Home » Wisata Asia » 36 Restoran Dan Tempat Makan Enak Di Bandung Recommended

36 Restoran Dan Tempat Makan Enak Di Bandung Recommended

Tempat Makan Enak Di Bandung – Anda sedang mencari restoran dan tempat makan enak di Bandung yang nyaman, asik, dan keren? Simak daftar rumah makan paling enak yang maknyus menggoyang lidah berikut. Kota wisata yang satu ini memang terkenal sebagai surga kuliner enak. Dari harga yang murah sampai super mahal pun ada disini, dari makanan khas sampai western pun ada, lengkap deh pokoknya.

Rekomendasi warung makan yang Aneka Wisata susun ini, tak hanya berlokasi di Kota Bandung, tetapi meliputi beberapa daerah di sekitarnya seperti Lembang, Bandung Utara, Timur, Barat, dan mungkin kawasan Selatan.

Soal harga, boleh dibilang restoran enak yang ada di daftar ini mungkin agak lumayan mahal. Tapi tentu saja sebanding dengan tempatnya yang nyaman dan asyik untuk menikmati kuliner khas Bandung dan menu makanan lainnya.

Namun, bagi wisatawan yang sedang mencari tempat makan enak dan murah di Bandung tak usah kuatir. Saya sisipkan juga beberapa restoran atau resto dengan tarif harga yang relatif murah, tidak terlalu menguras kantong Anda.

Oya, bagi yang muslim jangan lupa pilih makanan yang halal ya! Karena mungkin ada beberapa tempat makan berikut yang menyajikan menu non halal. Satu lagi, ada beberapa rumah makan yang dapat dijadikan sebagai tempat nongkrong bagi anak muda. Yuk, simak review singkat aneka restoran dan tempat makan enak di Bandung yang rekomended berikut.

Daftar Restoran Dan Tempat Makan Enak Di Bandung Yang Recommended

1. Kampung Daun

Kampung Daun salah satu tempat wisata di Bandung yang paling populer (Image : kuliner.panduanwisata.id)

Kampung Daun salah satu tempat makan enak di Bandung yang romantis (Image : kuliner.panduanwisata.id)

Kita awali tempat makan enak di Bandung dengan mengulas Kampung Daun. Kampung Daun merupakan restoran di Bandung yang unik. Pada saat tiba di lokasi, Anda akan langsung memasuki dunia yang berbeda, yaitu dunia dengan suasana pedesaan yang nyaman. Selain suasana tradisional, Kampung Daun juga menawarkan masakan khas Indonesia sehingga sangat cocok sekali dengan suasana yang ada.

Selain suasana pedesaan yang menenangkan jiwa, tempat makan yang terletak di Jalan Sersan Bajuri ini juga menawarkan suasana romantis pada malam hari dengan pencahayaan yang pintar. Makanan yang dapat dipesan di restoran ini di antaranya: surabi, batagor, nasi liwet, gurame bakar, nasi timbel, bebek bakar, nasi goreng, sop buntut, nasi bakar, sampai dengan steak, iga bakar, dan es krim.

2. Sapu Lidi

Sapu Lidi adalah salah satu tempat wisata di Lembang khusus kuliner dan penginapan yang paling populer (Foto : flickr.com)

Sapu Lidi adalah salah satu tempat makan enak di Lembang Bandung (Foto : flickr.com)

Sapu Lidi termasuk salah satu tempat makan enak di Lembang Bandung. Selain penginapan, Sapu Lidi juga menawarkan pengalaman makan dengan suasana pedesaan yang asri dan sejuk. Dengan tempat makan berupa saung di dekat sawah, Sapu Lidi menawarkan berbagai jenis masakan Sunda, Indonesia, sampai dengan masakan ala Eropa.

Bagi Anda yang menginginkan resto atau restoran yang menyajikan suasana alam persawahan, maka Sapu Lidi lah tempatnya. Anda bisa menikmati aneka kuliner khas Bandung dengan nyaman dan asri. Asik dan recommended buat sobat traveler yang bosan dengan suasana kota.

3. Paskal Food Market

Paskal Food Market Bandung

Paskal Food Market Bandung (Foto : 2bagsandapack.com)

Tempat makan enak di Bandung yang satu ini berlokasi di area Pasir Kaliki, dekat stasiun Bandung. Paskal Food Market mempunyai lebih dari 100 penjual makanan, mulai dari makanan khas Bandung, sampai dengan makanan internasional seperti makanan Jepang dan Korea. Dengan konsep ruangan terbuka, Anda akan dimanjakan oleh udara sejuk kota Bandung ditemani dengan makanan hangat yang nikmat.

Cukup dengan bermodalkan 10.000 Rupiah, Anda sudah bisa menikmati makanan enak yang ditawarkan di Paskal Food Market. Karena harga makanannya yang tidak mahal, Paskal Food Market sering kali dikunjungi oleh pelajar dan anak muda sebagai tempat nongkrong. Tak heran jika Paskal Food Market masuk dalam daftar tempat makan enak di Bandung yang murah.

Selain itu, tempat kuliner Bandung ini juga dilengkapi dengan kolam keberuntungan dan suasana romantis dengan lampu dan obor yang dibuat sedemikian rupa. Namun, bagi Anda yang muslim wajib berhati-hati dalam memilih makanan, karena menurut info yang saya terima, tidak semua makanan disini halal.

4. Maja House Bandung

Maja House Bandung

Maja House Bandung (Foto : hungry-doctor.blogspot.com)

Maja House adalah restoran enak di Bandung yang paling disukai warga Jakarta dan sekitarnya. Selain makanan yang nikmat, restoran yang cocok untuk makan siang dan makan malam ini menawarkan keindahan alam Bandung yang sejuk dan indah dipandang mata.

Restoran yang satu lokasi dengan hotel Stevie G ini tidak hanya menyediakan tempat duduk saja untuk makan, melainkan juga kasur dan selimut untuk mereka yang tidak tahan dengan dinginnya Lembang. Pas banget buat tempat nongkrong di Bandung yang asik bersama sahabat maupun keluarga. Menu rekomendasi restoran yang beralamat di Jalan Sersan Bajuri nomor 72 ini adalah spaghetti dan steak.

5. The Valley Bistro Cafe

The Valley Bistro Cafe

Salah satu menu makanan di The Valley Bistro Cafe (Foto : thevalleybandung.com)

The Valley Bistro Cafe yang berlokasi di kawasan Dago adalah tempat makan yang romantis di Bandung. Dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah, dilengkapi dengan penerangan berupa obor dan lilin pada malam hari, menjadikan restoran ini menjadi salah satu favorit pasangan muda yang ingin mengisi perut.

Perlu diingat bahwa tidak ada kendaraan umum yang menuju The Valley Bistro Cafe, sehingga Anda harus menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi. Harga makanan di The Valley Bistro Cafe bisa mencapai 100.000 Rupiah per porsi. Namun, bagi Anda yang menginginkan restoran dengan suasana romantis dan nyaman, tentu soal harga bukan masalah.

6. Rumah Sosis

Rumah Sosis

Salah satu menu makanan di Rumah Sosis (Foto : jacksbayeleuthera.net)

Nah, kalau Anda sedang mencari tempat makan enak di Bandung untuk anak dan keluarga, maka Rumah Sosislah tempatnya. Dengan konsep “eat, swim, play”, Rumah Sosis menawarkan sebuah tempat yang sangat cocok untuk hiburan keluarga, terutama untuk keluarga yang mempunyai anak kecil. Jadi, kalau Anda sedang mencari tempat wisata di Bandung untuk anak maka Rumah Sosis adalah pilihan yang tepat.

Sesuai dengan namanya, menu utama di Rumah Sosis adalah berbagai jenis makanan dengan bahan utama sosis. Sosis yang ditawarkan juga sangat beragam, ada sosis ayam, sapi, ikan, ada yang besar, dan juga ada yang kecil. Bagi yang tidak ingin makan sosis, tidak perlu kuatir karena restoran ini juga menyediakan menu lain seperti nasi goreng, nasi liwet, chicken katsu, dan lain-lain.

Selain menyajikan makanan yang enak, Rumah Sosis juga mempunyai banyak wahana permainan yang menyenangkan, misalnya mini golf, perahu sosis, kolam renang, lorong sesat, dan lain-lain. Wahana permainan ini tidaklah gratis dan mempunyai harga yang berbeda-beda.

7. Congo Cafe and Gallery

Congo Cafe and Gallery

Congo Cafe and Gallery (Foto : indonesia.tripcanvas.co)

Congo Cafe and Gallery termasuk salah satu restoran atau tempat makan enak di Bandung yang romantis. Cafe ini menyajikan sebuah gallery kayu yang pas banget buat para pecinta seni. Kayu-kayu yang dipamerkan adalah kayu-kayu berkualitas tinggi seperti kayu jati.

Anda dapat melihat meja kayu berukuran besar, bengkel pemotongan kayu, dan juga ukiran yang dipajang. Di Congo Cafe and Gallery, Anda dapat menikmati pemandangan kota Bandung di tengah udara yang sejuk (cukup dingin bahkan di malam hari). Di malam hari, suasananya akan menjadi lebih romantis berkat penerangan lampu yang temaram.

Selain suasana yang romantis, Congo Cafe and Gallery menyajikan menu steak dan asian fushion, termasuk hidangan tradisional Indonesia seperti sop buntut dan ayam kremes. Oh, ya, kopi di sini juga mantap! Alamat dan lokasi Congo Cafe and Gallery terletak di Jl Rancakendal Luhur 8, Bandung, lengkap dengan area parkir yang luas.

8. Pino Pizza

Pino Pizza Bandung

Pino Pizza (Foto : bandung.panduanwisata.id)

Berlokasi di Jalan Buah Batu, Pino Pizza menjual pizza, salad, dan pasta dengan harga yang bersaing dibanding dengan restoran pizza lain. Pizza yang ditawarkan di sini cukup beragam dengan harga mulai dari 45.000 Rupiah. Yang paling menarik adalah menu pizza manis yang hanya ditawarkan di Pino Pizza saja. Apa itu pizza manis?

Pizza manis adalah pizza yang topping-nya tidak berupa daging atau sayur, melainkan berupa topping manis, seperti apel dan pisang. Selain pizza, Pino Pizza juga menawarkan tuna salad, pasta carbonara, pasta aglio olio, oreo latte, dan lain-lain. Tempat ini

9. Cie Rasa Loom Buah Batu

Cie Rasa Loom Buah Batu

Salah satu menu makanan di Cie Rasa Loom Buah Batu (Foto : ceritaperut.com)

Berlokasi di Jalan Terusan Buah Batu, Cie Rasa Loom adalah restoran enak di Bandung yang mempunyai menu andalan berupa mie Aceh. Restoran yang buka 24 jam ini didominasi oleh warna merah dan mempunyai 2 lantai dengan penerangan berupa lampu kuning.

Restoran ini dimiliki oleh orang Aceh yang pandai memasak sehingga tidak perlu diragukan lagi rasanya. Nama “Cie Rasa Loom” juga mempunyai arti sendiri yaitu “coba rasakan lagi”. Cie Rasa Loom Buah Batu bisa menjadi salah satu alternatif tempat makan di bandung yang enak dan murah.

10. Iga Bakar Si Jangkung

Iga Bakar Si Jangkung

Iga Bakar Si Jangkung (Foto : infobdg.com)

Sudah pernah dengar yang namanya Iga Bakar Si Jangkung? Tempat makan enak murah di Bandung ini dinamakan demikian karena pemiliknya mempunyai tinggi badan yang jangkung (tinggi). Berlokasi di Jalan Cipaganti, warung iga tenda ini menawarkan iga yang tidak biasa.

Apa yang membuatnya tidak biasa? Bila sebagian besar restoran iga akan menyajikan iga bakar dengan tulangnya, di Iga Bakar Si Jangkung Anda tidak akan menemukan tulang. Disajikan dengan nasi hangat dan ditaburi dengan 3 pilihan taburan berupa bawang merah, cabe rawit, atau tomat, iga sapi bakar di Iga Bakar Si Jangkung sangatlah lezat.

Dengan rasa daging yang manis dan gurih, rahasia dari Iga Bakar Si Jangkung adalah dagingnya yang direbus selama 3 jam dan kemudian dipanggang dan dipanaskan dengan wajan tanah liat. Pecinta iga bakar wajib mencoba iga bakar yang satu ini.

11. Nasi Kalong

Nasi Kalong

Nasi Kalong (Foto : kompasiana.com)

Nasi Kalong merupakan salah satu makanan enak dan murah di Bandung yang terkenal dan lagi hits atau naik daun. Sesuai dengan namanya, Nasi Kalong yang berlokasi di Jalan RE Martadinata ini buka mulai dari jam 7 malam sampai dengan dini hari. Sangat cocok untuk wisata kuliner di Bandung malam hari.

Tidak perlu takut datang ke tempat makan enak di Bandung murah ini pada malam hari, karena tempat ini sangatlah ramai dengan pengunjung yang kelaparan, jangan heran bila melihat antrian yang mengular.

Menu andalan yang paling disukai di sini adalah nasi berwarna hitam dilengkapi dengan lebih dari 20 jenis lauk yang dapat dipilih sendiri seperti tahu goreng, ayam goreng madu, tumis buncis bakar, dan lain-lain.

Nasi hitam yang disediakan sebenarnya adalah nasi merah yang dimasak dengan kluwek, ditambah dengan cabai, bawang merah, kepala parut goreng, daun salam, dan bumbu lainnya. BIla tidak ingin makan nasi ini, tidak perlu kuatir karena tersedia juga nasi putih.

12. Roemah Nenek Resto Cafe

Roemah-Nenek-Bandung

Roemah Nenek Resto Cafe adalah tempat makan di Bandung yang cukup populer. Menyajikan berbagai jenis masakan seperti chicken taragon, nasi lidah jamur, pizza bakar, pasta, sampai dengan masakan lokal.

Suasana restoran ini cukup nyaman dengan nuansa rumah klasik dan udara yang sejuk khas Bandung. Cocok untuk tempat buka puasa di Bandung bersama keluarga. Restoran yang beralamat di Jalan Taman Cibeunying Selatan nomor 47 ini juga dilengkapi dengan internet gratis untuk semua pelanggan Roemah Nenek Resto Cafe.

13. Raja Rasa

Ilustrasi menu di resto Raja Rasa, salah satu tempat makan enak di Bandung untuk buka puasa (Foto : rajarasa.com)

Ilustrasi menu di resto Raja Rasa, salah satu tempat makan enak di Bandung (Foto : rajarasa.com)

Raja Rasa yang berlokasi di Jalan Setra Ria, Bandung adalah sebuah restoran seafood dan sunda yang mempunyai suasana tenang dan asri serta penuh dengan citarasa seni. Buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai dengan jam 10 malam.

Raja Rasa menawarkan berbagai menu andalan seperti kangkung hotplate, udang saos keraton, gurame bakar jimbaran, cumi goreng, krapu saus kecap, sup kepiting, kerang hijau pedas, sop iga, sampai dengan ayam bakar. Selain menu perorangan, restoran yang terletak di depan Mall Setra Sari ini juga menawarkan paket makanan yang dapat dimakan

14. The Peak

The Peak

The Peak (Foto : liburmulu.com)

Berjarak sekitar 40 menit perjalanan dari pusat kota Bandung, The Peak adalah sebuah restoran di Bandung yang tidak hanya menawarkan makanan enak, melainkan juga menawarkan pemandangan kota Bandung yang sangat indah.

Berlokasi di ketinggian lebih dari 1200 meter, tepatnya di Jalan Desa Karyawangi, The Peak menawarkan menu masakan barat dan lokal dengan harga mulai dari 20.000 Rupiah sampai dengan lebih dari 500.000 Rupiah.

Menu paling oke di restoran enak ini adalah steak, steak yang ditawarkan ada bermacam-macam, mulai dari sirloin, tenderloin, rib eye, sampai dengan steak kobe. Tempat makan ini sangat cocok untuk menikmati pemandangan kota Bandung dengan cara yang romantis dan mengenyangkan.

15. Atmosphere Resort Cafe

Atmosphere Resort Cafe

Atmosphere Resort Cafe (Foto : atmosphere.co.id)

Berlokasi di tengah kota Bandung, Atmosphere Resort Cafe menawarkan pengalaman makan masakan khas Eropa, namun dengan tempat duduk lesehan. Bila Anda tidak ingin duduk lesehan, tidak perlu kuatir karena restoran enak di Bandung yang berkapasitas 650 orang ini juga mempunyai meja dan kursi seperti biasa.

Selain itu, terdapat juga gazebo ala Bali yang dapat Anda gunakan untuk makan bersama keluarga. Di sekitar gazebo ini Anda akan melihat banyak kolam ikan yang semakin menambah kenyamanan. Menu Atmosphere Resort Cafe yang paling favorit adalah steak.

16. Dancing Crab Bandung

Dancing Crab Bandung

Ilustrasi Menu Seafood di Dancing Crab Bandung (Foto : burhanabe.com)

Anda penggemar seafood? Jangan kuatir, meskipun tak punya laut, Bandung tetap punya tempat makan seafood enak yang recommended yaitu Dancing Crab Bandung. Dancing Crab merupakan tempat makan enak di Bandung yang relatif baru dengan menu utama berbagai macam seafood. Disini, pengunjung bisa menikmati sajian seafood yang lezat dan berbeda dari tempat makan seafood lainnya.

Di Dancing Crab, pengunjung bisa menikmati hidangan seafood langsung dari atas meja tanpa dialasi dengan piring. Di tempat ini, pengunjung tidak perlu menggunakan sendok, garpu, atau pisau sebagai alat makannya. Pengunjung bisa makan langsung dengan menggunakan tangan yang tentunya sangat mengasyikan.

Berlokasi di Jl. Sumatera No. 21 Bandung, tepatnya di tempat makan yang dulunya bernama Origin, Dancing Crab muncul dengan inovasi baru dalam penyajian menu yang disediakannya. Dengan interior yang ciamik ditambah dengan tempatnya yang cukup luas, membuat siapa saja tidak pernah menyesal setelah berkunjung ke tempat ini.

Untuk menu main course, Dancing Crab menyediakan menu Dancing Crab Seafood Combos. Disini, pengunjung bisa memilih lobster yang bisa dimix (dicampur) dengan sosis, udang, kerang, dan aneka macam seafood lainnya. Berbagai menu yang tersedia di Dancing Crab ini berkisar antara Rp 288.000 hingga Rp 1.288.000.

17. RM Ampera

RM Ampera

RM Ampera (Foto : liburanmurah.info)

Anda pecinta masakan Sunda? Kalau iya, wajib datang ke warung makan yang satu ini. Rumah Makan Ampera termasuk salah satu restoran Sunda yang terkenal dan bertahan hingga kini serta telah mengalami perkembangan yang pesat. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya cabang RM Ampera di berbagai sudut kota Bandung dan kota-kota lain di Indonesia.

Salah satu cabang Rumah Makan Ampera Bandung terletak di Jalan Soekarno Hatta by pass Metro Margahayu No. 735. Tempat makan enak di Bandung ini menawarkan berbagai macam hidangan Sunda seperti aneka macam pepesan yang disertai dengan berbagai lalapan dan tak lupa sambal terasi yang pedas dan nikmat.

Suasana interior dan dekorasi Rumah Makan Ampera Bandung ini juga disesuaikan dengan hidangan yang dijualnya. Alias di dekorasi dengan nuansa dan konsep khas Sunda. Sehingga sangat terasa lingkungan Sunda-nya. Untuk patokan harganya juga cukup murah terjangkau dan sesuai dengan hidangan yang disajikan.

18. Warung Salse

Tempat nongkrong di Bandung Warung Salse (Foto : roi-radio.com)

Tempat makan enak di Bandung Warung Salse (Foto : roi-radio.com)

Meski namanya warung, Anda jangan skeptis dulu ya! Warung Salse merupakan salah satu restoran dan tempat makan enak di Bandung yang keren se-Bandung Raya. Warung Salse punya design bangunan super unik, berbentuk setengah limas yang dikelilingi oleh jendela kaca dengan pemandangan hijau. Benar-benar artistik dan super keren deh.

Warung Salse terdiri dari 2 lantai, jadi dari lantai utama kita bisa turun tangga ke lantai bawah. Jika di lantai utama dikelilingi jendela kaca, maka di lantai bawah kita bisa duduk santai di sofa empuk sambil menikmati ruang terbuka dengan udara segar dan sejuk khas Dago atas. Mau duduk di lantai atas atau di lantai bawah sama-sama asik, tinggal pilih aja yang Anda suka!

Warung Salse merupakan pilihan tepat untuk makan sambil relaksasi menikmati hidup dengan pepohonan hijau di sekeliling restaurant. Anda bisa bersantai sambil menikmati breakfast, lunch atau dinner di sini. Walaupun punya tempat yang keren banget, tapi harga menu makanan di Warung Salse cukup murah terjangkau.

Misalnya saja menu khusus Sarapan Pagi, seperti: Bubur Asap (Original atau Tuna Pedas), Lontong Kari, Kupat Tahu dan aneka Nasi Goreng, seperti Nasi Goreng Kambing, Rendang, Mawut dan TekTek Cawit. Harga menu sarapan berkisar dari 25-38 ribu.

19. Lawang Wangi Cafe & Art Space

Lawangwangi Creative Space Cafe adalah salah satu tempat makan enak di Bandung untuk buka puasa yang menawarkan galery seni dan view outdoor yang menarik (Foto : eshtravaganza.com)

Lawangwangi Creative Space Cafe adalah salah satu tempat makan enak di Bandung yang menawarkan galery seni dan view outdoor yang menarik (Foto : eshtravaganza.com)

Selain Warung Salse, ada satu lagi tempat makan enak di Bandung yang unik dan asyik, yaitu Lawang Wangi Cafe & Art Space yang terletak di Jalan Dago Giri No. 99 Bandung, Jawa Barat. Inilah resto yang menawarkan tempat makan sekaligus juga galeri karya seni dari kalangan seniman kenamaan.

Desainnya sangat memikat dan mendapatkan sambutan yang lumayan antusias dari pelbagai lapisan masyarakat terutama kaum muda dan pecinta seni. Disini Anda bisa menyantap makanan yang dipesan dibarengi dengan kesempatan untuk melihat-lihat aneka karya seni yang dihasilkan.

Lawangwangi Creative Space ini menawarkan sejumlah sajian lezat dan lengkap mulai dari nasi goreng, salad, soup, spaghetti sampai beraneka macam menu steak. Berbagai minuman juga disajikan disini mulai dari chocolate, kopi, mocktail sampai bajigur. Harganya berbanderol antara Rp 15.000 sampai Rp 65.000 saja.

20. HDL Seafood Bandung

HDL 293 adalah salah satu tempat makan enak di Bandung untuk buka puasa yang pas buat Anda penggemar seafood atau makanan laut (Foto : espresso-me.blogspot.com)

HDL 293 adalah salah satu tempat makan enak di Bandung yang pas buat Anda penggemar seafood atau makanan laut (Foto : espresso-me.blogspot.com)

Satu lagi rumah makan enak di Bandung dengan menu andalan seafood. Di Bandung sendiri telah banyak tempat yang menjajakan menu serupa, baik yang berupa restoran, rumah makan sederhana, hingga warung tenda pinggir jalan. Materi atau bahan yang diolah pada dasarnya sama, yang membedakan tentu saja cara mengolah dan citarasanya.

Rumah makan HDL Bandung, atau yang memiliki nama lengkap HDL 293 ini, berdiri di jalan Cilaki no 36, Bandung, Jawa Barat Indonesia. Letaknya berada tepat di persimpangan Jalan Ciliwung. Dengan demikian, tempat ini bisa dituju melalui jalan Cilaki melalui jalan di samping Gedung Sate Bandung. atau melalui jalan Ciliwung di seberang gedung PUSDAI.

Beberapa bahan yang diolah di tempat ini antara lain, cumi-cumi, kerang, udang, krapu, kakap dan sebagainya. Menu tersebut memang banyak didapat di tempat lain, satu hal yang membuatnya beda adalah bumbunya yang spesial dan menggunakan bahan yang segar.

Warung seafood ini, bukan hanya terkenal karena lokasinya yang strategis, tetapi juga karena harganya yang relatif murah. Rentang harga yang dipatok di tempat ini berkisar antara Rp. 20. 000 hingga harga tertinggi sebesar 500 ribu rupiaan untuk menu lobster. Rentang harga tersebut, memang harga yang cukup murah untuk menu seafood.

21. Stone Cafe

Stone Cafe Bandung

Stone Cafe Bandung (Foto : indonesia.tripcanvas.co)

Stone Café berlokasi di Jl. Rancakendal Luhur No.5, Dago Pakar, Bandung. Restoran enak di Bandung ini memadukan konsep eropa klasik dan pedesaan. Bangunan utamanya yang terdiri dari tiga lantai didesain dengan gaya Eropa klasik. Sementara di area outdoor-nya, Anda akan merasa sedang berada di pedesaan.

Di area outdoor-nya, Anda dapat bersantap di saung-saung beratap ijuk sembari menikmati gemericik air yang jatuh di bebatuan. Batu kali memang menjadi penghias utama café ini. Tak heran bila tempat makan enak ini dinamakan stone café. Stone Café menyajikan menu western dan tradisional. Salah satu menu yang bisa Anda coba adalah nasi raos.

22. Cafe Burangrang, Dusun Bambu

Cafe Burangrang

Cafe Burangrang (Foto : myfunfoodiary.com)

Cafe Burangrang adalah salah satu tempat makan enak yang berada satu lokasi dengan objek wisata baru di Bandung yang bernama Dusun Bambu. Restoran dan cafe ini menyuguhkan konsep design green architecture yang cantik dan memili area yang luas.

Cafe Burangrang yang beroperasi sepanjang 24 jam mendatangkan situasi gemerlap lampu kota Bandung di saat malam, serta sejuknya panorama gunung-gunung yang melingkari Dusun Bambu di siang hari. Cafe ini dapat sediakan selimut untuk beberapa pengunjung yang tengah menanti pesanan atau yang tengah bersantap.

Dengan kemampuan kira-kira lebih 600 orang, Cafe Burangrang jadi pusat pertemuan yang dapat menampung kegiatan sosial anda baik dari arisan, perkumpulan keluarga, pertemuan kantor atau cuma bersantai ria. Cafe Burangrang jg mempunyai ruangan VIP yang bisa disewa untuk grup atau keluarga besar.

Anda bisa menikmati makan pagi, makan siang serta makan malam di Cafe Burangrang dengan mencoba menu favorit seperti Nasi Ayam Bakar Betutu serta Nasi Timbel Burangrang. Anda juga bisa mencoba menu western di restoran ini seperti salad, appetizer, main course, dan pasta.

23. Rumah Stroberi

Rumah-Strawberry-Bandung

Rumah Stroberi adalah salah satu tempat makan enak di Bandung yang cocok untuk keluarga (Foto : liburananak.com)

Rumah Stoberi adalah sebuah café dan penginapan yang dilengkapi dengan perkebunan Strawberry, playground, outbound. Tempat makan enak di Bandung ini sangat enak untuk bersantai terlebih jika cuaca tidak panas.

Udara sejuk, pemandangan bagus, tempat bermain anak yang sangat disukai anak-anak, makanan enak dengan harga terjangkau serta tersedia mushola yang layak adalah beberapa hal yg menjadikan Rumah Stroberi sebagai salah satu tempat favorit bagi para wisatawan di kota Bandung.

Lokasi Rumah Stroberi adalah di jalan Sersan Bajuri, masuk dari dekat terminal ledeng, dan arah jalannya kurang lebih sama dengan ke Sapulidi ataupun The Peak. Untuk masuk ke tempat ini, tidak dipungut biaya, hanya parkir dikenakan Rp 2.000 untuk kendaraan pribadi.

Para tamu resto pun dapat memilih suasana untuk tempat duduk mereka, mulai dari tempat duduk bernuansa Oriental, Koboi, Klasik sampai Tradisional Sunda (saung lesehan). Yang menjadi menu favorit di restoran yang bernuansa alami ini diantaranya adalah Nasi Liwet, Sop Buntut, Juice Straberry (tanpa tambahan susu), Pisang Goreng Strawberry dan Fresh Strawberry Dessert (Strawberry Celup Coklat Cair).

24. Warung Nasi Ibu Imas

Warung Nasi Bu Imas

Warung Nasi Bu Imas (Foto : disgiovery.com)

Anda penggemar makanan pedas? Jika iya, jangan lupa mampir ke warung nasi Ibu Imas yang salah satu cabangnya terletak di jalan Balong Gede No. 38, Bandung. Warung nasi Ibu Imas terkenal akan kelezatan ayam bakar dan sambelnya yang pedas luar biasa. Tak heran warung ini menjadi salah satu spot tempat makan enak di Bandung favorit wisatawan dan warga Bandung, khususnya pecinta sambal.

Seperti rumah makan Sunda pada umumnya, ada banyak pilihan lauk yang bisa dipilih sendiri seperti ayam, lele, jeroan, tahu, tempe, karedok, gepuk, aneka pepes, sop kikil, sayur asem, dll. Direkomendasikan untuk memesan ayam bakar karena itulah salah satu menu andalannya. Range harga cukup murah meriah sekitar Rp. 3.000 – Rp. 35.000,-.

Namun primadona sebenarnya dari warung nasi Ibu Imas adalah sambelnya! Cuma Bi Imas yang bisa bikin pengunjungnya berlinang airmata. Alias menangis kepedasan! Mau dibilang sambel setan atau sambel neraka, yang jelas si sambel inilah yang jadi magnet pengunjung di tempat ini. Ada dua jenis sambel yang ditawarkan: sambel leunca dan sambel dadakan.

25. Warung Sate Sidareja Pak Gino

Warung Sate Sidareja Pak Gino

Warung Sate Sidareja Pak Gino (Foto : gembulisme.wordpress.com)

Bagi Anda penggemar sate, pastikan Anda berkunjung ke warung sate yang satu ini. Warung Sate Sidareja Pak Gino adalah tempat makan sate kambing yang paling enak dan terkenal di kalangan para pecinta kuliner yang datang ke Bandung. Dagingnya empuk dapat membuat yang memakannya akan ketagihan untuk mencobanya lagi.

Selain sate kambing, di rumah makan enak ini ada berbagai makanan olahan dari kambing, sapi maupun ayam seperti sate ayam, sate sapi, sate selap gajih, sate buntel, gule kambing, tongseng kambing, dan masih banyak lagi. Untuk masalah harga, warung sate Pak Gino agak lumayan mahal. Namun tidak usah kecewa, harga yang ditawarkan sepadan dengan rasa makanan yang didapat.

Ada beberapa lokasi dan alamat Warung Sate Sidareja Pak Gino, namun tentu kurang afdol kalau tidak makan di tempat aslinya di Jalan Sunda No. 76, Bandung. Setelah melewati rel kereta api ada rumah makan di kanan jalan sebelum pom bensin. Nah disitu Anda akan menemukan Warung Sate Sidareja Pak Gino, salah satu tempat makan enak di Bandung bagi pecinta kuliner sate.

26. Sierra Café & Lounge

Sierra Café & Lounge

Sierra Café & Lounge (Foto : christophorusdanu.blogspot.co.id)

Sierra Café & Lounge terletak di Jl. Bukit Pakar Timur No. 33, Dago Coblong, Bandung. Anda tidak akan sulit untuk menemukan restoran enak ini karena posisinya terletak di pinggir jalan utama. Bangunan Sierra Café & Lounge yang didominasi kayu ini terdiri dari tiga lantai dengan dua sitting area, yaitu indoor dan outdoor.

Bila Anda ingin mendengarkan alunan musik live band, Anda bisa memilih duduk di area indoor. Namun, jika Anda ingin menikmati pemandangan kota Bandung, Anda bisa memilih duduk di area outdoor. Tempat makan enak di Bandung ini menawarkan aneka hidangan nusantara, Asian Food, dan Western Food. Sierra Café & Lounge memiliki kapasitas hingga ratusan tamu sehingga sering digunakan untuk venue wedding.

27. SKA Dapur Laut

SKA Dapur Laut Bandung

SKA Dapur Laut Bandung (Foto : kiwisata.com)

Bagi Anda yang sedang mencari rumah makan seafood enak yang murah meriah harga pas di kantong mahasiswa, datang saja ke SKA Dapur Laut. Tempat kuliner murah di Bandung ini memang berada di pinggir jalan tetapi menawarkan makanan laut (seafood) dengan cita rasa yang tidak kalah enak dari restoran mahal di Bandung.

Keunikan seafood di tempat ini terletak pada bumbu seafood bakar yang manis dan khas rempah asli Indonesia dengan tiga macam sambal, yakni sambal terasi, sambal cabai dan sambal dabu-dabu. Menu yang ditawarkan Ikan Lele, Ikan Cakalang, Ikan Baracuda, Cumi-cumi, Gurita, Ikan Bawal hingga Ikan Hiu.

SKA Dapur Laut menawarkan harga terjangkau berkisar Rp. 10.000 hingga Rp. 35.000. Murah meriah bukan?Tempat ini berada di Jalan Setiabudi samping Gokana sebelum pertigaan menuju Borma yang dibuka mulai 17.00 hingga 22.00 WIB.

28. Natural Resto & Strawberry Land

Natural Resto & Strawberry Land

Natural Resto & Strawberry Land (Foto : kulinerdago.com)

Natural Resto and Strawberry Land adalah salah satu tempat makan enak di Bandung yang berada di wilayah Lembang atau kawasan Bandung Utara. Restoran ini terletak di jalan Tangkuban Perahu No. 109, Lembang, Bandung.

Natural Resto and Strawberry Land memiliki konsep perkebunan strawberry untuk menarik pengunjung. Di Natural Resto and Strawberry Land, pengunjung dapat memetik strawberry, melihat kebun strawberry dan sebagainya. Pengunjung tidak perlu khawatir akan cuaca, karena kebun strawberry ini berada di dalam green house.

Tempat makan ini, pada dasarnya merupakan restoran sunda atau menyajikan menu-menu masakan khas Sunda. Hal itu wajar, mengingat tempat ini berada di lokasi yang memang dicanangkan sebagai objek wisata yang menonjolkan kesan kedaerahan.

Beberapa menu andalan di rumah makan ini antara lain Nasi Tutug Oncom yang terdiri dari campuran nasi dan sangrai oncom ditambah dengan lauk pauk yang lengkap seperti tahu goreng, tempe goreng, daging ayam dan tak lupa sambal dan lalapan khas Sunda.

Ada juga nasi timbel yang terdiri dari dua varian yaitu timbel biasa dan timbel komplit. Nasi timbel ini adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang, yang membedakan antara biasa dan komplit hanyalah lauk pauknya.

29. Suis Butcher

Suis Butcher

Suis Butcher disebut-sebut sebagai restoran steak enak tertua di Bandung karena sudah mulai beroperasi sejak awal tahun 90-an. Alamat dan lokasi tempat makan enak ini ada di Jl. Setiabudi, Jl. RE Martadinata, dan juga di food court TSM.

Menu yang disajikan antara lain Tenderloin Steak, Sirloin Steak, Chicken Steak, Rib Barbeque, Beef Cordon Bleu, Beef Schnitzel, Salsom, dan masih banyak lagi. Harganya pun terbilang relative murah. Sepiring Beef Tenderloin Steak dibandrol dengan harga 49.ooo saja.

30. Kambing Bakar Cairo

Kambing Bakar Cairo

Kambing Bakar Cairo (Foto : qraved.com)

Anda pecinta daging kambing? Kalau iya, jangan sampai melewatkan tempat makan enak di Bandung yang bernama Kambing Bakar Cairo. Rumah makan ini berada di beberapa tempat dan salah satunya di Jalan Gegerkalong Hilir, Bandung.

Ketika memasuki areal resto ini, maka hidung Anda akan langsung mencium aroma khas daging kambing yang begitu harum menggoda. Bau harum kambing bakar tersebut secara otomatis akan membuat nafsu bersantap Anda menjadi berlipat. Disini Anda bebas memilih untuk makan daging kambing bagian mana saja, mulai dari iga, paha, sampai bagian punggungnya.

Daging kambingnya disajikan dalam keadaan masih panas diatas hotplate dengan baunya yang harum dan lezat. Tercium bau rempah-rempahnya sangat menusuk hidung karena memang daging kambing tersebut sebelum dibakar direndam dulu didalam rempah jahe, asam, merica dan lainnya sampai dagingnya lunak dan samaranya menyerap. Untuk daging kambing dengan berat 250 gram Anda harus membayar sekitar Rp 36.000

31. The Restaurant Padma Hotel

The Restaurant Padma Hotel

The Restaurant terletak di Padma Hotel, Bandung. Dengan konsep Open Kitchen, setiap tamu dapat menikmati secara langsung keahlian Chef dan timnya dalam meramu makanan yang disajikan. Restoran enak di Bandung ini terkenal dengan “Legendary Breakfast” nya karena lokasinya yang menawan tepat berada disisi perbukitan hijau dengan udara yang menawan serta pilihan menu buffet breakfast yang beragam.

Setiap tamu bisa menikmati nuansa alam sambil menikmati secangkir kopi atau teh hangat di sini. Restoran ini merupakan pilihan yang tepat bagi para tamu yang ingin mengadakan pertemuan kecil, afternoon tea/high tea gathering. Jika Anda hanya ingin melakukan relaksasi sambil menikmati alam, tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk Anda, sesuai dengan tagline restoran ini, “Experience Nature in Total Comfort”.

The Restaurant terletak di Jalan Ranca Bentang 56-58, Ciumbuleuit. Padma Hotel terletak di puncak lembah dengan pemandangan hijau serta menawarkan panorama pedesaan dan pegunungan di tanah Parahyangan. Hotel berbintang lima ini memiliki konsep menurun ke bawah. Anda dapat menikmati suasana alam langsung di setiap sudutnya.

32. Miss Bee Providore

Miss Bee Providore

Miss Bee Providore (Foto : tiptoeingworld.com)

Mencari restoran enak di Bandung yang family friendly itu susah-susah gampang, kadang playground-nya bagus tapi makanannya kurang enak atau.. makanannya enak tapi gak ada tempat bermain untuk anak atau gak ada menu yang cocok dan disukai oleh anak.

Nah, bagi Anda yang bingung, datang saja ke Miss Bee Providore di daerah Ciumbeleuit, Bandung. Kafe dan Resto di jalan Rancabentang ini memiliki halaman cukup luas di bagian depannya. Halaman luas ini pun dilengkapi dengan ayunan dari ban, ayunan kayu, papan jungkat-jungkit sampai kandang kelinci jenis Anggora! Belum masuk ke restoran-nya aja, anak-anak pasti udah teriak dan belari menuju playground dengan girangnya.

Pilihan menu yang di tawarkan oleh Miss Bee ini adalah menu Western dan Asia. Beberapa menu yang jadi favorit di kafe unik ini antara lain Egg Florentine, Egg Benedicts, Salmon Spinach Lasagna, Steak & Egg, Melted Chicken Rosti, Batella Stuffed French Toas, Salmon Alfredo, DIY Thai Steak Salad, Mix Seafood Rice, Fried Oxtail, kemudian Pasta dan Pizza-nya semua juga enak dan isiannya penuh!

33. Lisung

Lisung Bandung

Lisung Bandung (Foto : klikhotel.com)

Lisung dalam bahasa Sunda adalah alat untuk menumbuk padi. Salah satu tempat makan paling romantis di Bandung Utara ini menawarkan konsep etnik tradisional Bumi Parahyangan. Dekorasinya didominasi oleh kayu, seperti di dalam gubuk-gubuk desa. Di halamannya, Anda dapat melihat sebuah rumah panggung kecil dengan interior tradisional.

Ada juga sebuah gazebo kayu di mana pada malam hari, live band akan dipentaskan dari sana. Beberapa menu favorit di Lisung adalah nasi panggang, sop buntut, iga, dan pizza. Lisung The Dago Boutique Resto berlokasi di Jl. Bukit Pakar Timur no. 111 Dago Pakar. Tempat parkirnya tidak terlalu luas, hanya memuat sekitar 10 mobil saja.

34. BelleVue French & Italian Bistro

Belle Vue French & Italian Bistro

BelleVue French & Italian Bistro (Foto : pegipegi.com)

Restoran ini terletak di lantai 5 Grand Hotel Universal, Jl Dr Setiabudhi No 36, Bandung. Suasana romantis sekaligus elegan akan terasa saat Anda melewati lorong yang dihiasi dengan lampu-lampu kristal dengan pemandangan bukit-bukit dan kolam renang. Dengan konsep desain Victorian, Anda akan merasa sedang berada di Eropa.

Area indoor-nya lebih berkonsep fine dining, sementara area outdoor-nya berkonsep casual dining. Untuk makanannya, Anda dapat menikmati menu Prancis dan Italia. Tempat makan enak di Bandung ini juga menyediakan selimut wol, jadi Anda tak perlu khawatir kedinginan.

35. Roemah Kopi

Roemah Kopi

Roemah Kopi (Foto : awangesti.blogspot.com)

Roemah Kopi merupakan salah satu sebagai tempat ngopi enak yang paling romantis di Bandung. Roemah Kopi berlokasi di Jalan Terusan Ranca Kendal No. 9 Dago Pakar. Roemah Kopi didesain dengan gaya Indonesia klasik. Restoran ini lebih cocok untuk tempat nongkrong yang romantis.

Tempatnya didominasi perabotan kayu dan suasananya sangat artistik. Anda dapat menikmati secangkir kopi sembari menikmati pemandangan kota Bandung. Selain menu kopi, Roemah Kopi pun menyediakan berbagai menu lain, seperti hot chocolate, tea, aneka steak dan pasta, juga snack.

36. Hummingbird Restoran & Guest House

Hummingbird Eatery & Guest House

Hummingbird Eatery & Guest House (Foto : bandung.panduanwisata.id)

Hummingbird Eatery & Guest House adalah sebuah kafe dengan konsep restoran yang terletak di jalan Progo No. 14, Bandung. Makanan mereka cukup mengesankan. Mereka melayani menu sarapan lezat mulai pukul 07.00 – 11.00 wib, sedangkan camilan dan hidangan utama tersedia pukul 10.30-22.30 WIB.

Untuk sarapan, Hummingbird Restoran menyajikan Egg Benedict, Egg Society sedangkan untuk makan siang, Anda bisa mencoba Escargot in Garlic Butter, Honey-coated Beef Ribs dan Potato Croquetas.

Tempat makan enak di Bandung ini nyaman, menyenangkan, cocok untuk menghibur rekan bisnis, arisan serta untuk makan siang atau makan malam santai dengan teman atau keluarga. Setting dan desain ruang makan Hummingbird membuat suasana makan menjadi lebih santai dan nyaman.

Nah, itu dia aneka restoran dan tempat makan enak di Bandung yang recommended. Tempatnya asyik dan nyaman bukan? Apalagi makanannya, hmmm lezat, maknyus, dan menggoyang lidah tentunya. Oya, bagi sobat traveler yang punya rekomendasi restoran dan tempat makan enak di Bandung yang lainnya, bisa share melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>