak, menyanyi, bermain bola, berkebun, bermain badminton, melukis, baca novel, dan lainnya. Ajaklah teman-teman yang punya hobi sama agar kegiatannya semakin asik dan seru. Menyalurkan hobi bisa membuat fresh pikiran.

16. Olah Raga

Gambar ilustrasi jogging pagi

Olah raga sangatlah penting dalam menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima dan bugar. Momen liburan merupakan kesempatan bagus berolah raga bersama anggota keluarga sekaligus mempererat hubungan kekeluargaan. Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk melakukan jalan kaki, jogging atau bersepeda pada pagi hari. Tak perlu jauh-jauh, keliling kompleks juga sudah cukup kok.

17. Belajar Berwirausaha

Gambar ilustrasi jualan produk

Tak selamanya liburan harus diisi dengan kegiatan bersenang-senang hingga menghambur-hamburkan uang. Anda bisa juga lho mengisi liburan di rumah secara produktif. Misalnya berjualan makanan, pakaian, atau pun pernak-pernik. Cobalah pergi ke CFD untuk menawarkan barang dagangan Anda. Jika suka bisnis online, Anda bisa mencoba jualan secara online.

Nah, demikianlah berbagai cara menghabiskan liburan di rumah yang menyenangkan dan tidak bikin bosan. Kira-kira, Anda akan melakukan kegiatan mana saja? Oya, apabila Anda punya ide lain dalam mengisi liburan, bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here