33 Tempat Wisata Kuliner Di Semarang Yang Enak Dan Murah

0 81,698

21. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok Pak Dhuwur
Mie Kopyok Pak Dhuwur (Foto : uniekkaswarganti.com)

Mie Kopyok Pak Dhuwur termasuk salah satu wisata kuliner khas Semarang yang wajib dikunjungi. Selain rasanya yang enak dan maknyus, harganya pun murah meriah. Cukup dengan Rp. 8.000,- Anda sudah bisa menikmati kelezatan Mie Kopyok Pak Dhuwur yang terkenal gurih, manis, dan nendang di lidah.

Mie kopyok adalah makanan khas semarang berupa mie kuning yang disajikan dengan irisan tetelan daging, tahu, lontong, tauge, dan kerupuk gendar. Kerupuk gendar adalah kerupuk yang terbuat dari beras. Mie kopyok ini lalu disiram dengan kuah yang telah diberi bumbu bawang putih, ditaburi seledri, bawang goreng, dan diberi kecap manis.

Mie kopyok ini kerap disebut sebagai mie teng-teng karena penjualnya suka memukul piring sehingga berbunyi “teng-teng-teng” saat menajajakan mienya. Penasaran? Datang saja ke warung Mie kopyok Pak Dhuwur di Jalan Tanjung (seberang kantor PLN Pemuda).

22. Babat Gongso Pak Karmin

Babat-Gongso-Semarang
Ilustrasi Babat Gongso (Foto : banyumurti.net)

Satu lagi kuliner khas Semarang yang tak kalah enak dengan Mie Kopyok, yaitu Babat Gongso. Namun, bagi Anda yang kolesterolnya tinggi, mungkin sebaiknya melewatkan kuliner yang satu ini. Babat gongso merupakan potongan babat dan juga jeroan lainnya seperti hati, limpa, paru, yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental.

Citaranya yang manis dan pedas terasa khas dengan tekstur yang empuk. Babat gongso ini konon diperkenalkan oleh Pak Karmin pada tahun 1954. Walaupun cukup banyak warung di Semarang yang menawarkan menu babat gongso, cobalah mencicipi babat gongso yang dijual di Warung Pak Karmin di dekat Jembatan Berok, di tengah kota Semarang.

Selain babat gongso, menu lain yang tak kalah tenar di Warung Pak Karmin adalah nasi goreng babat. Nasi goreng babat Warung Pak Karmin menggunakan racikan bumbu yang sama dengan racikan bumbu pada babat gongsonya. Harga satu porsi babat gongso di banderol dengan harga sekitar Rp. 8.000,-.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

23. Bebek Goreng Pak Thori

Bebek Pak Thori
Bebek Pak Thori (Foto : seputarsemarang.com)

Bagi Anda penggemar daging bebek, jangan sampai Bebek Goreng Pak Thori. Warung Bebek Pak Thori cukup sederhana, namun nyaman untuk bersantap, apalagi suasana yang masih cukup segar tentu menambah nikmat saat menyantap menu ini. Makan enak di Semarang tak lengkap bila belum mampir ke Bebek Goreng Pak Thori yang maknyus dan top markotop.

Lokasinya pun cukup mudah dijangkau, terletak di tepi jalan utama, tepatnya di Jalan Raya Manyaran Gunungpati Km 15, sebelah selatan SMA Semesta. Di warung ini tampak foto artis Tukul Arwana, saat sedang berkunjung. Bebek Goreng di sini cukup istimewa, dengan porsinya yang besar, tapi tetap lembut dan empuk saat disantap. Bumbunya pun terasa merasuk ke dalam dagingnya, sehingga terasa nikmat sampai habis dagingnya.

Ada 2 jenis sambal yang ditawarkan, yaitu sambal ijo pedas atau sambal merah yang tidak begitu pedas. Selain itu juga dilengkapi dengan lalapan, mulai dari daun kemangi, mentimun hingga kol. Satu porsi bebek goreng atau bebek bakar, lengkap dengan nasi dan minuman, dibanderol dengan harga sekitar Rp 30 ribu.

24. Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi Jowo Pak Gareng
Bakmi Jowo Pak Gareng (Foto : doyangemil.com)

Anda sedang mencari makanan di Semarang dengan menu olahan mie yang enak dan murah? Datang saja ke Bakmi Jawa Pak Gareng yang terletak di Jalan Wot Gandul Dalam, Semarang. Bakmi Jawa Pak Gareng menyajikan bakmi dalam dua pilihan, masak goreng dan masak kuah. Keduanya tentu sama lezat.

Bakmi ini dilengkapi dengan ayam suwir, telor, sawi dan kol. Tersedia juga aneka sate yang mampu menambah selera makan Anda. Selain bakmi, menu populer lainnya adalah nasi ruwet. Nasi ruwet sebenarnya merupakan nasi goreng yang dicampur dengan mie, namun karena tampilannya yang bercampur jadi satu, orang menyebutnya nasi ruwet.

Satu lagi yang istimewa, semua menu di sini dimasak dengan menggunakan arang sehingga rasa yang dihasilkan pun berbeda dan lebih nikmat. Satu porsi Bakmi Jawa Pak Gareng dibanderol dengan harga sekitar Rp.

25. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar
Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar (Foto : seputarsemarang.com)

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar adalah makanan enak di Semarang yang wajib Anda cicipi/cobain berikutnya. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini menjadi bukti bahwa warung tenda sederhana mampu menyajikan kuliner lezat kelas satu. Letaknya berada di belakang Gereja Blenduk di kawasan Kota Tua.

Gulai kambing ini berbeda dari gulai kambing kebanyakan. Jika biasanya gulai dimasak dengan menggunakan santan sehingga menghasilkan kuah kental gurih, ini tidak terjadi pada Gulai Kambing Bustaman. Kelapa tak dijadikan santan, namun diparut, disangrai kering kemudian ditumbuk halus bersama bumbu-bumbu lainnya.

Hasilnya? Kuahnya bening segar dan akan membuat Anda ketagihan. Tempat wisata kuliner di Semarang ini buka mulai pukul 08:00 sampai 16:00 dan mencapai puncak keramaian pada jam makan siang. Harga satu porsi Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar hanya sekitar Rp.

Leave A Reply

Your email address will not be published.