Home » Wisata Asia » 25 Tempat Nongkrong Di Bandung Yang Asik Dan Enak

25 Tempat Nongkrong Di Bandung Yang Asik Dan Enak

Tempat Nongkrong Di Bandung – Ini dia rekomendasi daftar tempat nongkrong yang asik dan enak di Bandung. Selain terkenal akan wisata alam, kuliner, dan belanjanya, Kota Bandung juga memiliki banyak tempat ngopi dan nongkrong bagi anak muda yang cozy dan nyaman.

Soal harga? Tak usah kuatir, Anda bisa bebas memilih mau tempat yang mahal atau murah ada semua disini. Bandung dan sekitarnya menawarkan aneka cafe yang lengkap dengan berbagai pilihan. Mau nongkrong sambil internetan pakai wifi gratis atau ingin tempat nongkrong yang romantis serta live music pun ada disini.

Nah, untuk membantu Anda dalam memilih tempat kongkow yang sesuai dengan pilihan Anda, Aneka Wisata telah menyiapkan daftarnya baik untuk nongkrong saat malam hari atau pun siang hari. Yuk, simak ulasan dan review singkat rekomendasi tempat nongkrong di Bandung lengkap berikut.

Daftar Tempat Nongkrong Di Bandung Yang Asik Dan Enak

1. Upper East Cafe

Upper East Cafe

Upper East Cafe (Foto : putraagung.com)

Bagi Anda yang sedang mencari tempat nongkrong di Dago Bandung, datang saja ke Upper East Cafe. Tempat ini sangat nyaman untuk menemani Anda sarapan hingga makan malam. Desain café yang homey dengan jendela kaca besar di sisi kiri café yang memungkinkan Anda melihat pemandangan Dago atas yang hijau.

Untuk menu yang ditawarkan juga beragam dari nasi goreng hingga pasta dapat Anda temui di sini. Untuk nongkrong dengan teman-teman di café ini pastinya cozy sekali. Tak heran jika cafe ini masuk dalam daftar tempat nongkrong di Bandung yang asik dan enak.

2. Hummingbird Eatery

Hummingbird Eatery & Guest House

Hummingbird Eatery & Guest House (Foto : bandung.panduanwisata.id)

Tempat nongkrong enak di Bandung yang kedua adalah Hummingbird Eatery. Kafe yang beralamat di Jl. Progo No.14, Bandung ini punya eksterior yang sangat keren. Bentuknya seperti sebuah sarang burung raksasa! Selain Cafe, Hummingbird Eatery juga punya guesthouse yang bisa disewa oleh traveler yang ingin bermalam di Bandung.

Tak hanya eksteriornya yang keren, interior di bagian dalamnya juga tak kalah keren. Kursi dan meja tertata rapi, seakan siap menyambut traveler muda yang ingin nongkrong seru di sini. Makanan dan minumannya sudah pasti enak!

3. Bober Cafe

Bober Cafe

Live music di Bober Cafe (Foto : kuliner-kuliner-bandung.com)

Bertempat di jalan Martadinata Bandung atau yang biasa disebut jalan Riau, cafe ini sudah menjadi salah satu tempat nongkrong asik Bandung favorit anak muda. Bisa untuk sekedar bersantai dengan teman-teman hingga mengerjakan tugas kampus. Ada live music-nya juga lho!

Bober cafe menyediakan banyak sofa, kursi hingga ada juga lesehan sehingga tidak perlu takut kalau tidak kebagian tempat duduk. Kalau untuk makanan, Bober cukup memberi Anda pilihan; makanan berat hingga cemilan juga ada.

Satu hal yang membuat Anda betah lagi yaitu cafe ini buka hingga 24 jam. Jadi, mau nongkrong siang hari atau malam hari tak masalah. Dan tidak ketinggalan, Bober juga termasuk salah satu tempat nongkrong dengan wifi di Bandung yang relatif murah meriah harganya.

4. Congo Cafe & Resto

Congo Cafe and Gallery

Congo Cafe and Gallery (Foto : indonesia.tripcanvas.co)

Cafe keren yang cozy ini bernama Congo Cafe & Resto. Tempat nongkrong di Bandung yang satu ini wajib dikunjungi bagi traveler muda. Suasananya asyik, makanannya lezat. Lengkap sudah!

Aneka western food bisa ditemukan di Congo. Harganya pun tidak akan membuat kantong jebol. Rata-rata dibanderol seharga Rp 40.000-Rp 60.000, dan Rp 15.000-Rp 30.000 untuk minumannya. Cukup murah bukan?

Beralamat di Jl. Rancakendal Luhur 8, Dago Pakar, Bandung, traveler bisa langsung menuju ke Congo untuk sensasi nongkrong yang asyik bersama teman-teman. Jam bukanya mulai dari jam 10.00 hingga 23.00 WIB. Tunggu apalagi?

5. Warung Salse

Warung Salse

Tempat nongkrong di Bandung Warung Salse (Foto : roi-radio.com)

Tempat nongkrong di Bandung yang asik dan enak selanjutnya adalah warung Salse yang bisa dengan mudah Anda kenali dari pinggir jalan. Arsitektur kafe yang beratap limas segitiga berwarna putih ini sungguh mencolok dan begitu unik.

Saat melangkah ke dalam, suasana nyaman akan langsung terasa. Cocok untuk tempat hang out para anak muda. Jangan lupa juga memesan aneka makanan dan minuman yang tersedia. Konon rasanya lezat dan bikin ketagihan.

Berlokasi di Jln. Dago Giri 101, Mekarwangi, Bandung, kafe yang buka mulai jam 10.00-22.00 WIB ini siap menyambut traveler muda yang ingin berakhir pekan di Bandung. Dijamin seru dan menyenangkan! Pas banget buat tempat kongkow saat siang atau pun malam hari.

Baca Juga : 37 Tempat Wisata Kuliner Enak Di Bandung Yang Lagi Hits

6. Noah’s Barn

Noah’s Barn Coffeenery

Noah’s Barn Coffeenery (Foto : myfunfoodiary.com)

Nah, bagi sobat traveler penggemar kopi, jangan lupa mampir ke salah satu tempat ngopi di Bandung Barat yang cukup terkenal yaitu Noah’s Barn. Desain interiornya pun semakin berkembang sehingga atmosfernya semakin menyenangkan.

Salah satu menu favorit diantaranya adalah Ice Taro yang mantap banget rasanya. Selain itu walaupun belum banyak makanan berat, namun cemilan yang tersedia sudah semakin bervariasi dan berkualitas. Alamat Noah’s Barn Coffeenery ada di Jl. Garuda No.39, Andir, Kota Bandung.

7. Pisetta

Pisetta Bandung

Pisetta (Foto : kenyangbego.wordpress.com)

Bagi Anda penggemar gelato, rasanya wajib deh nongkrong di Resto Pisetta yang terletak di Jalan Bahureksa 5, Bandung. Tempat ini buka setiap hari dari jam sepuluh pagi sampai pukul sepuluh malam. Menu utama yang ditawarkan adalah aneka barian ice cream Italia yang sering disebut dengan nama Gelato.

Hampir semua menu yang dibandrol dengan harga 11.000 sampai 92 ribu rupiah punya cita rasa yang begitu nikmat. Namun bukan menu ini saja yang membuat Pisetta banyak dikunjungi pengunjung. Fasilitas wifi dan hot spot yang disediakan di resto ini punya kecepatan tinggi luar biasa.

8. Dakken

Dakken Bandung

Dakken (Foto : panoramio.com)

Jalan R.E Martadinata mungkin identik dengan banyaknya factory outlet di sepanjang jalannya tapi jangan salah kalau ternyata banyak juga café/resto yang asik dan enak untuk mengisi perut Anda. Salah satunya yaitu Dakken, tempat makan dan nongkrong di Bandung yang menyediakan banyak ruang serta meja makan yang sangat homey.

Dikarenakan tempatnya yang luas dan memiliki meja dan kursi yang cukup menampung banyak orang, Dakken kerap dijadikan tempat untuk meeting juga. Jadi jangan aneh kalau Anda bisa menemui pekerja-pekerja muda yang sedang meeting di tempat ini sekaligus menikmati makan malam mereka.

Tempat ini asik untuk bersantai dengan keluarga atau teman sambil menikmati menu makanan yang menggugah selera. Tak heran jika cafe ini masuk dalam daftar tempat nongkrong asik di Bandung.

9. Kopi Selasar, Sunaryo Cafe Art & Gallery

Tempat nongkrong di Bandung Selasar Sunaryo Art Space (Foto : gastronomy-aficionado.com)

Tempat nongkrong di Bandung Selasar Sunaryo Art Space (Foto : gastronomy-aficionado.com)

Tempat nongkrong di Bandung yang asik dan enak berikutnya adalah sebuah coffe shop, yang berpadu dengan galeri seni. Namanya adalah Kopi Selasar, yang terletak satu komplek dengan bangunan Galery Seni Sunaryo di Jl. Bukit Pakar Timur No. 100, Ciburial, Cimenyan, Bandung.

Begitu memutuskan ke sini, Anda akan menemukan banyak anak muda lain yang nongkrong di sana. Memang kafe ini jadi lokasi favorit baru untuk nongkrong di Bandung, sambil ngopi sore.

Yang paling juara di Kopi Selasar tentu saja kopinya. Jangan sampai lupa untuk memesan signature coffee yang dibuat sendiri oleh barista di Kopi Selasar. Rasanya juara! Traveler bisa berkunjung kemari dari pukul 10.00 hingga 18.00 WIB.

10. Sugar Rush

Sugar Rush

Sugar Rush (Foto : suciharlen.wordpress.com)

Sugar Rush berada dekat sekali dengan Braga City Walk, cafe ini didesain dengan menarik, unik dan kreatif. Dengan plang tulisan Sugar Rush berwarna merah pastinya Anda tidak mungkin bisa melewatkan tempat nongkrong di Bandung yang asik dan enak ini jika sedang berjalan-jalan di Braga.

Menu Andalan dari cafe ini adalah red velvet, rainbow cake, churros atau macaron. Untuk Anda penyuka makanan manis sepertinya wajib mencoba datang ke sini dulu. Anda juga dapat berfoto-foto di cafe ini karena tempatnya yang unik. Setiap sudutnya terdapat gambar-gambar lucu dengan hiasan-hiasan yang membuat suasana meriah namun tetap cozy.

Baca Juga : 20 Tempat Ngabuburit Di Bandung Yang Asyik Dan Enak

11. Cocorico

Cocorico-Bandung

Tempat nongkrong di Bandung Cocorico (Foto : skyscrapercity.com)

Nongkrong di Cocorico adalah pilihan tepat bagi traveler, mengingat suasana yang cozy, makanannya yang lezat, serta pemandangan Bandung dari ketinggian yang mempesona. Cocorico memang tempat nongkrong asik di Bandung bagi para anak muda.

Kafe ini terdiri dari 3 lantai yang punya atmosfer berbeda tiap lantainya. Area pertama, traveler bisa menikmati pemandangan Kota Bandung yang indah. Lantai kedua ada taman yang sangat hijau, sedang area terakhir adalah area rooftop tempat asyik untuk nongkrong bareng teman-teman.

Traveler bisa langsung meluncur ke Jl. Bukit Dago Pakar Timur No.19, Bandung untuk merasakan sensasi nongkrong di Cocorico. Jam bukanya dari pukul 11.00 pagi hingga 11.00 malam.

12. Siete

Siete Bandung

Siete (Foto : nightspade.com)

Anda dapat menemui Siete Cafe di simpang Dago atau persimpangan menuju jalan Siliwangi Bandung. Penataan ruangannya sangat apik dengan desain yang berbeda setiap ruangnya. Siete juga menawarkan dua tempat untuk Anda, indoor atau outdoor.

Untuk lokasi outdoor-nya, sering juga digunakan untuk beberapa event musik atau ada penampilan akustik yang memang dikhususkan untuk menghibur pengunjung cafe. Untuk makanannya cukup beragam dengan harga tidak terlalu mahal. Banyak mahasiswa yang melirik tempat ini untuk nongkrong sampai mengerjakan tugas kampusnya. Seru kan?

13. Little Subway

Little Subway

Little Subway (Foto : laughonthefloor.com)

Berbeda dengan tempat nongkrong atau cafe lainnya, Little Subway yang berada di jalan Maulana Yusuf ini tidak memberi banyak sekat. Jadi ketika Anda masuk cafe ini, Anda bisa melihat hampir keseluruhan meja di dalamnya. Sofa yang nyaman ditemani bantal-bantal unik menjadikan Anda nyaman nongkrong di sini.

Makanannya memang tidak terlalu banyak pilihan di sini karena cafe ini lebih teruntuk Anda yang mau nongkrong santai menikmati minuman dan cemilan sambil mengobrol dengan teman. Tempat nongkrong di Bandung yang asik dan enak ini menyajikan suasana yang ‘anak muda banget’. Pas banget buat para traveler muda.

14. Cafe Bene

Caffe Bene

Caffe Bene (Foto : tikatheexplorer.wordpress.com)

Tempat nongkrong di Bandung yang asik dan enak ini pas banget bagi Anda yang suka dengan hal berbau Korea. Cafe Bene ini adalah salah satu cafe asal Korea Selatan yang baru ada di Bandung. Cafe Bene ini hanya menyediakan dessert dan kopi saja, namun jika Anda mau nongkrong di sini jangan lewatkan Red Bean Bing Su-nya karena belum ada tempat lain yang menyediakan Bing Su seenak disini.

Nah, untuk harganya memang cukup di atas rata-rata cafe Bandung lainnya. Akan tetapi rasa hidangan dessert di sini akan membuat Anda tidak menyesal. Dengan furniture serba kayu namun tetap terlihat modern, cafe ini pas untuk Anda menghabiskan waktu santai sore bersama teman atau keluarga di sini.

15. Rasa Bakery & Cafe

Rasa Bakery & Cafe

Rasa Bakery & Cafe (Foto : myeatandtravelstory.wordpress.com)

Cafe atau resto yang berlokasi di Jalan Tamblong 15 ini sudah berdiri sejak sekian puluh tahun yang lalu. Hingga saat ini masih banyak didatangi anak muda serta remaja yang suka berinternet dan nongkrong sekaligus menikmati sajian masakan yang ada. Cafe ini terkenal juga sebagai tempat makan es krim paling enak di Bandung.

Rasa Bakery & Cafe termasuk salah satu tempat nongkrong dengan wifi di Bandung. Demi memuaskan para pelanggannya, resto yang buka setiap hari dari pukul delapan pagi hingga sembilan malam ini menyediakan fasilitas wifi dengan berkecepatan tinggi secara gratis. Semua pengunjung boleh menggunakannya kapan saja.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Kuliner Di Bandung Yang Murah Meriah

16. Burgerock

Burgerock

Burgerock (Foto : themindthatblowing.wordpress.com)

Tempat nongkrong ini berlokasi di jalan Banda 5 dan sesuai dengan namanya, sajian utama yang ditawarkan berupa aneka varian burger yang dipatok dengan harga antara 13 ribu hingga 25 ribu rupiah. Jam bukanya dari pukul sebelas siang hingga sebelas malam sehingga bisa menjadi salah satu alternatif tempat nongkrong di Bandung malam hari yang asik dan enak.

Selain burgernya yang lezat masih ada sebuah kelebihan lain yang dimiliki oleh Burgerock, yaitu fasilitas wifi atau hot spot yang benar-benar dasyat kecepatannya. Jangankan untuk browosing, mengunduh datapun hanya dibutuhkan waktu yang singkat.

17. Indische Tafel

Indische Tafel

Indische Tafel (Foto : makanlagilagimakan.wordpress.com)

Indische Tafel terletak di Jalan Sumatera 19, buka tiap hari dari jam delapan pagi sampai sebelas malam dan pukul dua belas malam setiap akhir pekan dan Minggu. Sebagian besar masakannya merupakan masakan Western. Indische Tafel termasuk salah satu restoran di Bandung yang asik dan enak untuk nongkrong.

Sebagai resto kelas menengah, Indische Tafel juga memiliki fasilitas hot spot gratis untuk semua pelanggannya. Karena itu tempat makan di Bandung wifi ini selalu ramai oleh pengunjung yang tidak hanya ingin menyantap makanan sama namun juga berinternet ria. Apalagi kecepatan akses atau download-nya bisa dikatakan di atas rata-rata.

18. Bakmi Jowo DU

Bakmi Jowo DU

Bakmi Jowo DU (Foto : travelblog.ticktab.com)

Jika ingin menikmati suasana nongkrong yang Jawa banget, datanglah ke Bakmi Jowo DU. Menu makanan di tempat ini sangat enak, terutama bakminya. Tempat ini cukup nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong.

Alunan lagu-lagu Jawa membuat suasana lebih tenang sehingga tempat ini sangat cocok dijadikan tempat nongkrong di Bandung yang asik dan enak bareng teman.

19. Richeese Factory

Richeese Factory

Richeese Factory (Foto : atummy.blogspot.co.id)

Ingin tempat nongkrong di Bandung yang murah dengan menu Western? Datanglah ke Richeese Factory. Makanan di sini enak-enak banget, terutama spicy chicken wing dan cheese cakenya. Yang lebih asyik, tempat ini dilengkapi dengan fasilitas internet gratis sepuasnya. So, kapan lagi nongkrong murah meriah sambil internetan ditemani makanan lezat.

20. Warung Lela

Warung Lela

Warung Lela (Foto : travelblog.ticktab.com)

Jika Anda mencari tempat nongkrong di Bandung yang asik dan enak serta asri, Warung Lela pilihannya. Meskipun hanya menyediakan mie bakso, tempat ini sangat cocok dijadikan tempat nongkrong bersama teman. Menunya yang gak macem-macem cukup untuk mengganjal perut yang lapar sehingga Anda bisa lebih fokus ngobrol dibanding makan.

21. Armor Kopi

Armor Kopi

Armor Kopi (Foto : gourmetcam.blogspot.com)

Armor Kopi adalah salah satu tempat ngopi di Bandung yang nyaman dan asik. Bertempat di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, tempat nongkrong di Bandung ini tak hanya menyajikan secangkir kopi yang original, disini juga pengunjung bisa sekaligus berwisata dan menikmati pemandangan alam yang sungguh indah dan menyegarkan.

Selain kopi, Armor Kopi juga menyediakan beberapa macam teh bagi pengunjung yang tidak ingin minum kopinya. Ada beberapa macam teh yang bisa dinikmati di coffee shop ini, di antaranya Green Tea, Black Tea, Oolong, dan Honey Tea. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau untuk berbagai kalangan, berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000.

Selain menyajikan ragam jenis kopi dan teh, tempat ngopi di Bandung juga menyediakan berbagai makanan lezat untuk menemani nikmatnya minuman disini. Ada banyak makanan ringan yang ditawarkan. Untuk harga, pengunjung tidak usah khawatir. Rate harga makanan disini cukup bersahabat dikantong, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 30.000 pengunjung bisa menikmati makanan lezat disini.

Selain rasanya yang lezat, nama-nama yang diberikan pada menu makanan ringan disini pun terbilang cukup unik, seperti Pishang Gowreng, Bitterballen, Bala-bala, Cabe-cabean Si Engkong, Choco Pudding Dingin, Ibu-ibu Sauna, Cyirweng Rujak Sauyunan, Risolinda, dan masih banyak lagi.

22. Wiki Koffie

Wiki Koffie

Wiki Koffie (Foto : urbanouteaters.com)

Wiki Koffie termasuk salah satu tempat nongkrong murah di Bandung yang romantis. Berada di dalam bangunan heritage peninggalan Belanda, coffee shop ini menjual kenyamanan untuk pelanggan berlama-lama “ngopi” di sini. Dengan desain minimalis yang unik serta adanya fasilitas wifi gratis yang disediakan, sudah pasti Anda bakal betah nongkrong di sini.

Menu kopi tentu saja menjadi menu minuman utama di sini. Berbagai jenis kopi, baik yang lokal maupun kopi luar seperti kopi Brazil, kopi Vietnam, sampai kopi Hawai, ada di sini. Selain kopi, di dini juga disajikan menu sederhana untuk breakfast.

Soal harga jangan kuatir. Dengan selogan “Enjoy your favorite coffee and cozy place here!” tempat nongkrong di Bandung yang asyik dan enak ini bisa Anda kunjungi dari mulai pukul 08.00 – 00.00 WIB. Wiki Koffie berada di Jl Braga No 90 Bandung.

23. Yellow Truck

Yellow Truck

Yellow Truck (Foto : klikhotel.com)

Yellow Truck sudah ada sejak lama di Jalan Pajajaran. Namun sejak 15 Desember 2014 mereka membuka lokasi baru di Linggawastu. Tempatnya menyenangkan sekali karena ramah buat para pekerja dengan laptop, wifinya lumayan kencang dan colokan listrik tersebar di mana-mana.

Desainnya minimalis kreatif dengan nuansa kayu. Ada ruangan terpisah untuk smoking dan non-smoking tapi sayangnya asap rokok masih tercium di ruangan non-smoking karena ruangannya bersebelahan dan tidak ada pintu pemisah.

Kopinya cukup murah, cuma Rp 18.000,- per gelas, ada juga berbagai cemilan kecil seperti kue-kue sebagai teman minum kopi/teh. Dengar-dengar sekarang mereka sudah buka Yellow Truck di Jalan Patuha. Yellow Truck memang pas buat tempat nongkrong di Bandung yang asik dan enak.

24. Cafe Halaman

Cafe Halaman

Cafe Halaman (Foto : tikatheexplorer.wordpress.com)

Lokasinya yang strategis di tengah kota Bandung membuat cafe ini banyak dinimati terutama di kalangan remaja dan keluarga. Sesuai dengan namanya, area cafe ini semi terbuka dan atmosfirnya dibuat seperti halaman asri. Fasilitas seperti hotspot, member card discount, birthday promo, LCD TV dan big screen menambah kenyamanan cafe ini.

Makanan yang dihadirkan sangat beragam dari makanan khas Indonesia sampai mancanegara. Terdapat bakmi tasik, dimsum, steak dan masih banyak lagi. Minuman yang ada juga cukup bervariasi, dari vegetable juice, strawberry garden ataupun sekoteng semua disajikan di sana.

Café halaman yang terletak di Jl. Tamansari no. 92 telah menambah gerainya yang kedua di Mal Paris Van Java. Penasaran? Datang saja langsung ke tempat nongkrong di Bandung yang asik dan enak ini, sayang lho kalau dilewatkan begitu saja.

25. Dacosta Cafe Bandung

Dacosta Cafe Bandung

Dacosta Cafe Bandung (Foto : nyarinama.wordpress.com)

Bagi Anda yang sedang mencari tempat nongkrong live music di Bandung, datang saja ke Dacosta Cafe Bandung. Cafe ini merupakan tempat yang pas dan cocok bagi Anda yang ingin sekedar membuang waktu dengan ngopi, ngenet, rileks sepulang kerja, atau sekedar ingin mendengarkan live music.

Dacosta Cafe Bandung bertempat di Jalan Sawunggaling No. 13. Anda dapat mencapainya dengan angkutan umum, motor, mobil, atau bahkan jalan kaki jika hotel tempat anda menginap berada di sekitar Dago Atas.

Tempat nongkrong ini mungkin mempunyai suasana yang hampir sama dengan cafe-cafe lainnya. Namun hal yang menarik dari cafe ini adalah live music yang selalu menampilkan musik-musik berkualitas dari para pemusik yang pasti ahli.

Berbagai macam jenis musik dimainkan di kafe ini, namun pada hari-hari dan even-even tertentu hanya beberapa jenis musik yang dimainkan sebagai tema utama cafe ini.

Berbagai jenis makanan Indonesia, Eropa, dan Oriental disajikan di buku menu kafe ini. Anda hanya perlu menentukan makanan mana yang cocok untuk menemani anda menikmati malam di kafe ini. Untuk kisaran harga, harga perporsi makanan relatif murah jika dibandingkan dengan kelezatan dan suasana kafe yang anda dapatkan.

Nah, itu dia aneka cafe, resto, dan tempat ngopi di Bandung yang cozy buat nongkrong. Bandung memang benar-benar surganya tempat kongkow yang nyaman dengan kulinernya yang lezat dan maknyus menggoyang lidah. Bagi sobat traveler yang punya info tentang tempat nongkrong di Bandung yang asik dan enak lainnya bisa share melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>