Home » Wisata Asia » 14 Oleh Oleh Khas Malang Yang Murah Dan Tahan Lama

14 Oleh Oleh Khas Malang Yang Murah Dan Tahan Lama

Oleh Oleh Khas Malang – Ini dia daftar oleh-oleh khas Malang yang murah, tahan lama, dan terkenal. Liburan di Malang tentu belum lengkap kalau tanpa berburu buah tangan khas kota ini. Malang punya segudang oleh-oleh yang bisa dibawa pulang untuk orang tersayang. Mulai dari makanan khas Malang, jajanan khas Malang, kaos khas Malang, kerajinan khas Malang hingga gantungan kunci bertuliskan Malang.

Setelah Anda puas menikmati berbagai objek wisata di Malang yang bagus, saatnya Anda berburu oleh-oleh. Nah, untuk mempermudah Anda dalam berburu oleh oleh khas Malang, Aneka Wisata telah menyiapkan daftar oleh oleh khas Malang yang wajib Anda beli ketika liburan ke Malang. Apa saja kira-kira? Yuk, simak 14 oleh oleh khas Malang berikut ini.

Oleh Oleh Khas Malang Yang Murah, Tahan Lama, Terkenal, Dan Wajib Dibeli

1. Aneka Keripik Buah

Aneka Keripik Buah

Aneka Keripik Buah (Foto : anekatempatwisata.com)

Tanah yang subur membuat lahan di Malang cocok untuk budidaya buah apa pun. Panen buah yang melimpah membuat warga Malang harus putar otak agar buah masih bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama. Akhirnya, terciptalah aneka keripik buah khas kota Malang.

Beragam buah bisa dikreasikan menjadi keripik. Buah yang sebelumnya juicy dan segar, ternyata melalui proses panjang bisa jadi garing dan renyah. Beberapa keripik buah yang bisa Anda temukan di antaranya adalah keripik apel, nangka, salak, kelengkeng, rambutan dan semangka.

Keripik buah tersedia dalam beragam merek dagang. Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh dan juga kawasan tempat wisata di Malang. Aneka Keripik Buah termasuk salah satu oleh oleh khas Malang yang murah dan tahan lama.

2. Keripik Tempe

Keripik-Tempe-Malang

Keripik Tempe Malang (Foto : dewarahayu.wordpress.com)

Selain buah apel, Malang juga dikenal sebagai penghasil tempe. Anda bisa dengan mudah menemukan keripik tempe ini hampir di setiap sudut kota Malang. Ingin merasakan pengalaman membeli keripik tempe yang berbeda? Datang saja ke Kampung Sanan yang terletak di Kecamatan Belimbing.

Kampung Sanan dikenal sebagai salah satu sentra tempat oleh oleh khas Malang khususnya penghasil keripik tempe. Hampir semua warga di sini memiliki bidang usaha tak jauh dari produksi keripik tempe mulai dari pemasok tempe, pengiris tempe sampai pembungkus keripik tempe.

3. Malang Strudel

Malang-Strudel

Malang Strudel (Foto : twitter.com)

Strudel adalah kue berlapis, yang terbuat dari pastry dan di isi berbagai buah-buahan. Kue ini adalah oleh-oleh khas Malang terbaru. Resmi dibuka akhir 2014, Malang Strudel menyediakan Strudel berbagai varian rasa. Strudel sendiri merupakan pastry atau kue berlapis dengan isi aneka buah. Di sini, selain menemukan Strudel isi apel, Anda juga bisa menemukan strudle dengan varian lain seperti stroberi, mix fruit, pisang dan nanas.

Penasaran dengan rasa oleh-oleh baru khas Malang ini? Langsung saja datang ke Malang Strudel yang berlokasi di Jalan Ardimulyo Nomor 14, Singosari. Dan perlu Anda ingat, Malang Strudel hanya bisa dibeli di kota Malang, benar-benar oleh oleh khas Malang yang tidak dijual di kota lainnya.

Baca Juga : 20 Tempat Wisata Kuliner Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

4. Apel

Apel-Malang

Apel Malang (Foto : pinterest.com)

Liburan ke kota Apel, rasanya tentu kurang lengkap jika belum membawa oleh-oleh berupa buah apel. Tak mengherankan jika buah yang satu ini pun selalu menjadi primadona oleh oleh khas Malang. Terdapat dua jenis apel di kota ini yang populer yaitu apel manalagi dan apel ana.

Apel manalagi berbentuk bulat dengan warna hijau dan rasanya manis segar. Hal ini berbeda dengan apel ana yang berbentuk sedikit lonjong dengan semburat warna merah dan rasanya lebih asam. Buah apel sangat mudah sekali ditemui di Malang. Anda bisa membelinya di kawasan agrowisata, pasar dan juga pedagang buah pinggir jalan. Jangan lupa menawar agar bisa mendapat harga yang lebih terjangkau ya.

5. Sari Apel

Sari Apel Malang

Sari Apel Malang (Foto : richardsmile.blogspot.com)

Cara lain membawa buah apel sebagai oleh oleh khas Malang adalah dengan membelinya dalam bentuk sari buah. Sari buah ini dibuat dari apel segar pilihan. Apel terlebih dahulu dicuci dan dibuang bijinya. Setelah itu, apel masuk ke mesin peras yang akan memisahkan sari buah dari ampasnya. Jenis apel yang biasa digunakan adalah apel romebeauty dan apel manalagi.

Terdapat banyak sekali produsen sari buah apel ini. Anda tentunya harus pintar-pintar memilih mana yang tidak menggunakan pemanis buatan dan tanpa tambahan bahan pengawet. Sari buah apel ini bisa Anda temukan di banyak pusat oleh-oleh dan juga kawasan tempat wisata di Malang.

6. Pia Mangkok

Pia-Mangkok

Pia Mangkok (Foto : anekatempatwisata.com)

Kue pia tak hanya Anda temukan sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta atau pun oleh-oleh khas Bali yang terkenal, Malang juga punya pia khas yang disebut pia mangkok. Pia mangkok cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Malang karena mampu bertahan sampai 2 minggu dari masa produksi, jadi sebaiknya saat membeli Anda minta pia mangkok yang baru diproduksi di hari tersebut.

Toko yang menjual pia mangkok terletak di Jalan Semeru 25. Pia ini terdiri dari berbagai varian rasa seperti keju, durian, cokelat dan kacang hijau. Pas banget deh buat oleh oleh khas Malang.

Baca Juga : 51 Tempat Nongkrong Asik Di Malang Yang Enak Dan Cozy

7. Aneka Olahan Telo di Repoeblik Telo

Bakpao-Telo-Malang

Bakpao Telo (Foto : enjoymalang.com)

Repoeblik Telo hadir menawarkan aneka kuliner dengan bahan telo atau yang biasa dikenal dengan ubi. Telo yang menjadi bahan utama berbagai jajanan di sini adalah telo ungu. Beberapa produk olahan telo diantaranya bakpao, es krim, keripik, pizza dan nugget.

Selain membelinya sebagai oleh-oleh, Anda juga bisa menikmati berbagai jajanan ini di tempat. Pusat oleh oleh khas Malang yang berlokasi di Jalan Raya Purwodadi No. 1 Lawang ini menyediakan tempat bersantap yang nyaman dengan fasilitas free WiFi.

8. Keripik Ceker

Keripik-Ceker-Malang

Keripik Ceker (Foto : anekatempatwisata.com)

Tak hanya keripik buah dan keripik tempe, Malang juga ternyata punya keripik ceker istimewa. Oleh warga Malang, ceker ayam diolah menjadi keripik yang garing, renyah dan rasanya gurih nikmat. Keripik ceker dipercaya mengandung banyak kebaikan bagi tubuh seperti asam amino, kolagen dan kalsium.

Keripik ceker dapat Anda temukan di banyak pusat oleh-oleh khas Malang. Keripik ini dikemas dalam berbagai ukuran, silakan pilih ukuran yang paling sesuai dengan Anda. Oleh oleh khas Malang yang satu ini nampaknya pas banget buat camilan di rumah sambil bersantai bersama keluarga.

Baca Juga : Daftar Kuliner Malang Murah, Enak, Dan Legendaris

9. Frozen Bakso

Bakso President adalah salah satu tempat makan enak di Malang untuk buka puasa dengan menu andalan bakso (Foto : youngnesia.com)

Bakso President adalah salah satu tempat wisata kuliner di Malang yang menyediakan frozen bakso (Foto : youngnesia.com)

Menikmati bakso di kota aslinya memang sangat nikmat. Menyantap bakso hangat di tengah udara kota Malang yang sejuk cenderung dingin bisa menjadi pengalaman tak terlupakan. Untuk menghindari kerinduan Anda pada bakso Malang setibanya di rumah nanti, jangan lupa membeli oleh oleh khas Malang yang berupa bakso beku atau frozen bakso.

Salah satu tempat yang menyediakan oleh-oleh ini adalah Bakso President yang berlokasi di Jalan Batanghari. Selain bakso beku yang tahan sampai hitungan bulan jika disimpan di dalam lemari es, tempat wisata kuliner di Malang yang enak dan murah ini juga menyediakan bumbunya. Nantinya, Anda bisa membuat bakso Malang sendiri di rumah.

10. Keripik Kentang Macan

Keripik Kentang Macan

Keripik Kentang Macan (Foto : halomalang.com)

Satu lagi oleh oleh khas Malang yang berupa keripik dan wajib Anda cobain, yaitu Keripik Kentang Macan. Kalau diliat-liat, keripik kentangnya beda dari keripik kentang yang biasa Anda makan. Apa yang bikin beda? Karena yang dimaksud kentang disini adalah sejenis umbi-umbian yang namanya gadung.

Menurut Wikipedia, umbi ini beracun. Tetapi dengan pengolahan yang tepat, maka racun yang ada bisa dihilangkan. Karena proses menghilangkan racun yang agak panjang, jadi harga keripik ini lebih tinggi daripada keripik kentang biasa dan juga sudah mulai jarang ditemui dipasaran.

11. Bakpao Sayang

Bakpao Sayang

Bakpao Sayang (Foto : halomalang.com)

Bakpaonya istimewa, kulit lembut tidak beremah seperti pada kulit bakpao yang murah. Warna kulit putih kekuningan, tanda tidak pakai bahan pemutih. Isinya macam macam: kacang hijau, kacang hitam, kacang tanah, kacang merah, keju, dan berbagai macam selai (strawberry, blueberry, sarikaya, nanas).

Konon katanya Bakpao Sayang ini punya varian isian bakpao 30 macam. Anda dapat menemukan oleh oleh khas Malang Bakpao Sayang di Jl. Raya Langsep No.11 Malang. Telp. 0341 569580.

12. Ledre Pisang Bangka

Ledre-Pisang-Bangka

Ledre Pisang Bangka (Foto : wisatakuliner.com)

Camilan yang satu ini saat ini sudah menjadi salah satu oleh oleh khas Malang yang cukup digemari. Ledre pisang ini memakai cap Bangka bukan berarti berasal dari pulau Bangka, namun karena berasal dari jalan Bangka, sebuah jalan kecil di area perumahan.

Ledre pisang ini dilipat sehingga berbentuk kotak dan cukup tipis. Sangat renyah dan kering sekali, kerasa kres-kresnya saat digigit. Jika dimakan terasa kering crispy, manis dari pisangnya. Sekali makan dijamin susah berhenti. Menurut info yang diterima, Ledre Pisang Bangka harganya sekitar Rp. 42.000/ kotak (Harga bisa berubah sewaktu-waktu). Alamat Lokasi: Jl. Bangka 20 -22 Malang Telp. 0341 – 368323.

Baca Juga : 33 Tempat Makan Enak Di Malang Untuk Buka Puasa

13. Keramik Dinoyo

Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo adalah salah satu tempat wisata di Malang dan sekitarnya yang cocok buat membeli oleh-oleh khas kerajinan Malang (Foto : kotawisataindonesia.com)

Keramik Dinoyo adalah salah satu oleh-oleh khas Malang (Foto : kotawisataindonesia.com)

Oleh oleh khas Malang berupa camilan sudah terlalu mainstream? Datang saja ke Jalan MT Haryono XI. Di sini, terdapat deretan toko yang menjual keramik khas Malang atau yang biasa disebut dengan Keraik Dinoyo. Sedikitnya terdapat 30 toko kerajinan yang menjual berbagai jenis keramik mulai dari mug, vas bunga, piring, guci, asbak sampai hiasan meja dan dinding.

14. Kaos Dan Souvenir

Kaos-Khas-Malang

Contoh Kaos Bernuansa Malang (Foto : kdri.co)

Satu lagi oleh oleh khas Malang selain makanan dan camilan, yaitu kaos dan souvenir berupa gantungan kunci, stiker, boneka, topi atau lainnya yang tentunya bercirikan tentang Malang. Barang-barang tersebut dapat Anda temukan di kawasan wisata seperti BNS, Selecta, Jatim Park, atau pun tempat wisata di Malang lainnya.

Sekian dulu info wisata tentang oleh-oleh Malang yang dapat Anda beli. Bagi Anda yang punya info oleh oleh khas Malang yang murah dan tahan lama lainnya beserta alamat tempat membelinya dapat berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>