Home Wisata Asia 25 Tempat Wisata Di Jogja Terbaru Yang Paling Bagus

25 Tempat Wisata Di Jogja Terbaru Yang Paling Bagus

27447
28

24. Lava Tour Merapi

Off-Road-Lava-Tour-Merapi
Off Road Lava Tour Merapi (Foto : yogyakartatourism.com)

Mari kita beralih ke kawasan Kaliurang, Sleman untuk mencoba wisata menegangkan yang memacu adrenalin di sana. Saatnya naik mobil jeep offroad yang jalanannya berundak-undak dan dipenuhi pasir untuk menelusuri kawasan Merapi yang diluluhlantahkan oleh lava lima tahun silam.

Driver jeep akan mengajak Anda bertualang melewati sungai dan jalanan yang tidak mulus. Badan bakal terguncang di atas mobil jeep offroad yang melaju kencang. Brum… Benar-benar tempat wisata di Jogja terbaru yang asik dan seru.

Kawasan di sekitar Merapi yang penuh kerikil, bebatuan dan pasir jadi lokasi yang paling dinanti. Adrenalin akan berdetak kencang kala melewati tanjakan dan turunan. Guncangannya makin hebat, perut berasa diaduk-aduk. Siap-siap pegangan!

Selain untuk bersenang-senang sekaligus memacu adrenalin, Lava Tour Merapi juga akan memberikan pemahaman dan gambaran Gunung Merapi. Terutama, kala tahun 2010 silam yang mana letusan Merapi menghabiskan semua pemukiman warga setempat.

Ada banyak tur operator yang menawarkan Lava Tour Merapi ini, di antaranya seperti Jeep Wisata Tlogo Putri Merapi, Jeep Wisata Merapi (JWM), Wisata Merapi Lava Tour, Jeep Merapi dan masih banyak lagi.

Paket yang ditawarkan pun beragam, bisa setengah hari atau seharian penuh. Harganya pun beragam, dari Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu lebih. Pengalaman naik mobil jeep offroad menjelajahi Merapi, harus dicoba sekali seumur hidup.

25. Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari
Green Village Gedangsari (Foto : brilio.net)

Ingin menikmati keindahan perbukitan hijau yang eksotis? Tak perlu susah-susah pergi ke luar negeri! Jogja juga punya lho tempat yang keren seperti di Selandia Baru (New Zealand). Green Village Gedangsari namanya. Tempat wisata di Jogja terbaru yang menarik ini pas banget buat Anda para pecinta fotografi. Tak kalah indah dengan Puncak Kosakora dan Kalibiru untuk narsis ala anak muda kekinian.

Alamat dan lokasi Green Village Gedangsari terletak di dataran tinggi dusun Guyangan Lor, Mertelu, perbatasan antara Kabupaten Gunungkidul, DIY dengan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Desa wisata ini akan memanjakan Anda dengan pemandangan hamparan bukit hijau layaknya perbukitan di Selandia Baru. Anda juga bisa menikmati semilirnya angin sambil duduk di gubuk-gubuk kecil yang sudah disediakan.

Green Village Gedangsari cocok untuk para pemburu sunset dan tempat hunting foto di Jogja yang keren dan eksotis. Di puncak bukit desa ini Anda bisa melihat perbukitan dan juga beberapa gunung aktif serta daerah lain terlihat jelas. Tiket masuk Green Village Gedangsari berapa ya? Untuk masuknya tidak dipungut biaya alias gratis, Anda cukup membayar parkir kendaraan saja.

Green Village Gedangsari Gunungkidul
Panorama Keindahan Perbukitan Di Green Village Gedangsari (Foto : brilio.net)

Bagaimana rute jalan menuju ke Green Village Gedangsari? Akses menuju Green Village Gedangsari ini cukup mudah dijangkau dari segala arah. Hanya saja jalan utama menuju ke lokasi wisata memang cukup sempit dan menanjak sehingga para pengunjung harus ekstra hati-hati.

Rute menuju Green Village Gedangsari jika dari Klaten melalui Wedi ke arah selatan lewat jalur Dusun Watugajah. Sedangkan jika dari Timur (Bayat) pengunjung bisa melewati Kecamatan Bayat ke selatan lewat Desa Tegalrejo dan setelah itu ke arah barat lewat Guyangan Lor.

Jika Anda berangkat dari Jogja ada dua jalur alternatif menuju Green Village Gedangsari ini. Pertama melalui jalan utama Jogja-Wonosari. Dan yang kedua lewat jalan Solo-Klaten dan belok kiri arah Wedi. Sedangkan untuk peta Green Village Gedangsari kalau tidak salah bisa Anda buka di Google Maps dengan koordinat 7°48’46″S 110°36’56″E.

26. Gua Jomblang

Caving-Di-Gua-Jomblang
Caving Di Gua Jamblang (Foto : travel.detik.com)

Objek wisata alam Jogja yang belum terjamah ini menawarkan “cahaya surga” di perut bumi yang menegangkan. Coba deh bayangkan apa rasanya turun ke dasar gua dari ketinggian 70 meter dengan menggunakan tali? Belum lagi, suasana yang gelap dan udara yang lembab pun bakal lebih membuat deg-degan. Selamat datang di Gua Jomblang, Gunungkidul!

Bagi wisatawan yang suka main-main ke gua, nama Goa Jomblang pasti tidak asing di telinga. Inilah gua yang dikenal menantang karena masuk ke dalamnya tidak biasa. Anda harus turun ke dasar gua dengan tali sepanjang 70 meter untuk melihat cahaya surga. Tenang saja, ada pemandu dan peralatan yang aman. Tapi tetap, kesan adventure-nya tidak hilang.

Untuk turun ke Goa Jomblang tentu Anda harus memakai peralatan lengkap seperti harness, chest harness, ascender, auto descender, jammer, footloop, carabiner, serta cowstail panjang dan pendek. 15 Meter pertama berupa lereng yang masih bisa dipijak. Tapi setelah itu, untuk sampai di dasar gua, pengunjung harus turun tali sekitar 20 meter. Ini cukup menakutkan, apalagi bagi para pemula!

Di dasar Gua Jomblang, petualangan belum selesai. Anda bisa menyusuri hutan purba yang mana pepohonannya tidak ada di tempat lain. Belum lagi, menelusuri sungai bawah tanah di kedalaman 125 meter dan melihat cahaya surga yang terkenal.

Untuk paketnya, bisa didapatkan di agen-agen wisata di Yogyakarta. Harganya mulai Rp 450 ribu yang sudah termasuk pemandu dan peralatan. Satu hari, dibatasi 40 orang saja yang boleh masuk karena demi menjaga ekosistemnya. Ayo, buruan cobain! Rugi deh kalau sampai melewatkan “cahaya surga” tempat wisata di Yogyakarta yang indah dan eksotis ini.

Baca Juga : 12 Tempat Wisata Malam Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

27. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo
Desa Wisata Nglinggo (Foto : titik0jogja.blogspot.com)

Siapa bilang Jogja gak punya kebun teh? Jogja itu kota wisata yang lengkap, jangankan kebun teh, wisata pasir putih yang eksotik seperti di Bali pun ada. Gak percaya? Coba deh sekali-kali datang ke Desa Wisata Nglinggo yang terletak di Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, D.I. Yogyakarta. Harga tiket masuknya cukup murah meriah, hanya 2.000 rupiah.

Menyusuri Desa Wisata Nglinggo, Anda akan menemui hamparan tanaman perdu dari genus Camellia atau yang dikenal dengan tanaman teh menghampar luas di ketinggian 900-1000 mdpl. Di kebun teh ini, Anda dapat berjalan-jalan mengelilingi kebun teh (tea walking), camping dan menikmati uniknya teh sangit (teh dengan bau asap karena disangrai dengan cara tradisional) yang menjadi minuman khas desa ini.

Untuk menuju tempat wisata di Jogja terbaru yang indah ini Anda bisa menyusuri rute berikut. Dari Tugu Jogja ke arah barat – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ringroad Barat, lurus – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, belok kanan – perempatan Dekso, belok kiri – Pasar Plono, belok kanan – ikuti petunjuk ke arah Desa Wisata Nglinggo – Desa Wisata Nglinggo.

28. Taman Pelangi

Taman-Pelangi-Monjali-Jogja
Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali (Foto : yogyes.com)

Nah, kalau objek yang satu ini adalah tempat wisata malam di Jogja terbaru yang asik, dan seru. Namanya Taman Pelangi yang lokasi dan alamat-nya terletak di Monumen Jogja Kembali (Monjali). Monumen Jogja Kembali merupakan sebuah monumen dan museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang terletak di Jalan Lingkar Utara Yogyakarta.

Selain berisi rekaman sejarah untuk mengenang pahlawan kemerdekaan, monumen ini ternyata punya sisi romantisnya sendiri di malam hari. Di pelataran Monjali, ada Taman Pelangi yang terasa semarak dan romantis di malam hari.

Lampion-lampion berbagai bentuk menerangi tempat ini dengan cahayanya yang warna-warni. Cuma di sini Anda bisa melihat pelangi di malam hari. Apalagi, taman ini tergenapi dengan berbagai wanaha yang bisa dinikmati bersama teman, anak-anak, dan keluarga.

28 COMMENTS

    • Harga tiketnya cukup murah kok sekitar 5 ribu rupiah, mungkin sekarang sudah naik sekitar 10 ribuan atau lebih… hehe

  1. Siang semuanya…….kerja di klinik sambil browsing tempat wisata..Wow keren juga desa kalibiru…..Suka banget dengan keindahan alamnya…….Keren buat foto…..

  2. Kebun Buah Mangunan asri banget pemandangannya…Sejuk………….dateng dengan kondisi badmood, pulang2 jadi happy………

    • Tergantung objek wisata mana yang akan Anda kunjungi? Kalau untuk Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark dan Upside Down World Jogja bisa mencari hotel wilayah gejayan, seturan, babarsari, atau condongcatur yang relatif dekat dengan tempat wisata tersebut…

    • Tempat yang wajib dikunjungi di Jogja banyak banget, namun bagi yang belum pernah ke Jogja sebaiknya mengunjungi ikonnya Yogyakarta seperti Malioboro, Keraton, Alun-alun kidul, Tamansari, Tugu Jogja, Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, Candi Borobudur (Magelang), Goa Pindul, Kalibiru, Nyobain kuliner Gudeg di daerah wijilan dan mbarek, angkringan lek man (kopi joss), pusat kaos dagadu, pabrik bakpia dan lainnya…

  3. min,,mo tanya klo ga bwa mobil kira2 utk keliling2 t4 wisata di jogya ada grab or uber or ada mobil rental ga ya utk mengantarnya?bs minta rekomendasi homestay n rental mobilnya?

    • Untuk grab dan uber belum ada, adanya gojek… Kalau Anda mau mengunjungi tempat wisata yang berada di dalam Kota bisa menggunakan Bus Trans Jogja, harganya murah meriah… tapi untuk mengunjungi objek wisata yang relatif jauh dari pusat Kota Yogyakarta bisa menyewa mobil atau motor rental. Kebetulan di Jogja ada banyak sekali homestay dan rental mobil/motor, untuk mencari yang recommended bisa ditelusuri lewat google, atau tungguin aja update dari Aneka Wisata, hehe…

    • Rombongan bus bisa masuk dan jalannya sekarang sudah bagus… Nanti pengunjung tinggal jalan kaki saja menuju ke Kebun Buah Mangunan dari tempat parkir bus…

  4. mau tanya donk,kalo dari lempuyangan ke kali biru butuh waktu berapa lama y,and mohon info destinasi wisata yang dekat2 dengan lempuyangan,makasih

  5. Mau nanya donk, rencananya tahun depan sekitar bulan Augustus saya mau ke jogja.
    Apakah 4 hari 3 malam cukup untuk mengunjungi candi borobudur, prambanan, museum 3D, upside down, Alun-alun serta wisata kuliner?

  6. Min… gue tanya donk ? klo liburan ke jogja ama anak anak enaknya kemana??
    Trus klo mau tempat yg asyik dan seru dmn ya…??

    • Tergantung selera dan tema wisatanya. Kalau yang ada unsur pendidikan / edukasi bisa ke Taman Pintar, Keraton, Benteng Vredeburg, Museum Merapi (didepannya ada juga The World Landmark Merapi Park buat selfie bernarsis ria), Monumen Jogja Kembali (dihalamannya ada Taman Pelangi kalau malam), Sindu Kusuma Edupark, Candi Prambanan, Candi Borobudur (ada di Magelang), dan lainnya. Kalau mau seru-seruan ya di Jogja Bay bermain air, tapi mahal tiketnya… 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here