35 Tempat Wisata Di Semarang Yang Bagus Dan Terkenal

1 711,276

43. Taman KB

Taman KB
Taman KB (Foto : tetamanan.blogspot.com)

Sebenarnya, taman kota ini memiliki nama asli Taman Menteri Supeno, namun oleh warga lokal taman ini lebih akrab disebut sebagai Taman KB. Di sini suasananya asri karena ada banyak tanaman dan pepohonan yang cukup menjulang. Bisa untuk berteduh saat panas siang menerjang Semarang.

Di sekeliling Taman KB juga berjajar aneka penjaja kuliner dan jajanan khas Semarang yang bisa menjadi pilihan traveler. Taman ini juga seru untuk anak-anak karena ada wahana bermainnya seperti ayunan, mobil hias dan lainnya. Cocok untuk dikunjungi saat traveler liburan ke Semarang.

44. Taman Pandanaran

Taman Pandanaran
Taman Pandanaran (Foto : johansurya.com)

Taman berikutnya baru saja diresmikan oleh Pemkot Semarang pada awal 2015. Ya, inilah Taman Pandanaran, bisa dibilang taman kota ini menjadi ikon baru Kota Semarang. Taman ini menyimpan patung Warak Ngendhog, hewan imajiner yang kerap muncul saat perayaan Dugderan.

Patung Warak Ngendhog menjadi simbol pemersatu 3 etnis yang ada di Kota Semarang yaitu Tionghoa, Arab, dan Jawa. Taman ini terletak di Jalan Pandanaran, jika Anda berasal dari kawasan Simpang Lima, langsung saja menuju jalan Pandanaran. Ketemu lampu merah pertama, di sebelah kiri lah Taman Pandanaran berada. Jangan lupa mampir ya, traveler!

45. Taman Budaya Raden Saleh

Taman Budaya Raden Saleh
Taman Budaya Raden Saleh (Foto : exploresemarang.com)

Anda juga bisa mampir ke Taman Budaya Raden Saleh atau lebih dikenal dengan nama TBRS, saat rekreasi ke Semarang. Taman ini terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Sriwijaya No 29 Semarang dengan luas lahan sekitar 90 ribu m2. Bisa dibilang taman ini adalah pusat kegiatan kebudayaan dan kesenian di Semarang.

Taman ini punya pepohonan tua nan rindang dan aula yang sering dipakai untuk pertunjukan. Pada hari-hari tertentu (seringnya malam Jumat Kliwon atau malam Minggu) dipentaskan wayang. Selain itu, juga diadakan pementasan teater yang dipentaskan oleh Teater Lingkar, seni drama dan pembacaan puisi. Taman ini buka setiap hari dari pukul 06.00-21.00 WIB.

46. Taman Madukoro

Taman Madukoro
Taman Madukoro (Foto : sundaybutterfly.blogspot.co.id)

Inilah taman kota pertama dimana Anda bisa bermain dengan burung Merpati yang hidup dengan bebas dan sengaja dipelihara di sana. Salah satu trik yang ditempuh Pemkot Semarang untuk menarik warga maupun wisatawan agar datang ke taman Madukoro.

Total ada ratusan ekor burung Merpati yang tinggal di Taman Madukoro. Mereka tinggal di atas 3 sangkar burung (pagupon) dengan ketinggian 2 meter yang dibangun belum lama ini. Para traveler dapat memanfaatkan waktu untuk bercengkerama dengan burung-burung lucu itu. Tak percaya? Kunjungi saja taman yang beralamat di Jl Jenderal Sudirman, Semarang.

47. Brown Canyon

Brown Canyon
Brown Canyon (Foto : semarangplus.com)

Ini dia tempat wisata di Semarang terbaru yang eksotik dan keren. Jika Amerika Serikat punya Grand Canyon yang pemandangannya begitu mengagumkan, Semarang juga punya yang serupa. Semarang punya lanskap serupa, namanya Brown Canyon. Pemandangannya boleh diadu! Harga tiket masuk Brown Canyon kayaknya seh gratis, karena belum ada yang mengelola tempat ini.

Tempat wisata di Semarang yang bagus ini terletak di Rowosari, Tembalang, sekitar 2 km ke arah selatan dari gedung TVRI Jawa Tengah yang berada di Pucang Gading, Mranggen. Walau akses jalannya yang tidak mudah, tetapi terbayar akan keindahannya. Alternatif liburan di saat akhir pekan dan mengabadikannya melalui foto.

48. Rawa Pening

Rawa Pening
Rawa Pening (Foto : berandasr.blogspot.com)

Terakhir, objek wisata di Semarang yang bagus dan wajib dikunjungi adalah Taman Wisata Rawa Pening. Tempat rekreasi ini merupakan sebuah danau dengan luas sekitar 2.670 hektare dan terletak di daerah Ambarawa, tepatnya terdapat di antara jalan Raya Semarang – Salatiga.

Dengan luas sekitar 2.670 hektar, Rawa Pening memanjang meliputi 4 wilayah kecamatan yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru. Untuk mencapai telaga ini, jalur yang termudah adalah melalui lingkar selatan Ambarawa. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Keindahan rawa pening dapat anda nikmati pada saat pagi hari, karena Tempat Wisata rawa pening ini menawarkan keindahan danau tersebut. Jam buka pukul 8.30 sd 21.00 WIB. Pada pagi hari Anda dapat berekreasi bersama keluarga ditaman rawa pening.

Anda juga dapat menyewa perahu yang telah disediakan di dermaga danau, berkeliling danau dan melihat banyaknya eceng gondok dan kehidupan nelayan dirawa pening tersebut. Di tempat ini juga terdapat taman bermain yang cocok untuk wisata keluarga. Di malam hari, rawa pening juga tidak kalah menariknya, banyak terdapat kedai-kedai ikan bakar dengan menu khas gurame bakar yang tidak boleh anda lewatkan.

Untuk masuk ke lokasi ini, cukup membayar tiket 3.000 rupiah di hari biasa, dan 3.500 rupiah di hari libur. Untuk menyewa perahu di kenakan biaya lagi sebesar Rp 30.000 per perahu dengan kapasitas maksimal 8 orang, dalam tempo 30 menit.

Nah, itu dia aneka wisata di Semarang yang asik dan seru buat liburan. Oya, bagi Anda yang punya info tentang tempat wisata di semarang yang bagus dan terkenal lainnya bisa share melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

1 Comment
  1. Ali says

    Sesuai dengan sub logo websitenya. Memang bener2 lengkap infonya. Sukses gan

Leave A Reply

Your email address will not be published.