25 Tempat Wisata Di Bogor Dan Sekitarnya Yang Bagus

0 2,209

21. Gunung Pancar

Gunung Pancar
Gunung Pancar (Foto : nazuragulfira.blogspot.com)

Gunung Pancar adalah tempat wisata di Bogor dengan fasilitas kolam pemandian air panasnya. Kawasan wisata ini sering dimanfaatkan sebagai tempat camping, kegiatan bersepeda, joging, hiking, hingga berkuda. Anda dapat menyaksikan panorama alami khas hutan lindung yang dipenuhi pepohonan pinus.

Sejumlah satwa hidup bebas di kawasan ini. Air panas Gunung Pancar berasal dari mata air alami, dialirkan lewat pancuran ke kolam-kolam rendaman. Ada banyak wisatawan yang menikmati pemandian air panas di sana guna mengembalikan kesegaran tubuh.

22. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari (Foto : sobatpetualang.com)

Air Terjun Bidadari termasuk salah satu tempat wisata di Bogor yang disukai banyak kalangan penikmat perjalanan. Terletak dalam kawasan Sentul Paradise Park, air terjun berketinggian 75 meter ini bersumber dari mata air di hutan lindung yang ada di area tersebut.

Limpahan air terjun ini jatuh ke area yang buat sedemikan rupa sehingga mirip dengan kolam renang. Terdapat sejumlah kolam lainnya di sana, seperti kolam arus (Wave Pool) dan kolam anak-anak (Lazy Pool).

Di kawasan air terjun ini juga terdapat kegiatan menarik lainnya, misalnya perahu tangan dan flying fox. Air Terjun Bidadari selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika akhir pekan dan masa-masa liburan.

Baca Juga : 15 Tempat Nongkrong Di Bogor Yang Asik Dan Enak

23. Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul
Taman Budaya Sentul (Foto : tamanbudaya.co.id)

Taman ini adalah salah satu pilihan untuk rekreasi keluarga di Sentul Bogor. Menempati areal lahan yang luas, terdapat fasilitas perkemahan serta pertemuan dalam balutan suasana yang nyaman.

Jika Anda membawa anak-anak, mereka dapat ikut melukis, membatik, serta membuat keramik pada spot Culture Center yang ada di Taman Budaya Sentul. Selain itu, Anda sekeluarga atau rombongan dapat menikmati berbagai kegiatan outbound high ropes, paintball, fun games, serta trekking. Tersedia paket-paket kegiatan yang dapat Anda pilih untuk rencana wisata Anda di Taman Budaya Sentul ini.

24. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Foto : bogor.net)

Untuk Anda yang suka dengan suasana hutan dan ingin menemui beragam jenis flora dan fauna unik, datang lah ke tempat wisata di Bogor berbasis hutan nasional ini. Taman Nasional Hutan Pangrango adalah satu dari sekian banyak taman nasional di Provinsi Jawa Barat. Luas tepatnya adalah 21. 975 hektare.

Tujuan utama dibuatnya hutan nasional ini adalah untuk menjaga konservsi flora khas pegunungan yang menawan beserta ekosistemnya yang penting untuk kehidupan sekitar. Usia taman nasional ini salah satu yang paling tua, yaitu diresmikan sejak tahun 1980. Wilayahnya berada di dua puncak yaitu puncak Gunung Gede dan puncak Gunung Pangrango. Mencangkup juga tutupan hutan pegunungan di sekitar dua puncak gunung tersebut.

Ragam flora atau tumbuhan yang bisa Anda temukan di hutan nasional sekaligus tempat wisata di Bogor ini sangat bervariasi. Yang banyak adalah flora khas hutan pegunungan. Tercatat ada sekitar 200 spesies anggrek di tempat ini. ada juga kurang lebih 150 jenis spesies paku-pakuan, dan yang menakjubkan ada lebih dari 870 spesies tumbuhan bunga.

Maskot taman nasional ini adalah Edelweis Jawa (Anaphalis javanica) yang populer di kalangan para pecinta alam dan para pendaki gunung. Untuk hewan atau fauna, ada beberapa jenis hewan yang terancam punah di kawasan taman nasional ini. antara lain Anjing Ajag (Cuon alpinus), Lutung Surili (Presbytis comata), Owa Jawa (Hylobates moloch), Macan Tutul (Panthera pardus).

25. Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Dalam
Asinan Sedap Gedung Dalam (Foto : anekatempatwisata.com)

Liburan ke Bogor tentu belum lengkap tanpa mencicipi asinan khas Bogor. Asinan memang sudah sangat lekat dengan image kota Bogor. Meskipun saat ini asinan dapat ditemukan di Jakarta dan kota-kota lainnya, namun menikmati asinan asli Bogor akan menimbulkan sensasi tersendiri. Ingin mencicipi asinan asli khas Bogor? Datang saja ke Asinan Sedap Gedung Dalam di Jalan Siliwangi No. 27C atau di Jalan Pajajaran No. 1 Komplek Ruko V, Bogor.

Tersedia dua macam asinan yaitu asinan buah dan asinan sayur, Anda juga memesan asinan campur. Asinan di sini dikenal memiliki rasa yang khas dan tak berubah sejak tahun 1978. Menurut pemiliknya, hal ini dikarenakan asinan masih menggunakan resep keluarga dengan tetap memakai gula asli dan tidak ada tambahan bahan pengawet.

Daya tarik wisata Bogor memang tiada habisnya. Apalagi didukung sarana dan akomodasi yang memadai, tak aneh bila Bogor termasuk tujuan destinasi wisata favorit di Indonesia selain Bandung, Bali, dan Jogja. Sekian dulu info daftar tempat wisata di Bogor dan sekitarnya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.