33 Tempat Wisata Kuliner Di Semarang Yang Enak Dan Murah

0 237,260

12. Nasi Goreng Babat Pak Taman

Nasi Goreng Babat Pak Taman
Nasi Goreng Babat Pak Taman (Foto : instidy.com)

Nasi Goreng Babat yang maknyus berikutnya adalah Nasi Goreng Babat Pak Taman yang terletak di Jl Stadion Barat/Selatan, Semarang. Tepatnya berupa warung tenda di sebelah Stadion Diponegoro. Tempatnya tak terlalu besar, tapi cukup mudah dicari. Jika kebanyakan warung nasi goreng buka malam hari, warung Pak Taman ini bisa dijumpai sejak pagi hingga sore hari.

Bumbunya intens, seperti nasgorbat pada umumnya, cita rasa bawang merah dan kecap manisnya nendang di lidah. Nasi goreng dimasak satu per satu tiap porsinya agar hasilnya bisa optimal dan prosesnya pun cukup cepat. Penyajiannya khas, menggunakan piring yang dialasi daun pisang. Selain nasgorbat, Pak Taman juga terkenal akan Babat Gongso-nya yang enak, maknyus, dan top markotop.

13. Nasi Kebuli Djawas

Nasi Kebuli Djawas
Nasi Kebuli Djawas (Foto : brama-sole.com)

Nasi Kebuli Djawas termasuk salah satu tempat wisata kuliner di Semarang dan sekitarnya yang wajib dikunjungi. Nasi Kebuli adalah makanan khas Arab yang akrab dengan lidah orang Jawa (Indonesia). nasi berbumbu dan bercita rasa gurih ini biasanya hanya bisa ditemui dalam perayaan keagamaan seperti perayaan Maulid, Lebaran Haji atau kenduri orang-orang keturunan Arab.

Namun di Semarang, Jawa Tengah, nasi kebuli bisa dinikmati kapan saja karena ada sebuah rumah makan yang khusus menjual menu-menu makanan Arab. Rumah Makan Djawas namanya, tepatnya beralamat di Jl Gatot Subroto No 102 Ungaran. Selain nasi kebuli, juga tersedia nasi bukhari ayam, nasi biryani, kambing guling, iga bakar dan berbagai masakan Arab lainnya.

Sepiring nasi kebuli daging kambing yang lengkap dengan acar Arab dan salata dibandrol dengan harga Rp.29.000. Rumah makan ini buka setiap hari hingga pukul 19.30. Jangan sampai kemalaman, nanti kehabisan nasi kebuli andalannya yang enak dan maknyus.

Baca Juga : 16 Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Murah Dan Tahan Lama

14. Gudeg Abimanyu

Gudeg-Abimanyu
Gudeg Abimanyu (Foto : letsgetlostguys.blogspot.com)

Bukan hanya Jogja yang terkenal akan gudegnya yang enak, Semarang juga punya gudeg yang tak kalah maknyus yaitu Gudeg Abimanyu. Gudeg Semarang punya ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan gudeg Jogja. Kalau pada umumnya nasi gudeg bercita rasa manis, gudeg ala Semarang ini justru bercita rasa pedas.

Gudeg ini disajikan dengan daun singkong, sayur kol, kerecek pedas, telur pindang, koyor (urat sapi), opor ayam, serundeng basah, sambal udang dan areh kental. Gudeg Abimanyu termasuk kuliner Semarang yang terkenal enak dan murah meriah. Untuk setiap porsinya dimulai dengan harga Rp 10.000.

Rumah makan enak ini berada di jalan Abimanyu VII No. 6 Semarang. Biasanya tempat ini mulai melayani pelanggannya setiap hari sejak pukul 6 pagi hingga pukul setengah 11 siang, sedangkan pada sore harinya mulai di buka lagi pukul 5 sore. Hingga sekarang Gudeg Abimanyu telah membuka cabangnya di Jl. Kimangun Sarkoro.

15. Nasi Pecel Mbok Sador

Pecel Mbok Sador
Pecel Mbok Sador (Foto : diahdidi.com)

Nah, bagi Anda yang sedang menjelajahi kawasan kuliner Simpang Lima Semarang, jangan lupa mampir mencicipi Nasi Pecel Mbok Sador. Kuliner kota Semarang yang satu ini cukup terkenal dikalangan warga Semarang dan wisatawan. Warung pecel Mok Sador terletak di Jalan Pahlawan, tepatnya di seberang Ramayana.

Nasi pecel terdiri dari daun ubi, daun papaya, kenikir, bayam, kacang panjang, dan tauge. Lalu diberi sambal kacang hingga sayuran merata dengan saus kacang. Pengunjung dapat menemukan menu pelengkap untuk menyantap nasi pecel, yaitu terdapat rempeyek kacang atau teri, dan kerupuk gendar.

Menu lain yang ditawarkan di warung Mbok Sador diantaranya terdapat sate keong, sate telur puyuh, hati ampela, kerupuk, aneka jeroan sapi, dan kerupuk. Harganya cukup murah terjangkau kok. Gak percaya? Cobain aja langsung waktu jalan-jalan di Simpang Lima Semarang.

16. Tahu Gimbal

Tahu-Gimbal-Semarang
Ilustrasi Tahu Gimbal Semarang (Foto : klikhotel.com)

Satu lagi kuliner simpang lima Semarang yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja, yaitu Tahu Gimbal. Tahu Gimbal adalah kuliner khas Semarang yang terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, toge, telur, dan gimbal lalu dicampur dengan bumbu kacang yang menggunakan petis udang.

Gimbal adalah udang yang digoreng dengan tepung. Gimbal ini rasanya gurih, manis, dan juga pedas. Uniknya, sang penjual biasanya tidak memotong-motong tahu, lontong, dan gimbal dengan pisau, melainkan menggunting-guntingnya dengan gunting besi. Harga satu porsi tahu gimbal sekitar Rp. 6.000,- s/d Rp. 11.000,-. Cukup murah meriah bukan?

Tahu gimbal ini cukup mudah ditemukan di Semarang, baik di kaki lima maupun di rumah makan. Anda dapat menemukan tahu gimbal ini di sekitaran Taman KB, depan SMA 1 Semarang, Jalan Menteri Supeno, dan kawasan Simpang Lima Semarang. Oya, Anda perlu nyobain Tahu Gimbal Pak Edi yang terkenal enak, lokasinya ada di Jalan Pahlawan, tak jauh dari Simpang Lima.

Leave A Reply

Your email address will not be published.