30 Tempat Wisata Alam Di Malang Dan Sekitarnya Yang Hits

0 97,257

13. Air Terjun Coban Talun

Air Terjun Coban Talun
Air Terjun Coban Talun (Foto : mday.info)

Coban Talun berada di kawasan wisata Bumi Perkemahan Malang, di lereng barat Gunung Arjuna – Welirang. Tepatnya terletak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang. Coban ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan diameter +/-15 meter dan pemandangan yang elok di sekitar lokasinya.

Air terjun ini terletak di antara bebatuan serta dikelilingi oleh hutan dan pegunungan yang sejuk. Selain bisa menikmati gemuruh deburan air terjun, Anda juga bisa menyaksikan banyak pelangi di setiap sudut coban. Apabila kondisi cuaca sedang cerah maka butiran air yang terhempas angin akan menimbulkan warna pelangi yang sangat indah dan mempesona.

Warna pelangi tersebut dapat wisatawan saksikan hampir di sekeliling lokasi wisata. Sungguh perpaduan alam yang sangat eksotik dan menawan. Harga tiket masuk tempat wisata alam di Malang ini adalah Rp 5.000 per orang dan tiket parkir Rp 2.000 (untuk roda dua) dan Rp 4.000 (untuk roda empat).

14. Air Terjun Coban Rais

Air Terjun Coban Rais
Air Terjun Coban Rais (Foto : travel.detik.com)

Wisata air terjun Coban Rais terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Batu atau sekitar 3,5 km dari bumi perkemahan. Coban Rais merupakan salah satu wisata alam di Batu Malang. Untuk mencapai air terjun Coban Rais, harus melalui jalan setapak yang relatif landai, jalan hutan, dan menyusuri sungai. Dan selama perjalanan, Anda dapat menikmati suguhan pemandangan Kota Batu yang memikat mata.

Tempat wisata alam di Malang ini banyak dikunjungi pada waktu-waktu tertentu saja, seperti adanya kegiatan ospek kampus serta diklat. Saat ini, bumi perkemahannya yang menjadi objek utama, sedangkan air terjun coban rais sebagai pendukung.

15. Air Terjun Coban Sewu

Air Terjun Coban Sewu
Air Terjun Coban Sewu (Foto : surabaya.panduanwisata.id)

Ada dua coban sewu yang eksotis, untuk Air Terjun Coban Sewu yang satu ini terletak di Dusun Tretes, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Sedangkan yang satunya adalah Coban Sewu di perbatasan Malang-Lumajang yang mungkin akan diulas lain kali. Air Terjun Coban Sewu Pujon ini berada sekitar 100 m dari jalan raya yang menghubungkan kota Batu dengan Kediri. Curug ini juga sering disebut Air Terjun Grojogan Sewu oleh masyarakat Malang.

Kondisi Air Terjun Coban Sewu sangat asri dan terawat. Air sungai yang mengalir, bebatuan sungai dan panorama sekitar yang menawan akan membuat pengunjung merasa betah berlama-lama di sana. Hamparan sawah nan hijau dan suara gemuruh air terjun yang menyejukkan membuat tempat wisata di Malang ini layak untuk dikunjungi. Untuk memasuki lokasi wisata air terjun ini, pengunjung tidak dipungut biaya masuk.

16. Air Terjun Ringin Gantung

Air Terjun Ringin Gantung
Air Terjun Ringin Gantung (Foto : halomalang.com)

Tak jauh dari Sumber Pitu, mengalir deras Air Terjun Ringin Gantung dari ketinggian sekitar 40 meter. Disebut ringin gantung karena terdapat pohon beringin yang menempel pada sisi barat Air Terjun. Menuju lokasi air terjun, hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua. Dari perkampungan warga, keberadaan air terjun ringin gantung cukup jauh. Pengunjung, bisa mendatangi lokasi dengan kondisi jalan, setapak.

Lokasi Air Terjun Ringin Gantung adalah di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Di tebing sisi utara Ringin Gantung ada Umbulan Pitu yang memancarkan air jernih dan deras di sela sela hijaunya tanaman yang menutup dinding tebing. Tidak terlalu tinggi, namun cukup eksotis. Debit maupun warna air yang keluar dari tujuh mata air tak terpengaruh kondisi cuaca, hujan maupun kemarau.

17. Air Terjun Coban Tengah

Air Terjun Coban Tengah
Air Terjun Coban Tengah (Foto : halomalang.com)

Nama Coban Rondo memang cukup terkenal di kota Malang. Namun tahukah Anda bahwa di kawasan tempat wisata alam ini ada serangkaian tiga air terjun sekaligus? Ya, selain Coban Rondo, ada juga Coban Tengah dan Coban Manten yang tak kalah eksotis.

Seperti halnya Coban Rondo, Air Terjun Coban Tengah juga berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Sesuai namanya, coban ini merupakan air terjun yang terletak lebih tinggi ke arah hulu dari Coban Rondo dan di bawah dari Coban Manten. Tepatnya di antara Coban Rondo dan Coban Manten.

Coban Tengah memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Ketinggian coban yang juga dikenal dengan nama Coban Dudo ini sekitar sekitar 50 meter atau setengah dari Coban Rondo. Airnya jatuh bebas dan deras menciptakan kolam di bawahnya.

Tempat wisata alam di Malang ini terlihat cukup sepi karena medan menuju lokasi ini bisa dikatakan lumayan berat. Hanya beberapa orang yang bisa sampai di coban ini. Umumnya dari kalangan penikmat alam seperti pramuka, pecinta alam, atau pendaki gunung.

18. Air Terjun Coban Manten

Air Terjun Coban Manten
Air Terjun Coban Manten (Foto : dika-cyber4rt.blogspot.com)

Coban Manten terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Dari kota Malang berjarak sekitar 30 km. Coban Manten juga dikenal dengan nama Coban Kembar, sebab di tempat wisata alam ini terdapat dua air terjun yang saling berjajar dalam satu tebing seperti sepasang pengantin. Mungkin karena itulah air terjun ini dinamakan Coban Manten (pengantin).

Letaknya yang tersembunyi dan jarang dijamah membuat Coban Manten memiliki alam yang masih sangat alami. Tak hanya itu, letaknya yang berada di ketinggian menawarkan sensasi dan panorama tersendiri dibanding coban lainnya. Sejuknya air yang jatuh dari atas tebing, dari dua sumber sekaligus akan membuat wisatawan segar. Penat dan lelah akan terbayar dengan sajian alam nan eksotis tempat wisata alam di Malang ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.