Home » Tips Wisata » Tips Wisata Ke Museum

Tips Wisata Ke Museum

Anekawisata.com – Sebelum Anda berwisata ke museum, ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu tips wisata ke museum berikut ini. Tips wisata ini akan sangat berguna bagi Anda para traveler yang baru pertama kali berkunjung ke museum agar kunjungannya menjadi lebih berkesan. Berwisata ke museum memang menyenangkan, apalagi jika berkunjung ke museum yang keren. Berkunjung ke museum akan menambah wawasan kita akan sejarah masa lalu atau melihat koleksi yang bernlai tinggi.

Mencari info tentang museum yang akan Anda kunjungi

Tips wisata pertama adalah sebelum berkunjung ke museum yang keren, Anda bisa browsing terlebih dulu tentang museum tersebut. Carilah info sebanyak-banyaknya. Lokasinya dimana, jam operasionalnya bagaimana, buka hari apa saja, harga tiket berapa dan lain-lain.

Museum keren biasanya milik swasta yang jam bisa berbeda dengan jam buka museum milik pemerintah. Ada juga museum milik pemerintah yang keren-keren. Cara paling mudah adalah dengan mengunjungi situs resmi museum tersebut. Jangan malas untuk browsing, luangkan waktu sedikit untuk sekedar cari tahu gambaran sekilas tentang museum.

Mencari tahu koleksi terbaik dari museum yang akan Anda kunjungi

Selain informasi, tips wisata ke museum berikutnya adalah Anda wajib mencari tahu area apa yang menarik untuk dikunjungi di museum tersebut. Museum disebut keren karena bangunannya menarik atau koleksinya luar biasa. Anda perlu mencari tahu area dan koleksi apa yang paling menarik bagi Anda untuk dikunjungi.

Kalau ke Museum Louvre, semua wisatawan mencari lukisan Monalisa. Jika ke Museum Nasional, sekarang wisatawan mencari harta karun Tek Sing. Jangan sampai terlewat koleksi terbaik yang ada di museum itu. Dengan melihat koleksi terbaik, maka kunjungan Anda akan terasa berkesan di museum tersebut.

Museum-gunung-merapi

Museum Merapi, Sleman, Yogyakarta (diambil dari http://fariable.blogspot.com)

Bersikap dan berperilaku menjaga kebersihan

Tips yang satu ini merupakan aturan umum yang harus dipatuhi oleh para traveler dimanapun tujuanAnda akan berpergian, terutama bila berkunjung ke Museum. Anda wajib menjaga kebersihan dan keindahan tempat yang dikunjungi. Jangan membuang sampah sembarangan! Selain mengganggu nilai estetika, membuang sampah sembarangan juga bisa berpengaruh ke tingkat kunjungan wisatawan. Orang akan malas untuk berkunjung ke museum jika museumnya kotor, banyak sampah dan tidak terawat. Oleh karena itu, mari jaga bersama museum yang kita kunjungi.

Mematuhi peraturan yang berlaku di museum

Tips wisata terakhir adalah para traveler wajib hukumnya untuk mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh pengelola museum. Misalnya: tidak boleh berfoto atau memakai blitz di area tertentu di dalam museum, atau peraturan lain, sesuai dengan kebijakan pengelola. Pengelola museum tentunya membuat peraturan tersebut untuk kebaikan bersama.

Bisa jadi ada hal-hal yang tidak diinginkan jika para traveler melanggar peraturan yang ditetapkan oleh pengelola. Tentunya Anda tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi bukan? Jadi, patuhi peraturan dan jangan bandel. Demikian tips sigkat berwisata ke museum agar kunjungan Anda menyenangkan dan berkesan. Semoga tips wisata ke museum yang telah diuraikan dapat bermanfaat bagi para wisatawan atau traveler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>