33 Tempat Wisata Kuliner Di Semarang Yang Enak Dan Murah

0 203,487

17. Ayam Goreng Lombok Ijo

Ayam Goreng Lombok Ijo
Ayam Goreng Lombok Ijo (Foto : seputarsemarang.com)

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata kuliner murah di Semarang untuk semua kalangan, datang saja ke Ayam Goreng Lombok Ijo. Rumah makan ini juga pas bagi Anda penggemar daging ayam. Lokasi dan alamatnya terletak di Manggala Food Court, Jalan Gajah Mada No 119 B Semarang dan cabang baru di Jl Setiabudi No 63A Tembalang Banyumanik, Semarang.

Menu yang ditawarkan di Ayam Goreng Lombok Ijo ini cukup banyak, mulai dari paha/dada ayam goreng/bakar, kepala goreng, empal penyet sambal terasi, ati ampela goreng, tahu/tempe sambal terasi/bawang/ijo, sayur bening, balado terong, dan pete goreng, sop ataupun sayur asem.

Sedangkan beragam minuman yang dijual di Lombok Ijo ini yaitu soda soemringah, es sedjoek, es tipis, wedang tomat, es kelapa muda, es kejer, djoes djeruk, djoes semangka dan sebagainya. Meski begitu menu yang paling ramai tentu saja seperti nama tempat ini, “Ayam goreng lombok idjo”.

18. Nasi Gandul

Nasi-Gandul-Pak-Subur
Nasi Gandul Pak Subur (Foto : seputarsemarang.com)

Nasi Gandul termasuk salah satu kuliner Semarang murah meriah. Nasi gandul ini sebenarnya merupakan kuliner yang berasal dari Pati. Namun jika tidak sempat berkunjung ke Pati, Anda bisa menyantap nasi gandul ini di Semarang. Nasi gandul berupa nasi putih hangat yang disajikan dengan daging sapi dan jeroannya, lalu disiram dengan kuah kaldu dan santan yang encer dan warnanya kecoklatan.

Pelengkapnya adalah tempe goreng, perasan jeruk nipis, dan sambal. Nasi gandul sekilas mirip dengan semur daging dan gulai. Dinamakan nasi gandul karena pada awalnya penjual nasi gandul membawa barang dagangannya dengan cara memanggul bambu yang kedua ujungnya digantungi bakul nasi dan kuali berisi kuah (gandul = gantung).

Nasi gandul ini biasanya disajikan dengan alas daun pisang dan disantap dengan menggunakan sendok dari daun pisang. Satu porsi nasi gandul beserta lauk dan segelas es teh/es jeruk bisa ditebus dengan harga kurang dari Rp 15.000,-. Ada dua Nasi Gandul di Semarang yang cukup terkenal yaitu Nasi Gandul Pak Subur di Jl Ahmad Dahlan dan Nasi Gandul Pak Memed di Jl. Dr. Cipto No. 12A.

Baca Juga : Top 36 Restoran Dan Tempat Makan Enak Di Semarang

19. Kue Lekker Paimo

Kue Lekker Paimo
Kue Lekker Paimo (Foto : klikhotel.com)

Kuliner Semarang murah yang wajib Anda cobain berikutnya adalah Kue Lekker Paimo yang terkenal seantero Semarang. Lekker berasal dari bahasa belanda yang artinya “enak”. Kue yang dijajakan di kaki lima ini bentuknya menyerupai martabak, namun ukurannya lebih kecil dan juga lebih tipis. Mirip dengan crepes.

Lokasi dan alamat Kue Lekker Paimo berada di depan SMU Kolose Loyola, Jl Karanganyar No 37, Semarang Tengah. Kue Lekker Paimo yang sudah dijual sejak tahun 1978 ini memiliki varian rasa yang sangat beragam, antara lain telur sosis, tuna keju, jagung manis, keju abon, sosis mozzarella, pisang cokelat, dan lain-lain.

Pembeli pun bisa memilih ketebalan kue lekker-nya, apakah mau tipker (tipis kering) atau yang lebih tebal. Lekker Paimo ini selalu dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Lekker Paimo ini juga tidak membuka cabang di tempat lain. Harga kue leker ini bervariasi antara Rp. 1.000,- s/d Rp. 16.000,-.

20. Pisang Plenet

Pisang-Plenet-Semarang
Ilustrasi Pisang Plenet (Foto : klikhotel.com)

Pisang Plenet adalah jajanan khas Semarang yang enak namun saat ini sudah jarang ditemukan. Pisang plenet merupakan pisang kepok yang dibakar di atas arang, kemudian ditekan dengan papan kecil sehingga bentuknya menjadi pipih. Pisang yang digunakan haruslah pisang kepok raja yang memiliki rasa manis dan berwarna kuning.

Pisang plenet yang dijual di gerobak-gerobak memiliki berbagai pilihan rasa, antara lain keju, coklat, atau nanas. Ada juga yang hanya ditaburi gula halus. Pisang plenet ini dapat dijumpai di Jalan Pemuda dekat Gedung Lawang Sewu dan pusat jajajan toko Sri Ratu. Jam buka biasanya menjelang sore hari hingga tengah malam. Satu tangkup pisang plenyet dijual dengan harga sekitar Rp 4.000. Murah meriah banget bukan?

21. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik
Es Puter Cong Lik (Foto : hellosemarang.com)

Jika Anda sedang berada di Kawasan Simpang Lima, jangan sampai melewatkan kuliner Semarang yang satu ini, Es Puter Cong Lik namanya. Lokasinya di arah Jl. KH. Ahmad Dahlan dan berupa warung tenda bertuliskan “Es Cong Lik”.
Es puter Cong Lik menjadi salah satu kuliner wajib coba di Kota Semarang. Rasanya yang lembut, segar, tidak eneg, bisa menjadi favorit para pelancong dari semua kalangan, baik anak – anak maupun orang dewasa.

Es Cong Lik ini menggunakan buah-buahan yang diparut dan kemudian dicampur dengan es. Varian rasanya ada banyak, antara lain: durian, kopyor, kelapa muda, alpukat, cokelat, leci, blewah, kelengkeng, kacang ijo, dan sirsak. Es puter Cong Lik ini tidak menggunakan bahan pengawet ataupun pewarna buatan.

Dengan harga Rp 13.000, Anda sudah bisa mencicipi satu porsi es puter Cong Lik, seperti rasa cokelat, kelapa muda, leci, mangga dan blewah. Untuk Anda pecinta durian, dengan Rp 20.000 Anda sudah bisa mendapatkan es puter durian beserta satu pongge durian. Anda bisa memesan satu jenis rasa atau kombinasi, tergantung selera Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.