30 Tempat Wisata Alam Di Malang Dan Sekitarnya Yang Hits

0 97,262

25. Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kidul
Desa Wisata Pujon Kidul (Foto : halomalang.com)

Desa Pujon Kidul merupakan salah satu tempat wisata alam di Malang, Jawa Timur, yang cocok untuk refreshing dan wisata edukasi. Kegiatan yang dilakukan dalam wisata edukasi yaitu seperti petik sayur, peternakan, pembelajaran energi alternatif, pengolahan susu, dan Outbond/ Fun Games.

Sambil berwisata alam, Anda juga bisa menikmati beragam kesenian tradisional seperti, Kuda Lumping, Pencak Silat, dan Tarian Sanduk. Desa Pujon Kidul juga memiliki kuliner dan oleh – oleh khas yang ditawarkan kepada para wisatawan seperti makanan khas, produk olahan susu, kerajinan tangan (handycraft), dan produk agro yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga.

Dari pusat Kota Batu, Desa wisata Pujon Kidul dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi dengan jarak tempuh sekitar ± 5 Km. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah Batu langsung menuju arah Pujon ataupun Jombang -Kediri kemudian belok kiri pada pertigaan kedua setelah tugu sapi kemudian arah Pujon Kidul. Jika menggunakan kendaraan umum dapat naik bus Puspa Indah arah Jombang – Kediri kemudian berhenti di tugu sapi kemudian berganti naik ojek ke Pujon Kidul.

26. Desa Wisata Tamban

Pantai Tamban Di Desa Wisata Tamban (Foto : candrazr.wordpress.com)
Pantai Tamban Di Desa Wisata Tamban (Foto : candrazr.wordpress.com)

Desa Wisata Tamban bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk berwisata kembali ke alam. Desa yang terletak Kecamatan Sumbermanjing ini memang dipersiapkan menjadi desa wisata sejak tahun 1990 lalu. Pengunjung yang kebanyakan adalah anak sekolah maupun mahasiswa datang ke Desa Wisata Tamban untuk belajar mengenai lingkungan hidup dan budaya masyarakat.

Berwisata ke Desa Wisata Tamban pasti akan membuat Anda beristirahat sejenak dari tekanan dan kesibukan kota. Alamnya yang masih alami dan penduduk yang bersahaja akan semakin melengkapi suasana liburan Anda. Tempat wisata alam di Malang ini menawarkan beberapa objek yang menarik seperti Kampung Tambak rejo, Pantai Tamban, Pantai Sendiki, Pulau Sempu, Tempat Pelelangan Ikan Desa Tamban, dan Seni Budaya Desa Tamban.

27. Gua Lo Bangi

Gua Lo Bangi
Gua Lo Bangi (Foto : surabaya.panduanwisata.id)

Selain pantai dan air terjun, Malang juga punya wisata alam gua yang eksotis, Gua Lo Bangi namanya. Sebenarnya ada dua buah gua yaitu Gua Lo dan Gua Bangi. Keberadaan kedua gua ini berdekatan di satu wilayah, oleh sebab itu sering disebut Gua Lo Bangi oleh masyarakat sekitar. Gua ini berada di Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Pesona Gua Lo Bangi sudah terasa ketika kita akan masuk ke dalam mulut gua. Anda dijamin akan tertantang melewati akses jalan yang sedikit berliku ini. Memasuki ke dalam gua, pengunjung akan menikmati aliran sungai bawah tanah, danau, dan air terjun. Mulut gua dengan lebar sekitar 5 meter di bagian awal memiliki lorong yang lebar dan tinggi dengan lantai gua didominasi oleh tanah yang berbatu.

Ornamen gua yang dapat Anda ditemui adalah stalakmit, stalaktit, batu-batu reruntuhan, gourdam, kolam dan lain-lain. Di dalam gua kita juga bisa melihat beraneka bentuk ornamen yang terbuat dari batu alam. Corak ornamen itu semakin indah jika dipadu dengan stalaktit yang menggantung pada dinding atas gua. Uniknya, jika diperhatikan secara seksama ornamen tersebut membentuk sebuah corak dan motif buah-buahan.

Jika Anda berniat mengunjungi Gua Lo Bangi, sebaiknya ajaklah pemandu yang cukup berpengalaman. Siapkan peralatan seperti helm, tabung oksigen, sepatu karet, lilin, korek, peralatan rock climbing, peralatan pribadi serta perlengkapan konsumsi. Oya, jangan berbuat sesuatu yang dapat merusak keindahan gua.

28. Kaliwatu Rafting

Kaliwatu Rafting
Kaliwatu Rafting (Foto : kaliwaturafting.co.id)

Jika selama ini tempat wisata Batu Malang identik dengan Jatim Park atau BNS, kali ini Anda bisa mencoba sesuatu yang lain. Tempat wisata alam di Malang yang satu ini cocok bagi Anda yang suka memacu adrenalin. Tempat wisata ini bernama Kaliwatu, sebuah sungai di Kota Wisata Batu yang didesain untuk kegiatan alam yang tepat digunakan sebagai media belajar.

Salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan di Kaliwatu adalah Kaliwatu Rafting yaitu kegiatan arung jeram untuk family, sekolah maupun perusahaan. Anda tidak perlu khawatir atas safety dari Kaliwatu Rafting karena akan dipandu secara profesional oleh fasilitator yang telah berpengalaman yang tergabung dalam Kaliwatu Inovation Learning Institute.

29. Ndayung Rafting

Ndayung Rafting
Ndayung Rafting (Foto : malangtravelista.com)

Satu lagi tempat wisata alam di Malang yang menawarkan Rafting, yaitu N’dayung Rafting. N’dayung merupakan salah satu perusahaan di bidang wisata, yang mengkhususkan diri untuk kegiatan outdoor activity. Salah satu wahana wisata outdoor yang banyak diminati di sini adalah rafting.

N’dayung Rafting menawarkan sensasi berbeda dengan keunggulan beautiful view karena lokasinya berada di lereng gunung Semeru sebelah utara. Selain itu, pemandangan alami tebing, hutan, dan view kebun apel serta sayur mayur di sepanjang jalur rafting pun menambah pengalaman untuk bisa menyatu dengan alam semakin lengkap.

N’dayung Rafting sendiri mengunakan aliran sungai dari Air Terjun Coban Pelangi. Oleh karena itulah, N’dayung Rafting memiliki pangsa pasar tersendiri karena daerah ini merupakan tempat yang menjadi salah satu jalan menuju kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBT) dari arah Malang.

30. Petungsewu Wildlife Education Center

Petungsewu Wildlife Education Center atau P-WEC
Petungsewu Wildlife Education Center atau P-WEC (Foto : p-wec.org)

Terakhir, tempat wisata alam di Malang dan sekitarnya yang dapat Anda kunjungi adalah Petungsewu Wildlife Education Center. Objek wisata alam ini sangat pas buat sarana edukasi anak-anak atau pelajar. Pada dasarnya P-WEC adalah pusat pendidikan informal tentang pelestarian alam.

Disini Anda akan bisa belajar mengenai pelestarian alam melalui permainan, petualangan, dan rekreasi. Progam ini juga ditunjang dengan letak P-WEC yang berada di nuansa yang alami dan sejuk dengan nuansa pedesaan.

Program yang ditawarkan P-WEC antara lain tentang ekosistem sungai, ekosistem hutan, mengenal serangga, mengenal keragamaan satwa liar, pengamatan burung, pohon, recycle and re-use, hingga tentang kesejahteraan satwa. Yang lebih menarik lagi, program tidak hanya dilaksanakan di kawasan P-WEC, namun juga di hutan dan sungai yang ada di sekitar lokasi yang terletak di Desa Petungsewu, Kecamatan Dau.

Bukan hanya pantai, Malang juga surganya wisata alam yang eksotik, keren, dan indah. Bagi Anda yang mempunyai info tentang tempat wisata alam di Malang dan sekitarnya yang menarik, seru, dan asyik lainnya dapat berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.