Home » Wisata Asia » 10 Gudeg Jogja Paling Enak Dan Terkenal

10 Gudeg Jogja Paling Enak Dan Terkenal

Gudeg Jogja – Belum ke Jogja namanya jika belum mencicipi gudeg Jogja. Ya, gudeg adalah makanan khas Jogja yang wajib Anda coba saat liburan ke Yogyakarta. Sejak puluhan tahun lalu gudeg telah menjadi kuliner Jogja paling populer. Tak hanya sentra gudeg, hampir setiap sudut kota menyajikan masakan berbahan baku nangka muda ini. Gudeg kering pun menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak dicari. Nah, untuk membantu Anda agar tidak bingung dalam memilih gudeg Jogja yang enak dan maknyus, simak 10 gudeg Jogja paling enak dan terkenal yang wajib dikunjungi.

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : Clara Rondonuwu, wego.co.id)

Gudeg Yu Djum adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : Clara Rondonuwu, wego.co.id)

Gudeg Jogja paling enak dan terkenal yang wajib dikunjungi pertama adalah Gudeg Yu Djum. Gudeg ini termasuk salah satu gudeg Jogja yang paling terkenal akan cita rasanya yang enak dan maknyus. Diteruskan secara turun menurun dan sekarang sudah generasi ke-empat. Gudeg Yu Djum menyajikan gudeg kering yang terkenal memiliki rasa yang gurih dan lezat, cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Lokasi dan alamat warung Gudeg Yu Djum terletak di sentra gudeg Jalan Wijilan, jalan Kaliurang km.4 (sentra gudeg Barek) dan di jalan Adisucipto. Warung Gudeg Yu Djum juga memberikan kesempatan kepada wisatawan asing dan domestik untuk dapat langsung melihat proses pembuatan Gudeg, atau bahkan terlibat dalam proses pembuatannya.

Salah satu rahasia kegurihan gudeg Yu Djum adalah gudegnya dimasak di kompor model lama yang apinya dari kayu bakar. Sama dengan gudeg lainnya, Gudeg Yu Djum disajikan dengan krecek pedas, ayam dan telor bumbu gudeg, termasuk tahu dan tempe bacem. Gudeg Yu Djum disajikan diatas daun pisang. Harumnya sangat khas gudeg, gurih yang berasal dari santan ditambah aroma gula merah. Manisnya cocok di lidah orang yang bukan orang Jawa dan para turis. Ditambah ayam kampung dan telornya yang kuat dengan rasa bumbunya yang meresap. Kreceknya bertekstur kering seperti gudegnya. Sedikit pedas dan santannya juga tidak kental terasa dimulut. Kalau mau lebih pedas, cabe rawit rebusnya menambah cita rasa pedasnya.

2. Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad

Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : foodspotting.wijanarko.net)

Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : foodspotting.wijanarko.net)

Gudeg MBarek Bu Hj Ahmad melupakan salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal di Kota Yogyakarta. Terletak di sebelah utara fakultas kehutanan Universitas Gajah Mada, daerah selokan mataram. Lokasi dan alamat lengkapnya di Jl. Kaliurang Km. 4,5 (Utara UGM) Karangasem Kocoran Caturtunggal Depok Yogyakarta No Telepon : (0274) 520049. Seperti halnya warung gudeg lainnya, warung Gudeg MBarek Bu Hj Ahmad ini menyajikan gudeg beserta teman-temannya dengan lengkap sekali seperti ayam, telor dan krecek. Tidak hanya makan di warung, Anda juga bisa membawa pulang gudeg tersebut dengan menggunakan besek ataupun poci. Harga yang lumayan murah membuat gudeg ini juga menjadi oleh-oleh pengunjung yang hendak makan ataupun membelinya sebagai buah tangan keluarga di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>