Home » Wisata Asia » 25 Tempat Ngabuburit Di Surabaya Yang Asyik Dan Enak

25 Tempat Ngabuburit Di Surabaya Yang Asyik Dan Enak

Tempat Ngabuburit Di Surabaya – Inilah daftar rekomendasi tempat asyik dan enak buat ngabuburit di kota Surabaya dan sekitarnya. Dari mulai pusat jajanan takjil, tempat makan enak buat buka puasa bersama (read : bukber) dan aneka tempat ngongkrong anak muda lengkap ada semua disini. Soal harga tak usah kuatir, Anda tinggal pilih mau yang murah meriah atau yang mahal.

Tak kalah seru dengan tempat ngabuburit di Jogja dan Semarang, Kota Surabaya juga menyimpan sejumlah destinasi wisata yang menyenangkan untuk ngabuburit. Anda bisa menantikan adzan Maghrib di taman kota, makam, food court hingga di tepi pantai sembari menikmati kokohnya jembatan terpanjang di Indonesia, Suramadu.

Tempat-Ngabuburit-Di-Surabaya

Ilustrasi Tempat Ngabuburit Di Surabaya (Foto : kompasiana.com/danielht)

Nah, karena saking banyaknya tempat asik di Surabaya untuk ngabuburit, anekawisata.com telah memilihkan beberapa referensi tempat yang pas buat ngabuburit di Surabaya bareng teman atau keluarga. Kira-kira dimana saja ya? Yuk, langsung simak saja daftar listnya berikut ini.

Daftar Tempat Ngabuburit Di Surabaya Yang Asyik, Enak, Dan Terkenal

1. Taman Bungkul

Seperti halnya Bandung yang punya berbagai taman kota untuk tempat ngabuburit asyik, Surabaya juga punya aneka taman indah untuk menunggu waktu berbuka puasa. Salah satunya adalah Taman Bungkul.

Taman Bungkul merupakan tempat ngabuburit favorit di Surabaya yang selalu ramai dikunjungi warga. Taman Bungkul di Surabaya bukanlah sekadar taman kota biasa. Taman ini pernah dinobatkan sebagai taman terbaik di Asia menurut PBB.

Banyak sekali yang bisa didapat di taman ini, mulai dari rekreasi hingga pendidikan dan budaya. Untuk rekreasi, taman nan rimbun dan asri ini menawarkan pemandangan hijau dan sejuk. Apalagi saat siang hari, taman ini menawarkan kesejukan dengan perlindungan alami dari pepohonan yang ada di sana.

Taman-Bungkul-Surabaya

Taman Bungkul (Foto : yukpiknik.com)

Taman ini dilengkapi dengan sarana edukasi dan olahraga. Sehingga, tidak hanya bisa jogging, namun pengunjung yang datang juga bisa bermain olahraga lain, salah satunya skate board.

Anak-anak pun akan betah bermain di sini, lantaran ada playground area. Di sini, beragam mainan anak seperti jungkat jungkit dan perosotan bisa ditemui dan dimainkan dengan bebas oleh pengunjung.

Taman Bungkul ternyata juga tempat wisata ziarah. Di sana ada makam Ki Supo atau yang dikenal dengan sebutan Sunan Bungkul. Dia adalah salah satu ulama Majapahit dan masih terhitung saudara ipar Raden Rahmad atau Sunan Ampel.

Kawasan di sekitar Taman Bungkul juga menjadi tempat wisata kuliner. Jadi, Anda tak usah kuatir dengan menu buka puasa bila ngabuburit disini. Yang terkenal di sini adalah Rawon Kalkulator, yang sering didatangi wisatawan sambil main ke Taman Bungkul.

Warung Rawon Kalkulator yang tak pernah sepi ini berada di ujung pintu masuk Makam Mbah Bungkul. Di warung-warung tenda sekitar makam, para remaja memilih ngenet dengan laptopnya. Maklum, di lokasi itu sudah tersedia hotspot (Wifi-Gratis).

2. Jembatan Suramadu

Jembatan-Suramadu

Jembatan Suramadu (Foto : kotawisataindonesia.com)

Tempat ngabuburit asik di Surabaya yang populer adalah Jembatan Suramadu yang menghubungkan batas pesisir Surabaya dan Pulau Madura. Sejak diresmikan, di sekitar kaki jembatan di Surabaya itu dipenuhi muda-mudi hingga keluarga yang mengajak anak-anak.

Di bulan Ramadan, suasananya lebih ramai lagi karena ngabuburit. Ada yang membawa bekal makanan untuk pembuka saat tanda puasa berakhir. Sebelum pulang, mereka memilih foto-foto dan menyaksikan detik-detik menyalanya lampu aneka warna di dinding dan kaki jembatan yang menghubung Surabaya dan Madura.

Sejak sekitar pukul 16.00 WIB, pedagang jajanan maupun warung-warung di kawasan Kedung Cowek sudah siaga. Begitu juga para penyedia jasa mainan seperti odong-odong siap mengantar wisatawan ngabuburit keliling sekitar kaki Suramadu.

Baca Juga : 28 Tempat Makan Enak Di Surabaya Untuk Buka Puasa

3. Pakuwon City

Pakuwon-Food-Festival

Pakuwon Food Festival (Foto : sparklingsurabaya.info)

Inilah tempat asyik ngabuburit di Surabaya bagi para penggemar kuliner berat, yaitu kawasan Eastcoast, Pakuwon City. Yang paling sering terlihat, muda-mudi atau pasangan keluarga berjalan santai di sekitar kawasan Fast Food Festival ini.

Sebelum buka puasa, mereka menyewa sepeda tandem yang tersedia di lokasi “pusat kuliner” di Surabaya bagian timur ini. Mirip seperti tempat ngabuburit asyik di Jakarta ya? Itu lho kawasan Kota Tua yang bisa sepedaan juga. Asyik dan seru deh.

4. Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel (Foto : bujangmasjid.blogspot.com)

Ingin mengunjungi tempat ngabuburit di Surabaya yang enak untuk beribadah? Datang saja ke Masjid Sunan Ampel. Masjid ini menjadi pilihan yang pas bagi Anda yang ingin menantikan adzan Maghrib dengan kegiatan rohani. Ampel selalu dibanjiri masyarakat jika sore semasa Ramadan.

Selain mengisi waktu dengan ibadah, warga muslim tersebut banyak yang belanja oleh-oleh khas Ampel yang banyak dijajakan. Begitu pula, kulinernya cukup khas banyak ditemui di sekitar Sasak yang tak jauh dari Masjid Ampel. Gulai kacang ijo yang dipadu dengan roti mariyam. Hmm…nikmat sekali!

5. Pasar Ramadhan Masjid Agung Al-Akbar Surabaya

Pasar-Ramadhan-Masjid-Agung-Al-Akbar

Pasar Ramadhan Masjid Agung Al-Akbar Surabaya (Foto : cendananews.com)

Nah, bagi Anda yang sedang mencari tempat berburu takjil di Surabaya, datang saja ke Pasar Ramadhan Masjid Agung Al-Akbar Surabaya. Disini Anda dapat menemukan aneka kuliner Ramadhan mulai makanan yang memang khas surabaya seperti bebek goreng sampai rendang yang sebenarnya makanan khas padang.

Selain makanan, di sana kita juga bisa berbagai minuman segar atau hanya sebatas jagung bakar dan masih banyak makanan ringan yang lain. Selesai berburu takjil dan buka puasa, Anda bisa langsung sholat maghrib, isya, dan tarawih berjamaah di masjid ini. Asik bukan?

6. Pantai Kenjeran

Pantai-Ria-Kenjeran

Pantai Ria Kenjeran (Foto : sheellfia.blogspot.com)

Bosan dengan suasana perkotaan? Coba deh ngabuburit di Pantai Kenjeran. Disini Anda bisa menunggu waktu berbuka sambil melihat matahari terbenam di tambah angin sepoi-sepoi serta desiran ombak laut. Untuk penjual makanan pasti ada dong karena tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang paling terkenal.

7. Mall

Galaxy Mall Surabaya

Galaxy Mall Surabaya (Foto : transsurabaya.com)

Bagi para shopaholic, Mall tentu saja menjadi tempat ngabuburit yang asik bukan? Nah, kota Surabaya ternyata memiliki banyak mall, Anda bisa menghabiskan waktu menunggu adzan maghrib di mall-mall yang tersebar di seluruh Surabaya ini.

Beberapa Mal yang dapat Anda kunjungi antara lain Tunjungan Plaza, Plaza Surabaya, Grand City, Galaxy Mall, dan lainnya. Anda dapat berbelanja atau sekedar jalan-jalan keliling Mall untuk ngabuburit. Untuk buka puasa Anda dapat mengunjungi foodcourt yang ada di Mall tersebut.

8. Museum House of Samporna

House-of-Sampoerna

House of Sampoerna (Foto : surabaya.panduanwisata.id)

Inilah tempat ngabuburit di Surabaya yang asik untuk menikmati suasana Surabaya tempo doeloe yaitu Museum House of Samporna. Di sini, Anda bisa belajar mengenai sejarah rokok kretek di Tanah Air.

Di dalam bangunan khas Belanda, terpapar sejarah bagaimana awal mula hadir kretek Sampoerna, lengkap dengan display yang mendukung. Ada beberapa bagian di sini antara lain auditorium, kafe, toko dan galeri seni. Setelah puas berkeliling, Anda bisa duduk santai dan menikmati camilan untuk buka puasa yang tersedia di kafenya.

House of Sampoerna terletak di Jl Taman Sampoerna 6, Surabaya. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-22.00 WIB. Asyiknya lagi, mulai dari parkir, tiket masuk museum, sampai berkeliling dengan pemandu, semuanya gratis!

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Di Surabaya Untuk Libur Lebaran

9. Masjid Cheng Hoo

Masjid-Cheng-Hoo

Masjid Cheng Hoo (Foto : simas.kemenag.go.id)

Ingin ngabuburit di masjid yang unik? Datang saja ke Masjid Cheng Hoo yang terletak di Jalan Gading, Kecamatan Genteng, Surabaya. Lokasinya sekitar 1 km sebelah utara Balaikota Surabaya dan sekitar 100 meter dari Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.

Warna merah, kuning dan hijau membalut bangunan yang terlihat seperti klenteng. Siapa sangka, bangunan ini adalah masjid. Masjid Cheng Ho, paduan unik dari China, Timur Tengah dan Jawa di Surabaya.

Masjid yang bernama lengkap Masjid Muhammad Cheng Hoo ini berdiri di atas lahan seluas 21×11 m2 dan luas bangunan utama 11×9 m2. Masjid yang didominasi warna merah, kuning, hijau dengan ornamen bernuansa Tiongkok lama ini memiliki 8 sisi di bagian atas bangunan utama.

Ketiga ukuran dan angka ada maknanya yakni, angka 11 adalah ukuran Ka’bah saat baru dibangun. Sedangkan angka 9 melambangkan Walisongo. Sedangkan 8 artinya melambangkan Pat Kwa (dalam bahasa Tionghoa artinya keberuntungan atau kejayaan). Masjid Cheng Hoo ini mampu menampung sekitar 200 jamaah.

Masjid Cheng Hoo juga banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Indonesia. Ada yang dari Makassar, Jawa Barat, Jakarta dan berbagai daerah lainnya. Banyak juga wisatawan dari mancanegara baik yang muslim maupun non muslim. Ada dari Malaysia, Arab Saudi, China, selandia Baru, Inggris, Afrika dan lainnya.

10. Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Monumen-Kapal-Selam

Monumen Kapal Selam (Foto : wego.co.id)

Namanya Monkasel, atau yang berarti Monumen Kapal Selam. Berada di tengah Kota Surabaya, monumen ini bisa menjadi tempat yang asyik buat ngabuburit di Surabaya. Lokasinya tak sulit kok, berada di samping Sungai Kalimas.

Dulunya ini adalah kapal yang bertugas menjaga kedaulatan NKRI. Bernama Pasopati, kapal ini bernomor lambung 410 dan mulai bertugas dari 1962 sampai 1990. Pasopati mulai jadi Monkasel pada tanggal 15 Juli 1998.

Tiket masuknya hanya Rp 5.000. Dengan harga tersebut, Anda bisa melihat seperti apa bagian dalam dari kapal selam. Beberapa ruangan yang bisa didatangi adalah Ruang Haluan Torpedo, ruang makan, ruang mesin, kamar mesin listrik dan ruang kerja. Aktifitas favorit pengunjung disini adalah berfoto di Ruang Haluan Torpedo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>