Home » Tips Wisata » Tips Wisata ke Papua
Pantai Raja Ampat
Raja Ampat Papua menjadi primadona wisata pantai Papua (diambil dari http://nexttriptourism.com)

Tips Wisata ke Papua

Anekawisata.com – Sebelum Anda berwisata ke papua, ada baiknya Anda simak tips wisata ke Papua terlebih dahulu. Tips wisata ini akan membantu Anda dalam kenyamanan dan kelancaran menikmati liburan di pulau Papua yang eksotik. Pulau yang berjuluk ‘Mutiara Hitam’ ini punya alam yang sangat mempesona, khususnya wisata bahari. Berikut ini tipsnya yang akan berguna bagi Anda yang akan liburan ke Papua.

1. Carilah Informasi Selengkap Mungkin

Sebelum berwisata, ada baiknya untuk mencari informasi selengkap mungkin, termasuk berwisata ke Papua. Tips wisata ke papua yang pertama adalah mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang tanah Papua, terutama tentang tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Informasi tentang tempat wisata yang kita dapat tidak akan mengurangi unsur surprise tapi malah akan banyak membantu kita.

Mulai dari transportasi ke sana, biaya penginapan, makan sampai urusan lain harus dicari tahu berapa harganya. Jangan lupa cari informasi mengenai adat dan kebiasaan tempat. Hal itu termasuk apakah kita perlu mengeluarkan uang atau tidak.

Contohnya seperti ini, di Wamena, Papua, ada biaya yang perlu dibayar apabila kita memotret orang yang menggunakan koteka. Itu merupakan salah satu ‘aturan’ wisata tidak tertulis yang ada di Papua sana. Kalau sudah tahu sebelumnya, kita bisa mengantisipasinya dengan menyiapkan anggaran/budgetnya.

2. Gunakanlah Pemandu Wisata Atau Operator Lokal

Bagi Anda yang ingin berwisata sendirian ke papua, mungkin akan sangat sulit, tapi bukan tidak bisa. Biaya transportasi di Papua mungkin adalah salah satu yang paling mahal. Maka Anda sebaiknya menggunakan jasa pemandu atau operator lokal yang akan sangat membantu.

Pemandu wisata dapat mengakomodir banyak orang sekali jalan untuk menekan biaya. Selain itu, mereka juga sudah paham akan aturan, lokasi, hingga rahasia Papua yang orang luar tidak tahu. Anda juga bisa dapat banyak hal dengan pemandu lokal. Tips wisata ke papua dengan menggunakan pemandu wisata lokal sepertinya harus Anda laksanakan untuk menghindari ketidaknyamanan saat berwisata di Tanah Papua.

3. Bersikap Ramah Ketika Berada Di Papua

Bersikap ramah menjadi aturan utama tidak tertulis saat sedang berwisata, termasuk ke Papua. Apabila kita ramah dan hormat dengan masyarakat lokal Papua, sudah tentu mereka juga akan ramah kepada kita. Mungkin saja kita akan mendapat bantuan secara cuma-cuma. Oleh karena itu, bersikap ramahlah ketika berkunjung ke Papua.

4. Patuhilah Peraturan/Adat Setempat

Lain ladang lain belalang, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Di Papua, ada peraturan tertentu yang harus dipatuhi. Peraturan yang paling umum adalah soal foto di Wamena. Adakalanya Anda perlu meminta izin terlebih dahulu ke warga lokal yang bersangkutan sebelum mengambil foto.

Aturan umum lain seperti berpakaian sopan, jangan berlebihan. Tidak ada salahnya untuk mematuhi aturan yang ada, baik tertulis atau tidak. Semua untuk kemudahan kita juga. Anda bisa menanyakannya kepada pemandu wisata lokal yang tentu sudah paham tentang aturan yang berlaku di tanah Papua.

5. Bawalah Permen Secukupnya

Masyarakat Papua, khususnya anak-anak, selalu memandang turis sebagai orang kaya. Kalau seandainya ada orang dewasa yang meminta uang, mungkin masih bisa kita tolak, tapi kalau anak-anak? Tentu kita merasa tidak enak jika menolak anak-anak. Oleh karena itu, jangan lupa membawa permen untuk mereka.

Selain lebih murah dan menyenangkan, permen juga sangat disenangi oleh anak-anak Papua. Jangan kaget kalau Anda bakal dikerumuni anak-anak Papua ketika mampir ke suatu tempat. Berbagi rasa manis melalui permen sudah cukup. Demikian tips wisata ke Papua dan semoga tipsnya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>