Home » Wisata Alam » Indahnya Pesona Wisata Kawah Putih Bandung
Landscape wisata kawah putih Bandung yang mempesona dengan warna putih kehijau-hijaun (foto : advjourney.com)
Landscape wisata kawah putih Bandung yang mempesona dengan warna putih kehijau-hijaun (foto : advjourney.com)

Indahnya Pesona Wisata Kawah Putih Bandung

Aneka Wisata – Salah satu tempat wisata alam di bandung yang menjadi primadona wisatawan adalah kawasan wisata kawah putih Bandung. Kawah Putih ini berada di wilayah Ciwidey, sehingga sering disebut wisata kawah putih Ciwidey. Pemandangan kawah putih Ciwidey sungguh eksotik, cocok untuk liburan bulan madu dan keluarga.

Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan kawah putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca. Sungguh indah mempesona bukan?

Selain bisa menikmati keindahan alamnya, kawah putih Ciwidey juga sering kali menjadi tempat kegiatan lain, misalnya pengambilan gambar film, melukis, foto pengantin, sampai dengan kegiatan mendaki dan berkuda.

Ciwidey dikenal sebagai daerah tujuan wisata yang indah, dan juga sebagai daerah penghasil produk-produk pertanian dan perkebunan. Selain kawah putih, objek wisata di daerah ini, diantaranya adalah Situ Patenggang.

Cara Menuju Ke Lokasi Wisata Kawah Putih Bandung

Wisata Kawah Putih ini berada di wilayah Ciwidey, sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, provinsi Jawa Barat. Untuk sampai di kawah putih pengunjung bisa menggunakan rute perjalanan sebagai berikut.

Pengunjung dari luar Bandung yang menggunnakan kendaraan roda empat dapat melewati jalur pintu Keluar Tol Kopo, melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang, dari soreang dilanjukan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi kawah putih. Route alternatif bisa menggunakan jalur tol Buah Batu.

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, akses ke kawah putih ditempuh dengan menggunakan jalur terminal Leuwi Panjang – dilanjutkan ke terminal Ciwidey – lokasi Kawah Putih.

Ilustrasi wisatawan yang berfoto di kawasan wisata kawah putih Ciwidey, Bandung (foto : kawahputihciwidey.com)

Ilustrasi wisatawan yang berfoto di kawasan wisata kawah putih Ciwidey, Bandung (foto : kawahputihciwidey.com)

Jadwal Berkunjung dan Harga Tiket Wisata Kawah Putih Bandung

Wisata kawah putih ini buka dari jam 07.00 pagi sampai jam 17.00 sore hari. Harga tiket masuk ke lokasi ini sekitar Rp.17.000,- per orang. Harga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. Bagi Anda yang ingin memarkir kendaraan di area bawah, dapat menggunakan Mobil Ontang-Anting yang siap mengantarkan hingga gerbang utama Kawah putih, dengan biaya Rp. 13.000/perorang.

Bawalah Masker Demi Keamanan

Karena uap belerangnya yang begitu menyengat di hidung, bagi Anda yang akan berkunjung ke wisata kawah putih ini lebih baik memakai masker demi kesehatan dan keamanan. Pihak pengelola juga membuat batasan-batasan di beberapa titik untuk dikunjungi karena tingginya kandungan uap belerang.

Namun di tempat wisata ini secara keseluruhan, kandungan uap belerangnya masih dalam batas aman untuk dihirup oleh manusia. Indahnya pemandangan yang dapat dilihat di kawah yang berbentuk seperti danau berwarna hijau, sepertinya dapat mengalihkan perhatian pengunjung dari bau belerang. Demikian sekilas info wisata tentang wisata kawah putih Bandung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>