Home » Wisata Asia » Wisata Edukasi Bersama Bintang Di Bosscha Bandung
Observatorium Bosscha, tempat wisata edukasi bidang astronomi (perbintangan) di Bandung (foto : bosscha.itb.ac.id)
Observatorium Bosscha, tempat wisata edukasi bidang astronomi (perbintangan) di Bandung (foto : bosscha.itb.ac.id)

Wisata Edukasi Bersama Bintang Di Bosscha Bandung

Anekawisata.com – Bagi Anda yang memiliki minat terhadap dunia perbintangan, pastikan Anda berkunjung ke Observatorium Bosscha Bandung. Tempat ini merupakan salah satu spot objek wisata edukasi di kawasan Lembang, Bandung. Jika Jakarta punya Planetarium, maka Bandung punya Observatorium Bosscha. Bedanya, di Bosscha Anda bisa mengenal angkasa dan juga ilmu perbintangan lebih mendalam. Letaknya yang berada di Lembang, Bandung Selatan, menjadikan tempat ini dingin, sejuk, dan nyaman untuk dikunjungi. Dilansir dari laman resmi Bosscha dan detikTravel, berikut sekilas info tentang asyiknya berwisata edukasi bersama bintang di Bosscha Bandung.

Sekilas Tentang Observatorium Bosscha Bandung

Bosscha merupakan satu-satunya tempat pengamatan bintang dan tertua di Indonesia. Bosscha pun menjadi lembaga penelitian bagi mahasiswa ITB (Institut Teknologi bandung), salah satu kampus terbaik di negeri ini.

Observatorium Bosscha adalah lembaga penelitian astronomi modern pertama di Indonesia. Observatorium yang dikelola oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) ini, mengemban tugas sebagai fasilitator penelitian dan pengembangan astronomi di Indonesia.

Observatorium ini juga merupakan sebuah Lembaga Penelitian dengan program-program spesifik yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Bosscha juga punya peran sebagai satu-satunya observatorium di Indonesia, bahkan sejauh ini, se-Asia Tenggara!

Peristiwa Gerhana Matahari Sebagian yang menjadi salah satu koleksi foto di Observatorium Bosscha (foto : bosscha.itb.ac.id)

Peristiwa Gerhana Matahari Sebagian yang menjadi salah satu koleksi foto di Observatorium Bosscha (foto : bosscha.itb.ac.id)

Dalam program pengabdian masyarakat, ada diskusi dan kunjungan terpandu ke fasilitas teropong untuk melihat objek-objek langit. Masyarakat diperkenalkan pada keindahan sekaligus deskripsi ilmiah alam raya. Dengan ini Observatorium Bosscha berperan sebagai lembaga ilmiah yang bukan hanya menjadi tempat berpikir dan bekerja para astronom profesional, tetapi juga merupakan tempat bagi masyarakat dan wisatawan untuk mengenal dan menghargai sains.

Bosscha dibangun pada tahun 1928 oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda. Bosscha berasal dari nama Karel Albert Rudolf Bosscha, seorang tuan tanah yang menyumbang dana besar untuk pembangunan Bosscha.

Dalam sejarahnya, Bosscha telah menjadi pusat penelitian astronomi di Indonesia. Bosscha pun telah dijadikan benda cagar budaya dan menjadi objek wisata yang digemari di Bandung. Tempat ini pun menjadi salah satu lokasi syuting film ‘Petualangan Sherina’ yang populer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>