Home » Wisata Alam » Wisata Alam Danau Situ Patenggang-Situ Patengan Bandung
situ patengan
Landscape danau situ patenggang atau situ patengan yang cantik mempesona (foto : panoramio.com)

Wisata Alam Danau Situ Patenggang-Situ Patengan Bandung

Aneka WisataDanau situ patenggang atau situ patengan merupakan salah satu wisata alam Bandung yang tidak kalah cantiknya dengan wisata kawah putih. Danau yang juga dikenal dengan sebutan danau cinta ini, terletak di kawasan tempat wisata di ciwidey, Bandung Selatan. Situ patengan ini berada diatas ketinggian 1.600 meter dari permukaan laut, sehingga kita akan merasakan hawa yang dingin dan segar kerena berada dikaki Gunung Patuha.

Sepanjang perjalanan menuju ke danau situ patenggang, Anda akan disuguhi jalan berkelok-kelok dengan panorama perkebunan teh yang menghijau seperti hamparan karpet hijau alami yang indah mempesona. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan berkunjung ke kawasan wisata ciwidey ini karena alamnya memang sejuk, segar dan alami.

Batu Cinta Dan Legenda Danau Situ Patenggang

Daya tarik dan pesona danau situ patenggang bukan hanya sekedar keindahan dan kesejukan alamnya, tetapi ada satu pesona yang paling dicari wisatawan yaitu batu cinta. Ya, batu cinta, sebuah batu yang terletak di tengah-tengah danau situ patenggang.

Batu cinta di danau situ patenggang atau situ patengan (foto : suryotomo.wordpress.com)

Batu cinta di danau situ patenggang atau situ patengan (foto : suryotomo.wordpress.com)

Menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat yang berjudul “Pateangan-teangan” (artinya : saling mencari), konon danau ini mengisahkan dua insan anak manusia (sepasang kekasih) yang telah lama berpisah. Mereka adalah Prabu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Karena asmara dan rasa cintanya yang begitu mendalam akhirnya mereka memutuskan untuk saling mencari.

Pada akhirnya mereka dipertemukan kembali di sebuah tempat yang sampai sekarang disebut batu cinta. Karena suasana haru biru sampai akhirnya terbentuklah sebuah danau dari deraian air mata kedua sepasang kekasih tersebut. Dan sampai sekarang ada suatu kepercayaan jika mengunjungi batu cinta bersama pasangan maka hubungan dengan pasangan akan langgeng. Oleh karena itu danau ini juga disebut situ panganten atau danau cinta. (Ingat : ini hanyalah sebuah cerita rakyat, sehingga tidak usah dipercaya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>