35 Tempat Wisata Di Semarang Yang Bagus Dan Terkenal

0 711,238

19. Bukit Rong

Bukit Rong
Bukit Rong adalah salah satu tempat wisata yang bagus untuk melihat kota Semarang dari Ketinggian  (Foto : travel.detik.com)

Semarang terlihat begitu indah jika dilihat dari ketinggian. Tak hanya di Gombel, ada juga Bukit Rong yang asyik untuk melihat pemandangan Kota Lumpia ini dari tempat tinggi. Bukit ini ada di Desa Delik, Kecamatan Tuntang dan tingginya mencapai sekitar 998 mdpl.

Di puncak bukit tersedia semacam aula berwarna putih dan gazebo yang bisa disinggahi pengunjung. Dari puncak terlihat alam hijau Semarang serta daerah di sekitarnya. Gunung Telomoyo dan Merbabu pun terlihat dari kejauhan.

Fasilitas di Bukit Rong juga tergolong lengkap. Toilet, tempat untuk salat, kios makanan dan area kemping sudah tersedia di bukit ini. Wisata pun jadi lebih nyaman. Bukit Rong merupakan salah satu tempat wisata alam di Semarang yang menjadi incaran wisatawan untuk menikmati keindahan kota ini dari ketinggian.

20. Taman Rekreasi Wonderia

Taman Rekreasi Wonderia
Taman Rekreasi Wonderia (Foto : wonderia-semarang.blogspot.com)

Lokasi dan alamat Taman Rekreasi Wonderia terletak di Jalan Sriwijaya. Tempat wisata anak di Semarang ini buka sejak tahun 2007. Taman Rekreasi Wonderia mempunyai banyak permainan menarik dan menyenangkan. Harga tiket masuk Taman Rekreasi Wonderia adalah 5,000 Rupiah. Cukup murah bukan?

Wahana permainan yang ada disini antara lain Boom Boom Car, Kiddy Boat, Super Rally, Ghost House, Space Gyro, Merry Go Round, dan Typhoon Coaster sehingga sangat cocok untuk Anda yang mempunyai anak kecil.

Baca Juga : 16 Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Murah Dan Tahan Lama

21. Lawang Sewu

Lawang Sewu
Lawang Sewu (Foto : otiket.info)

Nah, kalau tempat wisata di Semarang yang satu ini terkenal horor alias mistis. Lawang Sewu adalah nama sebuah gedung kuno di kota Semarang. Dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda, Lawang Sewu dulunya berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda.

Nama Lawang Sewu yang berarti seribu pintu berasal dari bentuk bangunannya yang mempunyai banyak pintu dan jendela. Harga tiket masuk Lawang Sewu adalah 10,000 Rupiah.

Yang menarik dari Lawang Sewu adalah suasana mistisnya yang dilengkapi dengan arsitektur megah khas jaman dahulu. Gedung Lawang Sewu juga mempunyai lantai bawah tanah yang dulunya difungsikan sebagai penjara.

22. Pantai Maron

Pantai Maron
Pantai Maron (Foto : kotawisataindonesia.com)

Pantai Maron adalah salah satu tempat wisata di Semarang barat. Lokasi-nya hanya beberapa ratus meter di utara Bandara Ahmad Yani Semarang. Pantai Maron menawarkan keindahan pantai yang indah dan eksotis sehingga ramai dikunjungi wisatawan sekitar Semarang pada akhir pekan.

Apabila Anda ingin berkunjung ke Pantai Maron, perlu di ingat bahwa jalan menuju tempat ini masih terbuat dari tanah yang dipadatkan, sehingga apabila hujan jalanan tersebut akan menjadi licin. Harga tiket masuk Pantai Maron adalah 3,000 Rupiah.

23. The Hills

The Hills Dining Restaurant
The Hills Dining Restaurant (Foto : facebook.com)

Tempat wisata kuliner di Semarang yang satu ini pas banget buat para pengantin baru. Cobalah datang ke Restoran The Hills, disini Anda bisa makan malam romantis sambil berbincang santai dengan pasangan. Restoran ini ada di kawasan Bukit Sari, sekitar 20 menit dari pusat Kota Semarang.

Restoran ini memang buka dari sore, tapi memang tak sedikit pengunjung yang sengaja datang untuk makan malam. The Hills menawarkan sensasi makan malam romantis dengan pemandangan Semarang dari ketinggian. Penerangannya juga sedikit redup untuk menambah kesan hangat dan romantis. Tak heran jika The Hills menjadi salah satu tempat makan romantis di Semarang.

24. Taman Tabanas

Taman Tabanas
Taman Tabanas (Foto : mediasemarangonline.com)

Ingin hangout di taman sambil menikmati keindahan Semarang? Datang saja ke Taman Tabanas di kawasan Gombel. Taman ini biasanya mulai ramai pengunjung selepas sore karena udara tidak sepanas di siang hari.

Taman Tabanas nampaknya pas banget untuk pasangan yang sedang bulan madu di Semarang. Tempat romantis di Semarang ini menyajikan kursi dan meja sederhana, serta kelap-kelip lampu Semarang sebagai pemandangannya. Anda dan pasangan juga bisa menikmati pemandangan sembari icip-icip jajan yang dijual oleh pedagang di sana.

Sebaiknya Anda membawa jaket karena udara di taman bisa jadi cukup dingin di malam hari. Jangan sampai kencan romantis di akhir pekan Anda malah berakhir masuk angin karena lupa bawa jaket. Bagi Anda pengantin baru, rugi deh kalau tak sempat mampir ke sini.

25. La Kana Chapel

La Kana Chapel
La Kana Chapel (Foto : Yongki RS via pixoto.com)

Ada satu lagi tempat wisata romantis di Semarang yang wajib dikunjungi para pengantin baru. Di daerah Bandungan, ada sebuah bangunan serba putih dengan suasana romantis yang menyelimuti. Bangunan itu adalah La Kana White Chapel, yang menjadi bagian dari Susan Spa and Resort.

Kapel tersebut bentuknya sungguh indah. Lokasinya juga asri dan sejuk, dengan panorama alam mempesona di sekitarnya. Pasangan Anda pasti akan senang diajak berkunjung kemari. Gak percaya? Datang saja kesini untuk membuktikannya.

26. Kampoeng Wisata Taman Lele

Kampoeng Wisata Taman Lele
Kampoeng Wisata Taman Lele (Foto : semarangforworld.blogspot.co.id)

Kampoeng Wisata Taman Lele adalah salah satu tempat wisata Semarang yang cocok untuk mengisi waktu liburan keluarga. Dengan luas lebih dari 2 hektar, Kampoeng Wisata Taman Lele mempunyai berbagai macam fasilitas penunjang rekreasi keluarga. Lokasi dan alamat-nya terletak di Jalan Walisongo.

Fasiltias yang dimiliki Kampoeng Wisata Taman Lele yaitu kolam renang, danau buatan, kebun binatang kecil, taman bermain anak, gazebo, penginapan, dan tempat pertunjukan. Harga tiket masuk Kampoeng Wisata Taman Lele adalah 2,000 Rupiah pada hari Senin sampai dengan Sabtu, dan 3,500 Rupiah pada hari minggu.

Baca Juga : Top 36 Restoran Dan Tempat Makan Enak Di Semarang

27. Pantai Tirang

Pantai Tirang
Pantai Tirang (Foto : 4pri.blogspot.com)

Pantai Tirang termasuk sebuah pantai biru nan indah dan bersih yang berlokasi dekat dengan bandara Ahmad Yani Semarang. Berjarak sekitar 5 KM dari Pantai Marina, Pantai Tirang merupakan tempat wisata di Semarang yang terkenal sebagai tempat mancing ikan kakap putih dan ikan kerapu.

Selain itu, di Pantai Tirang juga terdapat hutan bakau yang menarik untuk dilihat. Pantai Tirang cocok untuk Anda yang lebih menyukai suasana pantai yang sepi. Pas banget buat refreshing dari rutinitas sehari-hari.

28. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur
Air Terjun Kali Pancur (Foto : ardiyanta.com)

Tempat wisata di Semarang Jawa Tengah yang satu ini menyajikan pesona alam sebuah air terjun yang eksotis dan keren. Lokasi dan alamat Air Terjun Kali Pancur terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Objek wisata alam ini mempunyai ketinggian air terjun sekitar 150 meter, dihiasi bebatuan alam yang ditumbuhi pepohonan hijau, dan memiliki beberapa goa walet.

Sebelum Anda datang berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Kali Pancur, sebaiknya Anda menyiapkan terlebih dahulu badan Anda dan istirahatlah yang cukup. Hal ini karena Anda akan melewati sekitar 900 anak tangga yang cukup melelahkan untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Kali Pancur.

29. Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong
Pagoda Buddhagaya Watugong (Foto : bpras.com)

Pagoda Buddhagaya Watugong mempunyai ketinggian lebih dari 45 meter dan termasuk pagoda tertinggi di Indonesia. Lokasi dan alamat Pagoda Buddhagaya Watugong terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Semarang. Tempat ibadah pemeluk agama Budha ini termasuk salah satu tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi karena keunikan dan keindahan bentuk bangunannya.

30. Curug Benowo

Curug Benowo
Curug Benowo (Foto : pentingkumpul.wordpress.com)

Curug Benowo terletak di Lereng Gunung Ungaran, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Objek ini merupakan air terjun di Semarang favorit para pecinta alam. Namun, tempat wisata Curug Benowo ini kurang cocok untuk wisata keluarga karena perjalanan ke air terjun Curug Benowo cukup sulit dan melelahkan.

Untuk mencapai tempat wisata di Semarang Ungaran ini, Anda harus berjalan kaki kira-kira sekitar 2 jam. Medan yang Anda lalu cenderung sempit dan berbatu namun mempunyai pemandangan yang sangat indah dan alami. Nampaknya air terjun ini sangat pas bagi para anak muda yang hoby hiking dan tracking.

31. Banjir Kanal Barat

Banjir Kanal Barat
Banjir Kanal Barat adalah salah satu tempat wisata baru di Semarang yang bagus untuk nongkrong bagi anak muda (Foto : dotsemarang.com)

Jika sebelumnya hanya berfungsi sebagai pencegah banjir, kini Banjir Kanal Barat telah dipercantik dan jadi tempat nongkrong anak muda. Tempatnya yang luas, indah dan bersih, bikin pengunjung betah berlama-lama di Banjir Kanal Barat. Biasanya tempat wisata di Semarang Jateng ini mulai ramai sejak sore hingga malam hari.

Suasana sejuk ditambah dengan kelap kelip lampu jembatan dan bangunan di sekitar, menambah kecantikan banjir kanal. Pada ulang tahun Semarang, akan ada Festival Banjir Kanal Barat sekitar bulan Mei. Dimana akan ada ribuan lampion yang diterbangkan pengunjung dari Banjir Kanal Barat ini.

Baca Juga : 27 Tempat Nongkrong Asik Di Semarang Yang Enak Dan Cozy

32. Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong
Kelenteng Sam Poo Kong (Foto : indoturs.com)

Konon ceritanya Kelenteng Sam Po Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Tempat wisata di Semarang ini biasa disebut Gedung Batu. Hal ini karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu.

Lokasi dan alamat Kelenteng Sam Poo Kong terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Tepatnya di Jalan Simongan Raya No.129, Barusari, Semarang Selatan. Hampir di keseluruhan bangunan bernuansa merah khas bangunan China. Sekarang tempat tersebut dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang serta tempat untuk berziarah.

Harga tiket masuk Kelenteng Sam Poo Kong cukup murah, hanya Rp 3000 untuk pelajar dan umum Rp 5000. Nah, bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di Semarang yang murah meriah, nampaknya objek yang satu ini bisa menjadi salah satu tujuan Anda.

33. Kota Lama

Kota-Lama-Semarang
Kota Lama adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang bagus untuk wisata sejarah bangunan tua (Foto : deviantart.com)

Kota Lama merupakan obyek wisata di Semarang yang akan membuat wisatawan terasa kembali ke masa lalu. Tempat yang dijuluki ‘Little Netherland’ ini dipenuhi berbagai bangunan kuno khas Eropa yang didirikan pada masa penjajahan Belanda. Oya, kalau tak keliru Kota Lama juga termasuk tempat wisata di Semarang yang dekat dengan stasiun Tawang.

Bangunan di Kota Lama masih banyak yang berdiri tegak walaupun usianya mencapai ratusan tahun. Salah satu bangunan yang terkenal adalah Gereja Blenduk, yang letaknya di sebelah Taman Srigunting. Gereja itu masih berfungsi sebagai tempat ibadah hingga saat ini. Suasana disini sekilas mirip dengan ikonnya objek wisata di Jakarta yang bernama Kota Tua.

Stasiun Tawang, Kantor Pos, Gedung Spiegel dan bangunan lain di Kota Lama bisa dinikmati dengan jalan kaki, naik kendaraan pribadi atau bus wisata Semarjawi. Tinggal pilih saja sesuai selera Anda. Kalau lelah, tinggal duduk santai saja di taman atau menikmati aneka sajian di restoran serta kafe yang tersedia di Kota Lama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.