Home » Wisata Asia » 18 Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Murah Dan Tahan Lama

18 Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Murah Dan Tahan Lama

Oleh-Oleh Khas Bandung – Ini dia daftar aneka oleh-oleh khas Bandung yang murah dan tahan lama. Ada berbagai jenis buah tangan yang dapat Anda bawa dari kota kembang ini, mulai dari makanan, camilan, baju, jajanan, dan sampai souvenir khas Bandung pun ada. Anda tinggal pilih mau beli oleh-oleh jenis apa dan soal harga tidak usah kuatir, hampir semuanya di banderol dengan harga yang murah meriah.

Sudah menjadi kebiasaan atau semacam tradisi, kalau habis liburan hampir setiap traveler selalu menyempatkan diri berbelanja oleh-oleh untuk keluarga, sanak saudara, teman, tetangga, atau sekedar untuk kenang-kenangan. Tak heran jika di setiap kota wisata termasuk Bandung, berjejeran aneka toko dan pusat oleh-oleh khas daerah yang terkenal.

Nah, untuk membantu Anda dalam memilih oleh-oleh khas Bandung, Aneka Wisata telah menyiapkan daftarnya dari mulai makanan khas sampai yang selain makanan juga ada. Yuk, simak daftar oleh-oleh khas Bandung yang terkenal berikut ini.

Daftar Oleh-Oleh Khas Bandung Murah Meriah, Terkenal, Dan Tahan Lama

1. Pisang Bollen Kartika Sari Bandung

Pisang Bolen Kartika Sari Bandung

Pisang Bolen Kartika Sari Bandung (Foto : angkutkoper.com)

Siapa seh yang tak kenal oleh oleh khas Bandung Kartika Sari? Toko oleh-oleh khas Bandung ini menjadi langganan dan favorit para wisatawan saat berlibur ke Bandung. Ada berbagai makanan dan camilan khas Bandung yang dapat Anda temui disini. Tapi, buah tangan yang paling terkenal adalah Pisang Bollen Kartika Sari.

Toko yang berkantor pusat di Jalan H. Akbar Nomor 4, Kebon Kawung, ini menyediakan pisang bollen lezat khas yang pastinya akan membuat Anda ketagihan. Pisang bollen ala Kartika Sari ini adalah pelopor pisang bollen di Bandung dan telah lama menjadi oleh-oleh wajib jika berkunjung ke Kota Kembang ini.

Pisang bollen ini populer sejak tahun 1970an dan sampai saat ini masih menggunakan resep asli turun termurun, sehingga cita rasanya dijamin tak berubah. Beragam varian rasa bisa Anda temukan di sini mulai dari keju, cokelat sampai durian. Soal harga tak usah kuatir, masih cukup terjangkau kok.

Selain itu, masih ada aneka pastry dan kue-kue lezat lainnya seperti pastel, risoles, kroket, brownies kukus rainbow dan juga bagelen. Saat ini, Kartika Sari membuka banyak cabang di kota Bandung, Jakarta, dan mungkin beberapa kota lainnya seperti tangerang. Namun, membeli di kota asalnya akan memberikan sensasi berbeda.

2. Oleh-Oleh Khas Bandung Primarasa : Picnic Roll

Picnic Roll Primarasa Bandung

Picnic Roll Primarasa Bandung (Foto : blog.misteraladin.com)

Pusat oleh oleh Bandung yang kedua adalah Prima Rasa Bandung. Makanan khas Bandung yang paling terkenal disini adalah Picnic Roll Prima Rasa. Picnic roll merupakan olahan daging cincang yang sudah diberi bumbu sebelumnya, dimasukkan ke kulit pastry bersama telur rebus, kemudian dipanggang sampai berwarna kecokelatan.

Rasanya? Tak perlu lah Anda meragukan kelezatannya. Picnic roll tersedia dalam dua varian yaitu daging sapi dan daging ayam yang sama-sama enak. Selain picnic roll, menu andalan lainnya di Prima Rasa adalah brownies, pudding mouse dan mousse cake.

Sampai saat ini, Prima Rasa hanya membuka cabang di kota Bandung saja. Hal ini dikarenakan kekhawatiran akan kualitas produk bisa menurun jika toko membuka cabang di kota lain.

Semua pastry dan kue Prima Rasa diproduksi dalam satu dapur yang terpusat di Jalan Kemuning untuk kemudian didistribusikan ke toko cabang lainnya termasuk yang ada di Jalan Pasirkaliki. Tak mengherankan jika kualitas rasa yang dihasilkan sama baiknya dan tak mengecewakan penikmatnya.

3. Surabi Bandung

Surabi Bandung

Surabi Bandung (Foto : adylahaquee.wordpress.com)

Surabi adalah salah satu jajanan khas Bandung yang paling terkenal. Surabi saat ini tak hanya bisa dinikmati di kota ini saja. Anda juga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Bandung murah meriah untuk keluarga tercinta.

Surabi saat ini pun tak bisa dibilang ‘makanan kampung’. Berbagai varian rasa surabi telah diciptakan, hal ini membuat surabi menjadi sajian lezat yang mengikuti perkembangan zaman.

Salah satu tempat yang menyediakan surabi sebagai oleh-oleh Bandung adalah Surabi Enhaii yang berlokasi di Jalan Setiabudi. Anda bebas memilih surabi berbagai rasa mulai dari oncom, durian keju, ayam telur keju sampai kismis.

Baca Juga : 12 Oleh-Oleh Khas Jogja Yang Paling Terkenal

4. Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung (Foto : blog.misteraladin.com)

Oleh-oleh khas Bandung murah berikutnya adalah Peuyeum. Tak sulit menemukan peuyeum di Bandung. Peuyeum atau yang umunya disebut dengan tape ini memang sudah identik dengan kota Bandung dan Jawa Barat.

Peuyeum banyak dijual di pusat oleh-oleh, salah satunya di kawasan Jalan Cihampelas. Biasanya, peuyeum ini digantung di depan kios sehingga wisatawan dengan mudah mengenali tempat yang menjual peuyeum.

Peuyeum merupakan produk olahan dari singkong. Cara pembuatannya cukup mudah. Singkong yang sudah dibersihkan kemudian direbus. Setelah itu, singkong dtaburi ragi dan disimpan di tempat tertutup.

Peuyeum sudah bisa dinikmati 2-3 hari kemudian. Peuyeum digemari warga Bandung karena mampu menimbulkan efek hangat di tubuh di tengah udara kota yang sejuk cenderung dingin. Peuyem juga termasuk oleh-oleh khas bandung yang cukup tahan lama selain camilan kering seperti keripik tempe,dan sebagainya.

5. Gepuk Nyonya Ong

Oleh-oleh khas Bandung Gepuk Nyonya Ong

Oleh-oleh khas Bandung Gepuk Nyonya Ong (Foto : anekatempatwisata.com)

Gepuk Nyonya Ong termasuk dalam daftar oleh-oleh khas Bandung yang murah sebanding dengan bahan bakunya yang berasal dari daging sapi dan ayam. Berlokasi di Jalan Dr. Djunjunan 155E, toko ini selalu dipenuhi pembeli.

Gepuk sendiri merupakan hasil olahan daging sapi yang juga populer dengan sebutan ‘empal’. Potongan daging yang telah digeprek dan ditipiskan akan dirangkai dengan lidi untuk menjaga seratnya tak hancur saat dimasak.

Tak hanya daging sapi, Gepuk Nyonya Ong juga menyediakan olahan daging ayam. Dengan kreatifitasnya, gepuk ini diolah dalam berbagai varian seperti beef original, beef salty, beef extra pedas, beef less sugar, chicken original dan chicken spicy. Begitu sampai rumah, segera siapkan sepiring nasi hangat. Gepuk Nyonya Ong sangat nikmat disantap bersama nasi dengan asap yang masih mengepul.

6. Brownies Kukus Amanda Bandung

Brownies Kukus Amanda

Brownies Kukus Amanda (Foto : bogordelivery.blogspot.com)

Sejak tahun 2000, Brownies Amanda turut meramaikan daftar oleh-oleh khas kota Bandung. Pada awal kemunculannya, Brownies Kukus Amanda menjadi sangat unik karena tidak biasanya brownies dikukus. Rasa cokelatnya yang legit, tekstur kue yang lembut, dan rasa yang tak mahal menjadi faktor pendongkrak kepopuleran Brownies Kukus Amanda.

Jika pada awalnya Brownies Kukus Amanda memulai usahanya di sebuah outlet kecil di Jalan Rancabolang No 29, Margahayu Raya, kini usahanya telah melebar hingga ke berbagai kota di Indonesia, mulai dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Jika pada awalnya Brownies Kukus Amanda hanya memiliki rasa cokelat original, maka kini sudah tersedia banyak varian, mulai dari brownies cheese cream, blueberry, choco marble, sarikaya pandan, tiramisu, banana bizz, dan lain-lain. Favorit saya pribadi adalah cheese cream. Perpaduan antara citarasa pahit manis cokelat dan gurihnya cheese cream sungguh lezat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>