Home » Wisata Alam » Serunya Wisata Tangkuban Perahu Di Bandung
Landscape Kawah Ratu di tempat wisata Tangkuban Perahu, Lembang, Bandung (foto : indonesiaexplorer.net)
Landscape Kawah Ratu di tempat wisata Tangkuban Perahu, Lembang, Bandung (foto : indonesiaexplorer.net)

Serunya Wisata Tangkuban Perahu Di Bandung

Aneka Wisata – Salah satu tempat wisata alam di Bandung yang sering dikunjungi wisatawan adalah Wisata Tangkuban Perahu di Lembang. Berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu bisa menjadi pilihan kegiatan menarik selama libur akhir pekan. Melihat dinding-dinding kawah dan kepulan asap yang keluar dari dalam kawah, menciptakan pemandangan yang benar-benar menggetarkan hati.

Menuju Ke Lokasi Wisata Tangkuban Perahu

Untuk mencapai Tangkuban Perahu dibutuhkan waktu sekitar 40-60 menit dari Kota Bandung. Sepanjang perjalanan menuju Gunung Tangkuban Perahu, kita akan disuguhi dengan hamparan hijaunya perkebunan teh.

Rute jalur menuju ke tempat wisata Tangkuban Perahu bisa ditempuh melalui tol Pasteur, lalu menuju ke jalan Dr. Djunjunan-Pasirkaliki-Sukajadi-Setiabudi-Lembang-Tangkuban Perahu. Jika Anda melalui pintu tol Padalarang (Cipularang), maka Anda bisa mengambil jalan ke Cimahi, terus belok ke kiri melewati jalan Kolonel Masturi-Kecamatan Cisarua-Kecamatan Parongpong-Jalan Raya Lembang-Tangkuban Perahu.

Gerbang menuju tempat wisata alam gunung Tangkuban Perahu (foto : travellia.net)

Gerbang menuju tempat wisata alam gunung Tangkuban Perahu (foto : travellia.net)

Memasuki lokasi wisata, jalan beraspal yang berkelok-kelok ditemani pemandangan hutan di sisi kanan-kiri terlihat sepanjang perjalanan. Jika kita datang ke sini dengan bus, bus akan diparkir pada tempat parkir khusus bus, sekitar 2-3 Km sebelum mencapai Kawah Tangkuban Perahu. Dari sana, perjalanan dilanjutkan dengan mobil ELF, yang akan mengantarkan kita ke Kawah Tangkuban Perahu.

Tapi beda lagi kalau kita pergi ke sini dengan kendaraan pribadi. Kendaraan dapat masuk ke dalam kawasan Kawah karena sudah tersedia tempat parkir kendaraan di dalamnya.

Sekilas Legenda Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu sebenarnya adalah gunung berapi yang masih aktif. Adapun dinamakan Tangkuban Perahu karena bentuknya yang menyerupai kapal terbalik. Tempat ini erat sekali hubungannya dengan sebuah legenda tanah Sunda yang sangat terkenal, yaitu Sangkuriang.

Gunung Tangkuban Perahu yang dari kejauhan tampak seperti perahu terbalik ini, konon katanya diakibatkan oleh kesaktian Sangkuriang. Dia gagal menyelesaikan tugas membuat perahu dalam satu malam untuk menikahi Dayang Sumbi, yang tak lain adalah ibu kandungnya.

Begitu kesalnya Sangkuriang kerena tidak dapat menyelesaikan pembuatan perahu, dia menendang perahu yang belum jadi tersebut hingga menjadi gunung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>