Serunya Belajar Fosil T-Rex Di Museum Geologi Bandung

0 2,831

Sekilas Sejarah Museum Geologi Bandung

Ilustrasi Geologisch Laboratorium (16 Mei 1929) yang sekarang bernama Museum Geologi (foto : mfauzihamzah.blogspot.com)
Ilustrasi Geologisch Laboratorium (16 Mei 1929) yang sekarang bernama Museum Geologi (foto : mfauzihamzah.blogspot.com)

Awalnya, museum ini adalah tempat laboratorium dan penelitian untuk perkembangan geologi di Indonesia. Seiring berjalan waktu, tempat ini telah menjadi museum yang terkenal dan selalu ramai dikunjungi.

Museum Geologi terletak di Rembrandt Straat, sekarang Jalan Diponegoro. Gedung bergaya Art Deco ini adalah bangunan modern pada zamannya. Dirancang oleh arsitek Belanda Ir.H.M.van Schouwenburg dan dibangun pada tahun 1928. Hampir setahun kemudian bangunan pun rampung. Diresmikan dengan nama Geologisch Laboratorium (16 Mei 1929), bertepatan dengan penyelenggaraan The Fourth Pacific Science Congress (16-25 Mei) di Bandung.

Geologisch Laboratorium, disebut juga Geologisch Museum, dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk mendokumentasi contoh batuan, mineral, serta fosil yang dikumpulkan para ahli geologi dari berbagai daerah di kawasan Hindia Belanda. Sekarang Museum Geologi adalah bagian dari Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Republik Indonesia.

Tips Berkunjung Ke Tempat Wisata Edukasi Museum Geologi Bandung

  1. Taati peraturan yang berlaku, seperti dilarang makan dan minum di dalam museum. Pengambilan foto dan video dipersilahkan selama tujuannya bukan untuk komersil.
  2. Jika anda datang berombongan sebaiknya memberi tahu pihak museum terlebih dahulu di nomor telepon 022 7213822, terutama jika anda menghendaki wisata khusus geologi, seperti penelitian, menonton film ataupun melihat workshop rekonstruksi fosil.
  3. Tidak jauh dari Museum Geologi terdapat bangunan bersejarah lain yang bisa anda kunjungi, seperti Museum Pos Indonesia dan Gedung Sate. Sempatkan diri untuk mengunjunginya.
  4. Jika ingin membeli oleh-oleh, di dalam museum terdapat kios yang menjual berbagai souvenir

Seru dan asyik bukan? Lengkap pula koleksinya. Ayo buruan liburan ke Bandung untuk menikmati wisata edukasi di Museum Geologi Bandung, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.