30 Tempat Wisata Alam Di Malang Dan Sekitarnya Yang Hits

0 109,901

19. Air Terjun Coban Parang Tejo Malang

Air Terjun Coban Parang Tejo Malang
Air Terjun Coban Parang Tejo Malang (Foto : halomalang.com)

Anda ingin merasakan sensasi berbeda ketika melihat keindahan air terjun (coban)? Sungguh tepat kalau datang ke Coban Parang Tejo. Karena air terjun yang berada di Dusun Princi, Desa Gading Kulon, Kecamatan Dau ini ada fenomena yang tak ada di coban lain. Yakni munculnya air terjun di balik air terjun.

Ya, itulah keunikan dari tempat wisata alam di Malang yang satu ini. Air terjunnya bertumpuk dan berlapis-lapis. Lapisan air terjun ini berada di dalam aliran air terjun utama yang mengalir deras dari ketinggian 57 meter.

Di dalam lapisan air terjun utama, terdapat puluhan air terjun yang mengalir dari bebatuan tebing kawasan hutan lindung petak 210 di lereng Gunung Kawi ini. Aliran air terjun di bagian dalamnya yang membawa buih berwarna putih terlihat jelas. Karena aliran air terjunnya begitu jernih. Begitu tiba di dataran, lapisan air terjun ini menyatu dan berlarian di sela-sela bebatuan kali.

20. Kasembon Rafting

Kasembon-Rafting
Kasembon Rafting (Foto : raftingkasembon.com)

Anda suka wisata yang menantang adrenalin? Selain mendaki gunung atau terjun payung, rafting bisa menjadi alternatif wisata Anda. Nah, di kota Malang terdapat wisata arung jeram atau rafting yang sayang untuk dilewatkan. Ya, apalagi kalau bukan Kasembon Rafting.

Obyek wisata arung jeram Kasembon atau Kasembon Rafting terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kediri, tepatnya di Desa Bayem, Kecamatan Kasembon. Dari kota Malang, Kasembon Rafting berjarak sekitar 65 km atau sekitar 1,5-2 jam perjalanan.Tempat wisata alam di Malang ini memiliki pemandangan yang indah.

Lokasi Kasembon Rafting dikelilingi oleh pegunungan dan bukit, serta pemandangan alami persawahan di sisinya. Arus sungai di kawasan wisata arung jeram ini memiliki 5 kanal dengan ketinggian 2-3 meter dan tingkat kesulitan berkisar level 2-3. Terdapat sekitar 8 jeram, beberapa di antaranya dengan ketinggian hingga 4 meter sehingga cukup menantang para rafter.

21. Rafting Sungai Bango

Rafting di Sungai Bango adalah salah satu tempat wisata di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : raftingdimalangan.blogspot.com)
Rafting di Sungai Bango adalah salah satu tempat wisata alam di Malang dan sekitarnya yang wajib dikunjungi (Foto : raftingdimalangan.blogspot.com)

Selain di Kasembon, Anda juga bisa rafting di tengah kota tepatnya Sungai Bango. Sungguh pengalaman yang tidak biasa. Sungai Bango mengalir dari wilayah Singosari, yang di tengah jalan bertemu dengan aliran Sungai Brantas. Ini adalah lokasi baru untuk rafting di tengah kota. Tepatnya di Arussina Rafting, Jl Terusan Sulfat 44A Kota Malang.

Bagi yang belum percaya di Tengah kota Malang ada wisata rafting, ada baiknya bisa datang langsung ke basecamp Arussina Rafting. Basecamp berada di tepian sungai di bawah rindangnya bambu yang berada di sekitarnya. Bale Kanthi yang terbuat dari bambu sudah disiapkan untuk menyambut tamu yang ingin menikmati keteduhan kota Malang.

22. Waduk Selorejo

Waduk Selorejo
Waduk Selorejo (Foto : caderabdul.wordpress.com)

Di Tengah-tengah kecamatan Ngantang ini dibangun sebuah waduk Selorejo yang bertujuan untuk menampung sungai Konto, anak sungai Brantas, dan sungai Kwayangan agar mencegah banjir. Pada saat ini, Waduk Selorejo juga berfungsi untuk wisata, budidaya perikanan, irigasi, dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Waduk dirintis pada tahun 1963 dan pembangunannya baru selesai pada 1970, dan langsung diresmikan oleh Presiden Suharto pada tanggal 22 Desember 1970. Waduk Selorejo ini sekarang dikelola oleh Perum Jasa Tirta. salah satu BUMN yang berlokasi di Malang.

Saat tiba di Daerah Selorejo, Anda diselimuti hawa sejuk khas pegunungan. Saat memasuki kawasan wisata Waduk Selorejo, Anda akan disambut dengan Bangkai Pesawat Terbang. Waduk Selorejo juga memiliki Jembatan Gantung yang lumayan bikin adrenalin terpacu. Bagaimana tidak saat kaki menginjak jembatan, maka seluruh jembatan akan ikut bergerak.

Tempat wisata alam di Malang yang satu ini menawarkan keindahan alam yang mempesona. Waduk Selorejo menjadi salah satu tujuan wisata setiap akhir pekan. Selain pesona jembatan gantung dan keindahan alamnya, Anda juga bisa melakukan kegiatan mancing disini.

23. Waduk Karangkates

Waduk Karangkates
Waduk Karangkates (Foto : tarmujieboy.wordpress.com)

Waduk Karangkates atau Bendungan Karangkates atau Bendungan Sutami yang terletak di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, merupakan waduk yang sumber airnya berasal dari Sungai Brantas. Sayangnya, air yang dulunya bersih kini sudah mulai keruh karena polusi air yang tak dapat dihindari. Namun, tetap suasana di sekitar bendungan masih terasa sejuk dengan pepohonan rindang yang cukup untuk menghalangi sinar matahari.

Tempat wisata alam di Malang ini menyajikan sebuah taman yang sangat nyaman untuk bersantai. Dengan tiket masuk sebesar Rp. 2.000, Anda sudah dapat menikmati keindahan dan kesejukan alam sekitar bendungan. Adapun fasilitas yang disediakan oleh pengelola Bendungan Karangkates ini antara lain tempat pemancingan, lapangan tenis, lapangan golf, camping ground, kebun binatang mini, serta taman bermain anak-anak.

24. Kusuma Agrowisata

Wisata Petik Apel Batu Malang
Ilustrasi Wisata Petik Apel (Foto : malangonline.com)

Ingin memetik buah apel sendiri dari pohonnya? Datang saja ke Kusuma Agrowisata, Batu, Malang. Tempat ini merupakan pelopor wisata agro di Indonesia. Sejatinya Kusuma Agrowisata adalah hotel dan lokasi wisata agro. Kalau biasanya hotel memberikan fasilitas wisata kepada pengunjungnya, Kusuma Agrowisata Batu justru kebalikannya. Tempat wisata alam di Malang ini merupakan satu-satunya wisata yang menawarkan hotel sebagai fasilitas pendukungnya.

Kusuma Agrowisata terletak pada ketinggian ±1000 meter dari permukaan laut yaitu di Jl. Abdul Gani Atas. Wisata yang ditawarkan adalah perkebunan yang menyediakan layanan wisata petik di kebun apel, jeruk, jambu merah, buah naga, stroberi dan sayur hidroponik bebas pestisida. Selain wisata petik, objek wisata berhawa sejuk ini juga menawarkan wahana outbound seperti bermain War Game di arena airsoft gun, mengendarai ATV di mini off-road track dan flying fox.

Perkebunan apel ini bisa Anda jelajahi mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari area Jatim Park membuat tempat ini cukup mudah dijangkau. Dari Terminal Kota Malang dapat ditempuh dalam waktu 40 menit. Aksesnya sama seperti menuju ke Batu Secret Zoo, namun ketika sampai di pertigaan Karangploso Anda ikuti terus jalan ini hingga ada jalan satu arah.

Di sudut ini terdapat kantor Koramil. Di sepanjang jalan menanjak tersebut Anda akan menemui kompleks kantor pemerintahan kota Batu. Ikuti terus sampai ujung jalan hingga menemui pertigaan. Anda cukup belok kiri karena itulah gerbang menuju lokasi wisata Kusuma Agrowisata.

Leave A Reply

Your email address will not be published.