33 Tempat Wisata Kuliner Di Semarang Yang Enak Dan Murah

0 237,261

7. Toko Oen

Es Krim Toko Oen Semarang
Es Krim Toko Oen Semarang (Foto : hellosemarang.com)

Siapa seh yang tak kenal dengan Toko Oen? Tempat makan di Semarang yang legendaris ini terkenal akan menu Ice Cream homemade-nya yang lezat lembut di mulut. Bahkan masuk dalam daftar es krim paling enak di Indonesia lho. Tak heran jika banyak traveler yang telah memposting dan review kuliner yang satu ini di facebook, instagram, atau pun sosial media lainnya.

Lokasi dan alamat Toko Oen terletak di Jalan Pemuda No.52 Semarang dan berdiri sejak tahun 1936. Suasana di Toko Oen ini sangat ‘homy’ cocok untuk santai bersama keluarga atau teman perjalanan. Di sini Anda bisa memilih berbagai varian es krim. Mulai dari es krim coklat, moka, vanilla, buah dan juga kopyor yang bisa didapatkan dengan harga Rp 14.000 – Rp 15.000.

Ada juga es krim yang ditaburi sukade dan disajikan dengan slagroom seperti nesselrode room dan vruchten sorbet dengan harga Rp 17.500 – Rp 20.000. Anda juga bisa mencicipi es krim potong tutti frutti dengan harga Rp 32.500. Salah satu es krim yang menjadi khas Toko Oen adalah Oen’s Symphony, 5 scoop es krim dengan rasa yang berbeda, disajikan dengan slagroom dan katetong.

Selain es krim, menu yang harus Anda cicipi adalah roti ganjel rel yang merupakan makanan khas Semarang. Satu potong roti ganjel rel hanya dibanderol dengan harga Rp 6.000. Jika ingin menu yang mengenyangkan, Anda bisa pilih menu Italian food seperti spaghetti dan scallopin, European food seperti bestik dan wiener schnitzel atau menu makanan Indonesia seperti gado-gado dan tahu campur.

8. Nasi Kucing Pak Gik

Nasi Kucing Pak Gik
Nasi Kucing Pak Gik (Foto : instagram.com)

Anda sedang kelaparan saat tengah malam? Datang saja ke tempat wisata kuliner malam Semarang yaitu Nasi Kucing Pak Gik. Warung ini merupakan ikonnya nasi kucing Semarangan. Kalau Lek Man terkenal sebagai salah satu angkringan enak di Jogja yang legendaris, maka kalau di Semarang, Nasi Kucing Pak Gik lah pilihannya.

Berlokasi di jalan Wotgandul sebelah kali Semarang, kurang lebih 20 meter dari jalan Gajah Mada. Warung nasi kucing ini sudah berdiri sejak 50 tahun yang lalu. Menu yang ada di Warung Nasi Kucing Pak Gik ini selain nasi kucing ada juga gorengan dan menu makanan kecil lain dengan suguhan yang hangat, mendoan, pangsit, tahu petis, sate bakso, pia pia, dan lain lain.

Untuk menu nasi nya ada nasi kering, nasi babat telor, nasi gurih, nasi tahu telur, ketan kering dan sebagainya. Minuman yang disediakan juga beragam, seperti teh panas, teh anget, kopi, susu, jeruk panas, jeruk anget, wedhang jahe dan sirup. Namun yang paling khas adalah teh hangatnya yang kental dan manis. Harga makanan dan minuman disini tentu saja murah meriah, hanya dengan Rp. 5.000,- Anda sudah bisa menikmati aneka makanan disini.

Warung Pak Gik ini buka tengah malam mulai dari pukul 24.00. Warung Pak Gik melayani pelangggannya hingga pagi hari, namun sering pada pukul 03.00 dini hari menu makanan sudah mulai habis. Tak heran jika warung ini menjadi salah satu tempat nongkrong di Semarang favorit anak muda saat malam hari.

Baca Juga : 27 Tempat Nongkrong Asik Di Semarang Yang Enak Dan Cozy

9. Angkringan Gaul Ampiran 3

Angkringan Gaul Ampiran 3
Angkringan Gaul Ampiran 3 (Foto : putrajayatrans.com)

Ini dia tempat wisata kuliner di Semarang terbaru dengan konsep lebih ‘anak muda’. Menu yang disajikan di Angkringan Gaul Ampiran 3 ini tak jauh berbeda dengan angkringan pada umumnya yaitu nasi kucing juga aneka sate dan gorengan. Masalah harga pun sama terjangkaunya.

Lalu apa yang membuat angkringan ini istimewa? Angkringan ini menjadi tempat nongkrong favorit anak muda di Semarang karena tersedianya fasilitas free WiFi dan pertunjukan live musik. Tempat wisata kuliner baru ini terletak di Jalan Durian Raya 29C, Banyumanik, Semarang.

10. Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum

Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum
Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum (Foto : arjunarentcar.blogspot.co.id)

Satu lagi wisata kuliner malam Semarang yang mesti Anda cobain, yaitu Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum. Buka dari sore hari hingga tengah malam, Warung Mbak Tum ini menjadi salah satu tujuan kuliner warga Semarang dan sekitarnya yang lapar saat malam hari. Tempat makan enak ini juga termasuk salah satu rekomendasi wisata kuliner Semarang Bondan Winarno.

Menu makanan enak yang disajikan antara lain Nasi Gudeg, Ayam Goreng, Lontong Opor, Koyor, Babat Goreng, Sambal, dan Opor. Salah satu menu yang menjadi favorit pengunjung adalah nasi koyor. Koyor (bagian otot sapi) dimasak sambal goreng dengan kuah gurih dan agak pedas. Untuk penyajiannya, koyor dipotong-potong terlebih dulu ke dalam ukuran lebih kecil agar lebih mudah disantap.

Llokasi dan alamat Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum terletak di Jl MT Haryono / Mataram Semarang Jawa Tengah. Tepatnya di seberang Sri Ratu Peterongan, depan Bank BTN. Soal harga tak usah kuatir, murah meriah kok alias nyaman di kantong. Nasi opor ayam dengan teh panas hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp. 15.000,-.

11. Nasi Goreng Babat Pak Hengky

Nasi Goreng Babat Pak Hengky
Ilustrasi Nasi Goreng Babat Pak Hengky (Foto : websta.me)

Nasi Goreng Babat Pak Hengky ini ternyata masuk dalam daftar tempat wisata kuliner di Semarang recomended dari pak Bondan Winarno. Lokasinya berada di Jalan Puri Anjasmoro Blok K Semarang Barat. Menyediakan dua macam rasa, Semarang yang cenderung manis, atau Jakarta yang tidak manis. Yang paling istimewa disini adalah paru goreng yang betul-betul renyah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.