Home » Wisata Asia » 15 Tempat Liburan Tahun Baru Di Jogja Yang Paling Bagus

15 Tempat Liburan Tahun Baru Di Jogja Yang Paling Bagus

Ini dia daftar tempat liburan tahun baru di Jogja yang paling bagus dan menarik. Bagi Anda yang masih sering bertanya liburan tahun baru enaknya kemana, wajib deh baca info wisata yang satu ini. Aneka aktivitas seru dan asik bisa Anda lakukan di kota pelajar ini.

Tak perlu diragukan lagi, D.I. Yogyakarta merupakan salah satu destinasi liburan akhir tahun favorit wisatawan Indonesia selain Bali dan Bandung. Ngomongin tempat liburan di Jogja tentu tak sekadar Malioboro atau Candi Prambanan.

Daerah Istimewa ini punya banyak suguhan tempat wisata tahun baru mulai dari alam, kuliner, hingga budaya. Dari perkotaan, dataran tinggi nan sejuk, hingga pesisir pantai yang eksotis. Tak heran wisatawan domestik maupun mancanegara senang menghabiskan malam Tahun Baru di sini.

Nah, bagi sobat traveler yang sedang ingin menikmati tahun baru di Jogja, tak perlu bingung. Setidaknya ada 15 tempat seru untuk menghabiskan malam tahun baru atau liburan tahun baru bersama teman dan keluarga. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak daftarnya berikut ini yang dilansir dari detikTravel dan berbagai sumber.

Aneka Tempat Wisata Tahun Baru Di Jogja Yang Asik Dan Seru

1. Alun-Alun Keraton

Alun-Alun Keraton Jogja

Alun-Alun Keraton Jogja (Foto : kabarunik-unik.blogspot.com)

Kita awali tempat liburan tahun baru di Jogja dengan mengunjungi alun-alun keraton. Objek wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat asik dan seru untuk menikmati pesta kembang api di Jogja saat malam tahun baru. Tapi Anda harus siap-siap berdesakan ya!

Di Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan Keraton, wisatawan dan masyarakat Jogja tumpah ruah lesehan sambil menikmati malam Tahun Baru. Tak perlu takut kelaparan, karena pedagang wedang ronde dan angkringan selalu ada tiap waktu.

Detik-detik menjelang pergantian tahun, kembang api akan memenuhi angkasa. Anda bisa duduk-duduk atau tiduran beralaskan tikar, melihat gemerlap kembang api memenuhi langit Yogyakarta. Bersama teman, keluarga, atau kekasih alias istri tersayang, momen ini pastinya tak terlupakan!

2. Malioboro

Malioboro-Malam-Hari

Malioboro (Foto : anekatempatwisata.com)

Nah, kalau tempat liburan di Jogja yang satu ini tentu Anda kenal bukan? Wisatawan mana yang tak kenal Malioboro? Jalan yang memanjang dari Stasiun Tugu sampai Alun-alun Keraton ini jadi sentra wisatawan di Kota Yogyakarta. Saat Tahun Baru, jalan ini juga dipadati turis domestik maupun mancanegara.

Betapa tidak, dari tahun ke tahun jalan ini penuh pertunjukan seni. Dari jalan utama sampai halaman Benteng Vredeburg, pentas seni budaya dan musik menggema di telinga wisatawan. Sambil menikmatinya, Anda masih bisa belanja murah di toko-toko sepanjang Malioboro.

Detik-detik menjelang pergantian tahun, wisatawan bisa menikmati kembang api yang terus meluncur ke angkasa. Bakmi Jawa atau gudeg wajib hukumnya sebagai pengisi perut, agar tidak masuk angin di malam Tahun Baru!

3. Pantai-Pantai Di Kabupaten Gunungkidul

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : wisataku.net)

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai di Gunungkidul Jogja untuk liburan tahun baru (Foto : wisataku.net)

Keluar dari Kota Jogja menuju pesisir selatan, Anda akan memasuki wilayah Gunungkidul. Kabupaten ini terkenal dengan deretan pantai yang cantik dan belum banyak dijamah wisatawan. Sebelum malam tiba cobalah sambangi Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Wediombo, Pantai Siung dan Pantai Baron.

Beberapa jam menuju pergantian tahun, singgahlah di salah satu pantai misalnya Indrayanti. Anda tak akan menemukan keramaian di sini. Inilah tempat liburan tahun baru di Jogja dimana wisatawan menyambut tahun baru lewat suara deburan ombak dan langit hitam bertabur bintang.

Baca Juga : 10 Pantai Di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

4. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran adalah salah satu tempat wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : pixoto.com)

Gunung Nglanggeran adalah salah satu tempat wisata alam di Jogja yang asik dan seru untuk tahun baru (Foto : pixoto.com)

Tempat liburan tahun baru di Jogja yang ini sepertinya cocok dan pas banget untuk anak muda. Gunung purba Nglanggeran adalah primadona lain Kabupaten Gunungkidul selain deretan pantainya. Kalau mengaku petualang, menikmati momen tahun baru di puncak gunung ini tak ada tandingannya.

Sesuai namanya, gunung ini berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk. Tingginya 700 mdpl dengan dua puncak, yakni Puncak Barat dan Puncak Timur. Dari puncak-puncak ini pula, wisatawan bisa melihat panorama sunset dan sunrise yang tak ada bandingannya.

5. Kaliurang

Kaliurang adalah salah satu tempat wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : kicaupagi.com)

Kaliurang adalah salah satu tempat wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : kicaupagi.com)

Kawasan wisata Kaliurang nampaknya masih menjadi tempat favorit untuk menghabiskan malam tahun baru di Jogja bagi para wisatawan. Menyewa vila bersama keluarga dan sahabat dekat sambil bakar-bakar jagung atau sate nampaknya menjadi aktivitas wisata yang seru dan asik di malam tahun baru. Pas banget dengan suasana Kaliurang yang dingin dan sejuk.

Untuk menyambut malam tahun baru, biasanya Obyek wisata Kaliurang akan di penuhi cahaya obor mulai dari TPR Kaliurang sampai dengan taman Kaliurang. Denger-denger seh obornya biasanya dipasang di sepanjang jalan dan seluruh kawasan obyek wisata kaliurang. Konon katanya jumlah obor menandakan tahun baru yang dirayakan.

Selain itu, kalau tahun-tahun sebelumnya di sini terdapat ratusan lampion dari Taman Kaliurang sampai dengan Tlogo Putri yang merupakan agenda festifal lampion di penghujung tahun. Semoga saja di tahun ini masih ada ya festivalnya dan makin seru lagi. Oya, disini juga Anda bisa menyaksikan pesta kembang api dan sunrise pertama di awal tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>