35 Tempat Wisata Di Semarang Yang Bagus Dan Terkenal

0 711,257

34. Kebun Binatang Semarang

Kebun Binatang Semarang
Kebun Binatang Semarang (Foto : petualanganveri.com)

Lokasi dan alamat Kebun Binatang Semarang atau yang lebih dikenal dengan nama Bonbin Semarang terlatak di daerah Mangkang. Tepatnya di Jl. Walisongo KM 16, seberang Terminal Mangkang, sehingga sering disebut juga Kebun Binatang Mangkang.

Bonbin Semarang termasuk salah satu tempat wisata di Semarang yang cocok untuk anak dan keluarga. Tempat rekreasi dan liburan ini memiliki areal seluas 9 hektar. Ada satwa yang ditempatkan di kandang, ada juga yang di ruang terbuka sesuai habitatnya.

Fasilitas yang dimiliki Bonbin Mangkang berupa : Naik gajah, kereta mini, becak air dan perahu untuk menyusuri danau buatan sambil ditemani burung pelikan yang berenang dengan bebas di danau tersebut. Harga tiket masuk-nya cukup terjangkau alias murah meriah yaitu pada Minggu / hari besar sebesar Rp 7.500,-.

35. Komplek atau Kawasan Pecinan Semarang

Kawasan-Pecinan-Semarang
Komplek atau Kawasan Pecinan Semarang (Foto : sewamobilsemarang.org)

Kawasan Pecinan Semarang memiliki sejarah yang tidak kalah panjang dengan Kawasan Kota Lama Semarang. Tempat ini menjadi salah satu pemegang pengaruh besar terhadap pembentukan Kota Semarang dan memiliki nilai historis yang tidak lekang dimakan waktu.

Kawasan Pecinan termasuk salah satu tempat wisata budaya di Semarang yang menarik dikunjungi. Di Komplek Pecinan, Anda dapat menyaksikan suasana khas Tiongkok yang hidup di tengah kota Semarang. Dalam kompleks ini, terdapat banyak klenteng.

Ada 11 klenteng besar di Semarang, 10 di antaranya terdapat di kawasan Pecinan. Masing-masing klenteng mempunyai nilai historis tersendiri. Keberadaan komplek

Pecinan ini membuat keberadaan wisata kota Semarang menjadi semakin semarak. Tapi, bagi Anda yang muslim harap berhati-hati dalam membeli makanan di sekitar pecinan, karena biasanya banyak dijual makanan non halal.

36. Hutan Wisata / Taman Wisata Tinjomoyo

Taman Wisata Tinjomoyo
Jembatan Merah Taman Wisata Tinjomoyo (Foto : mybikingdiary.blogspot.co.id)

Kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo ini terletak di bagian selatan Kota Semarang kurang lebih 7 KM dari Tugumuda. Lebih tepatnya didepan kampus Unika Soegijapranata Semarang. Hutan wisata Tinjomoyo dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi baik dari arah Sampangan maupun Jatingaleh.

Hutan wisata ini dapat dimanfatkan sebagai arena combat game, camping ground, outing activity, bird watching, juga tempat flying fox. Tempat ini sangat ideal karena perpaduan hutan, bukit dan sungai sehingga para penggemar combat game dapat menikmati petualangan alam medan tempur. Namun harus dengan standard keamanan yang tinggi untuk keselamatan pemainnya.

Salah satu spot yang menarik para pecinta fotografi adalah reruntuhan jembatan besat dan lokasi jembatan merah di kawasan taman Tinjomoyo Semarang. Nampaknya memang cocok juga untuk hunting foto pre wedding.

Harga tiket masuk-nya lumayan murah meriah lho! Hanya Rp. 3000. Mungkin sekarang sudah naik karena harga bisa berubah sewaktu-waktu. Jam buka objek wisata alam di Semarang ini mulai jam 07.00 sampai jam 18.00 WIB.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Semarang Untuk Libur Lebaran

37. Water Blaster Bukit Candi Golf

Water Blaster Bukit Candi Golf Semarang
Water Blaster Bukit Candi Golf (Foto : klikhotel.com)

Water Blaster Bukit Candi Golf adalah wahana permainan air yang pertama kali berdiri di Semarang dan termasuk salah satu tempat wisata favorit untuk anak dan keluarga di kota Semarang. Total wahana air yang dimiliki Water Blaster Semarang ini delapan unit.

Keutamaan wahana air di tempat ini yaitu memiliki arus luncur dengan ketinggian 25 meter di atas permukaan tanah. Anda dapat meluncur cepat dan berputar sepanjang 230 meter hingga tercebur ke dalam kolam yang segar.

Ada pun permainan lainnnya yang bisa Anda nikmati adalah flying fox. Jalur yang dipakai permainan ini terbentang di atas wahana air Water Blaster dengan ketinggian 23 meter dan panjang 105 meter. Dengan keindahannya di sini juga merupakan salah satu tempat yang indah untuk foto Pre Wedding.

Alamat dan lokasi Water Blaster Bukit Candi Golf terletak di Jl. Bukit Candi Golf No. 1, Semarang. Ada pun harga tiket masuk Water Blaster Semarang yaitu Senin sd Jumat : Rp. 35.000,- Sabtu, Minggu dan Hari Libur : Rp. 50.000,-. Harga tiket mungkin sekarang sudah naik.

38. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo (Foto : infojalanjalan.com)

Candi Gedong Songo merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Semarang yang cukup terkenal. Lokasi dan alamat Candi Gedong Songo terletak di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, “Gedong” berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan. Jadi Arti kata Gedongsongo adalah sembilan (kelompok) bangunan.

Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Di sekitar lokasi juga terdapat hutan pinus yang tertata rapi serta mata air yang mengandung belerang. Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo.

Karena keindahannya, Candi Gedong Songo ini sering menjadi tempat yang indah untuk foto Pre Wedding. Harga tiket masuk Candi Gedong Song untuk Dewasa/5 tahun ke atas: Rp 5.000/orang dan Rp 25.000/orang untuk Wisatawan Asing. Harga sekarang mungkin sudah naik.

39. Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito
Museum Ronggowarsito (Foto : semarangplus.com)

Lokasi Museum Ronggowarsito berada di sekitar bundaran Kalibanteng (tak jauh dari bandara Ahmad Yani Semarang). Anda dapat menjumpai museum provinsi ini di Jln. Abdulrahman Saleh, Semarang. Museum Ranggawarsita memiliki 59.814 buah koleksi, terhimpun dari berbagai macam zaman dan kebudayaan.

Museum ini termasuk salah satu tempat wisata di Semarang yang murah meriah. Harga tiket masuk museum Ronggowarsito adalah sebesar Rp 4 ribu per orang (dewasa) atau Rp 2 ribu (anak-anak). Di museum tersebut, terdapat 4 buah bangunan yang masing-masing bangunan memiliki koleksi sejarah yang berbeda.

40. Taman Pemancingan Baron

Taman Pemancingan Baron
Taman Pemancingan Baron (Foto : hellosemarang.com)

Bagi Anda yang hoby mancing, wajib deh berkunjung ke objek wisata di Semarang yang satu ini. Namanya Pondok Lesehan Bandeng Dan Rekreasi Pemancingan Baron atau Kolam Pemancingan dan Pondok Lesehan Baron. Lokasi dan lamat tempat pemancingan ini berada di Puri Anjasmoro N1 Semarang Jawa Tengah.

Di kolam pemancingan ini, Anda bisa menikmati matahari tenggelam di sisi terbuka sebelah barat. Dan karena lokasi cukup dekat dengan bandara Ahmad Yani, Anda pun bisa menyaksikan pesawat yang sedang landing maupun take off dengan pemandangan gunung Ungaran.

Selain Baron, pemancingan yang berada di area tambak ini ada beberapa, ada Victory di sebelah selatannya, dan Tanjung Laut di sebelah utaranya. Jika sedang Liburan di Semarang, sayang rasanya jika melewatkan spot yang asyik dan seru ini. Tiket masuknya gratis kok, paling Anda cuma bayar parkir, makanan yang Anda pesan/makan, dan ikan yang Anda tangkap.

41. Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang
Simpang Lima Semarang (Foto : wisatadisemarang.com)

Ini dia ikon tempat wisata di kota Semarang yang wajib dikunjungi yaitu Simpang Lima. Di kawasan ini terdapat sebuah alun-alun yang berada di tengah-tengah persimpangan Jl. Pandanaran di sebelah barat, Jl. A. Yani di sebelah timur, Jl. Gajahmada dan Jl. Pahlawan di sebelah timur, sementara disebelah timur laut ada Jl.KH. Ahmad Dahlan.

Kemudahan akses serta banyaknya hotel dan tempat kuliner di kawasan ini, membuat Simpang Lima menjadi tempat wisata favorit dan jantung kota atau pusat keramaian di kota Semarang.

Biasanya kawasan ini mulai ramai ketika malam hari. Banyak masyarakat yang memanfaatkan moment ini untuk menikmati kota Semarang dari sini. Mulai dari sekedar jalan-jalan, nongkrong, mencari kuliner dan sebagainya.

Ada berbagai aktivitas seru yang dapat Anda lakukan di Simpang Lima Semarang. Kira-kira apa aja ya? Diantaranya adalah menikmati aneka kuliner khas Semarang, bermain sepatu roda atau scooter, nongkrong bersama teman-teman/keluarga, belanja/shopping, naik becak keliling simpang lima hingga Pahlawan, dan tentu saja narsis abiz alias photo-photo.

42. Taman Srigunting

Taman Srigunting
Taman Srigunting (Foto : seputarsemarang.com)

Semarang juga punya aneka taman yang indah dan keren lho! Coba deh datang ke Taman Srigunting. Taman ini begitu hits di kalangan traveler muda. Wajar saja, di sini traveler bisa nongkrong asyik sambil menikmati jajanan lezat, serta berfoto dengan background Gereja Blenduk.

Traveler yang liburan ke Semarang wajib mampir ke Taman Srigunting ini. Tamannya terlihat bersih dan asri dengan pepohonan rindang di sekelilingnya. Untuk berkunjung ke sini, traveler juga tidak memerlukan biaya alias gratis. Cocok banget buat Anda yang sedang mencari tempat wisata gratis di kota Semarang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.