Home » Wisata Asia » 20 Tempat Ngabuburit Di Bandung Yang Asyik Dan Enak

20 Tempat Ngabuburit Di Bandung Yang Asyik Dan Enak

Tempat Ngabuburit Di Bandung – Ini dia daftar tempat yang asyik buat ngabuburit di Kota Bandung dan sekitarnya. Dari tempat yang menjadi favorit anak muda sampai tempat yang terkenal dan hits ada semua disini. Ada juga lokasi dan pusat berburu takjil di Bandung lho. Seru dan asik deh pokoknya, apalagi bila bareng teman dan keluarga.

Siapa seh yang tak kenal dengan Bandung? Kota yang disebut sebagai “Paris Van Java” ini menjadi salah satu destinasi wisata akhir pekan favorit warga Jakarta. Akomodasi yang lengkap, transportasi yang mudah, objek wisata yang lengkap, dan aneka kuliner yang variatif nampaknya menjadi alasan banyak wisatawan yang datang ke Bandung.

Nah, bagi Anda yang berkunjung ke Kota Kembang saat bulan Ramadhan, anekawisata.com telah menyusun referensi dan rekomendasi beberapa tempat yang cocok untuk ngabuburit menunggu waktu buka puasa tiba. Kira-kira dimana saja ya tempat yang pas dan asik buat ngabuburit di Bandung? Yuk, simak langsung daftarnya berikut ini.

Daftar Tempat Ngabuburit Di Bandung Yang Asyik, Enak, Dan Terkenal

1. Jalan Braga Dan Sekitarnya

Tempat Ngabuburit Di Bandung

Tempat Ngabuburit Di Bandung (Foto : bandungview.info)

Inilah tempat asyik ngabuburit di Bandung yang wajib dikunjungi yaitu Jalan Braga. Bisa dibilang, Braga adalah jalan paling ikonik di Kota Kembang. Betapa tidak, jalan ini penuh deretan gedung tua bergaya kolonial. Meski begitu, Braga jauh dari kesan kuno karena banyak pula bangunan modern yang berdiri bersampingan dengan gedung tua.

Tak heran Braga menjadi ikon wisata baru di Bandung sekaligus kawasan favorit untuk ngabuburit, termasuk hunting foto. Anda bisa menyusuri dari ujung jalan ke ujung lainnya, juga menyambangi beberapa jalan sekitarnya seperti Asia Afrika dan Balai Kota.

2. Alun-Alun Kota Bandung

Tempat Asyik Ngabuburit Di Bandung

Tempat Asyik Ngabuburit Di Bandung (Foto : Kompas.com/Dendi Ramdhani)

Tempat ngabuburit favorit di Bandung yang kedua adalah kawasan Alun-alun depan Masjid Agung. Alun-Alun Kota Bandung telah direnovasi dan dipercantik. Kini, traveler bisa menghabiskan waktu berfoto dan bermain di Alun-alun yang penuh rumput sintetis. Tak kalah bagus deh bila dibandingkan dengan Masjid Agung Jawa Tengah yang menjadi tempat ngabuburit asyik di Semarang.

Selain bermain di rumput sintesis dan menunggu waktu berbuka, wisatawan juga bisa berbelanja dan mengunjungi Jalan Braga yang letaknya berdekatan. Saat berbuka puasa, banyak penjual takjil dan makanan yang menggugah selera!

Di sisi jalan, puluhan pedagang kaki lima menjajakan aneka jenis minuman dan makanan, seperti es kelapa, kolak, asinan, gorengan, kue-kue, bakso, dan batagor, siap memanjakan lidah. Makanan berat pun tersedia.

Di sekitarnya juga berderet pusat belanja yang melayani berbagai keperluan warga. Dari Jalan Dewi Sartika, Kepatihan, hingga Dalem Kaum dipenuhi pedagang. Lokasi alun-alun ini juga cukup strategis, gampang dicapai karena dekat dengan halte transit sejumlah rute angkutan umum.Tak heran jika Alun-alun Bandung menjadi tempat ngabuburit favorit warga Bandung.

Untuk anak-anak, banyak pilihan permainan. Beberapa keluarga, pada tiap akhir pekan misalnya, memanjakan buah hatinya dengan membiarkan mereka naik kereta api gerbong mini. Sebagian anak lainnya memilih sepeda motor dan mobil kecil.

Alun-Alun Kota Bandung

Alun-Alun Kota Bandung (Foto : merdeka.com/andrian salam)

Bagi yang ingin sekadar duduk-duduk, ada kursi taman yang dinaungi pepohonan. Sebagian memilih rehat di selasar masjid sambil membaca atau mendengarkan alunan ayat suci Al-Quran. Para pelajar biasanya memilih mengunjungi menara yang mengapit masjid.

Menara utara, yang terletak di dekat Jalan Asia-Afrika, khusus dibuka pada Sabtu dan Ahad. Sedangkan menara selatan hanya dipakai dari Senin sampai Jumat. Jam bukanya dari pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Dari menara setinggi 19 lantai itu terhampar pemandangan Kota Bandung ke segala arah. Jika cuaca sedang cerah, panorama yang tersaji sangat mengesankan. Daya tampung di puncak menara adalah 70 orang. Setiap pengunjung hanya punya kesempatan selama 15 menit untuk memanjakan pandangannya.

Harga tiket untuk naik ke menara pun terjangkau kantong. Turis asing dikenai tarif Rp 5.000, pengunjung dewasa Rp 3.000, serta balita hingga SD cukup Rp 2.000. Di menara selatan rata-rata pengunjung berkisar 150-200 orang per hari.

Baca Juga : 25 Tempat Makan Enak Di Bandung Untuk Buka Puasa

3. Caringin Tilu (Cartil)

Caringin Tilu

Caringin Tilu (Foto : ydiafrune.wordpress.com)

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ngabuburit di Bandung yang asik bernuansa alam, bisa pergi ke Caringin Tilu. Caringin Tilu adalah nama area yang terletak di Padasuka, tepat di dekat Saung Angklung Udjo. Di sinilah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan Bandung dari ketinggian.

Siang menjelang sore, bertolaklah ke arah Terminal Cicaheum lalu Padasuka. Sepanjang jalan menuju Caringin Tilu, Anda akan disuguhi pemandangan hutan yang menyegarkan mata. Pepohonan tinggi mendominasi pandangan, sangat fotogenik!

Waktu berbuka tak akan terasa karena begitu sampai di Caringin Tilu, Anda akan disuguhi pemandangan Bandung dari ketinggian. Ini adalah salah satu spot terbaik untuk melihat sunset. Pergantian warna langit dan semburat senja menjadi suguhan alam sebelum adzan maghrib berkumandang. Subhanallah!

4. Taman Ir H Juanda (Tahura)

Taman Ir H Juanda

Taman Ir H Juanda (Foto : bandung.panduanwisata.id)

Tak kalah dengan Surabaya yang punya aneka taman untuk tempat ngabuburit yang asyik, Bandung juga punya. Datang saja ke Taman Ir H Juanda (Tahura) yang terletak di dekat Terminal Dago, Bandung. Taman kota ini cocok untuk jalan santai dan menikmati sejuknya udara Kota Kembang. Cocok juga untuk tempat ngabuburit di Bandung yang enak karena udara yang sejuk dan rindang.

Taman ini membentang dari Dago Pakar hingga Maribaya Lembang. Ajak keluarga atau teman-teman menyusuri jalan setapak, mengunjungi air terjun, atau kalau berani, masuk ke dalam Gua Jepang dan Gua Belanda. Banyak spot foto keren, waktu berpuasa tak akan terasa lama!

5. Lapangan Gasibu & Gedung Sate

Taman Gedung Sate

Taman Gedung Sate (Foto : skyscrapercity.com)

Seperti halnya kawasan Kota Tua yang menjadi tempat ngabuburit di Jakarta favorit anak muda, Lapangan Gasibu & Gedung Sate juga merupakan salah satu tempat ngabuburit di Bandung yang terkenal dan populer dikalangan anak muda. Di lapangan Gasibu, yang berada di seberang Gedung Sate, anak-anak muda biasanya suka berkumpul hingga ke utara, yakni Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Jika tak hujan, mereka kerap duduk-duduk di tangga lapangan Gasibu dan monumen atau menonton aksi ketangkasan bersepeda motor. Begitu waktu berbuka tiba, mereka akan menyebar ke beberapa lokasi wisata kuliner, seperti di Jalan Cisangkuy hingga Cimandiri sampai sekitar Jalan Dipati Ukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>