25 Tempat Wisata Di Bogor Dan Sekitarnya Yang Bagus

0 2,207

11. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang
Kampung Budaya Sindangbarang (Foto : gpswisataindonesia.blogspot.com)

Kampung Budaya Sindangbarang berlokasi sekitar 5 KM dari Bogor, tepatnya di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari. Kampung Budaya Sindangbarang merupakan kampung tertua di Bogor yang dipercaya sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda pada abad ke 7. Di Kampung Budaya Sindangbarang Anda dapat menikmati peninggalan kerajaan Pajajaran, menikmati dan mempelajari kesenian Sunda, menikmati suasana desa yang tenang, dan lain-lain.

Anda dapat menyaksikan bangunan rumah penghuni kampung yang sungguh seperti apa yang diriwayatkan pantun Bogor mengenai Sindang Barang di masa lampau. Ada pula panggung pementasan yang menyuguhkan kesenian asli Sunda Jawa Barat, seperti calung, tari-tarian tradisional, serta angklung gubrag. Di tempat wisata Bogor ini, Anda dapat menjumpai citra kasepuhan Sunda di masa lampau.

12. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Air Panas Tirta Sanita Ciseeng (Foto : lostpacker.com)

Tak kalah dengan tempat wisata di Garut yang terkenal akan surganya pemandian air panas, Bogor juga punya wahana wisata air panas. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng adalah salah satu tempat wisata di Bogor favorit warga Bogor dan sekitarnya. Kegiatan yang bisa dilakukan di Tirta Sanita Ciseeng Bogor adalah berendam air panas belerang yang berguna tidak hanya untuk melepas lelah, namun juga baik untuk kesehatan.

Selain tempat berendam air panas, Tirta Sanita Ciseeng juga mempunyai fasiltias permainan yang dapat dimainkan anak-anak dan orang dewasa. Harga tiket masuk Air Panas Tirta Sanita Ciseeng adalah 10,000 Rupiah per orang, hati-hati terkadang ada beberapa orang yang mencoba menjual tiket tidak resmi dengan harga 50,000 Rupiah atau lebih.

Baca Juga : Aneka Wisata Air Terjun Di Bogor Yang Indah Dan Keren

13. Air Panas Ciparay

Air-Panas-Ciparay
Air Panas Ciparay (Foto : jakarta.panduanwisata.id)

Terletak di desa Ciparay, Air Panas Ciparay adalah tempat berendam air panas yang masih alami. Pada saat datang memasuki area Air Panas Ciparay, anda harus menuruni sektiar 400 anak tangga, namun tidak perlu kuatir karena pemandangan dalam perjalanan tersebut sangat indah sehingga tidak akan terasa melelahkan. Harga tiket masuk Air Panas Ciparay adalah 4,000 Rupiah per orang.

14. Museum Zoologi Bogor

Museum-Zoologi-Bogor
Museum Zoologi Bogor (Foto : content.rajakamar.com)

Sesuai dengan namanya, Museum Zoologi Bogor adalah sebuah museum di Bogor yang mempunyai koleksi berupa hewan. Koleksi hewan ini bukan berarti Museum Zoologi Bogor seperti Taman Safari Cisarua, melainkan berupa koleksi hewan yang diawetkan dan juga fosil hewan. Museum Zoologi Bogor yang terletak di dalam Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata edukasi di Bogor yang bagus karena memiliki puluhan ribu koleksi yang berbeda.

15. Museum Etnobotani

Museum Etnobotani
Museum Etnobotani (Foto : rucitradeasy.blogspot.com)

Museum yang diresmikan sejak tahun 1982 oleh Menristek BJ Habibie pada masa itu memiliki koleksi sekitar 1700 benda dengan penomorannya masing-masing dan dipamerkan dalam ruang kaca. Benda-benda ini merupakan sampel yang digunakan para peneliti di berbagai daerah tatkala meneliti hubungan antara suku-suku asli suatu daerah di Nusantara dengan tumbuhan yang ada di sekitarnya.

Di Museum Etnobotani, Anda akan memperoleh banyak pengetahuan tentang aneka pemanfaatan tumbuhan oleh berbagai suku bangsa yang ada Indonesia. Salah satunya, pakaian suku pedalaman di Indonesia yang bahannya terbuat dari tumbuhan. Tempat wisata di Bogor yang satu ini sangat bermanfaat bagi para pelajar dan kalangan luas yang ingin menggali pengetahuan tentang Etnobotani.

Leave A Reply

Your email address will not be published.