25 Tempat Wisata Di Bogor Dan Sekitarnya Yang Bagus

0 2,208

16. Museum Pembela Tanah Air

Museum Pembela Tanah Air
Museum Pembela Tanah Air (Foto : pecintawisata.wordpress.com)

Kota Bogor tidak hanya kaya akan tempat wisata alam dan kulinernya, tetapi juga memiliki catatan sejarah dalam perjuangan Indonesia merdeka. Di masa penjajahan, Jepang pernah mengeluarkan sebuah dekrit untuk membentuk Tentara Sukarela Pembela Tanah Air (PETA) dengan maksud untuk membantu Jepang dalam menghadapi serangan Sekutu.

Tetapi, korps tentara inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal ketentaraan Indonesia dalam meraih kemerdekaan Indonesia dan mempertahankannya. Museum ini termasuk salah satu tempat wisata di Bogor yang cocok buat sarana edukasi sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Anda akan mendapati banyak kisah perjuangan PETA menuju Indonesia merdeka tatkala berkeliling dalam museum Pembela Tanah Air ini. Ini penting untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme yang kuat di tengah gempuran arus zaman yang telah melunturkan rasa kebangsaan banyak generasi muda Indonesia di masa kini.

17. Prasasti Batu Tulis

Prasasti Batu Tulis
Prasasti Batu Tulis (Foto : wisatawanalam.blogspot.com)

Prasasti Batu Tulis adalah peninggalan Kerajaan Pajajaran yang dibuat pada masa pemerintahan Surawisesa di tahun 1521–1535. Surawisesa adalah salah satu putra Prabu Siliwangi. Di batu ini, terdapat kalimat-kalimat yang ditulis dalam bahasa dan aksara Sunda Kuno. Tujuan utama prasasti ini dibuat adalah untuk mengenang kebesaran Prabu Siliwangi tatkala memimpin Kerajaan Pajajaran.

Tidak hanya itu, di lokasi wisata Bogor ini juga dapat Anda saksikan Batu Tapak (bekas telapak kaki Prabu Surawisesa), meja batu bekas tempat sesajen pada setiap perayaan, batu bekas sandaran tahta bagi raja yang dilantik, batu lingga, dan lima buah tonggak batu yang merupakan punakawan (pengiring-penjaga-emban) dari batu lingga.

Baca Juga : 25 Tempat Makan Enak Di Bogor Yang Murah Meriah

18. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari (Foto : selasar.com)

Taman Wisata Matahari adalah kegiatan rekreasi dan edukasi anak-anak melalui berbagai kegiatan outbond. Destinasi ini adalah pula salah satu tempat wisata di Bogor yang disukai banyak keluarga.

Tersedia sejumlah sektor wisata untuk berbagai kalangan usia. Ada sektor petualangan yang menawarkan berbagai kegiatan pemacu adrenalin, seperti arung jeram, flying fox, mini outbond, ATV, dan wahana rumah hantu.

Ada pula sektor pendidikan untuk anak-anak melalui wahana area sawah dan kebun sayur. Selain itu, sektor permainan diperuntukkan bagi para anak agar mereka mendapatkan waktu bermain yang menggembirakan. Pada sektor alam, terdapat wahana kegiatan air yang menyajikan wisata danau dan aneka permainan air.

19. Agro Gunung Mas

Agro-Gunung-Mas
Agro Gunung Mas (Foto : indonesiatravelandtourism.wordpress.com)

Tempat wisata di Bogor yang satu ini cocok bagi Anda yang suka menikmati hamparan hijau tanaman teh. Horizon yang terlihat di Agro Gunung Mas laksana permadani hijau yang sungguh indah. Di antara tanaman teh, terlihat beberapa pemetik daun teh yang menambah pesona alami objek wisata ini. Ada banyak pengunjung yang mengambil foto dengan latar hijau kebun teh serta para pemetik daun teh tersebut.

20. Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung
Taman Riung Gunung (Foto : notetravelling.blogspot.com)

Taman ini juga sungguh tepat bagi Anda yang ingin menikmati jalan kaki dengan memutari kebun teh yang hijau dan menghirup udara segar. Tidak hanya itu, di Riung Gunung juga terdapat tempat bermain anak-anak, fasilitas kolam renang, serta area berkemah keluarga di alam terbuka. Di tempat rekreasi Bogor yang satu ini, Anda dapat mengambil penginapan yang berkonsep sederhana dengan nuansa alam yang dikelilingi kebun teh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.