Home Wisata Alam 15 Air Terjun Di Jogja Yang Keren Dan Wajib Dikunjungi

15 Air Terjun Di Jogja Yang Keren Dan Wajib Dikunjungi

37
0

3. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang adalah salah satu air terjun di Jogja yang keren, indah, dan wajib dikunjungi (Foto : telusurindonesia.com)
Air Terjun Luweng Sampang adalah salah satu air terjun di Jogja yang keren, indah, dan wajib dikunjungi (Foto : telusurindonesia.com)

Masih di wilayah Gunungkidul, air terjun di Jogja yang keren, indah, dan wajib dikunjungi berikutnya adalah Air Terjun Luweng Sampang. Formasi batuan yang unik di sekitarnya inilah yang menjadikan Luweng Sampang populer beberapa tahun terakhir. Batuan yang berbentuk luweng dan menjadi tempat jatuhnya air tersebut sekilas mirip dengan batuan The Wave Rock, Arizona, Amerika Serikat.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Luweng Sampang adalah ketika musim hujan karena debit airnya cukup deras. Namun, ketika memasuki musim kemarau debitnya perlahan-lahan berkurang. Luweng Sampang terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Walau letaknya di Gunungkidul, untuk ke sini dari kota Jogja lebih baik lewat Klaten. Cara menuju ke sana: Jogja – Jl. Raya Jogja-Klaten (Jl. Raya Solo) – Stasiun Srowot – Pasar Wedi – pertigaan Mesjid Nurul Jami – pertigaan Tugu Desa ambil kiri – Kantor Kelurahan Desa Sampang – Luweng Sampang.

4. Curug Indah Gedangsari

Curug Indah Gedangsari adalah salah satu air terjun di Jogja yang keren, indah, dan wajib dikunjungi (Foto : jogja.mblusuk.com)
Curug Indah Gedangsari adalah salah satu air terjun di Jogja yang keren, indah, dan wajib dikunjungi (Foto : jogja.mblusuk.com)

Satu lagi air terjun di Gunung Kidul Jogja yang indah dan keren, yaitu Curug Indah Gedangsari. Curug ini terletak di paling timur Yogyakarta, tepatnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Curug Indah Gedangsari termasuk salah satu air terjun di Jogja yang keren, indah, dan wajib dikunjungi. Curug ini disebut juga Curug Indah Tegalrejo, masyarakat setempat sering menyebutnya Curug Bayat, karena lokasinya yang berbatasan dengan daerah Bayat, Klaten. Dalam kawasan Curug Indah Gedangsari ini mempunyai dua buah air terjun, namun air terjun yang paling atas lebih populer dikalangan pengunjung. Selain indah, air yang jatuh dari tebingnya terpencar menjadi tiga bagian.

Ada dua cara untuk bisa sampai di air terjun paling atas, yaitu melintasi jalan setapak hutan jati atau menyusuri sungai. Biasanya pengunjung memilih jalan kaki menyusuri sungai menuju air terjun dan kembali ke lokasi parkir melintasi hutan. Rute menuju Curug Indah Gedangsari ini dari Jogja lebih mudah lewat Klaten. Cara menuju ke sana: Jogja – Jl. Raya Jogja-Klaten (Jl. Raya Solo) – Stasiun Srowot – Pasar Wedi – ambil arah Bayat/Gunungkidul – Pasar Bayat – Pertigaan Koramil Pasar Bayat ambil kiri – Gapura Perbatasan Klaten dengan Daerah Istimewa Yogyakarta – Curug Indah Gedangsari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here