35 Tempat Wisata Di Malang Terbaru Yang Bagus Dan Hits

6 953,374

31. Rafting Sungai Bango

Rafting-Sungai-Bango
Rafting Sungai Bango (Foto : plus.google.com)

Inilah tempat rafting terbaru di tengah kota Malang, tepatnya Sungai Bango. Sungguh pengalaman yang tidak biasa. Sungai Bango mengalir dari wilayah Singosari, yang di tengah jalan bertemu dengan aliran Sungai Brantas. Tepatnya di Arussina Rafting, Jl Terusan Sulfat 44A Kota Malang.

Bagi yang belum percaya di Tengah kota Malang ada lokasi wisata rafting, ada baiknya bisa datang langsung ke basecamp Arussina Rafting. Basecamp berada di tepian sungai di bawah rindangnya bambu yang berada di sekitarnya.

Bale Kanthi yang terbuat dari bambu sudah disiapkan untuk menyambut tamu yang ingin menikmati keteduhan kota Malang. Harga paket rafting sekitar Rp.100.000,- s/d Rp.200.000,- tergantung jenis paket yang diambil.

32. Kusuma Agrowisata

Wisata Petik Apel Batu Malang
Ilustrasi Wisata Petik Apel (Foto : malangonline.com)

Ingin memetik buah apel sendiri dari pohonnya? Datang saja ke Kusuma Agrowisata, Batu, Malang. Tempat ini merupakan pelopor wisata agro di Indonesia. Sejatinya Kusuma Agrowisata adalah hotel dan lokasi wisata agro.

Kalau biasanya hotel memberikan fasilitas wisata kepada pengunjungnya, Kusuma Agrowisata Batu justru kebalikannya. Tempat wisata alam di Malang ini merupakan satu-satunya wisata yang menawarkan hotel sebagai fasilitas pendukungnya.

Kusuma Agrowisata terletak pada ketinggian ±1000 meter dari permukaan laut yaitu di Jl. Abdul Gani Atas. Wisata yang ditawarkan adalah perkebunan yang menyediakan layanan wisata petik di kebun apel, jeruk, jambu merah, buah naga, stroberi dan sayur hidroponik bebas pestisida.

Harga tiket masuk Kusuma Agrowisata sekitar mulai dari Rp.34.000 hingga Rp.54.000. Selain wisata petik, objek wisata berhawa sejuk ini juga menawarkan wahana outbound seperti bermain War Game di arena airsoft gun, mengendarai ATV di mini off-road track dan flying fox.

Perkebunan apel ini bisa Anda jelajahi mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari area Jatim Park membuat tempat ini cukup mudah dijangkau. Dari Terminal Kota Malang dapat ditempuh dalam waktu 40 menit. Aksesnya sama seperti menuju ke Batu Secret Zoo, namun ketika sampai di pertigaan Karangploso Anda ikuti terus jalan ini hingga ada jalan satu arah.

Di sudut ini terdapat kantor Koramil. Di sepanjang jalan menanjak tersebut Anda akan menemui kompleks kantor pemerintahan kota Batu. Ikuti terus sampai ujung jalan hingga menemui pertigaan. Anda cukup belok kiri karena itulah gerbang menuju lokasi wisata Kusuma Agrowisata.

33. Gua Lo Bangi

Gua Lo Bangi
Gua Lo Bangi (Foto : surabaya.panduanwisata.id)

Selain pantai dan air terjun, Malang juga punya wisata alam gua yang eksotis, Gua Lo Bangi namanya. Sebenarnya ada dua buah gua yaitu Gua Lo dan Gua Bangi. Keberadaan kedua gua ini berdekatan di satu wilayah, oleh sebab itu sering disebut Gua Lo Bangi oleh masyarakat sekitar. Gua ini berada di Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Pesona Gua Lo Bangi sudah terasa ketika kita akan masuk ke dalam mulut gua. Anda dijamin akan tertantang melewati akses jalan yang sedikit berliku ini. Memasuki ke dalam gua, pengunjung akan menikmati aliran sungai bawah tanah, danau, dan air terjun.

Mulut gua dengan lebar sekitar 5 meter di bagian awal memiliki lorong yang lebar dan tinggi dengan lantai gua didominasi oleh tanah yang berbatu. Ornamen gua yang dapat Anda ditemui adalah stalakmit, stalaktit, batu-batu reruntuhan, gourdam, kolam dan lain-lain. Di dalam gua kita juga bisa melihat beraneka bentuk ornamen yang terbuat dari batu alam.

Corak ornamen itu semakin indah jika dipadu dengan stalaktit yang menggantung pada dinding atas gua. Uniknya, jika diperhatikan secara seksama ornamen tersebut membentuk sebuah corak dan motif buah-buahan. Oya, jangan berbuat sesuatu yang dapat merusak keindahan gua.

Jika Anda berniat mengunjungi Gua Lo Bangi, sebaiknya ajaklah pemandu yang cukup berpengalaman. Siapkan peralatan seperti helm, tabung oksigen, sepatu karet, lilin, korek, peralatan rock climbing, peralatan pribadi serta perlengkapan konsumsi. Harga tiket masuknya belum bisa kami dapatkan, mungkin bagi sobat traveler yang punya infonya bisa share melalui kolom komentar.

34. Ndayung Rafting

Ndayung Rafting
Ndayung Rafting (Foto : malangtravelista.com)

Satu lagi tempat wisata baru di Malang yang menawarkan Rafting, yaitu N’dayung Rafting. N’dayung merupakan salah satu perusahaan di bidang wisata, yang mengkhususkan diri untuk kegiatan outdoor activity. Salah satu wahana wisata outdoor yang banyak diminati di sini adalah rafting.

N’dayung Rafting menawarkan sensasi berbeda dengan keunggulan beautiful view karena lokasinya berada di lereng gunung Semeru sebelah utara. Selain itu, pemandangan alami tebing, hutan, dan view kebun apel serta sayur mayur di sepanjang jalur rafting pun menambah pengalaman untuk bisa menyatu dengan alam semakin lengkap.

N’dayung Rafting sendiri mengunakan aliran sungai dari Air Terjun Coban Pelangi. Oleh karena itulah, N’dayung Rafting memiliki pangsa pasar tersendiri karena daerah ini merupakan tempat yang menjadi salah satu jalan menuju kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBT) dari arah Malang.

Bagi Anda yang berminat bisa mendatangi lokasi Ndayung Rafting di Jl. Raya Gubugkalkan, Ds.Gubuk Klakah, Kec.Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur. Harga paket rafting mungkin lebih dari Rp.200.000,- per paketnya.

35. Candi Singosari

Candi Singosari
Candi Singosari (Foto : id.wikipedia.org)

Malang juga punya wisata candi yang tak kalah bagus bila dibandingkan dengan candi-candi di Jogja. Salah satu candi di Malang yang terkenal adalah Candi Singosari yang merupakan kompleks candi peninggalan masa Singosari (abad ke-13 Masehi). Candi ini terletak di Kelurahan Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Dari segi arsitektur, candi Singosari memiliki keunikan yang seolah-olah memiliki dua tingkat bangunan. Hal yang menarik lainnya bisa dilihat dari hiasan luar candi yang seharusnya rata, tapi tidak demikian pada candi Singosari. Hal ini diperkirakan belum adanya penyelesaian saat pembuatan yang kemudian langsung ditinggalkan.

Tak jauh dari Candi Singosari terdapat sumber air yang diyakini sebagai tempat pemandian Ken Dedes, putri Singosari. Harga tiket masuk Candi Singosari sebesar Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak.

Nah, itu dia aneka objek wisata baru di Malang yang asyik dan seru untuk mengisi liburan Anda. Kira-kira mana saja ya tempat favorit sobat traveler? Yuk, buruan tentukan pilihan Anda! Oya, bagi sobat traveler yang punya info tentang tempat wisata di Malang terbaru yang bagus dan hits lainnya bisa share melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

6 Comments
  1. Nina says

    Beberapa ada yg di Batu… bukan Malang. Seperti Jatim Park 1 & 2, Museum Angkut

    1. Aneka Wisata says

      Ya benar, daftar tempat wisata yang disusun memang meliputi daerah Malang dan sekitarnya seperti kawasan wisata Batu…

  2. lulu says

    maap izin ambil gambar buat ig saya bolehkah?

    1. Aneka Wisata says

      Boleh, asalkan ditulis sumber foto/gambarnya… Terima Kasih 🙂

  3. Nuny aisyah says

    Jadii pngen liburan ke malang. Bosen liburan nya ga jauh2 dari bandung dan bogor.

    Thanks min infonya?

  4. Indoartistcake says

    Makasih gan referensinya, bisa ngajak jalan-jalan istri nih ke Malang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.