Pusat Info Wisata Terlengkap

15 Air Terjun Di Jogja Yang Keren Dan Wajib Dikunjungi

0 166

Air Terjun Di Jogja – Jogja memang gudangnya wisata alam, dari pantai, gunung, gua, hingga air terjun ada di Jogja. Wisata air terjun di Jogja nampaknya patut dikunjungi untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Tak sekedar indah, berkunjung ke air terjun ternyata juga membuat kita jadi lebih rileks, tenang dan begitu bersemangat. Suara air yang jatuh bagai hujan deras pun menjadi istimewa, terutama bagi para pluviophile (pecinta hujan). Mungkin banyak orang yang tidak menyangka kalau Jogja punya air terjun yang istimewa, indah, dan keren. Dilansir dari berbagai sumber, simak 15 air terjun di Jogja yang keren dan wajib dikunjungi selama liburan di Yogyakarta.

1. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu air terjun di Jogja yang keren, indah, dan wajib dikunjungi (Foto : tourjogjamasjo.com)
Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu air terjun di Jogja yang keren, indah, dan wajib dikunjungi (Foto : tourjogjamasjo.com)

Air terjun di Jogja yang keren, indah, dan wajib dikunjungi pertama adalah Air Terjun Sri Gethuk. Lokasi dan alamat air terjun ini terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun Sri Gethuk terletak di ngarai Sungai Oya yang membelah Desa Wisata Bleberan. Di antara tebing-tebing karst, air terjun Sri Gethuk mengalir tanpa henti. Di bawahnya, terdapat bebatuan yang membentuk undak-undakan, menambah kesan unik dan mewah dari tempat ini.

Keistimewaan dan keunikan Air Terjun Sri Gethuk adalah air terjunnya tidak langsung jatuh dan bermuara ke sungai, melainkan jatuh dan mengalir di bebatuan karst sekitar sungai terlebih dahulu sehingga terlihat lebih cantik. Untuk bisa sampai ke spot air terjun ini, kita bisa berjalan kaki atau menaiki perahu rakit sederhana dengan menyusuri Sungai Oyo. Untuk menuju ke sana pun cukup mudah karena sudah banyak petunjuk jalan sampai ke lokasi. Cara menuju ke tempat wisata ini adalah dari Jogja – Jl. Wonosari – Bukit Bintang – Patuk – Rest Area Bunder – pertigaan Lapangan Udara Gading ambil kanan – Pasar Paliyan – Desa Bleberan – Dusun Menggoran – Air Terjun Sri Gethuk.

2. Air Terjun Pantai Jogan

Air Terjun Pantai Jogan adalah salah satu air terjun di Jogja yang keren, indah, dan wajib dikunjungi (Foto : 1001wisata.com)
Air Terjun Pantai Jogan adalah salah satu air terjun di Jogja yang keren, indah, dan wajib dikunjungi (Foto : 1001wisata.com)

Air terjun di Jogja yang keren, indah, dan wajib dikunjungi kedua adalah Air Terjun Pantai Jogan. Air terjun ini sangat unik karena bermuara langsung di lautan. Air terjun yang diapit dua bukit karst ini terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Namun sayang, air terjun ini hanya bisa dilihat saat musim hujan atau musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau saja.

Pada saat musim kemarau mata air dari air terjun ini debitnya perlahan-lahan berkurang dan dipakai oleh warga setempat untuk memenuhi kebutuhan air mereka. Selain unik, Air Terjun Pantai Jogjan ini juga letaknya berdekatan dengan Pantai Siung dan Nglambor, wisatawan bisa sekaligus mengunjungi pantai tersebut setelah mengunjungi air terjun Pantai Jogan. Cara menuju ke sana: dari Kota Jogja – Jl. Wonosari – Patuk – Rest Area Bunder – Kota Wonosari – Jl. Raya Baron – pertigaan Goa Nginggrong ambil kiri – Kecamatan Tepus – TPR wisata Pantai Siung – Air Terjun Pantai Jogan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.