Home Wisata Asia 10 Martabak Paling Enak Di Tegal Yang Terkenal Wajib Dicoba

10 Martabak Paling Enak Di Tegal Yang Terkenal Wajib Dicoba

452
0

Martabak Tegal – Bingung mencari martabak manis dan telor terenak di Tegal? Ini daftar rekomendasi martabak paling enak di Tegal yang terkenal wajib dicoba. Mulai dari kedai premium kekinian hingga gerobak kaki lima, ada semua di sini. Cita rasa martabaknya tak perlu diragukan lagi, sekali gigit mungkin bakal bikin Anda ketagihan ingin mencobanya lagi.

Ngomongin kuliner khas Tegal tentu tak bisa lepas dari Tahu Aci, Kupat Glabed, Nasi Ponggol, maupun Sate Kambing Mudanya yang menggugah selera makan. Namun, tahukah Anda? Ternyata Tegal juga punya sajian martabak yang begitu enak racikan warga Desa Lebaksiu. Hampir separuh penduduk desa tersebut berprofesi sebagai penjual martabak dan tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Nah, buat Anda yang kebetulan lagi ingin ngemil martabak di kawasan Tegal, berikut saya sajikan referensi tempat makan martabak manis dan telor terkenal hits bercita rasa lezat. Mulai dari martabak manis original hingga kekinian seperti red velvet, pandan, hingga black forest bisa Anda temukan. Teksturnya lembut bersarang dengan topping melimpah sehingga nendang banget di lidah.

Martabak-Tegal
Gambar ilustrasi martabak enak di Tegal yang terkenal wajib dicoba (Foto : instagram @martabak57)

Daftar Martabak Paling Enak Di Tegal Yang Terkenal Wajib Dicoba

1. Martabak Ayung

Martabak Tegal pertama yang terkenal enak wajib dicoba adalah Martabak Ayung. Lokasinya terletak di Jl. Ahmad Yani, Mangkukusuman, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka selama 24 jam non stop. Ada 2 jenis martabak di sini, yaitu martabak manis dan martabak telur.

Adonan martabak manisnya begitu lembut, cita rasanya enak dengan varian isian / topping banyak seperti kacang, cokelat, keju, kismis, wijen, dan pisang. Martabak telornya juga gak kalah enak, tersedia menu biasa (2 telor), special (3 telor), istimewa (4 telor), dan super (5 telor). Range harga sekitar 20 – 50 ribu rupiah.

2. Martabak Aloy

Selain martabak khas Lebaksiu, Anda juga bisa mencoba martabak bangka di kawasan Tegal, satu diantaranya adalah Martabak Aloy. Varian menu yang ditawarkan oleh kedai Martabak Aloy sangatlah lengkap, menawarkan martabak manis kekinian maupun martabak telor ayam atau bebek. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi, enak banget deh!

Adonan martabak manis tersedia varian original, pandan, red velvet, brownies, strawberry, dan taro. Untuk isian / topping martabaknya sangatlah beragam, ada kacang, coklat, susu, keju, kismis, pisang, wijen, jagung, ovomaltine, chunky bar, cadbury, nutella, toblerone, kit kat, dan chocomaltine.

Mengingat kualitas bahan-bahannya premium, harga Martabak Aloy cukup mahal, sekitar 25 – 80 ribu rupiah (tergantung topping). Namun, soal rasa tentu sangatlah enak sebanding dengan harganya. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Dr. Setia Budi No.14, Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 15.00 – 22.00 WIB.

3. Martabak Shandiego

Beralih ke kawasan selatan Tegal, tepatnya Slawi, ada Martabak Shandiego yang tak kalah enak dan premium bila dibandingkan dengan kedua martabak sebelumnya. Di sini, tersedia aneka varian martabak kekinian, seperti martabak 8 rasa, martabak ultah (ulang tahun), martabak telor mozarella, martabak red velvet, martabak pandan, dan martabak black forest.

Toping martabak manis Shandiego sangatlah lengkap, mulai dari cokelat, kacang, keju, oreo, susu, pisang, kismis, milo, wijen, nutella, silver queen, kit kat, ovomaltine, green tea, hingga chocochips. Untuk martabak telornya, tersedia martabak telor daging sapi istimewa, jumbo, atau super.

Lokasi / alamat kedai Martabak Shandiego terletak di Jl. DR. Soetomo No.16, Slawi Kulon, Kec. Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 16.00 – 00.00 WIB. Range harga sekitar 20 – 75 ribu rupiah per porsi, tergantung topping / isian dan adonan.

4. Martabak 57 Tegal

Ingin nyobain martabak Tegal harga kaki lima tapi rasa bintang lima? Mampir saja ke warung Martabak 57 Tegal di Jl. Siklepuh Raya No.18, Sibata, Mejasem Barat, Kec. Kramat, Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 16.30 – 22.30 WIB.

Menu martabaknya komplit banget, ada martabak manis dan martabak telor / martabak asin. Untuk martabak manisnya, tersedia adonan original maupun kekinian seperti red velvet, pandan, serta black forest. Toppingnya yang ditawarkan juga lengkap, mulai dari cokelat, kacang, keju, wijen, susu, kismis, oreo, hingga pisang.

Martabak telornya juga enak banget lho, tersedia isian sosis, corned, maupun keju mozzarella dengan pilihan jumlah telor berbeda-beda sesuai pesanan. Range harga sekitar 13 – 45 ribu rupiah.

5. Martabak Ortega Jaya

Martabak Tegal berikutnya yang enak patut dicoba adalah Martabak Ortega Jaya. Lokasinya terletak di Jl. Raya Pacul, Mejasem, Tegal, Jawa Tengah. Seperti halnya martabak pada umumnya, menunya terdiri dari martabak manis dan martabak telor. Jam buka mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB.

Topping / isian martabak manisnya cukup banyak pilihan, seperti cokelat, kacang, keju, susu, kismis, pisang, atau kombinasi. Sementara itu, untuk martabak telornya tersedia pilihan mulai dari 1 telor hingga 5 telor sesuai selera Anda. Range harga terbilang murah meriah sekitar 12 – 42 ribu rupiah.

Baca Juga :

6. Martabak Ireng

Sesuai namanya, kedai Martabak Ireng menyediakan adonan martabak manis berwarna hitam (ireng = hitam). Ada juga adonan pandan, original, dan martabak tipis kering dengan aneka topping / isian berupa coklat, kacang, keju, susu, oreo, nutella, serta pisang. Cita rasanya terbilang enak, cocok disantap buat camilan.

Bagi Anda yang tak suka manis, ada juga martabak telor di kedai Martabak Ireng. Lokasi / alamat Martabak Ireng terletak di Jl. Banjaranyar – Tegal, Kemayaran, Tembok Banjaran, Kec. Adiwerna, Tegal, Jawa Tengah (Depan pabrik teh “2 Tang”, sebelah utara Puskesmas Adiwerna). Range harga sekitar 8 – 43 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 16.30 – 23.00 WIB.

7. A.A Martabak (Martabak AA Yomani)

Tak hanya Kota Tegal yang punya penjual martabak enak, Kabupaten Tegal juga punya sederet martabak bercita rasa juara kelezatannya. Satu diantaranya adalah A.A Martabak (Martabak AA Yomani). Lokasinya berada di kawasan selatan Kabupaten Tegal, tepatnya di Jl. Raya Yomani – Guci, Yomani, Yamansari, Kec. Lebaksiu, Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 16.00 – 00.05 WIB.

Jika Anda kebetulan pulang sore hari dari objek wisata Guci yang merupakan ikon tempat wisata di Tegal, Anda bisa mampir untuk mencicipi martabak AA karena lokasinya kebetulan satu jalur. Meskipun keberadaannya jauh dari pusat kota, namun menunya cukup kekinian. Di sana, tersedia adonan martabak original, pandan, black, maupun martabak telor mozzarella.

8. Martabak Ali

Beralih ke kawasan Tegal utara, ada Martabak Ali yang siap menggoyang lidah Anda. Adonan martabaknya kenyal dengan perpaduan topping, gula, dan margarin / mentega (blue band) pas sehingga tidak “eneg” saat dimakan. Pilihan isian / topping martabaknya mulai dari kacang, cokelat, keju, susu, kismis, pisang, dan nangka.

Soal harga, tak usah kuatir karena terbilang murah terjangkau alias nyaman di kantong, hanya sekitar 8 – 18 ribu rupiah tergantung isian. Lokasi / alamat Martabak Ali terletak di Depan Pasar Cinde, Jl. Sawo Timur, Kraton, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 17.00 – 22.44 WIB.

9. Martabak Bang Duta

Martabak Bang Duta termasuk salah satu martabak Tegal dengan cita rasa enak yang tak boleh dilewatkan. Harganya memang lumayan agak mahal, tapi sebanding dengan rasanya. Adonannya lemput, kenyal, dan lembut. Untuk topping / isian martabaknya tersedia cokelat, kacang, serta keju.

Lokasi / alamat Spesial Martabak Bandung Bang Duta terletak di Jl. Gurami No.27-53, Tegalsari, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 17.00 – 22.00 WIB. Range harga sekitar 32 – 42 ribu rupiah.

10. Martabak Indorasa

Kelezatan martabak racikan warga Desa Lebaksiu Tegal memang sudah tak perlu diragukan lagi. Hampir di seluruh kota-kota besar seperti Jogja, Semarang, Bandung, Jakarta, Bali, dan lainnya bisa dijumpai martabak khas Lebaksiu.

Nah, selain di luar kota, Anda pun bisa mencicipi martabak Lebaksiu langsung di kawasan Tegal. Satu diantaranya yaitu Martabak Indorasa. Lokasinya terletak di Depan Alfamart Pakembaran, Jalan Professor Muhammad Yamin, Mingkrik, Dukuh Mingkrik, Kec. Slawi, Tegal, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 17.00 WIB – Habis.

Pilihan martabak manisnya sangatlah lengkap, mulai dari adonan biasa (original) maupun adonan kekinian seperti pandan, brownies, pandan, dan red velvet. Untuk topping / isiannya ada kacang, cokelat (meses), keju, susu, serta pisang. Sementara itu, menu martabak telornya memakai daging sapi dengan pilihan telor ayam atau telor bebek.

Demikianlah sekilas info tentang beberapa kedai martabak enak di Tegal yang wajib dicoba. Cita rasanya begitu lezat, membuat martabaknya cocok buat camilan bersama keluarga atau pun teman-teman. Apabila sobat traveler punya referensi / rekomendasi martabak lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here